Aplikasi Rapor Sekolah Penggerak SD SMP SMA SMK

Kherysuryawan.id – Download Aplikasi Raport sekolah penggerak Versi Terbaru Tahun 2021/2022 untuk sekolah jenjang SD, SMP, SMA, SMK yang telah dilengkapi dengan format rapor sekolah penggerak.

Sahabat pendidikan yang berbahagia, selamat berjumpa kembali pada website pendidikan yang selalu menyajikan informasi terupdate seputar dunia pendidikan.

 


Pada kesempatan kali ini admin kherysuryawan.id akan memberikan informasi penting seputar pendidikan khususnya bagi sekolah yang saat ini telah masuk sebagai sekolah penggerak. Kita ketahui Bersama bahwa baru-baru ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah merilis Merdeka Belajar Sekolah Penggerak. Program ini merupakan kolaborasi antara Kemendikbud dengan pemerintah daerah untuk meningkatkan SDM sekolah, pembelajaran, perencanaan, digitalisasi, dan pendampingan pemerintah daerah.

 

Bagi anda yang saat ini sedang membaca postingan ini dan merupakan guru ataupun kepala sekolah di sekolah peggerak maka kiranya anda bisa mendapatkan informasi penting yang akan admin bagikan di kesempatan ini. Informasi ini ada hubunggannya dengan sekolah penggerak sehingga anda yang merupakan bagian dari sekolah penggerak kiranya bisa mendapatkan manfaat dari apa yang akan di bahas di artikel ini.

 

Sesuai dengan judul pada postingan ini dimana admin akan membagikan sebuah aplikasi penting yang akan dibutuhkan oleh sekolah penggerak yaitu aplikasi erapor sekolah penggerak. Kita ketahui Bersama bahwa aplikasi erapor yang saat ini digunakan oleh sekolah ialah aplikasi erapor berbasis kurikulum 2013 sebab sekolah yang ada saat ini merupakan sekolah yang menggunakan penerapan kurikulum 2013.

 

Dengan adanya kurikulum sekolah penggerak, maka mau tak mau sekolah yang telah menerapkan kurikulum sekolah penggerak akan sangat membutuhkan sebuah aplikasi penilaian atau aplikasi erapor yang telah memuat aspek-aspek yang terdapat pada sekolah penggerak. Nah olehnya itu melalui postingan ini admin akan berbagi sebuah aplikasi rapor untuk sekolah penggerak.

 

Sebelum admin membagikan aplikasi erapor sekolah penggerak, maka terlebih dahulu alangkah baiknya jika kita memahami tentang apa itu sekolah penggerak. Sebab sudah barang tentu mendengar tentang sekolah penggerak sudah biasa, namun memahami tentang apa itu sekolah pengerak mungkin anda masih banyak yang belum mengetahuinya.

 

Bagi bapak dan ibu guru serta warga pendidikan yang mugkin belum memahami atau belum mengetahui apa itu sekolah penggerak, maka berikut ini penjelasannya :

Program Sekolah Penggerak adalah upaya untuk mewujudkan visi Pendidikan Indonesia dalam mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila.

 

Program Sekolah Penggerak berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik yang mencakup kompetensi (literasi dan numerasi) dan karakter, diawali dengan SDM yang unggul (kepala sekolah dan guru).

 

Program Sekolah Penggerak merupakan penyempurnaan program transformasi sekolah sebelumnya. Program Sekolah Penggerak akan mengakselerasi sekolah negeri/swasta di seluruh kondisi sekolah untuk bergerak 1-2 tahap lebih maju. Program dilakukan bertahap dan terintegrasi dengan ekosistem hingga seluruh sekolah di Indonesia menjadi Program Sekolah Penggerak.

 

Program Sekolah Penggerak merupakan salah satu program yang mendorong satuan pendidikan (sekolah) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik secara holistik dalam rangka mewujudkan Profil Pelajar Pancasila dengan berfokus pada kompetensi kognitif (literasi dan numerasi) serta nonkognitif (karakter) yang diawali dengan peningkatan kompetensi kepala satuan pendidikan (kepala sekolah) dan guru. Selanjutnya, setelah sekolah mampu melakukan transformasi diri, Sekolah Penggerak diharapkan dapat menjadi katalis bagi sekolah-sekolah lain sehingga pemerataan mutu pendidikan dapat terjadi secara luas dan merata di seluruh Indonesia. 

 

Itulah penjelasan tentang apa itu sekolah penggerak, semoga dengan penjelasan diatas maka bisa menambah wawasan anda dalam memahami tentang program sekolah penggerak.

Dalam pelaksanaan program sekolah penggerak maka guru dalam melaksanakan tugasnya baik untuk mengajar dan memberikan penilaian kepada setiap peserta didiknya tentunya akan membutuhkan sebuah aplikasi ataupun alat yang bisa memudahkan guru dalam memberikan penilaian untuk siswa kedalam rapor siswa.

 

Tentunya jika sekolah telah menggunakan kurikulum sekolah penggerak maka rapor yang akan digunakan oleh sekolah pun harus memiliki model ataupun ciri khas sebagai sekolah penggerak sehingga bisa membedakan antara tampilan rapor yang menggunakan kurikulum 2013 dengan rapor yang menggunakan kurikulum sekolah penggerak.

 

Saat ini dengan bantuan tangan-tangan handal yang telah mahir dalam dunia IT khususnya dalam membuat dan mengembangkan aplikasi rapor ternyata ada seorang pengembang aplikasi rapor kurikulum sekolah penggerak yang telah mendedikasikan dirinya dalam membuat dan mengembangkan aplikasi rapor sekolah penggerak. Beliau adalah seorang pendidik dan praktisi pendidikan dari Kabupaten Karangasem, Propinsi Bali, I Nyoman Pasek, S.Pd, M.Pd yang juga merupakan Calon Guru Penggerak yang telah mencoba mengembangkan suatu aplikasi manajemen penilaian yang kemudian diberi nama “Aplikasi Rapor Sekolah Penggerak (Rapor-SP)”.

 

Dari pemaparannya beliau menyatakan bahwa Aplikasi ini dikembangkan sebagai wujud aksi nyata implementasi peran dan nilai guru penggerak di lingkungan pendidikan. Pengembangan aplikasi Rapor SP ini didasarkan atas kajian pengembang terhadap panduan pembelajaran dan penilaian sekolah penggerak serta pengalaman pengembang  sebagai seorang pendidik sehingga berhasil membuat fitur-fitur yang komunikatif, informatif, dan  komprehensif (menyeluruh) untuk dapat memberikan gambaran tentang hasil belajar peserta didik.

 

Dengan adanya aplikasi rapor sekolah penggerak ini semoga para kepala sekolah, guru, wali kelas, siswa dan seluruh warga sekolah dapat lebih mudah dalam melakukan pengolahan dan penginputan nilai melalui aplikasi rapor sekolah penggerak yang telah di buat tersebut. Dan tentunya hal ini akan lebih memudahkan para pendidik dan wali kelas yang akan melakukan proses penginputan nilai rapor siswa.

 

Sebagai informasi pula bahwa Aplikasi Rapor-SP adalah aplikasi/perangkat lunak berbasis web yang berfungsi sebagai manajemen penilaian yang komperehensif dan terpadu untuk menyusun laporan capaian kompetensi peserta didik (Rapor) pada satuan pendidikan baik pada jenjang SD, SMP, SMA maupun SMK yang melaksanakan Program Sekolah Penggerak / Sekolah Pusat Keunggulan. 

 

Secara teknis Aplikasi Rapor-SP didesain terintegrasi dengan Aplikasi Dapodik yang dikeluarkan oleh Setditjen Dikdasmen. Aplikasi Rapor-SP menggunakan data dari Aplikasi Dapodik sebagai sumber data/referensi dalam pengelolaan data penilaian di sekolah. Selain mengintegrasikan dengan dapodik, Aplikasi Rapor SP juga dapat mengakomodir data guru yang belum terdaftar di dapodik serta dapat menyesuaikan data wali kelas dan pembelajaran secara lokal tanpa mempengaruhi aplikasi dapodik.

 

Intinya bahwa melalui aplikasi rapor sekolah penggerak ini maka dapat dipastikan bahwa pendidik akan lebih mudah dan terbantu ketika akan melakukan proses pengolahan nilai untuk rapor siswa. Melalui aplikasi rapor sekolah penggerak ini pula wali kelas akan sangat terbantu dalam menyajikan rapor siswa sebab wali kelas dapat langsung melakukan cetak rapor siswa melalui aplikasi rapor sekolah penggerak.

 

Baiklah bagi anda yang penasaran dan ingin mendapatkan aplikasi rapor sekolah penggerak (Rapor-SP), maka silahkan anda download aplikasinya di bawah ini :

 

  • Aplikasi Rapor Sekolah Penggerak Versi Terbaru (DISINI)


Tujuan admin kherysuryawan.id membagikan aplikasi ini ialah untuk bisa membantu para guru yang saat ini menjalankan tuganya di program sekolah penggerak sehingga saat melakukan pengolahan nilai dapat dengan mudah melakukannya dengan menggunakan aplikasi rapor yang telah di bagikan diatas.

 

Demikianlah informasi mengenai aplikasi rapor sekolah penggerak yang bisa admin bagikan melalui postingan ini, dan sebagai bentuk penghormatan dan pengharagaan maka admin sangat berterimakasih yang sebesar-besarnya kepada pihak pengembang yang telah membuat dan mengembangkan aplikasi rapor sekolah penggerak ini serta telah membagikan aplikasi rapor untuk sekolah penggerak tersebut secara gratis dan secara publik sehingga bisa membantu para guru dalam memudahkan untuk melakukan pengolahan nilai rapor pada kurikulum sekolah penggerak.

Sekian dan Semoga Bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel