RPP Sekolah Penggerak Versi 1 Lembar

Kherysuryawan.id – Download Contoh RPP Terbaru Versi Sekolah Penggerak Tahun Pelajaran 2021/2022 baik untuk semester 1 maupun untuk semester 2 Jenjang SD, SMP, SMA dan SMK.

Sahabat pendidikan yang berbahagia, di kesempatan kali ini saya akan mengulas sedikit tentang apa itu sekolah penggerak dan bagaimana cara untuk bisa menyiapkan perangkat pembelajaran bagi guru penggerak yang mengajar di sekolah penggerak.

 


Dalam beberapa waktu yang lalu pemerintah dalam hal ini kementerian pendidikan dan kebudayaan telah meluncurkan program guru penggerak dan program sekolah penggerak. Bagi para guru yang ada di setiap propinsi diindonesia di berikan kesempatan untuk bisa mendaftar sebagai guru penggerak dan hal itu telah di lakukan dalam beberapa tahap.

 

Begitu juga dengan program sekolah penggerak dimana setiap kepala sekolah di berikan pula kesempatan untuk bisa mendaftar pada program sekolah penggerak dengan tujuan nantinya dapat menjadi kepala sekolah pada sekolah penggerak yang telah di tetapkan oleh kementerian pendidikan dan kebudayaan.

 

Lantas, apa itu sekolah penggerak ???

Sekolah Penggerak adalah sekolah yang berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik dengan mewujudkan Profil Pelajar Pancasila yang mencakup kompetensi dan karakter yang diawali dengan SDM yang unggul (kepala sekolah dan guru).

 

Sebagai informasi bahwa pada program sekolah penggerak, dimana Program Sekolah Penggerak terdiri dari lima intervensi yang saling terkait dan tidak bisa dipisahkan. Adapun kelima intervensi yang saling terkait tersebut diantaranya yaitu :

1.      Pendampingan konsultatif dan asimetris

2.      Penguatan SDM Sekolah

3.      Pembelajaran dengan paradigma baru

4.      Perencanaan berbasis data

5.      Digitalisasi Sekolah

 

Setelah memahami tentang arti dari program sekolah penggerak, maka kini anda yang telah berhasil menjadi guru penggerak harus dapat menjadi yang terdepan dalam memberikan gebrakan pendidikan kearah yang lebih maju. Salah satu hal penting yang juga harus di tularkan kepada guru-guru lainnya ialah bisa menjadi teladan guru yang lebih professional dibidangnya.

 

Salah satu hal penting yang juga tak boleh di lupakan oleh seorang guru penggerak ialah dalam hal menyiapkan perangkat pembelajaran yang akan digunakan oleh para guru penggerak dalam melaksanakan tugasnya sebagai seorang guru di sekolah program penggerak. Perangkat pembelajaran yang harus disiapkan tentunya dapat sesuai dengan aturan dan tata cara mengajar yang sesuai dengan yang akan di bawakan oleh guru saat melakukan proses pembelajaran.

 

Seperti kita ketahui bahwa sebagai seorang guru dalam menyiapkan perangkat pembelajaran maka ada beberapa jenis perangkat pembelajaran yang harus di persiapkan, diantaranya ialah silabus pembelajaran, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), rubrik penilaian dan masih banyak lagi yang lainnya.

 

Salah satu jenis perangkat pembelajaran yang sering dicari atau dibutuhkan oleh guru ketika akan mengajar ialah rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Nah, bagi guru yang mengajar pada sekolah penggerak maka juga harus dapat menyiapkan RPP yang bermodel sekolah penggerak.

 

Lantas apakah model RPP sekolah penggerak berbeda dengan model RPP k13 sekolah biasa ???

Pada dasarnya guru yang akan membuat RPP tentunya harus dapat menyajikan dan membuat RPP yang sesuai dengan model yang akan di terapkan oleh guru tersebut ketika akan mengajar. Adapun format RPP yang akan dibuat oleh guru hingga saat ini tidak ada aturan baku dalam membuat RPP sehingga guru masih di berikan kebebasan dalam membuat dan menyajikan RPP.

 

Bagi anda yang mungkin saat ini sedang mengajar di sekolah program penggerak dan sedang membutuhkan contoh model atau format RPP sekolah penggerak, maka pada kesempatan kali ini kherysuryawan.id akan memberikan satu buah contoh format RPP 1 lembar versi sekolah penggerak yang di dalamnya juga sudah memuat lampiran materi untuk panduan guru dalam mengajar serta sebagai bahan kegiatan belajar siswa.

 

Adapun susunan yang terdapat pada RPP 1 lembar versi sekolah penggerak yang akan saya bagikan ini didalamnya telah memuat beberapa unsur yang di haruskan ada dalam pembuatan RPP, diantaranya yaitu :

1.      Tujuan pembelajaran

2.      Kegiatan / langkah-langkah pembelajaran

3.      Penilaian, yang meliputi :

-          Penilaian sikap

-          Penilaian pengetahuan

-          Penilaian keterampilan

4.      Lampiran materi pembelajaran

 

File RPP 1 lembar model program sekolah penggerak yang akan kherysuryawan.id bagikan pada kesempatan kali ini filenya telah tersimpan dalam format word sehingga sangat mudah untuk digunakan dan anda pun bisa melakukan pengeditan jika diinginkan agar bisa lebih sesuai dengan keinginan masing-asing pengguna.

 

Tujuan dari kherysuryawan.id memabagikan contoh format RPP sekolah penggerak versi 1 lembar ini ialah untuk membantu para guru yang akan membuat RPP sekolah penggerak. Dengan adanya referensi file RPP 1 lembar sekolah penggerak ini maka kiranya bisa membantu aktivitas guru yang akan membuat perangkat pembelajaran.

 

Format RPP 1 lembar versi sekolah penggerak ini bisa digunakan dalam pembuatan RPP sekolah penggerak untuk semester 1 maupun untuk semester 2. Selain itu contoh RPP sekolah penggerak versi 1 lembar ini pun bisa digunakan sebagai acuan bagi guru yang akan membuat RPP 1 lembar yang ada di sekolah penggerak baik itu yang berada pada sekolah jenjang SD, SMP, SMA maupun sekolah jenjang SMK.

 

Baiklah bagi bapak dan ibu guru yang saat ini sedang membutuhkan file RPP sekolah penggerak versi 1 lembar, maka silahkan anda download filenya di bawah ini :

 

  • RPP Sekolah Penggerak Versi 1 Lembar (DISINI)
  • Rubrik Penilaian Sikap Versi Terbaru (DISINI)
  • Rubrik Penilaian Pengetahuan Versi Terbaru (DISINI)
  • Rubrik Penilaian Keterampilan Versi Terbaru (DISINI)


Demikianlah informasi tentang contoh RPP sekolah penggerak versi 1 lembar yang bisa kherysuryawan.id bagikan pada kesempatan kali ini, semoga artikel ini bisa membantu para guru yang akan menyiapkan RPP versi sekolah penggerak dan tentunya semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi siapapun yang membutuhkannya.

Sekian dan Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel