2 Cara Mengisi Data Riwayat Karir guru di Dapodik 2022

Kherysuryawan.id – Cara Menginput Riwayat Karir guru di Aplikasi Dapodik Versi Terbaru Tahun 2022.

Sahabat pendidikan yang budiman, selamat berjumpa kembali di website pendidikan milik kherysuryawan.id yang mana pada kesempatan kali ini admin akan memberikan tutorial tentang bagaimana cara input data riwayat karir guru di dalam aplikasi dapodik.

 

Kita ketahui bersama bahwasannya sebagai seroang pegawai baik itu pegawai PNS maupun pegawai honorer maka bagi mereka yang telah terdata di aplikasi dapodik maka pastinya memiliki jejak rekam selama menjadi pegawai apakah itu sebagai guru/tenaga pendidik ataukah sebagai staf/tenaga kependdikan di suatu sekolah.

 

Riwayat karir guru merupakan jejak rekam guru selama melaksanakan tugas kepegawaiannya mulai dari pertama kali melaksanakan tugas hingga saat ini. Sebagai contoh jika ada seorang guru yang datanya telah diinput di aplikasi dapodik dan ternyata guru tersebut sudah mulai bekerja atau mengajar di sekolah sejak tahun 2018 hingga tahun 2022 maka guru tersebut harus menginputkan data riwayat karir gurunya di aplikasi dapodik sejak tahun 2018 hingga sekarang dengan mengacu pada SK yang ada pada guru tersebut.

 

Pengisian riwayat karir guru sangat penting untuk diisi oleh masing-masing PTK kedalam aplikasi dapodik. Khusus untuk pengisian riwayat karir guru maka masing-masing guru bisa menginputkannya di aplikasi dapodik dengan cara login menggunakan akun PTK masing-masing yang telah dibuatkan oleh operator dapodik sekolah.

 

Dengan mengisikan riwayat karir guru secara lengkap kedalam aplikasi dapodik maka akan memudahkan pihak pusat data untuk mengetahui jejak rekam seorang guru selama menjadi guru di satuan pendidikan. Lamanya guru mengajar akan mudah di ketahui dengan melihat data kepegawaian khususnya pada bagian riwayat karir guru.

 

Salah satu persyaratan bagi seorang guru untuk bisa mengikuti program kegiatan pendidikan profesi guru (PPG) yaitu dengan mengisi secara lengkap data riwayat karir guru dengan tujuan agar data guru yang akan diundang sebagai calon peserta PPG bisa di ketahui melalui data riwayat karir guru tersebut. Data pada riwayat karir guru akan menjadi dasar dalam mengetahui lama seorang guru mengajar selama menjadi guru di sekolah.

 

Perlu di ketahui pula bahwa data riwayat karir guru bukan berarti hanya lama guru mengajar di sekolah yang saat ini di tempati saja melainkan data riwayat karir guru yaitu mulai guru pertama kali mengajar di sekolah pertama dan apabila pindah kesekolah yang baru maka data riwayat karir guru di sekolah barupun tetap harus diinput. Intinya bahwa semua riwayat guru ketika mengajar di sekolah harus dinputkan ke dalam aplikasi dapodik dengan catatan memiliki SK mengajar di sekolah tersebut.

 

Saat ini masih banyak guru dan juga operator dapodik sekolah yang bertanya-tanya tentang bagaimana cara untuk mengisi riwayat karir guru kedalam aplikasi dapodik ??? apakah hal tersebut bisa diisi oleh masing-masing guru ataukah hanya bisa diinput melalui operator dapodik sekolah saja.

 

Nah pertanyaan diatas menjadi hal penting yang harus di ketahui baik oleh guru maupun oleh operator dapodik sekolah. Sebenarnya pertanyaan diatas tentunya harus sudah di ketahui oleh setiap operator dapodik sekolah pada umumnya, namun bagi para OPS yang masih baru maka tentunya hal itu masih belum di ketahui.

 

Pada postingan kali ini admin akan menjelaskan bahwa yang dapat mengisi atau menginputkan data riwayat karir guru ialah bisa oleh guru masing-masing dengan login ke dapodik menggunakan akun masing-masing guru atau bisa juga dengan bantuan operator dapodik sekolah. Jadi kedua-duanya bisa untuk melakukannya.

 

Lantas bagaimana cara untuk mengisi data riwayat karir guru di dalam aplikasi dapodik ???

Ada 2 cara untuk melakukan pengsian riwayat karir guru, dan Berikut ini penjelasannya :

 

# CARA 1

MENGISI RIWAYAT KARIR GURU MELALUI AKUN MASING-MASING GURU

1.   Silahkan siapkan akun dapodik masing-masing guru

2.   Kemudian lakukan login dapodik menggunakan akun guru

3.   Selanjutnya, silahkan pilih menu GTK, kemudian pilih sub-menu Guru



4.   Kemudian silahkan klik nama guru yang bersangkutan dan lanjutkan dengan mengklik menu “ubah”



5.   Selanjutnya pada data rincian GTK silahkan klik menu “Riwayat Karir guru”

6.   Untuk mengisi riwayat karir guru silahkan klik menu “Tambah”


7.   Adapun data-data yang perku untuk diinputkan yaitu sebagai berikut :

-          Jenjang Pendidikan

-          Jenis Lembaga

-          Status Kepegawaian

-          Jenis PTK

-          Lembaga Pengangkat

-          No. SK Kerja

-          Tgl SK Kerja

-          TMT Kerja

-          TST Kerja

-          Tempat Kerja

-          TTD SK  Kerja

-          Mapel Diajarkan

8.   Setelah semua data diisi maka klik “Simpan”

9.   Lakukan pengisian mulai dari riwayat pertama mengajar hingga terakhir

10.Setelah semua riwayat mengajar diisikan maka jangan lupa untuk melakukan synkronisasi dapodik (hanya dapat dilakukan oleh OPS) agar data yang telah diinputkan dapat terkirim ke server pusat.

11.Selesai.

 

# CARA 2

MENGISI RIWAYAT KARIR GURU MELALUI AKUN OPERATOR DAPODIK SEKOLAH

1.   Login ke aplikasi dapodik dengan menggunakan akun OPS

2.   Selanjutnya klik menu “Pengaturan’ dan klik “Tukar Akses Pengguna”



3.   Selanjutnya masukkan kode registrasi sekolah dan klik “OK”



4.   Kemudian silahkan pilih nama guru yang bersangkutan dan klik “tukar pengguna”



5.   Selanjutnya, silahkan pilih menu GTK, kemudian pilih sub-menu Guru

6.   Kemudian silahkan klik nama guru yang bersangkutan dan lanjutkan dengan mengklik menu “ubah”

7.   Selanjutnya pada data rincian GTK silahkan klik menu “Riwayat Karir guru”

8.   Untuk mengisi riwayat karir guru silahkan klik menu “Tambah”

9.   Silahkan isi data riwayat guru sesuai permintaan data pada kolom yang telah di sediakan

10.Setelah semua data diisi maka klik “Simpan”

11.Lakukan pengisian mulai dari riwayat pertama mengajar hingga terakhir

12.Langkah terakhir silahkan lakukan synkronisasi.

13.Selesai.

 

Demikianlah informasi mengenai cara untuk melakukan pengisian data riwayat karir guru melalui aplikasi dapodik, semoga dengan menggunakan 2 cara yang telah admin jelaskan mengenai cara melakukan penginputan data riwayat karir guru diatas, senantiasa dapat membantu tugas guru maupun OPS yang baru akan melakukan penginputan data di dapodik.

Sekian dan semoga bermanfaat. Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel