Materi MPLS Terbaru Tahun Pelajaran 2023/2024

Kherysuryawan.id – Download materi masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) Terbaru Tahun pelajaran 2023/2024 untuk sekolah jenjang SD, SMP, SMA dan SMK.

Sahabat pendidikan yang berbahagia, tidak lama lagi kegiatan masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) akan segera dimulai.

 


Masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) sangat penting untuk di lakukan oleh setiap jenjang satuan pendidikan agar calon peserta didik baru bisa mengetahui tentang lingkungan, keadaan dan kondisi yang ada di sekolah yang akan mereka gunakan sebagai tempat belajar nantinya. Dengan pelaksanaan MPLS maka akan memberikan suasana pengenalan lingkungan sekolah yang baru yang dapat menjalin keakraban diantara para peserta didik baru.

 

Kegiatan pengenalan lingkungan sekolah adalah laboratorium awal untuk mengenalkan hakikat sekolah kepada peserta didik. Hanya saja, di masa pengenalan lingkungan sekolah praktik-praktik kekerasan, perpeloncoan, bullying turut hadir dengan alasan yang tidak dibenarkan dan jauh dari hakikat pendidikan.

 

MPLS adalah kegiatan yang diselenggarakan oleh sekolah dalam rangka memperkenalkan para siswa baru pada semua hal yang berhubungan dengan sekolah. Perkenalan tersebut bukan hanya sebatas antar murid baru saja atau dengan kakak kelas serta guru namun juga pada komponen lainnya, meliputi pengenalan program, sarana dan prasarana sekolah, cara belajar, penanaman konsep pengenalan diri, dan pembinaan.

 

Perlu di ketahui bahwa dalam pelaksanaan MPLS selain akan memberikan pengenalan pada lingkungan sekolah maka peserta juga akan di berikan materi pembelajaran di saat MPLS nantinya. Panitia MPLS dalam hal ini harus dapat memberikan persiapan kepada para pemateri yang akan memberikan materi saat pelaksanaan MPLS di sekolah masing-masing.

 

Apa saja materi yang disampaikan saat kegiatan MPLS?

Biasanya setiap sekolah memiliki materi yang sedikit berbeda disesuaikan dengan kebutuhan mereka. Berikut ini Beberapa materi yang perlu disampaikan saat pelaksanaan kegiatan MPLS di masing-masing sekolah, antara lain yaitu sebagai berikut :

1.  Wawasan Wiyata Mandala;

2.  Kegiatan Kesiswaan, baik itu Intra-kurikuler, seperti OSIS ataupun Ekstra-kurikuler, seperti Kepramukaan, UKS,Seni, Olahraga, dan lain-lain;

3.  Pendidikan Karakter;

4.  Cara Belajar Efektif;

5.  Pengenalan Budaya Lokal;

6. Pengenalan Tentang Kurikulum Merdeka

7. Kebijakan Kurikulum Merdeka

8. Pengenalan Profil Pelajar pancasila

9. Anti Bullying

 

Setiap sekolah di sarankan untuk bisa memberikan materi yang telah di sebutkan diatas.

Lantas bagaimana jika sekolah dalam hal ini panitia MPLS belum memiliki materi tersebut ?

Tenang saja melalui postingan ini admin akan mmebantu para pemateri yang akan membawakan materi MPLS agar bisa memiliki contoh materi PMLS seperti yang telah di sebutkan diatas.

 

Apabila anda adalah seorang yang di pilih oleh sekolah untuk membawakan materi MPLS sesuai dengan judul materi MPLS yang telah di sebutkan di atas, maka anda bisa memiliki file contoh materi MPLS tersebut pada postingan/artikel ini.

 

Baiklah berikut ini file materi MPLS yang telah di sediakan pada artikel ini, bagi anda yang membutuhkannya maka silahkan miliki filenya di bawah ini :

 

MATERI MPLS TERBARU

a.  Wawasan Wiyata Mandala (DISINI)

b.  Kegiatan Kesiswaan, baik itu Intra-kurikuler, seperti OSIS ataupun Ekstra-kurikuler, seperti Kepramukaan, UKS,Seni, Olahraga, dan lain-lain (DISINI)

c.  Pendidikan Karakter (DISINI)

d.  Cara Belajar Efektif (DISINI)

e.  Pengenalan Budaya Lokal (DISINI)

f. Pengenalan Tentang Kurikulum Merdeka (disini)

g. Kebijakan Kurikulum Merdeka (disini)

h. Pengenalan Profil Pelajar pancasila (disini)

i. Anti Bullying (disini)

 

Sebagai informasi khusus untuk materi MPLS tentang pengenalan budaya lokal maka setiap daerah dapat membuat materi tersendiri sesuai kebudayaan lokal yang ada di daerahnya masing-masing dan selanjutnya di perkenalkan kepada para peserta didik baru/siswa baru agar mereka bisa mengetahui tentang pentingnya menganal budaya local daerah dan melestarikannya.

 

Seluruh file materi MPLS yang di sediakan diatas sudah di sajikan dalam format word dan ada juga yang dalam format pdf maupun ppt sehingga akan sangat mudah untuk digunakan dan apabila akan di lakukan pengeditan atau pembaharuan maka anda bisa melakukannya dengan mudah sesuai kebutuhan masing-masing.

 

Demikianlah informasi mengenai materi MPLS untuk semua jenjang sekolah yang bisa admin bagikan di kesempatan kali ini, semoga informasi ini bermanfaat dan bisa membantu para panitia MPLS maupun pemateri MPLS yang membutuhkan contoh materi untuk kegiatan MPLS di sekolah masing-masing.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel