Materi PPKN Kelas 7 Semester 1&2 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Materi pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaran atau yang biasa disingkat dengan PPKN kelas 7 semester 1 dan semester 2 kurikulum merdeka.

Selamat berjumpa kembali di website kherysuryawan.id, semoga anda yang sedang membaca postingan ini senantiasa dapat memperoleh manfaatnya. Pada kesempatan kali ini saya sebagai admin akan memberikan informasi tentang susunan materi pelajaran yang ada pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) kelas 7 SMP kurikulum merdeka.

 


Bagi seorang guru maupun siswa materi pelajaran tentunya menjadi hal yang sangat penting untuk di ketahui dalam proses pembelajaran. Mengetahui materi yang akan di pelajari maka akan membuat semangat dalam belajar dan kita dapat mencari referensi pembelajaran yang sesuai dengan materi yang akan di pelajari.

 

Saat ini banyak sekolah telah menggunakan kurikulum baru yakni kurikulum merdeka. Bagi anda yang sekolahnya sudah menggunakan kurikulum merdeka maka pastinya akan melakukan pembelajaran yang sesuai dengan model kurikulum yang digunakan yakni kurikulum merdeka.

 

Begitu juga dengan metari yang akan di pelajari di sekolah yang telah menerapkan kurikulum merdeka maka harus bisa mengikuti susunan materi yang ada pada buku siswa kurikulum merdeka. Pada kurikulum merdeka ini guru dan siswa telah disiapkan buku teks pelajaran sehingga dapat memudahkan dalam proses pembelajaran.

 

Namun tidak semua guru dan siswa dapat memiliki buku paket teks pelajaran di sekolahnya sehingga banyak guru dan siswa yang tidak mengetahui materi apa saja yang nantinya akan di pelajari pada pembelajaran di kurikulum merdeka.

 

Nah melalui kesempatan ini admin akan membantu untuk menjabarkan susunan materi pelajaran yang ada pada kurikulum merdeka khususnya untuk mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) kelas 7 SMP mulai dari semester 1 hingga semester 2 secara lengkap dan tersusun.

 

Susunan Materi pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) kelas 7 semester 1 dan 2 kurikulum merdeka yang akan admin sajikan pada postingan ini semuanya telah di sesuaikan dengan materi yang ada pada buku guru dan buku siswa PPKN kelas 7 kurikulum merdeka.

 

Dengan adanya postingan ini maka kiranya bisa membantu bapak/ibu guru dan para siswa yang belum memiliki buku teks pelajaran PPKN di kelas 7 kurikulum merdeka dan bisa mengetahui susunan materi yang nantinya akan di pelajari pada mapel PPKN kelas 7 kurikulum merdeka.

 

Ada banyak juga guru dan siswa yang telah memiliki buku teks pelajaran PPKN kelas 7 kurikulum merdeka di sekolahnya namun tidak menghapal susunan materi yang nantinya akan di pelajari pada mapel PPKN di kelas 7 baik materi semester 1 maupun materi semester 2. Semoga dengan admin membagikan informasi mengenai susunan materi PPKN kelas 7 kurikulum merdeka ini maka bisa membantu warga pendidikan yang sedang membutuhkan informasi tentang daftar/susunan materi pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) kelas 7 pada semester 1 dan semester 2 di pembelajaran kurikulum merdeka.

 

Sebelum guru mengajar dan juga sebelum siswa belajar maka tentunya salah satu hal penting yang harus di ketahui ialah materi yang akan di pelajari. Dengan mengetahui jenis-jenis materi yang akan di pelajari maka akan memudahkan bagi guru yang akan mengajar. Siswa pun dapat menyiapkan diri dengan baik sebelum memasuki ruangan belajar apabila telah mengetahuui jenis materi yang nantinya akan di pelajari.

 

Melalui kesempatan ini admin akan membantu bapak/ibu guru dan peserta didik/siswa yang akan belajar mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) di kelas 7 SMP yaitu dengan cara memberikan informasi lengkap seputar materi yang akan di pelajari nantinya di mapel PPKN kelas 7 semester 1 dan semester 2.

 

Tentunya materi pelajaran PPKN kelas 7 yang ada pada kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka akan mengalami perbedaan maka olehnya itu bagi sekolah yang telah menggunakan kurikulum merdeka harus bisa mengetahui apa-apa saja materi yang nantinya akan di pelajari pada kurikulum merdeka khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) kelas VII SMP.

 

Sebelum admin membagikan susunan materi yang akan di pelajari pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) kelas 7 SMP kurikulum merdeka, maka admin akan menginformasikan bahwasannya pada semester 1 jumlah BAB yang akan di pelajari ada 3 BAB yaitu mulai BAB 1 hingga BAB 3 dan pada semester 2 jumlah BAB yang akan di pelajari juga ada 3 BAB yaitu dimulai dari BAB 4 sampai BAB 6.

 

Baiklah disini admin akan menyajikan susunan materi pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) kelas VII SMP semester 1 dan semester 2 kurikulum merdeka. Silahkan di lihat sajian materinya di bawah ini :

 

MATERI PPKN KELAS 7 SMP SEMESTER 1 KURIKULUM MERDEKA


BAB I SEJARAH KELAHIRAN PANCASILA

A. Latar Sejarah Kelahiran Pancasila

B. Kelahiran Pancasila

C. Perumusan Pancasila

D. Penetapan Pancasila

👉 RANGKUMAN MATERI PPKN KELAS 7 BAB 1 LENGKAP (DISINI)


BAB II NORMA DAN UUD NRI TAHUN 1945

A. Norma Masyarakat

B. Hak dan Kewajiban pada Norma

C. UUD NRI Tahun 1945 sebagai Dasar Hukum Tertulis Negara

D. Perumusan dan Pengesahan UUD NRI Tahun 1945

E. Amendemen UUD NRI Tahun 1945

👉 RANGKUMAN MATERI PPKN KELAS 7 BAB 2 LENGKAP (DISINI)


BAB III KESATUAN INDONESIA DAN KARAKTERISTIK DAERAH

A. Wilayah Negara Indonesia

B. Indonesia sebagai Negara Kesatuan

C. Persatuan dan Kesatuan Indonesia

D. Karakteristik Daerah dalam NKRI

E. Mempertahankan Persatuan dan Kesatuan

👉 RANGKUMAN MATERI PPKN KELAS 7 BAB 3 LENGKAP (DISINI)


 

MATERI PPKN KELAS 7 SMP SEMESTER 2 KURIKULUM MERDEKA

 

BAB IV KEBINEKAAN INDONESIA

A. Keragaman Gender

B. Keragaman Suku

C. Keragaman Budaya

D. Keragaman Agama

E. Keragaman Ras dan Antargolongan

F. Menjaga Nilai Penting Kebinekaan

 👉 RANGKUMAN MATERI PPKN KELAS 7 BAB 4 LENGKAP (DISINI)


BAB V MENGHARGAI LINGKUNGAN DAN BUDAYA LOKAL

A. Mengenal Lingkungan Sekitar

B. Menghargai Budaya Lokal

C. Menghargai Makanan Tradisional

D. Menghargai Produk dan Jasa Lokal

E. Apresiasi Lingkungan dan Budaya Lokal

 👉 RANGKUMAN MATERI PPKN KELAS 7 BAB 5 LENGKAP (DISINI)


BAB VI BEKERJA SAMA DAN BERGOTONG ROYONG

A. Kerja Sama dan Budaya Gotong Royong

B. Nilai Penting Kerja Sama dan Gotong Royong

C. Landasan Karakter Kerja Sama dan Gotong Royong

D. Revolusi Mental

E. Penerapan Kerja Sama dan Gotong Royong

 👉 RANGKUMAN MATERI PPKN KELAS 7 BAB 6 LENGKAP (DISINI)

 

LIHAT JUGA :

  • MATERI PENDIDIKAN PANCASILA KELAS 7 SEMESTER 1&2 KURIKULUM MERDEKA - ( DISINI )


Itulah materi yang nantinya akan di pelajari pada mata pelajaran PPKN kelas 7 SMP semester 1 hingga semester 2 pada kurikulum merdeka. Susunan materi diatas sudah di sesuaikan dengan materi yang terdapat pada buku teks pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) kelas 7 kurikulum merdeka.

 

Demikianlah informasi mengenai kumpulan materi pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) kelas 7 SMP semester 1 dan 2 yang dapat admin sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga sajian materi diatas dapat membantu guru maupun siswa yang ingin mengetahui daftar susunan materi yang terdapat pada pelajaran PPKN dikelas 7 SMP.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel