Solusi eRapor Lemot dan Tidak Bisa Akses Menggunakan Port 2020

Kherysuryawan.id – Cara mengatasi loading erapor lemot atau lambat  loading dan aplikasi erapor tidak bisa diakses dengan menggunakan port 2020.

Saat ini hampir semua sekolah mulai dari jenjang sekolah SD, SMP, SMA dan SMK untuk melakukan penginputan nilai rapor telah menggunakan aplikasi erapor.

 


Memang dengan menggunakan aplikasi erapor sekolah dapat lebih mudah dalam melakukan proses penginputan nilai. Melalui aplikasi erapor guru dan wali kelas dapat dengan mudah melakukan penginputan nilai bahkan dengan menggunakan aplikasi erapor maka wali-wali kelas dapat langsung bisa mencetak atau print hasil rapor sebab menu cetak rapor juga telah di siapkan di dalam aplikasi erapor.

 

Khusus untuk jenjang sekolah menengah pertama (SMP) aplikasi erapor terus melakukan pembaharuan yakni dengan mengupdate versi aplikasi kea rah yang lebih lengkap dan tentunya lebih memudahkan pengguna dalam melakukan penginputan data nilai. Saat ini aplikasi erapor untuk jenjang SMP telah menggunakan versi yang terbaru yakni versi 2.2

 

Bagi para pengguna aplikasi erapor yang telah melakukan penginputan nilai di dalam aplikasi maka tentunya masih ada beberapa masalah yang sering dialami namun semua masalah tentunya pasti ada jelan keluarnya. Bagi pengguna aplikasi erapor yang sudah berpengalaman maka pastinya sudah tidak asing lagi dalam menggunakannya dan tentunya telah terlebih dahulu merasakan suka duka dalam menjalankan aplikasi erapor.

 

Lantas bagaimana dengan sekolah yang baru akan menggunakan aplikasi erapor ??

Memang bagi sekolah yang baru pertama akan menggunakan aplikasi erapor maka pastinya akan banyak kendala yang di hadapi namun sebenarnya untuk bisa mudah dalam menjalankan dan menggunakan aplikasi erapor maka sudah disediakan buku panduan penggunaan aplikasi erapor jenjang SMP. Bagi anda yang belum memiliki buku panduan penggunaan aplikasi erapor SMP Versi terbaru maka anda bisa mendapatkannya pada website kherysuryawan.id yang mana penjelasan cara menggunakan erapor dan juga buku panduan penggunaannya telah di sediakan disana.

 

Tidak semua sekolah bisa dengan lancar menjalankan aplikasi erapor pada saat akan melakukan penginputan nilai sehingga ada saja sekolah yang terkendala dalam melakukan proses penginputan di aplikasi erapor. Salah satu masalah yang sering dialami oleh pengguna aplikasi erapor ialah lambatnya aplikasi erapor merespon saat guru akan melakukan penginputan nilai atau saat akan pertama kali membuak aaplikasi erapor.

 

Sebenarnya masalah mengenai aplikasi erapor yang lambat loading atau hanya muter-muter saja saat akan di akses ternyata di sebabkan oleh salah satu hal yang perlu untuk di ketahui. Pada aplikasi erapor jenjang SMP ada 2 port yang bisa digunakan untuk mengakses aplikasi erapor tersebut yakni :

1.       Port 2679, dan

2.       Port 2020

 

Nah jika sekolah mengakses aplikasi erapor dengan menggunakan port 2679 maka terkadang akses loadingnya akan sangat lambat, apalagi aplikasi erapor akan diinput oleh banyak guru maka kecepatan aksesnya akan menurun dan menyebabkan apliaksi menjadi lambat loading atau hanya berputar-putar saja.

 

Nah bagi anda yang ketika mengakses erapor dengan menggunakan port 2679 dan ternyata mengalami kendala lambat loading pada aplikasi yang akan di akses maka admin sarankan untuk menggunakan port 2020 saat akan mengakses erapor. Jika anda mengakses erapor SMP versi terbaru dengan menggunakan port 2020 maka anda akan melihat akses aplikasi yang lebih cepat dan tidak akan lambat loading lagi.

 

Satu lagi permasalahan yang sering di alami oleh operator yang baru pertama kali akan melakukan install aplikasi erapor. Yang mana saat akan membuka aplikasi erapor dengan menggunakan port 2679 ternyata bisa di akses meskipun agak lambat dan apabila akan di akses dengan menggunakan port 2020 maka aplikasi erapor tidak bisa di akses,

 

Lantas bagaimana caranya jika aplikasi erapor tidak bisa diakses dengan menggunakan port 2020 ?

Baiklah disini admin akan memberikan penjelasannya. Bagi pengguna aplikasi erapor yang tidak bisa mengakses aplikasi erapornya dengan menggunakan port 2020 maka anda perlu ketahui bahwa anda terlebih dahulu harus menginstal sebuah aplikasi Microsoft yang bernama Microsoft VISUAL C++  

Jika di laptop yang terinstal aplikasi erapor telah terinstal visual c+ maka aplikasi erapor yang telah anda install tersebut dapat diakses dengan menggunakan port 2020.

 

Dimana bisa mendapatkan aplikasi microsft visual c++ runtime ?

Pada postingan ini admin akan menyiapkan aplikasi microsoft visual c++ runtime yang bisa anda unduh secara gratis dan juga admin akan menjelaskan cara menginstallnya sehingga bisa di gunakan untuk mengakses aplikasi erapor dengan menggunakan port 2020.

 

Berikut ini cara menginstal Microsoft visual c++ runtime di laptop yang terpasang aplikasi erapor

1.   Silahkan download Microsoft visual c++ runtime (DISINI)

2.   Setelah itu silahkan ekstrak filenya

3.   Akan ada beberap file di dalamnya

4.   Klik 2 kali file “install All”



5.   Tunggu hingga proses selesai

6.   Apabila proses telah selesai silahkan restar laptop anda

7.   Kemudian silahkan buka aplikasi erapor dengan menggunakan port 2020

8.   Taraaaaaaa, kini aplikasi erapor sudah bisa diakses menggunakan port 2020 dan pastinya sudah tidak lemot/lambat loading lagi.



9.   Selesai

 

Demikianlah solusi dan penjelasan mengenai cara untuk mengatasi aplikasi erapor yang lambat loading dan tidak bisa di akses dengan menggunakan port 2020. Semoga postingan ini bisa membantu rekan-rekan operator yang menjadi admin erapor yang sedang mengalami kendala seperti masalah yang telah admin bahas diatas.

Sekian dna semoga Bermanfaat, Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel