Rangkuman Materi Informatika Kelas 10 Bab 3 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Ringkasan materi informatika kelas 10 Bab 3 “Teknologi Informasi dan Komunikasi” semester 1 kurikulum merdeka.

halo sahabat kherysuryawan, apakah anda membutuhkan materi informatika kelas 10 SMA yang telah di ringkas. nah, melalui artikel ini admin akan memberikan sajian materi ringkasan untuk mata pelajaran informatika kelas 10 semester 1 kurikulum merdeka khususnya materi yang terdapat pada Bab 3 “Teknologi Informasi dan Komunikasi”.

 


Di kesempatan kali ini admin akan memberikan sajian materi informatika kelas 10 bab 3 “Teknologi Informasi dan Komunikasi” yang mana seluruh materi yang admin buat ini bersumber dari buku informatika kelas 10 kurikulum merdeka, sehingga bagi anda yang di sekolahnya telah menggunakan kurikulum merdeka maka dapat memanfaatkan ringkasan materi ini sebagai bahan belajar.

 

Ada 2 sub materi yang nantinya akan di pelajari di mata pelajaran informatika kelas 10 bab 3, diantaranya yaitu :

1.       Integrasi Konten Aplikasi Perkantoran

2.       Fitur Lanjut Aplikasi Perkantoran

 

Untuk anda yang ingin melihat materi hasil ringkasan pada mata pelajaran informatika kelas 10 Bab 3 “Teknologi Informasi dan Komunikasi” maka silahkan lihat sajian materinya di bawah ini:


Bab 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi

A. Integrasi Konten Aplikasi Perkantoran

Mengintegrasikan artinya menyatukan beberapa objek, data, atau komponen untuk membentuk sesuatu yang utuh dan bermakna, walaupun komponennya tadinya terpencar atau tidak ada hubungannya.

 

Integrasi memungkinkan untuk mengaitkan data maupun itur antaraplikasi sehingga data atau itur pada satu aplikasi dapat digunakan di aplikasi yang lain. Integrasi konten aplikasi perkantoran bertujuan untuk menggabungkan konten aplikasi lain dalam satu aplikasi.

Sebagai contoh, pada Microsoft Oice, data dari Microsoft Excel dapat ditautkan dengan dokumen pada Microsoft Word dalam pembuatan surat, atau data di Microsoft Excel ditautkan dengan presentasi pada MS PowerPoint dalam menampilkan graik dan tabel.

 

Terdapat beberapa cara untuk mengintegrasikan data, teks, gambar antar aplikasi perkantoran. Cara itu menggunakan:

(a) teknik “Salin-Tempel”(Copy Paste) atau “Gunting-Tempel” (Cut Paste),

(b) Menu yang tersedia di aplikasi,

(c) teknik Object Linking dan Embedding.

 

1. Integrasi dengan Perintah Cut, Copy, dan Paste

Perintah Cut (Potong), Copy (Salin), dan Paste (Tempel) pada aplikasi komputer saat ini diinspirasi dari praktik tradisional dalam pengeditan naskah yang diketik pada sebuah kertas, di mana orang akan memotong (cut) paragraf dari halaman dengan gunting dan menempelkannya ke halaman lain (paste).

 

Mekanisme tradisional Cut, Copy, dan Paste menggunakan gunting, sedangkan pada aplikasi komputer, perintah Cut memindahkan teks/graik atau objek lain ke dalam clipboard atau bufer berupa tempat penyimpan sementara. Perintah Paste akan memindahkan objek dari clipboard tersebut menuju ke dokumen tujuan. Perintah Copy akan menyalin teks/graik atau objek lain yang disorot ke dalam clipboard dan akan memindahkan objek dari clipboard tersebut menuju ke dokumen tujuan.

 

2. Fitur Integrasi Konten pada Aplikasi

Integrasi konten pada bagian ini dilakukan dengan menggunakan itur integrasi yang tersedia di aplikasi. Kita dapat menggunakan menu pada salah satu aplikasi yang secara otomatis membuka aplikasi lainnya. Misalnya, pada Microsoft Word, ketika dipilih menu Insert Chart, Microsoft Excel secara otomatis akan terbuka.

 

3. Object Linking & Embedding

Pada Object Linking (untuk Microsoft Oice), objek yang berasal dari aplikasi perkantoran lain dapat disisipkan ke aplikasi perkantoran yang sedang dibuat. Perubahan pada data sumber akan mengakibatkan perubahan pada objek yang dihubungkan dengan fasilitas ini pada aplikasi lainnya.

 

B. Fitur Lanjut Aplikasi Perkantoran

Banyak itur lanjut dari aplikasi perkantoran yang bisa membantu kita dalam membuat laporan maupun menyajikan data. Dua fitur lanjut aplikasi perkantoran, yaitu fitur mail merge pada Word dan fitur membuat video pada MS PowerPoint.

 

v  Mail Merge adalah itur yang dapat kalian gunakan untuk menghasilkan surat, amplop, undangan, dan lain-lain secara berulang, tetapi terdapat beberapa komponen yang berbeda misalnya nama dan alamat yang dituju.

 

v  MS PowerPoint dapat digunakan untuk membuat video presentasi. Versi yang baru dari aplikasi ini memiliki itur untuk merekam audio dan video yang menyertai presentasi. Jangan lupa memakai aplikasi yang legal, bukan bajakan agar berfungsi dengan baik. Fasilitas ini bermanfaat untuk membuat video berupa presentasi yang disertai dengan narasi dan potongan video dari naratornya.

 

Demikianlah sajian ringkasan materi informatika kelas 10 SMA bab 3 tentang “Teknologi Informasi dan Komunikasi” yang dapat admin bagikan pada kesempatan kali ini. Untuk bisa mendapatkan materi lengkapnya maka anda bisa melihatnya langsung di buku siswa informatika kelas 10 kurikulum merdeka.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel