Rangkuman Materi Informatika Kelas 10 Bab 5 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Ringkasan materi informatika kelas 10 Bab 5 ”Jaringan Komputer dan Internet” semester 1 kurikulum merdeka.

Sahabat kherysuryawan yang berbahagia, bagaimana kabar anda hari ini… semoga anda yang sedang mengunjungi laman ini senantiasa selalu dalam keadaan sehat wal afiat.

 


Melalui postingan ini admin akan berbagi materi khususnya materi yang ada pada mata pelajaran informatika kelas 10 semester 1 kurikulum merdeka. Adapun materi yang akan admin berikan disini ialah materi yang telah di ringkas/dirangkum dengan tujuan agar bisa memudahkan siswa yang akan menggunakannya sebagai bahan belajar baik untuk belajar di rumah maupun di sekolah.

 

Materi yang telah admin ringkas disini ialah materi yang ada pada mata pelajaran informatika kelas 10 SMA bab 5 tentang Jaringan Komputer dan Internet yang nantinya akan di pelajari di semester 1 kurikulum merdeka.

 

Kita ketahui bahwa pada kurikulum merdeka, salah satu mata pelajaran yang nantinya akan di pelajari yaitu mata pelajaran informatika. Untuk memudahkan siswa dalam belajar mata pelajaran informatika maka disini admin akan memberikan ringkasan materi informatika kelas 10 semester 1 khususnya materi yang ada pada Bab 5 semester 1.

 

Perlu di ketahui bahwa pada mata pelajaran informatika kelas 10 Bab 5 tentang ” Jaringan Komputer dan Internet” ada 3 sub materi yang akan di pelajari di dalamnya, diantaranya yaitu sebagai berikut :

A. Jaringan Lokal dan Internet

B. Komunikasi Data dengan Ponsel  

C. Proteksi Data Saat Berinternet

 

Sebagai informasi bahwa Ringkasan materi informatika kelas 10 Bab 5 ” Jaringan Komputer dan Internet” yang akan admin berikan pada kesempatan ini seluruh materinya bersumber dari buku siswa informatika kelas 10 kurikulum merdeka.

 

Bagi anda yang ingin melihat sajian materi hasil ringkasan mata pelajaran informatika kelas 10 Bab 5 ” Jaringan Komputer dan Internet” semester 1 kurikulum merdeka maka berikut ini sajian lengkapnya :

 

Bab 5 Jaringan Komputer dan Internet

A. Jaringan Lokal dan Internet

Jaringan komputer yang menghubungkan komputer ada dua jenis, yaitu:

v  jaringan local, dan

v  jaringan internet.

Perbedaan keduanya ada pada jangkauannya. Jaringan lokal memiliki jangkauan yang lebih terbatas dibandingkan dengan jaringan internet.

 

1. Jaringan Lokal

Jaringan lokal adalah jaringan komputer berkabel maupun nirkabel yang menghubungkan komputer dengan perangkat lainnya dalam area terbatas seperti tempat tinggal, sekolah, laboratorium, kampus universitas, atau gedung kantor.

 

Setiap perangkat memiliki IP address yang berbeda.

IP address merupakan identitas sebuah komputer dalam jaringan komputer. IP address berfungsi sebagai alamat pengiriman data dari satu perangkat ke perangkat lain.

 

2. Internet

Internet sendiri merupakan kepanjangan dari interconnection-networking, yaitu sebuah jaringan komputer yang menghubungkan banyak perangkat di seluruh dunia. Jaringan internet ini memungkinkan adanya pertukaran data paket (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Secara konsep, jaringan internet juga disebut jaringan area luas (Wide Area Network).

 

Untuk bisa mengakses jaringan internet, biasanya perangkat apa pun harus terhubung dengan salah satu Internet Service Provider (ISP) dengan menggunakan mekanisme koneksi internet tertentu. Jika jaringan lokal terhubung dengan ISP, baik secara berkabel maupun nirkabel, perangkat dalam jaringan lokal bisa mengakses internet.

 

3. Konektivitas Internet

Koneksi dengan internet pada umumnya dilakukan menggunakan kabel internet yang bisa berupa kabel coaxial, kabel iber optik maupun kabel twisted pair.

 

Berikut ini beberapa jenis koneksi internet yang memungkinkan perangkat kalian terhubung ke dalamnya.

a. Konektivitas Internet pada Jaringan Berkabel

Berikut ini beberapa konektivitas pada jaringan berkabel.

a)       Dial-Up PSTN (Public Switched Telephone Network)

b)      ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Line)

c)       LAN (Local Area Network)

 

b. Konektivitas Internet pada Jaringan Nirkabel

Konektivitas internet pada jaringan nirkabel merupakan jaringan internet yang tidak menggunakan kabel untuk menghubungkan satu perangkat dan perangkat lain.

Berikut ini beberapa konektivitas pada jaringan nirkabel.

a)       GPRS (General Packet Radio Service)

b)      Wifi

c)       Akses Satelit

 

B. Komunikasi Data dengan Ponsel

Salah satu penggunaan jaringan internet dalam membantu kehidupan sehari-hari ialah sebagai sarana komunikasi baik melalui ponsel maupun melalui perangkat lainnya.

 

1. Jaringan Komunikasi pada Ponsel

Komunikasi data merupakan sebuah mekanisme pengiriman dan penerimaan data dari satu perangkat ke perangkat lain.

 

Namun, karena makin berkembangnya teknologi internet, saat ini, komunikasi data menggunakan ponsel bisa melalui jaringan internet antara lain seperti berikut.

a)       GPRS (General Packet Radio Service) merupakan jaringan internet pada ponsel yang memiliki kecepatan antara 35-171 Kpbs. Dengan kecepatan ini, biasanya, hanya cukup untuk mengirim pesan yang tidak terlalu Panjang.

b)      EDGE (Enhanced Data rate for GSM Evolution) merupakan jaringan internet yang memiliki kecepatan lebih baik dibandingkan dengan GPRS karena memiliki kecepatan antara 120-384 Kbps.

c)       3G merupakan jaringan internet GPRS versi 3 yang menggunakan protokol transfer data United Mobile Telecommunication Technology sehingga menghasilkan kecepatan antara 384 Kbps – 2 Mbps.

d)      Generasi berikutnya ialah HSPA (High Speed Packet Access) yang dikenal dengan nama 3.5G dan memiliki kecepatan 600 Kbps – 10 Mbps. Adapun HSDPA (High Speed Downlink Packet Access) atau dikenal dengan nama H+ pada layar HP kita memiliki kecepatan yang stabil pada kisaran 7.2 Mbps.

e)      4G/LTE (Long Term Evolution) merupakan generasi keempat dari GPRS yang memiliki kecepatan hingga 100 Mbps. Saat ini, hampir sebagian besar ponsel di pasaran sudah mendukung jaringan 4G/LTE.

 

2. Komunikasi Data dengan Ponsel

Ponsel/handphone/HP merupakan sebuah perangkat yang bekerja layaknya sebuah komputer karena bisa terhubung ke dalam sebuah jaringan lokal maupun jaringan internet.

 

Ada beberapa jenis koneksi jaringan pada perangkat ponsel yang digunakan untuk komunikasi data. Sebagian besar koneksi tersebut lebih banyak menggunakan media tanpa kabel, yaitu antara lain koneksi dengan kabel data, koneksi dengan bluetooth, dan koneksi dengan wifi.

 

Koneksi dengan Kabel

Koneksi dengan kabel pada ponsel biasanya dilakukan dengan menggunakan data cable (kabel data). Penggunaannya lebih banyak untuk menghubungkan ponsel dan perangkat komputer atau perangkat lainnya yang memiliki port USB. Karena menggunakan kabel, jangkauan koneksi ini sangat terbatas sesuai dengan panjang kabel data yang kalian miliki.

 

Koneksi dengan Bluetooth

Bluetooth adalah komunikasi data tanpa kabel yang menggunakan gelombang elektromagnetik yang beroperasi pada frekuensi 2.45. Bluetooth memungkinkan pengguna perangkat seperti ponsel, printer, mouse, keyboard dan perangkat lainnya bisa terkoneksi tanpa kabel dengan jangkauan sekitar 1 meter.

 

Koneksi dengan wifi

Koneksi data dengan jaringan tanpa kabel menggunakan teknologi wifi merupakan jenis koneksi yang banyak digemari. Alasan utamanya ialah karena bandwidth-nya yang besar dan hemat energi baterai. Kapasitas bandwidth maksimum sangat bergantung pada jarak dan data rate dari perangkat access point. Kekurangannya ialah jangkauannya yang tidak jauh, maksimum 100 meter, tetapi dengan bandwidth yang minimum (data rate 1Mbps).

 

C. Proteksi Data Saat Berinternet

Ketika akan membuka sebuah situs web, kemudian melakukan log in ke dalam situs web tersebut dengan memasukan nama pengguna dan kata sandi, apakah kalian tahu bahwa data yang dimasukkan aman dan tidak mungkin bisa diketahui orang lain?

 

Untuk memastikan ini, kalian harus paham bahwa situs web yang kalian kunjungi itu aman atau tidak. Cara paling mudah untuk mengetahui situs web yang di kunjungi itu aman karena melakukan proteksi pada data yang di input ialah dengan melihat di alamatnya apakah didahului dengan HTTPS dan ada icon seperti kunci di sebelah alamat situs web.

 

Berikut ini perbedaan http dan https :

v  Hypertext Transfer Protocol (HTTP) adalah protokol yang mengatur komunikasi antara client (komputer pengguna) dan server (komputer yang menyimpan data yang diakses melalui situs web).

v  HTTPS adalah versi HTTP yang lebih aman yang mampu menjaga keamanan data yang sedang diproses.

 

Demikianlah yang dapat admin sajikan pada kesempatan kali ini, semoga ringkasan materi informatika kelas 10 Bab 5 “Jaringan Komputer dan Internet” semester 1 kurikulum merdeka yang ada diatas dapat membantu siswa dalam belajar dan bisa lebih mudah memahami materi yang berhubungan dengan “Jaringan Komputer dan Internet”.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel