Cara Manambah Riwayat Pendidikan S1 di Dapodik 2022

Kherysuryawan.id – Cara untuk menambah riwayat pendidikan PTK jenjang S1 dan cara untuk melakukan pengeditan riwayat pendidikan S1 di Aplikasi dapodik.

Sahabat pendidikan yang berbahagia, selamat berjumpa kembali pada website pendidikan yang mana di kesempatan kali ini admin akan membahas tentang langkah-langkah dalam melakukan panambahan dan pengeditan riwayat pendidikan formal khusus S1 (sasjana) bagi para guru yang Namanya telah terdaftar di aplikasi dapodik.

 

Bagi guru yang telah memiliki sertifikat/ijazah sarjana (S1) maka wajib untuk melakukan penginputan data riwayat pendidikan S1 di dalam aplikasi dapodik. Penginputan data riwayat pendidikan formal di dalam aplikasi dapodik wajib untuk di isi bagi setiap guru. Adapun data riwayat pendidikan formal yang harus diinputkan yaitu mulai dari pendidikan awal hingga pendidikan akhir sesuai dengan data yang dimiliki oleh masing-masing guru.

 

Jika pada postingan sebelumnya admin kherysuryawan.id telah membagikan cara untuk melakukan penambahan atau penginputan data pendidikan formal untuk jenjang SD, SMP, SMA/SMK maka postingan kali ini admin akan membahas tentang bagaimana cara untuk menambahkan atau menginputkan data riwayat pendidikan formal khusus untuk S1 dan juga cara untuk melakukan perubahan atau pengeditan data riwayat S1 jika di rasa ada kesalahan data.

 

Perlu di ketahui bahwa saat ini untuk melakukan penginputan atau penambahan data riwayat pendidikan khususnya untuk pendidikan S1 maka hal itu sudah dapat di lakukan oleh masing-masing guru yang bersangkutan dan tidak perlu lagi harus diinput melalui aplikasi dapodik sehingga data pendidikan S1 bisa di input oleh guru masing-masing secara online. Meskipun demikian data pendidikan S1 yang telah diinputkan di luar dapodik tersebut nantinya tetap secara otomatis akan masuk kedalam aplikasi dapodik dengan melalui prosedur yang benar.

 

Namun demikian bagi guru yang akan melakukan penambahan data riwayat pendidikan S1 maka harus bisa memahami apa-apa saya yang harus di persiapkan sebelum melakukan penginputan dan bagaimana cara untuk melakukan penginputan data riwayat S1 tersebut. Apabila prosedurnya telah di ketahui oleh setiap guru maka tentunya akan memudahkan para guru dalam melakukannya.

 

Untuk di ketahui bahwa bagi guru yang akan melakukan penambahan atau penginputan data riwayat pendidikan formal S1 agar dapat terbaca di dapodik maka bisa melakukannya sendiri dengan mengunjungi laman ptk.datadik dengan catatan melakukan login dengan menggunakan akun yang telah di miliki oleh masing-masing guru dan apabila ada guru yang ingin melakukan perubahan data pendidikan S1 di laman ptk.datadik namun belum memiliki username dan passwordnya maka bisa mendapatkannya melalui operator dapodik sekolah masing-masing.

 

Berikut ini yang harus di persiapkan sebelum melakukan penambahan dan penginputan data riwayat pendidikan S1 di laman ptk.datadik

  • Ijazah pendidikan S1 dan transkrip nilai
  • Akun PTK berupa email dan password yang telah di daftarkan oleh operator dapodik sekolah
  • Alamat untuk login ke laman ptk.datadik

 

Baiklah jika semua itu telah di miliki atau di persiapkan oleh setiap guru untuk melakukan penambahan pada riwayat pendidikan S1, maka berikut ini penjelasan mengenai cara melakukannnya.

1.   Silahkan login ke laman ptk.datadik melalui alamat berikut ini : https://ptk.datadik.kemdikbud.go.id/

2.   Kemudian klik “login menggunakan SSO”

3.   Selanjutnya isikan username dan password dengan menggunakan akun guru masing-masing lalu klik “Masuk”

4.   Selanjutnya klik menu “Pendidikan”



5.   Kemudian silahkan anda pilih menu “Tambah Riwayat”



6.   Selanjutnya silahkan lakukan pengisian data pendidikan S1 sesuai permintaan pada kolom yang telah di sediakan, jangan lupa untuk menginputkan data yang sesuai dengan data yang sebenarnya dan jika sebelumnya ada data yang salah maka silahkan lakukan penginputan data yang sebenarnya.



Adapun permintaan data yang harus diisikan yaitu diantaranya sebagai berikut ;

a.    Jenjang

b.    Satuan pendidikan

c.    Bidang studi

d.    Tahun masuk

e.    Tahun lulus

f.     NIS/NISN/NIM

g.    Masih studi/kuliah

h.   Rata-rata ujian akhir/IPK/GPA

Jika semua data telah diisi maka silahkan klik “Simpan”

8.   Selanjutnya jangan lupa informasikan kepada operator dapodik sekolah anda agar dapat melakukan synkronisasi dapodik agar penambahan data pendidikan S1 tersebut dapat masuk ke aplikasi dapodik.

9.   Selesai.

 

Jika setelah melakukan penginputan data riwayat pendidikan S1 ternyata terdapat kesalahan dan akan melakukan perubahan data maka untuk melakukan pengeditan data riwayat pendidikan S1, maka silahkan lihat penjelasannya di bawah ini :

 

Demikianlah informasi mengenai cara untuk melakukan penambahan riwayat pendidikan formal S1 di daplikasi dapodik melalui laman ptk datadik. Kiranya informasi yang admin telah bagikan ini bisa bermanfaat.

Sekian dan Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel