Format Rapor Sekolah Penggerak Versi Terbaru

Kherysuryawan.id – Download Format erapor sekolah penggerak SD SMP SMA SMK tahun pelajaran 2021/2022 versi terbaru.

Sahabat pendidikan yang berbahagia, selamat berjumpa kembali pada postingan ini yang mana dikesempatan kali ini admin akan memberikan sedikit penjelasan atau lebih tepatnya informasi tentang salah satu hal penting yang sangat di perlukan oleh satuan pendidikan yang menggunakan kurikulum pradigma baru yaitu kurikulum sekolah penggerak.

 


Saat ini telah ada beberapa sekolah di Indonesia yang telah menggunakan kurikulum sekolah penggerak mulai dari sekolah jenjang SD, jenjang SMP, jenjang SMA hingga jenjang SMK. Menurut informasi bahwa nantinya program sekolah penggerak ini akan selalu di kembangkan dan sedikit demi sedikit akan membuat sekolah-sekolah bisa beralih ke program sekolah penggerak sehingga nantinya emua sekolah bisa menggunakan kurikulum sekolah penggerak.

 

Bagi sekolah yang mungkin saat ini masih belum menerapkan program sekolah penggerak mungkin masih bertanya-tanya tentang apa sih itu sekolah penggerak dan apa manfaat yang akan di dapat jika sekolah bisa menerapkan program sekolah penggerak? Pertanyaan ini wajar saja muncul dibenak para pendidik dan seluruh warga pendidikan yang mungkin baru mendengar tentang program sekolah penggerak. Baiklah berikut ini pejelasan tentang apa itu sekolah penggerak.

 

Sekolah Penggerak adalah sekolah yang berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik dengan mewujudkan Profil Pelajar Pancasila yang mencakup kompetensi dan karakter yang diawali dengan SDM yang unggul (kepala sekolah dan guru).

 

Program Sekolah Penggerak adalah upaya untuk mewujudkan visi Pendidikan Indonesia dalam mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila.
Program Sekolah Penggerak berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik yang mencakup kompetensi (literasi dan numerasi) dan karakter, diawali dengan SDM yang unggul (kepala sekolah dan guru).

Program Sekolah Penggerak merupakan penyempurnaan program transformasi sekolah sebelumnya. Program Sekolah Penggerak akan mengakselerasi sekolah negeri/swasta di seluruh kondisi sekolah untuk bergerak 1-2 tahap lebih maju. Program dilakukan bertahap dan terintegrasi dengan ekosistem hingga seluruh sekolah di Indonesia menjadi Program Sekolah Penggerak.

 

Itulah pemaparan tentang arti dan manfaat dari program sekolah penggerak. Nah bagi anda yang sekolahnya sudah menerapkan kurikulum sekolah penggerak maka diharapkan untuk bisa menjadi contoh bagi sekolah-sekolah lainnya yang hingga saat ini masih menggunakan kurikulum 2013 sehingga nantinya semua sekolah bisa menerapkan kurikulum paradigma baru.

 

Satu hal penting yang harus di ketahui oleh para pendidik yang telah menggunakan kurikulum sekolah penggerak ialah pada proses penilaian yang mana untuk sekolah penggerak yang telah menggunakan kurikulum sekolah penggerak maka dalam melakukan atau memberikan penilaian tentunya juga harus menggunakan aplikasi erapor sekolah penggerak.

 

Nah berbicara mengenai aplikasi rapor untuk sekolah penggerak, pada postingan saya sebelumnya saya telah membagikan sebuah aplikasi erapor sekolah penggerak atau erapor SP yang bisa digunakan oleh satuan pendidikan yang telah menerapkan program sekolah penggerak. Aplikasi tersebut tentunya telah dirancang untuk bisa menyesuaikan dengan program-program penilaian yang di berlakukan pada kurikulum sekolah penggerak.

Bagi anda yang membutuhkan Aplikasi eRapor Sekolah Penggerak maka silahkan dapatkan pada judul di bawah ini :

 👉 Aplikasi eRapor Sekolah Penggerak - Untuk SD, SMP, SMA, SMK

 

Pada postingan kali ini admin akan memberikan contoh tampilan format erapor untuk sekolah penggerak. Bagi anda yang penasaran untuk bisa mengetahui seperti apa tampilan dari lembaran rapor siswa yang telah menggunakan kurikulum sekolah penggerak, maka melalui postingan ini anda bisa melihat dan memiliki filenya.

 

Tampilan format rapor sekolah penggerak jika di perhatikan secara seksama memang memiliki bentuk yang hampir sama dengan format rapor pada kurikulum 2013, namun adapun format lembaran rapor sekolah penggerak yang akan saya tampilkan disini hanyalah sebagai contoh saja dan untuk bisa mengetahui lebih lengkapnya maka anda bisa melihantnya pda tampilan yang terdapat di dalam aplikasi erapor sekolah penggerak.

 

Format rapor sekolah penggerak disajikan dalam bentuk paoran hasil belajara siswa. Adapun komponen-komponen yang terdapat pada format rapor sekolah penggerak pada laporan hasil belajar siswa diantaranya yaitu :

1.       Nama

2.       NIS/NISN

3.       Nama Sekolah

4.       Alamat

5.       Kelas

6.       Fase

7.       Semester

8.       Tahun pelajaran

9.       Nomor mata pelajaran

10.   Nama mata pelajaran

11.   Nilai akhir

12.   Capaian kompetensi

13.   Kegiatan ekstrakurikuler

14.   Predikat

15.   Keterangan

16.   Kehadiran siswa

17.   Dan lainnya

 

Baiklah sahabat pendidikan yang berbahagia, bagi anda yang ingin mengetahui seperti apa tampilan format erapor sekolah penggerak, maka berikut ini tampilannya :

 

Bagi anda yang ingin memiliki contoh format rapor sekolah penggerak seperti yang ditampilkan diatas, maka anda bisa mendapatkan filenya yang akan saya bagikan di bawah ini :


  • Contoh Format Rapor Sekolah Penggerak (SP) - (DISINI)


Demikianlah informasi tentang format erapor sekolah penggerak yang bisa saya sampaikan dan bagikan pada kesempatan kali ini, semoga informasi ini bisa menambah wawasan anda dalam mengetahui model lembaran erapor siswa yang telah menggunakan kurikulum sekolah penggerak.

Sekian dan semoga bermanfaat, Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel