Pengertian dan Manfaat Menjadi Sekolah Penggerak

Kherysuryawan.id – memahami tentang arti dan manfaat menjadi bagiab dalam program sekolah penggerak.

Sahabat pendidikan, apakah anda sudah mendengar tentang program sekolah penggerak ??? jika anda belum mengetahui tentang apa itu sekolah penggerak maka melalui postingan ini anda bisa mendapatkan penjelasan tentang arti dan makna dari sekolah penggerak itu sendiri.

 

Sekolah penggerak memang baru saja di kenal sejak tahun 2021. Adapun program Sekolah Penggerak diluncurkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim. Pada program sekolah penggerak ini Kepala sekolah dan guru dianggap sebagai motor penggerak dalam menumbuhkan kompetensi dan karakter yang dapat dikembangkan. Kompetensi yang diharapkan untuk di kembangkan disini ialah kompetensi literasi dan numerasi serta karakter peserta didik.

 

Karena program sekolah penggerak ini masih terbilang baru, maka bisa dipastikan masih banyak guru maupun kepala sekolah yang belum memahami tentang apa itu sekolah penggerak dan apa manfaat yang bisa di capai jika ikut dalam program sekolah penggerak tersebut.

Baiklah berikut ini penjelasan tentang pengertian dan manfaat dari sekolah penggerak.


ARTI SEKOLAH PENGGERAK

Sekolah Penggerak adalah sekolah yang berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik dengan mewujudkan Profil Pelajar Pancasila yang mencakup kompetensi dan karakter yang diawali dengan SDM yang unggul (kepala sekolah dan guru).

 

MANFAAT MENJADI SEKOLAH PENGGERAK

Manfaat menjadi sekolah penggerak dapat dinikmati oleh sekolah maupun oleh pemerintah daerah setempat.

 

1.       Manfaat untuk Sekolah

-          Meningkatkan hasil mutu pendidikan dalam kurun waktu 3 tahun ajaran

-          Meningkatnya Kompetensi kepala Sekolah, Guru

-          Percepatan digitalisasi sekolah

-          Kesempatan untuk menjadi katalis perubahan bagi sekolah lain

-          Percepatan pencapaian profil pelajar Pancasila

-          Mendapatkan pendampingan intensif untuk transformasi sekolah

-          Memperoleh tambahan anggaran untuk pembelian bahan ajar bagi pembelajaran dengan paradigma baru

 

2.       Manfaat untuk Pemerintah Daerah

-          Meningkatkan kompetensi SDM Sekolah

-          Membuat pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan

-          Efek multiplier dari Sekolah Penggerak ke sekolah lainnya

-          Mempercepat peningkatan mutu pendidikan di daerah

-          Peluang mendapatkan penghargaan sebagai Daerah Penggerak Pendidikan

-          Menjadi daerah rujukan praktik baik dalam pengembangan Sekolah Penggerak

 

Program Sekolah Penggerak terdiri dari lima intervensi yang saling terkait dan tidak bisa dipisahkan, diantaranya yaitu sebagai berikut :


1.       Pendampingan konsultatif dan asimetris

Program kemitraan antara Kemendikbud dan pemerintah daerah dimana Kemendikbud memberikan pendampingan implementasi Sekolah Penggerak

2.       Penguatan SDM Sekolah

Penguatan Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah, Penilik, dan Guru melalui program pelatihan dan pendampingan intensif (coaching) one to one dengan pelatih ahli yang disediakan oleh Kemdikbud.

3.       Pembelajaran dengan paradigma baru

Pembelajaran yang berorientasi pada penguatan kompetensi dan pengembangan karakter yang sesuai nilai-nilai Pancasila, melalui kegiatan pembelajaran di dalam dan luar kelas.

4.       Perencanaan berbasis data

Manajemen berbasis sekolah: perencanaan berdasarkan refleksi diri sekolah

5.       Digitalisasi Sekolah

Penggunaan berbagai platform digital bertujuan mengurangi kompleksitas, meningkatkan efisiensi, menambah inspirasi, dan pendekatan yang customized

 

Lantas apakah nantinya semua sekolah yang ada di seluruh Indonesia ini akan menjadi sekolah penggerak ???

Berikut ini jawabannya :

Sekolah Penggerak adalah bagian dari ekosistem pendidikan, di jangka panjang semua sekolah akan menjadi Sekolah Penggerak.

Untuk ditahun ajaran 2021-2022 ini yang akan di prioritaskan untuk menjadi sekolah penggerak yaitu terdiri dari 34 Provinsi 111 Kab/Kota 2.500 SP sedangkan ditahun ajaran 2022-2023 yang akan di prioritaskan untuk menjadi sekolah penggerak yaitu terdiri dari 34 Provinsi 250 Kab/Kota 10.000 SP. Intinya bahwa setiap tahun ajaran baru maka sekolah penggerak akan terus bertambah dan di harapkan hingga semua sekolah dapat menjadi sekolah penggerak.

 

Bagi anda yang mungkin ingin memahami dan membaca lebih lengkap tentang program sekolah penggerak, maka melalui postingan ini kherysuryawan.id akan membagikan file penjelasan tentang paparan dari program sekolah penggerak yang formatnya tersimpan dalam bentuk pdf.

 

Baiklah bagi anda yang ingin mendapatkan file penjelasan tentang paparan program sekolah penggerak maka silahkan anda download filenya di bawah ini :

 

  • Paparan Tentang Program Sekolah Penggerak (DISINI)


Demikianlah informasi tentang program sekolah penggerak, semoga postingan ini dapat menambah wawasan anda tentang arti dan manfaat dari sekolah penggerak dan semoga nantinya semua sekolah dapat berhasil menjadi sekolah penggerak.

Sekian dan Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel