Rubrik Penilaian Keterampilan Untuk Sekolah Penggerak

Kherysuryawan.id – Download format penilaian keterampilan versi sekolah penggerak.

Sahabat pendidikan, selamat bergabung kembali di blog pendidikan milik kherysuryawan.id ini. Pada postingan sebelumnya saya telah membagikan file rubrik format penilaian sikap dan pengetahuan dan melalui postingan ini maka saya kembali akan membagikan file format penilaian keterampilan versi sekolah penggerak.



Pada penilaian keterampilan biasanya ada beberapa item yang akan dinilai, diantaranya yaitu :

  1. Kemampuan bertanya
  2. Kemampuan menjawab
  3. Kemampuan berargumentasi
  4. Kemampuan memecahkan masalah

 

Kita ketahui Bersama bahwa pada kurikulum 2013 sekolah penggerak ada 3 jenis penilaian yang sangat penting untuk dilakukan oleh guru kepada siswa di sekolah. Ketiga jenis penilaian tersebut diantaranya yaitu : Penilaian sikap (Spritual dan social), Penilaian pengetahuan, dan Penilaian keterampilan.

Ketiga jenis penilaian tersebut sangat penting untuk dilakukan oleh setiap guru dengan tujuan untuk mengukur ketercapaian siswa dalam belajar di sekolah.

 

Salah satu komponen penilaian yang sangat penting terhadap keberhasilan peserta didik adalah penilaian keterampilan. Dengan memberikan penilaian keterampilan maka guru dapat mengetahui bagaimana kemampuan/keterampilan siswa dalam mengerjakan soal ataupun tugas yang di berikan oleh guru.

 

Penilaian oleh guru kepada siswa memang sangat penting untuk dilakukan, hal itu untuk bisa mengetahui hasil kecerdasan yang meliputi keterampilan yang dimiliki oleh setiap siswa. Tidak semua siswa memiliki karakter atau kecerdasan yang sama sehingga untuk bisa mengetahui Batasan kemampuan siswa selama berada di sekolah maka guru harus bisa membuat format penilaian dan memberikan penilaian kepada siswanya.

 

Dalam melakukan penilaian baik itu penilaian sikap, penilaian pengetahuan maupun penilaian keterampilan maka guru wajib membuat format penilaian yang nantinya dapat memudahkan guru dalam melakukan proses penilaian kepada masing-masing siswa. Format penilaian sangat penting untuk dimiliki oleh guru saat akan melakukan proses pembelajaran.

 

Saat ini kementerian pendidikan dan kebudayaan telah membuka sebuah program baru bagi para guru yang akan melakukan perubahan kearah yang makin maju dan berkembang. Adapun program yang dimasksud tersebut ialah program guru penggerak dan program sekolah penggerak. Bagi para guru yang memiliki harapan untuk bisa menjadi guru penggerak maka bisa melakukan pendaftaran agar bisa dinyatakan lulus sebagai guru penggerak.

 

Selain para guru, kepala sekolah pun di beri kesempatan untuk bisa ikut dalam program sekolah penggerak yang mana nantinya jika dinyatakan lulus pada program sekolah penggerak tersebut maka ia bisa menjadi kepala sekolah penggerak di sekolah yang berbasis sekolah penggerak.

 

Sebagai guru penggerak maka dalam melakukan aktivitas pembelajaran juga harus dapat membuat perangkat pembelajaran yang sesuai dengan visi misi sekolah penggerak. Selain perangkat pembelajaran maka salah satu point penting yang juga harus bisa di lakukan oleh guru penggerak ialah harus bisa melakukan penilaian yang kooperatif kepada setiap siswanya.

 

Berbicara mengenai penilaian maka pada kesempatan kali ini kherysuryawan.id akan membagikan sebuah file format penilaian yang di peruntukkan bagi para guru penggerak yang akan melakukan penilaian kepada siswanya di saat akan melakukan proses belajar mengajar di sekolah. Format penilaian ini bisa menjadi acuan ataupun contoh bagi para guru penggerak yang baru akan membuat bentuk penilaian saat mengajar di kelas.

 

Adapun format penilaian yang akan saya bagikan pada postingan ini ialah format penilaian keterampilan.

Bagi anda para guru yang saat ini mengajar di sekolah penggerak atau baru saja ingin menjadi guru penggeak dan ingin membuat rubrik penilaian keterampilan untuk digunakan saat mengajar di sekolah maka melalui postingan ini anda bisa memiliki formatnya sebab saya akan membagikannya secara gratis dan mudah untuk di download.

 

Format penilaian keterampilan untuk guru penggerak yang akan saya bagikan ini formatnya tersimpan dalam bentuk word, sehingga akan sangat mudah sekali untuk digunakan oleh para guru yang membutuhkannya selain itu jika ada hal yang perlu untuk di revisi maka anda pun dapat melakukan perubahan sesuai kebutuhan.

 

Baiklah bagi bapak dan ibu guru yang membutuhkan format penilaian keterampilan versi terbaru untuk sekolah penggerak,  maka silahkan anda download filenya di bawah ini :

 

  • Rubrik Penilaian Keterampilan Versi Terbaru (DISINI)
  • Rubrik Penilaian Sikap Versi Terbaru (DISINI)
  • Rubrik Penilaian Pengetahuan Versi Terbaru (DISINI)
  • RPP Sekolah Penggerak Versi 1 Lembar (DISINI)


Demikianlah informasi ini saya bagikan semoga file format penilaian keterampilan untuk guru yang mengajar di sekolah penggerak dapat digunakan dengan baik dan juga bisa bermanfaat untuk membantu tugas guru dalam menyiapkan peragkat pembelajaran di sekolah.

Sekian dan Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel