Cara Login Aplikasi Ujian Seleksi Akademik PPG Tahun 2022

Kherysuryawan.id – Panduan login aplikasi ujian seleksi akademik PPG dalam jabatan dalam jaringan berbasis domisili.

Sahabat pendidikan yang berbahagia, di kesempatan kali ini saya akan berbagi informasi seputar seleksi akademik atau pretest PPG dalam jabatan tahun 2022. Bagi para peserta PPG daljab maka untuk bisa mengikuti seleksi akademik harus menggunakan aplikasi yang di sebut dengan aplikasi ujian seleksi PPG yakni safe exam browser (SEB).

 

Pada postingan saya sebelumnya saya telah membagikan tentang aplikasi safe exam browser (SEB) untuk pelaksanaan ujian seleksi akademik PPG serta tutorial tentang cara menginstal aplikasi ujian seleksi akademik PPG. Nah di kesempatan kali ini saya akan kembali memberikan tutorial mengenai cara untuk melakukan login ke aplikasi ujian seleksi akademik PPG dalam jabatan dalam jaringan berbasis domisili.

 

Perlu di ketahui bahwa untuk bisa mengikuti kegiatan ujian seleksi akademik PPG maka bapak/ibu guru harus menyiapkan dengan baik seluruh keperluan yang dibutuhkan dalam pelaksanaan nantinya diantaranya yaitu perangkat komputer, perangkat HP, jaringan internet yang stabil dan tentunya adalah selalu update mengecek informasi terbaru melalui laman resmi sim PKB agar dapat memperoleh informasi terupdate.

 

Bagi bapak/ibu guru yang kemarin telah dinyatakan lulus dalam seleksi administrasi PPG maka kini harus bersiap mengikuti tes seleksi akademik PPG dengan mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik. Bapak/ibu guru harus sudah memasang aplikasi Safe Exam Browser (SEB) di laptop masing-masing sebab pemasangan aplikasi tersebut merupakan tanggung jawab peserta PPG masing-masing.

 

Nah, bagi bapak/ibu guru yang sudah berhasil memasang aplikasi Safe Exam Browser (SEB) untuk ujian seleksi akademik PPG maka tahapan selanjutnya yang harus di pahami dan di k etahui ialah tentang bagaimana cara melakukan login/masuk ke aplikasi seleksi akademik PPG tersebut sehingga nantinya pada saat ujian peserta sudah mengetahui prosedurnya pelaksananaanya dengan baik.

 

Melalui postingan ini saya akan memberikan penjelasan atau tutorial tentang cara masuk kedalam aplikasi seleksi akademik PPG, bagi bapak / ibu guru yang ingin mengeahui caranya maka silahkan simak baik-baik penjelasannya di bawah ini :

 

PANDUAN LOGIN APLIKASI UJIAN SELEKSI PPG DALAM JABATAN

1.   Pertama-tama silahkan download aplikasi seleksi akademik PPG (DISINI)

2.   Selanjutnya silahkan Install aplikasi seleksi akademik PPG, dengan mengikuti panduan (DISINI)

3.   Jalankan File 2_MULAI_SELEKSI



4.  Selanjutnya anda akan diminta untuk memasukkan password. silahkan masukkan passwordnya yaitu : seleksi dan klik OK



5.   Masukkan Nomor Peserta Seleksi dan Kode Validasi yang terdapat pada Formulir Seleksi Akademik



6.   Klik tombol Login



7.   Untuk Login ke halaman ujian masukkan Nomor Peserta Ujian dan Kode Validasi yang terdapat pada Formulir Seleksi Akademik PPG. Pastikan anda sudah mencetak formulir, untuk memudahkan pengisian. Sedangkan Kode Masuk akan disampaikan oleh pengawas setelah selesai proses verifikasi, dan seluruh peserta siap ujian





8.   Jika sudah diinputkan, selanjutnya klik Login



9.   Jika terjadi GAGAL Login, silakan periksa kembali Nomor Peserta Ujian dan Kode Validasi yang tercetak pada Formulir Seleksi Akademik PPG. Apabila masih belum berhasil Login, silakan menghubungi pengawas.

10.Halaman awal yang tampil adalah Pakta integritas, silakan dibaca dengan seksama dan klik Saya menyetujui pakta integritas ini, kemudian klik Proses.



11.Selanjutnya akan tampil Petunjuk Umum cara mengerjakan tes, silakan baca dengan seksama dan klik tombol mulai untuk menampilkan soal dan memulai ujian.



12.Berikut ini informasi yang ditampilkan pada halaman ujian.



13.Untuk menjawab silakan pilih opsi jawaban kemudian klik simpan, jawaban yang sudah tersimpan akan ditandai pada nomor butir soal dengan warna biru, jika sudah menjawab dan klik simpan namun ragu akan jawabannya, silakan klik tombol ragu untuk menandai nomor butir soal menjadi warna kuning.



14.Jika sudah menyelesaikan soal namun waktu belum habis, silakan menunggu waktu mundur habis dan menunggu arahan dari pengawas.



15.Jika tampil seperti gambar di bawah ini, ujian telah berakhir, silakan mengakhiri sesi ujian dan mengisi kuisioner sesuai arahan pengawas.



16.Peserta keluar dari aplikasi ujian dan zoom bergantian sesuai arahan dari pengawas ujian.

 

Nah, itulah tahapan-tahapan untuk bisa melakukan login ke dalam aplikasi ujian seleksi akademik PPG dalam jabatan. Panduan yang telah di jelaskan diatas tentunya akan sangat bermanfaat bagi bapak/ibu guru yang akan mengikuti tes seleksi akademik PPG, apalagi bagi mereka yang masih sangat awam tentang penggunaan aplikasi.

 

Demikianlah informasi tentang panduan login aplikasi ujian seleksi akademik PPG dalam jabatan berbasis daring domisili, kiranya postingan ini bisa membantu bapak/ibu guru peserta PPG sehingga nantinya dalam pelaksanaan seleksi akademik PPG semuanya dapat terlaksana dengan baik, lancar dan tentunya semoga dapat memberikan hasil yang maksimal sesuai harapan.

Sekian dan Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel