Cara Mengisi Riwayat Pendidikan Formal Di Dapodik 2022

Kherysuryawan.id – Cara Menambahkan Riwayat Pendidikan Formal SD, SMP, SMA di Dapodik Versi 2022 Terbaru.

Sahabat Pendidikan yang berbahagia, selamat berjumpa kembali di website pendidikan yang selalu memberikan informasi terupdate seputar dunia pendidikan. Pada kesempatan kali ini admin kherysuryawan.id akan memberikan informasi tentang salah satu hal penting yang harus di ketahui oleh guru dan juga oleh seorang operator dapodik sekolah.

 

Hal penting yang akan di bahas pada postingan kali ini yaitu mengenai bagaimana cara untuk bisa melakukan penginputan data riwayat pendidikan formal kedalam aplikasi dapodik. Seperti kita ketahui bahwa aplikasi dapodik merupakan aplikasi yhang di peruntukkan untuk melakukan penginputan data mulai dari data sekolah, data guru, data siswa dan data lainnya yang di butuhkan bagi setiap satuan pendidikan.

 

Kita ketahui bersama bahwa dalam melakukan penginputan pada aplikasi dapodik sekolah pastinya telah menugaskan salah seoirang yang menjadi operator dapodik sekolah. Nantinya OPS lah yang memiliki peranan yang sangat penting dalam keberhasilan penginputan dan pengiriman data sekolah ke server pusat.

 

Berbicara mengenai dapodik, salah satu menu yang ada di dalam aplikasi dapodik yang harus diisi oleh setiap guru dan tenaga kependidikan yaitu menu riwayat pendidikan formal. Berbicara mengenai data riwayat pendidikan maka tentunya disini yang akan di persiapkan oleh setiap GTK untuk proses penginputan data riwayat pendidikan yaitu ijazah pendidikan/sekolah mulai dari jenjang SD, SMP, SMA/SMK hingga sarjana.

 

Perlu di ketahui pula bahwa khusus penginputan data riwayat pendidikan untuk jenjang S1 atau sarjana saat ini sudah tidak bisa di input datanya melalui aplikasi dapodik melainkan data tersebut hanya dapat diinput melalui aplikasi pada laman ptk.datadik dan login menggunakan akun masing-masing PTK sehingga hal ini dapat dengan mudah di akses dan diinput datanya oleh setiap masing-masing guru dan tenaga kependidikan.

 

Data riwayat pendidikan yang saat ini dapat diinput kedalam aplikasi dapodik yaitu khusus untuk pendidikan jenjang SD, SMP, SMA/SMK saja. Hal ini penting untuk di ketahui oleh setiap guru dan tenaga kependidikan agar dapat melakukan pemutakhiran data khususnya pada data riwayat pendidikan formal sesuai dengan data yang dimiliki oleh masing-masing guru.

 

Mengapa data riwayat pendidikan formal wajib dan penting untuk di input melalui aplikasi dapodik ???

Jabawabannya ialah untuk menjadi dasar bagi seorang guru dalam melihat data riwayat pendidikan mulai dari pendidikan awal hingga pendidikan akhir yang dapat diakses secara online. Selain itu data riwayat pendidikan setiap guru tersebut nantinya juga akan menjadi informasi yang sangat penting bagi pihak pusat dalam hal ini kementerian pendidikan dan kebudayaan ketika akan melakukan validasi data yang berhubungan dengan data riwayat pendidikan guru.

 

Perlu diketahui pula bahwa Dalam rangka pelaksanaan Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan , Direktorat Pendidikan Profesi Guru, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan akan melakukan pemutakhiran data calon peserta PPG Dalam Jabatan  dan salah satu hal penting yang menjadi acuan bagi guru untuk bisa mengikuti PPG tersebut ialah harus melakukan pemutakhiran data khususnya data Riwayat pendidikan formal mulai dari jenjang pendidikan dasar hingga pendidikan terakhir melalui aplikasi dapodik sekolah.

 

Mungkin hingga saat ini masih banyak guru yang datanya belum lengkap di dalam aplikasi dapodik khususnya data riwayat pendidikan formal mulai dari jenjang SD,SMP,SMA hingga perguruan tinggi. Nah melalui postingan ini admin kherysuryawan.id akan memberikan penjelasan tentang bagaimana cara untuk melakukan penginputan atau penambahan data riwayat pendidikan formal di dalam aplikasi dapodik.

 

Bagi guru yang masih bingung tentang bagaimana cara untuk melakukan penginputan data riwayat pendidikan formal kedalam aplikasi dapodik maka bisa meminta pertolongan atau bantuan kepada operator dapodik sekolah masing-masing agar bisa diinputkan dengan catatan guru harus menyiapkan data riwayat pendidikannya secara lengkap sehingga OPS dapat dengan mudah melakukan proses input data kedalam aplikasi dapodik.

 

Berikut ini cara melakukan penginputan data riwayat pendidikan SD, SMP dan SMA/SMK melalui aplikasi dapodik versi terbaru.

1.   Silahkan login ke aplikasi dapodik menggunakan akun masing-masing guru

2.   Dapat juga login menggunakan akun OPS dengan tahapan sebagai berikut :

a.    Login ke aplikasi dapodik menggunakan akun operator dapodik sekolah (OPS)

b.    Kemudian klik “Pengaturan”

c.    Klik “tukar akses pengguna”

d.    Masukkan kode registrasi sekolah dan klik “OK”

e.    Selanjutnya pilih nama guru yang akan diinputkan data riwayat pendidikannya

f.     Selanjutnya klik “Tukar Pengguna”

 

3.   Kemudian klik menu “GTK” dan pilih “guru:

4.   Selanjutnya klik nama guru tersebut dan pilih menu “UBAH”



5.   Kemudian klik menu “Rwy. Pendidikan Formal” dan pilih “TAMBAH”


6.   Selanjutnya silahkan isi data sesuai dengan kolom yang telah di sediakan ( sebagai contoh berikut ini pengisian untuk riwayat pendidikan jenjang SD), adapun data yang harus diisi diantarnya yaitu sebagai berikut :

a.    Bidang study : pilih “Lainnya”

b.    Jenjang pendidikan : pilih “ SD/sederajat”

c.    Gelar akademik : ketikkan “Tanda strep (-)”

d.    Satuan pendidikan formal : isikan sesuai nama sekolah SD

e.    Fakultas : ketikkan “Tanda strep (-)”

f.     Kependidikan : pilih “ya”

g.    Tahun masuk: “isikan sesuai tahun masuk SD”

h.   Tahun lulus: “isikan sesuai tahun lulus SD”

i.     NIS/NISN/NIM: “isikan sesuai nomor induk di ijazah”

j.     Masih study/kuliah : “pilih Tidak”

k.    Semester : :pilih 0”

l.     Rata-rata ujian akhir/IPK/GPA: “isikan sesuai nilai yang ada di ijazah”

m.  Jika semua telah diisi maka Klik : “SIMPAN”

 


7.   Selesai.

8.   Untuk menambahkan riwayat pendidikan jenjang SMP dan SMA/SMK maka silahkan ulangi tahapan tersebut mulai dari nomor 5 diatas.

9.   Khusus untuk jenjang S1 (Sarjana) maka pengisiannya hanya dapat dilakukan melalui laman ptk.datadik.kemdikbud.go.id

 

Yang perlu di ingat pula bahwa agar data riwayat pendidikan formal yang telah diinput tersebut masuk ke server pusat maka operator dapodik sekolah wajib untuk melalukan synkronisasi data dapopdik agar data yang telah diisi tersebut dapat terkirim kepusat.

 

Demikianlah informasi mengenai cara mudah dalam melakukan penginputan data riwayat pendidikan formal melalui aplikasi dapodik, semoga informasi ini bisa membantu para guru dan operator dapodik sekolah dalam memahami pentingnya untuk melakukan pemutakhiran data riwayat pendidikan formal kedalam aplikasi dapodik dan yang terpenting pula  ialah bisa mengetahui bagaimana cara untuk melakukannya.

Sekian dan Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel