Rangkuman Materi Informatika Kelas 10 Bab 4 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Ringkasan materi informatika kelas 10 Bab 4 ” Sistem Komputer” semester 1 kurikulum merdeka.

Sahabat kherysuryawan yang berbahagia, sebagai bentuk kepedulian admin dalam dunia pendidikan maka melalui kesempatan ini admin ingin berbagi seputar materi pelajaran yang ada pada kurikulum merdeka.

 


Kita ketahui bahwa pada kurikulum merdeka, salah satu mata pelajaran yang nantinya akan di pelajari yaitu mata pelajaran informatika. Untuk memudahkan siswa dalam belajar mata pelajaran informatika maka disini admin akan memberikan ringkasan materi informatika kelas 10 semester 1 khususnya materi yang ada pada bab 4 semester 1.

 

Perlu di ketahui bahwa pada mata pelajaran informatika kelas 10 bab 4 tentang ” Sistem Komputer” ada 4 sub materi yang akan di pelajari di dalamnya, diantaranya yaitu sebagai berikut :

A. Komputer dan Komponen Penyusunnya

B. Interaksi Manusia dan Komputer

C. Kolaborasi dalam Sistem Komputer

D. Sistem Operasi

 

Ringkasan materi informatika kelas 10 Bab 4 ” Sistem Komputer” yang akan admin berikan pada kesempatan ini seluruh materinya bersumber dari buku siswa informatika kelas 10 kurikulum merdeka.

 

Bagi anda yang ingin melihat sajian materi hasil ringkasan mata pelajaran informatika kelas 10 Bab 4 ” Sistem Komputer” semester 1 kurikulum merdeka maka berikut ini sajian lengkapnya :

 

Bab 4 Sistem Komputer

A. Komputer dan Komponen Penyusunnya

Secara umum, komputer adalah peralatan elektronik yang menerima masukan data, mengolah data, dan memberikan hasil keluaran dalam bentuk informasi, baik itu berupa gambar, teks, suara, maupun video.

Gambaran umum sebuah komputer tampak pada Gambar diatas, di mana “data” (teks, suara, klik, sentuhan, atau lainnya) dari peranti masukan akan diproses oleh Central Processing Unit (CPU) untuk menghasilkan output berupa tampilan informasi, sinyal reaksi, dll. yang direpresentasikan melalui peranti keluaran.

 

1. Sistem Komputer

Sistem Komputer terdiri atas beberapa bagian berikut.

1. Perangkat Keras (Hardware)

2. Perangkat Lunak (Software)

3. Pengguna

Semua komponen tersebut saling mendukung sehingga komputer dapat beroperasi. Perangkat keras komputer membutuhkan perangkat lunak agar komputer bisa dihidupkan dan difungsikan. Jika hardware yang tidak disertai software, komputer hanyalah sebuah mesin yang tidak berguna.

 

a. Perangkat Keras (Hardware)

Perangkat keras komputer (hardware) adalah komponen isik pada komputer yang dapat disentuh, dilihat atau dipindahkan. Contoh perangkat keras ialah mouse, harddisk, processor, RAM, printer, scanner dll.

 

b. Perangkat Lunak (Software)

Perangkat lunak adalah kode-kode program yang dibuat menggunakan bahasa pemrograman. Kode-kode tersebut merupakan kumpulan perintah atau instruksi untuk menjalankan tugas tertentu sesuai dengan keinginan pengguna, atau untuk mengendalikan kerja perangkat keras.

 

Jika sebuah sistem komputer diibaratkan manusia, perangkat keras adalah “otak” dan perangkat lunak adalah “pikiran”. Contoh perangkat lunak ialah sistem operasi, aplikasi (app), dll.

 

c. Pengguna

Pengguna adalah orang yang menggunakan atau mengoperasikan komputer. Pemahaman lebih lanjut tentang pengguna, dapat ditemukan pada materi Dampak Sosial Informatika.

 

2. Jenis-Jenis Komputer

Berdasarkan ukurannya, komputer dibagi menjadi beberapa jenis antara lain seperti ditunjukkan pada penjelasan berikut.

 

Microcomputer (Komputer Mikro)

Komputer mikro merupakan komputer yang memiliki ukuran paling kecil dibandingkan dengan jenis komputer lainnya dan menggunakan microprocessor sebagai CPU atau unit pemrosesan utama.

Contoh dari komputer mikro antara lain Ultrabook, permainan konsol, telepon pintar dan Tablet.

 

Komputer Personal (PC, Personal Computer)

Komputer personal atau PC memiliki ukuran yang lebih besar dari komputer mikro dan memiliki kemampuan penyimpanan dan pengolahan data yang lebih besar dibandingkan dengan komputer mikro, dan dibuat untuk penggunaan personal. PC dapat berbentuk desktop PC (dirancang untuk ditaruh di meja), atau untuk dapat dijinjing dan dibawa-bawa (laptop).

 

Mini PC

Merupakan komputer “peralihan” dari komputer personal ke komputer mini yang dipakai di industri. Biasanya, dipakai untuk industri kecil atau personal untuk keperluan profesional atau industri kecil.

 

Minicomputer

Berbeda dengan komputer personal, komputer mini berukuran lebih besar, dan mempunyai kapasitas memori maupun pemroses yang lebih besar. Komputer mini dipakai menunjang kebutuhan pengolahan informasi perusahaan skala menengah.

 

Komputer Mainframe

Komputer Mainframe berukuran lebih besar dibandingkan dengan komputer dan biasanya digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar sebagai server (peladen).

 

Supercomputer

Supercomputer memiliki ukuran yang paling besar dan memiliki kapasitas pengolahan data dan kinerja yang paling kuat. Super Komputer memiliki kemampuan untuk melakukan triliunan perintah atau instruksi per detik yang dapat dihitung dalam FLOPS (Floating Point Operation per Second).

 

B. Interaksi Manusia dan Komputer

Sebuah sistem komputasi terdiri atas perangkat keras dan perangkat lunak yang saling berinteraksi.

 

Berbagai macam jenis interaksi dapat dilakukan oleh pengguna dengan sistem komputer, di antaranya seperti berikut.

 

1. Berbasis GUI (Graphical User Interface)

Merupakan antarmuka yang menggunakan menu grais untuk memudahkan pengguna berinteraksi dengan komputer. GUI merupakan antarmuka pada sistem operasi komputer yang menggunakan menu grais.

 

2. Antarmuka Berbasis Perintah (Command Line Interface/CLI)

Sistem operasi berbasis CLI merupakan tipe antarmuka melalui text-terminal. Pengguna menjalankan perintah dan program di sistem operasi tersebut dengan cara mengetikkan baris-baris tertentu.

 

3. Melalui Suara (Audio)

Antarmuka menggunakan suara memungkinkan pengguna mengucapkan sesuatu dan hasilnya akan direkam, dalam bentuk format audio. Antarmuka ini hanya dimungkinkan jika perangkat keras menyediakan perekam suara dan melalui aplikasi.

 

4. Melalui Gambar (Video)

Antarmuka menggunakan gambar hanya dimungkinkan jika perangkat keras menyediakan kamera. Kamera akan merekam gambar dan melalui aplikasi akan menyimpan gambar dalam format video.

 

5. Melalui Berbagai Piranti Masukan Lainnya

Selain melalui perangkat lunak, pengguna dapat berinteraksi langsung ke komputer melalui piranti masukan, seperti yang dijelaskan sebelumnya (keyboard, joystick, mouse, touchpad, layar sentuh, keyboard virtual, dll).

 

C. Kolaborasi dalam Sistem Komputer

Di dalam sebuah sistem komputer, perangkat keras berkolaborasi dengan perangkat lunak aplikasi atau piranti lain melalui sistem operasi. Sistem Operasi pun berkolaborasi dengan aplikasi untuk berinteraksi dengan pengguna. Kolaborasi itu menghasilkan sebuah sistem komputasi yang akan bermanfaat bagi pengguna.

 

Bahwa dalam sistem komputer, terjadi interaksi dan kolaborasi. Ini dapat dijumpai dalam kehidupan sehari-hari, seperti software yang digunakan di sebuah toko, warnet, kantor, rumah sakit, dan sebagainya.

 

Sebagai Contoh ialah ketika membeli laptop baru dan akan membuat laporan di dalamnya, perlu menginstal sistem operasi terlebih dulu, sebelum aplikasi pengolah kata. Hal ini menunjukkan bahwa kedua software di atas saling bekerja sama satu sama lainnya, sebuah software bergantung pada software lainnya.

 

D. Sistem Operasi

Sistem operasi (OS) adalah perangkat lunak sistem yang mengelola perangkat keras komputer, sumber daya perangkat lunak, dan menyediakan layanan umum untuk program komputer.

Sistem operasi berfungsi untuk mengendalikan, mengontrol atau memberikan koneksi antarperangkat keras komputer.

 

Contoh dari sistem operasi ialah MS Windows, Linux, MacOS, Android, iOS, dan sebagainya.

Sistem operasi berfungsi untuk mengelola proses, memori utama, mengelola ile, mengelola penyimpanan sekunder, serta melakukan proteksi dan keamanan.

 

Fungsi Sistem Operasi secara lebih rinci dapat dijelaskan sebagai berikut.

1.       Menyediakan antarmuka ke pengguna untuk berinteraksi dengan komputer. Tanpa antarmuka yang mudah digunakan, komputer akan sulit untuk digunakan.

2.       Mengendalikan input dan output.

3.       Mengelola perangkat keras dan periferal.

4.       Mengelola pemuatan perangkat lunak dan menjalankan perangkat lunak.

5.       Mengelola file (copy, save, sort, delete).

6.       Menangani interupsi dan kesalahan (error).

7.       Mengelola prosesor.

8.       Mengelola memori.

9.       Mengelola keamanan.

 

Demikianlah ringkasan materi untuk mata pelajaran informatika kelas 10 Bab 4 “Sistem Komputer” yang dapat admin berikan pada postingan ini. Kiranya materi diatas dapat membantu siswa yang ingin belajar mapel informatika di kelas 10 kurikulum merdeka.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel