Contoh Program Kerja PPDB Tahun 2023/2024

Kherysuryawan.id – Download Program Kerja Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SD/SMP/SMA/SMK Tahun Pelajaran 2023/2024.

Halo sahabat pendidikan, bagaimana kabar anda ? semoga anda yang sedang membaca dan mengunjungi artikel ini senantiasa selalu dalam keadaan sehat wal afiat. Pada kesempatan yang berbahagia ini saya sebagai admin akan memberikan informasi yang berhubungan dengan pelaksanaan penerimaan peserta didik baru di sekolah.

 


Seperti kita ketahui Bersama bahwa tidak lama lagi setiap sekolah mulai dari jenjang SD, SMP, SMA dan SMK akan mulai melakukan penerimaan peserta didik baru untuk tahun pelajaran yang baru. Dalam rencana pelakasanaan tersebut pastinya sekolah telah mempersiapkan segala sesuatunya agar di hari pelaksanaan nantinya semua bisa terlaksana dengan baik.

Penerimaan Peserta Didik Baru bertujuan memberikan kesempatan layanan yang seluas-luasnya bagi warga negara usia anak sekolah agar memperoleh layanan pendidikan sebaik-baiknya dan berkeadilan.

 

Ada begitu banyak persiapan yang harus di penuhi oleh sekolah dalam menyambut datangnya hari penerimaan peserta didik baru di sekolah. Biasanya sekolah akan melaksanakan rapat persiapan pelaksanaan penerimaan peserta didik baru (PPDB). Dalam hasil rapat tersebutlah nantinya akan di bentuk sebuah panitia untuk pelaksanaan PPDB di sekolah masing-masing.

 

PPDB akan berjalan dengan baik jika panitia telah merencanakan semuanya dengan lengkap dan sesuai dengan keadaan di sekolah masing-masing. Dalam pembentukan panitia PPDB maka akan ada beberapa orang yang terlibat di dalamnya untuk melaksanakan tugas sesuai dengan tanggung jawab masing-masing.

 

Salah satu rencana yang harus di buat oleh panitia PPDB ialah membuat program kerja Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Nantinya program kerja PPDB yang telah dibuat akan menjadi pedoman dan dasar bagi panitia PPDB dalam menjalankan tugasnya selama melaksanakan kegiatan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di sekolah masing-masing.

 

Program kerja Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang akan dibuat harus di sesuaikan dengan situasi dan kondisi yang ada di tempat/sekolah masing-masing. Apabila di wilayah anda masih memberlakukan sistem zonasi, prestasi maupun yang lainnya maka nantinya program kerja dapat dibuat sesuai dengan aturan yang di berlakukan di daerah masing-masing.

 

Program kerja Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) sangat penting untuk di buat oleh pihak sekolah yang melaksanakan kegiatan PPDB sebab nantinya program kerja PPDB akan menjadi panduan kerja bagi panitia PPDB dan juga akan menjadi sebuah laporan tertulis bagi panitia PPDB yang akan atau yang telah melaksanakan tugasnya selama kegiatan PPDB berlangsung.

 

Apabila anda merupakan salah satu yang menjadi panitia PPDB di sekolah anda dan anda belum sempat untuk membuat program kerja Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di tahun ini maka anda bisa memiliki contoh laporan kerja PPDB yang akan admin bagikan pada postingan ini. Disini admin akan membagikan contoh laporan/program kerja PPDB yang bisa dijadikan sebagai referensi bagi para panitia PPDB di sekolah yang akan membuat program kerja PPDB.

 

Program kerja PPDB yang akan admin bagikan pada postingan ini dapat digunakan oleh sekolah jenjang SD, SMP, SMA maupun SMK dengan catatan bagi siapapun yang akan menggunakannya maka kiranya bisa menyesuaikan dengan jenjang pendidikan yang ada di sekolah masing-masing.

Dalam pelaksanaannya, Penerimaan Peserta Didik Baru memenuhi kriteria-kriteria:

a.       Obyektivitas artinya bahwa penerimaan Peserta Didik, baik baru maupun pindahan harus memenuhi ketentuan yang diatur dalam edaran ini

b.       Transparansi artinya pelaksanaan penerimaan Peserta Didik, baik baru maupun pindahan bersifat terbuka dan dapat diketahui oleh masyarakat termasuk orang tua Peserta Didik untuk menghindari penyimpangan-penyimpangan yang terjadi

c.       Akuntabilitas artinya penerimaan Peserta Didik, baik baru maupun pindahan dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat baik prosedur maupun hasilnya

d.       Tidak diskriminatif artinya setiap warga negara yang berusia sekolah dapat mengiktui program pendidikan di wilayah negara kesatuan Republik Indonesia.

e.       Pada dasarnya tidak ada penolakan dalam penerimaan Peserta Didik, baik baru maupun pindahan kecuali daya tampung sekolah yang terbatas dan waktu yang tidak memungkinkan

Untuk keterlaksanaan tujuan dan kriteria dalam penerimaan siswa baru perlu dibuat program kerja sebagai pedoman bagi Panitia dalam pelaksanaan penerimaan siswa baru.

 

Sebagai informasi bahwa program kerja PPDB yang akan admin bagikan pada postingan ini yaitu dalam bentuk file yang telah di sajikan dalam format word. Tentunya dengan disediakannya file dalam format word tersebut maka akan memudahkan bagi bapak/ibu guru panitia PPDB yang akan menggunakannya sebagai referensi dan juga bisa melakukan pengeditan sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

 

Baiklah bagi bapak/ibu guru panitia Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang membutuhkan contoh file program kerja PPDB versi terbaru, maka anda bisa memiliki filenya yang akan admin bagikan dan siapkan di bawah ini:

 

  • Program Kerja PPDB Terbaru (DISINI)


Demikianlah informasi mengenai contoh program kerja PPDB untuk persiapan pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di sekolah, semoga dengan dibagikannya contoh program kerja PPDB tersebut maka bisa membantu tugas panitia PPDB dalam mempersiapkan sebuah program kerja PPDB sehingga kegiatan PPDB bisa berlangsung dengan aman, tertib dan tentunya lancar sesuai harapan.

Sekian dan semoga Bermanfaat !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel