Panduan Menggunakan Aplikasi Rapor Sekolah Pengerak

Kherysuryawan.id – langkah-langkah untuk menginstal dan menggunakan aplikasi rapor sekolah penggerak untuk sekolah jenjang SD, SMP, SMA dan SMK Tahun 2021/2022.

Sahabat pendidikan yang berbahagia, selamat berjumpa kembali pada website pendidikan yang kali ini akan membahas tentang penggunaan aplikasi erapor versi terbaru yang telah menggunakan kurikulum paradigma baru yaitu kurikulum sekolah penggerak.

 


Bagi sekolah yang telah menggunakan kurikulum sekolah penggerak maka dalam melakukan penilaian untuk rapor siswa juga harus menggunakan model yang sesuai dengan kurikulum sekolah penggerak. Bagi sekolah yang saat ini belum menggunakan kurikulum sekolah pengerak maka aplikasi erapor yang digunakan yaitu untuk kurikulum 2013.

 

Saat ini telah di rilis atau di sediakan sebuah aplikasi erapor yang bisa digunakan oleh para pendidik yang mengajar di sekolah penggerak. Aplikasi tersebut diberi nama aplikasi rapor SP atau aplikasi rapor sekolah penggerak. Adapun orang yang telah berjasa untuk menciptakan aplikasi erapor sekolah penggerak ialah Bapak I Nyoman Pasek, S.Pd, M.Pd.

 

Aplikasi erapor sekolah penggerak yang telah dirilis tersebut dapat digunakan mulai dari sekolah jenjang SD, sekolah jenjang SMP, sekolah jenjang SMA dan sekolah jenjang SMK. Ada banyak keuntungan yang bisa di peroleh dengan menggunakan aplikasi erapor sekolah penggerak tersebut sebab aplikasi rapor sekolah penggerak tersebut telah terintegrasi dengan aplikasi dapodik sehingga dalam melakukan pemasukkan data baik itu data guru, data siswa, data pembelajaran maka dapat dengan mudah langsung di Tarik menggunakan aplikasi dapodik.

 

Karena aplikasi erapor sekolah penggerak ini bisa dibilang masih sangat baru dan baru sedikit sekolah yang menggunakan maka tentunya masih banyk kendala yang dihadapi bagi para pemula yang akan menggunakan dan menjalankan aplikasi rapor sekolah penggerak tersebut. Untuk membantu para pengguna aplikasi rapor sekolah penggerak maka melalui postingan ini saya akan membantu memberikan informasi yang berhubungan dengan cara menggunakan aplikasi tersebut.

 

Berikut beberapa hal yang harus di perhatikan sebelum menggunakan aplikasi erapor sekolah penggerak diantaranya yaitu Harus bisa menyiapkan computer/laptop yang menggunakan windows 64 bit, Sudah memiliki aplikasi rapor sekolah penggerak agar nanti bisa diinstal dan digunakan serta tentunya membaca atau menonton panduan mengerjakan aplikasi erapor sekolah penggerak.

 

Setelah memahami hal tersebut diatas, maka berikut ini tahapan yang harus di perhatikan dalam melakukan installasi aplikasi erapor sekolah penggerak.

1.  Silahkan download aplikasi rapor sekolah pengerak (DISINI)

2.  Jangan lupa untuk mematikan antivirus saat akan melakukan instalasi agar proses instalasi dapat berjalan dengan lancar

3.  Silahkan buka aplikasi rapor sekolah penggerak yang telah di download tadi, dan klik kanan lalu pilih “run as administrator”

4.  Selanjutnya klik “lanjut”

5.  Kemudian pilih “saya setuju” dan klik “lanjut”

6.  Silahkan anda tunggu proses instalasi hingga selesai

7.  Setelah proses instalasi selesai silahkan lakukan restar computer/laptop (hal ini jika di perlukan)

8.  Selanjutnya untuk memulai menjalankan dan menggunakan aplikasi rapor sekolah penggerak silahkan buka aplikasi yang telah terinstal tersebut

9.  Adapun user dan password standar yang akan digunakan oleh admin untuk bisa login ialah,

User : administrator

Password : administrator

10. Selamat mengerjakan.

 

Demikianlah informasi yang bisa saya bagikan pada kesempatan kali ini untuk bagaimana cara bagi pemula yang baru akan menggunakan aplikasi erapor sekolah penggerak. Semoga postingan ini bisa bermanfaat.

Sekian dan Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel