Download Formulir Penilaian Kerusakan Bangunan Dapodik

Kherysuryawan.id – Formulir tingkat keruskan bangunan sekolah d dapodik.

Sahabat pendidikan dalam proses pengisian data di dalam aplikasi dapodik terdapat beberapa menu data yang harus di isi maupun diupdate datanya diantaranya ialh data guru, data peserta didik, data sekolah dan data sarana prasarana.

 


Nah, melalui kesempatan ini saya akan membahas tentang salah satu data penting yang harus di pahami oleh pihak sekolah khususnya dalam proses penginputannya di dalam aplikasi dapodik. Data yang saya maksud ialh mengenai data sarana prasarana yang ada di sekolah. Kita ketahui bahwa di setiap sekolah tentunya memiliki banyak sarana dan prasarana. Sebagai contoh misalnya kantor sekolah, ruang belajar, ruang perpustakaan, ruang laboratorium, jamban siswa & guru serta yang lainnya yang mungkin di setiap sekolah jumlah dan kondisinya berbeda-beda.

 

Membahas tentang sarana sekolah, maka tidak semua sekolah memiliki sarana yang memadai atau bisa jadi sarana yang telah ada di sekolah ternyata kondisinya telah rusak dan butuh renovasi. Dengan adanya keadaan pada masing-masing sarana tersebut maka nantinya sekolah dapat melakukan pemutakhiran data sarana pada aplikasi dapodik.

 

Tujuan dilakukannya pemutakhiran data sarana sekolah pada aplikasi dapodik ialah untuk bisa mengetahui sarana apa saja yang terdapat di sekolah tersebut yang kondisinya sudah perlu untuk di rehab atau di renovasi. Apabila sekolah tidak melakukan pemutakhiran data maka tentunya pihak pusat tidak akan mengetahui apakah sekolah tersebut membutuhkan bantuan untuk renovasi bangunan yang sudah tidak layak pakai.

 

Di dalam aplikasi dapodik untuk pemutakhiran data khususnya pada data sarpras terdapat 3 kategori kondisi yang bisa di pahami atau di ketahui pada pengisian data sarpras bangunan maupun data ruangan. Ketiga kondisi tersebut ialah :

1.       Kondisi baik

2.       Kondisi rusak ringan

3.       Kondisi rusak berat.

 

Nantinya sekolah dapat melakukan pemutakhiran data sarana dengan menyesuaikan dengan keadaan real yang terdapat di sekolah tersebut. Apabila memang ada bangunan yang dianggap sudah rusak berat maka operator dapodik sekolah dapat melakukan penginputan data kerusakan bangunan sesuai dengan apa yang semestinya.

 

Perlu dipahami bahwa dalam pengisian data sarpras pada bangunan maupun ruang yang ada di aplikasi dapodik maka nantinya akan ada beberapa komponen yang harus diisi sesuai dengan kondisi kerusakannya diantaranya yaitu :

1.       Pondasi

2.       Struktur : yang meliputi kolom, balok, pelat

3.       Atap

4.       Plafond

5.       Dinding : yang meliputi batu bata/partisi, kaca, pintu, kusen

6.       Lantai : yang meliputi penutup lantai

7.       Utilitas : yang meliputi instalasi listrik, instalasi air, drainase limbah

8.       Finidhing : yang meliputi finishing langit-langit, finishing dinding, finishing kusen/pintu

 

Sahabat pendidikan yang berbahagia, perlu juga untuk di ketahui dan pahami bahwa nantinya untuk melakukan pengisian kerusakan bangunan yang ada di dapodik maka operator dapodik harus melakukan penginputan sesuai dengan formulir penilaian kerusakan bangunan yang telah di tandatangani oleh tim survey, kepala dinas pendidikan dan kepala dinas PUPR.

 

Lantas bagaimana cara untuk bisa mendapatkan formulir penilaian keruskan bangunan sekolah ???

Melalui postingan ini saya akan membagikan file format penilaian kerusakan bangunan untuk pengisian di dapodik yang mana format ini telah lengkap dengan komponen-komponen yang nantinya akan diisi sesuai dengan tingkat kerusakan masing-masing bangunan.

 

Adapun file format penilaian kerusakan bangunan yang akan saya bagikan ini yaitu disimpan dalam bentuk Ms exel sehingga akan mudah untuk digunakan dan juga dapat langsung diedit untuk di masukkan jumlah persen tingkat kerusakan pada masing-masing komponen yang ada.

 

Baiklah bagi anda yang membutuhkan file format penilaian kerusakan bangunan untuk sekolah sebagai bahan input di dapodik, maka silahkan anda dapatkan filenya di bawah ini :

 

  • Formulir Penilaian Kerusakan Bangunan Sekolah (DISINI)


Demikianlah informasi mengenai format penilaian kerusakan bangunan untuk dapodik yang bisa saya bagikan di kesempatan kali ini, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan senantiasa dapat membantu rekan-rekan operator dapodik sekolah yang mungkin membutuhkannya.

Sekian dan Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel