Cara Tarik Siswa Baru Dari Emis Ke Dapodik 2025

Kherysuryawan.id – Cara Tarik Data Peserta Didik Baru/Pindahan Dari Emis Kedalam Aplikasi Dapodik.

Halo sahabat operator dapodik sekolah, pada kesempatan kali ini admin kherysuryawan akan memberikan tutorial mengenai cara mudah untuk melakukan penarikan data siswa kedalam aplikasi dapodik bagi siswa yang berasal dari MIS naungan kementerian agama.

 

Seperti kita ketahui sahabat operator bahwasannya untuk bisa memasukkan atau menginput data siswa yang berasal dari luar dapodik maka kita harus memasukkannya atau menginputkannya secara manual, namun saat ini hal itu tidak perlu lagi dilakukan sebab kini operator dapat dengan mudah melakukan penarikan data siswa yang berasal dari luar dapodik atau dalam hal ini siswa yang berasal dari sekolah naungan depag melalui cara penarikan data online emis kedapodik.

 

Jika ditahun-tahun sebelumnya operator tidak bisa melakukan penarikan data siswa yang berasal dari emis kedalam aplikasi dapodik maka saat ini operator sudah dapat dengan mudah melakukan penarikan data siswa yang berasal dari emis kedalam aplikasi dapodik. Operator tidak perlu lagi melakukan input manual melainkan dapat dengan mudah langsung melakukan penarikan data siswa.

 

Lantas bagaimana cara untuk menarik data siswa yang berasal dari RA, MIs, Mts kedalam aplikasi dapodik ???

Nah melalui postingan ini admin kherysuryawan akan memberikan panduan tentang cara mudah dalam melakukan Tarik data siswa dari emis kedapodik, dan berikut ini penjelasannya.

 

Di postingan ini admin akan menjelaskan tentang cara Tarik siswa baru yang berasal dari MIS (pengguna aplikasi Emis) kedalam aplikasi dapodik. Caranmya yaitu sebagai berikut :

1.     Pertama silahkan akses spdatadik melalui link di bawah ini :

https://sp.datadik.kemdikbud.go.id/

2.     Selanjutnya klik “LOGIN MENGGUNAKAN SSO”



3.     Kemudian masukkan username dan password dapodik sekolah



4.     Setelah berhasil login, silahkan pilih menu “Aplikasi” dan lanjut pilih menu “PD BARU”



5.     Kemudian pilih peserta didik baru “EMIS”

6.     Selanjutnya pilih propinsi, kabupaten, kecamatan, nama sekolah sesuai data peserta didik berasal agar nantinya data yang akan di lihat sesuai



7.     Jika semua telah terisi dengan benar maka selanjutnya klik “TAMPILKAN” agar data siswa muncul

8.     Selanjutnya silahkan anda centang nama siswa yang akan ditarik datanya kedalam aplikasi dapodik dan kemudian klik “DAFTARKAN”



9.     Apabila siswa tersebut telah berhasil didaftarkan, maka silahkan lakukan “TARIK DATA” pada aplikasi dapodik agar data siswa dapat masuk kedalam aplikasi dapodik

10. Terakhir silahkan perbaharui data siswa didapodik agar tidak ada yang invalid dan lakukan syncronisasi.

11. Selesai.

 

Demikianlah cara mudah untuk melakukan Tarik data siswa emis kedalam aplikasi dapodik. Tentunya dengan telah terintegrasinya antara data emis dan dapodik maka akan memudahkan operator dapodik sekolah saat akan melakukan penarikan data siswa yang berasal dari luar dapodik (EMIS). Semoga informasi yang telah admin berikan ini dapat membantu aktivitas rekan-rekan operator dapodik sekoolah yang akan melakukan penarikan data siswa dari emis kedalam aplikasi dapodik.

Sekian dan semoga Bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel