Rangkuman Materi Informatika Kelas 10 Bab 1 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Rangkuman Materi Informatika Kelas 10 SMA/SMK Bab 1 “Informatika dan Keterampilan Generik” kurikulum merdeka.

Halo sahabat kherysuryawan, pada kesempatan kali ini admin akan memberikan ulasan materi yang telah diringkas sehingga dapat membantu siswa yang akan menggunakannya sebagai bahan belajar.

 


Adapun materi yang akan admin bagikan pada kesempatan kali ini ialah materi pada mata pelajaran Informatika kelas 10 Bab 1 “Informatika dan Keterampilan Generik” semester 1 kurikulum merdeka. Materi ringkasan ini admin buat dengan tujuan agar bisa menjadi referensi pembelajaran baik bagi siswa maupun bagi guru.

 

Seluruh materi informatika kelas 10 bab 1 semester 1 kurikulum merdeka yang admin sajikan disini semuanya bersumber dari buku siswa informatika kelas 10 SMA/SMK kurikulum merdeka. Bagi anda yang ingin memiliki sajian ringkasan materi lengkapnya maka silahkan lihat di bawah ini :

 

Bab 1 Informatika dan Keterampilan Generik

A. Tentang Informatika di Sekolah Menengah Atas

 

1. Apa dan Mengapa Informatika?

Informatika adalah bidang ilmu mengenai studi, perancangan, dan pembuatan sistem komputasi, serta prinsip-prinsip yang menjadi dasar perancangan tersebut.

 

Komputasi adalah ilmu yang berkaitan dengan pemodelan matematika dan penggunaan komputer untuk memecahkan masalah-masalah sains.

 

Istilah informatika sepadan dengan istilah dalam bahasa Inggris Informatics, Computing, atau Computer Science. Informatika mencakup pemodelan dari “komputasi” dan aplikasinya dalam pengembangan sistem komputer. Apa itu komputasi?

 

Menurut KBBI, komputasi adalah:

1.       penghitungan dengan menggunakan komputer;

2.       dalam matematika, penghitungan dengan menggunakan bilangan-bilangan atau peubah-peubah yang dilaksanakan berdasarkan urutan langkah yang diberikan.

 

Setelah melalui perkembangan lebih dari 20 tahun, informatika telah menjadi salah satu disiplin ilmu yang saat ini sudah berdiri sendiri. IInformatika dapat dipandang sebagai sebuah cabang ilmu yang tersendiri karena membawa seseorang ke suatu cara berpikir yang unik (computational thinking), dan berbeda dari bidang ilmu lainnya.

 

Informatika di Era Industri 4.0

Saat ini manusia hidup di era digital yang sering disebut Industri 4.0. Dalam industri 4.0, banyak hal dilakukan oleh manusia dengan memanfaatkan mesin cerdas berbasis komputer dan internet.

 

Masyarakat sekarang ini disebut masyarakat 5.0 (society 5.0) karena hidup di dunia isik sekaligus di dunia siber (maya) saat melakukan kegiatan daring.

Di masa depan, pasti akan lebih banyak lagi peran teknologi dalam kegiatan manusia. Mungkin juga akan makin banyak jenis pekerjaan yang hilang. Sebaliknya, pencipta teknologi itulah yang makin dibutuhkan.

 

2. Apa yang akan Dipelajari dalam Mata Pelajaran Informatika?

Informatika mencakup aspek teoretis dan praktis, mendorong kalian untuk mengembangkan daya pikir kritis dan kreatif untuk menghasilkan penemuan (invention) terkait komputer dan sistem komputasi.

 

Berikut ini menggambarkan bidang-bidang pengetahuan atau elemen pengetahuan informatika tersebut.



Keterangan:

TIK: Teknologi Informasi dan

Komunikasi

SK: Sistem Komputer

JKI: Jaringan Komputer/Internet

AD: Analisis Data

AP: Algoritma dan Pemrograman

DSI: Dampak Sosial Informatika

PLB: Praktik Lintas Bidang

BK: Berpikir Komputasional

 

3. Informatika dan Proil Pelajar Pancasila

Bagi pelajar Indonesia, karakter yang baik ini dirumuskan sebagai proil pelajar Pancasila, yang memiliki ciri-ciri berikut ini: (a) Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, (b) Berkebhinekaan global, (c) Mandiri, (d) Bergotong Royong, (e) Bernalar kritis, dan (f) Kreatif.

 

Nah, melalui mata pelajaran informatika, kalian akan belajar juga menumbuhkan karakter-karakter tersebut, sebagai warga dunia nyata dan sebagai warga dunia maya. Semua elemen pembelajaran pada buku ini diharapkan dapat mengasah kemampuan kalian bernalar kritis dan kreatif, serta melatih kalian mengaitkan satu elemen pengetahuan dengan pengetahuan lainnya.

 

4. Tanya Jawab

Pertanyaan : Apa persamaan dan perbedaan informatika fase SMP dengan Fase SMA?

Jawaban : Elemen mata pelajaran informatika sama, tetapi pembahasannya akan lebih mendalam dan praktiknya lebih banyak menggunakan komputer dan perkakas yang sesuai dengan bidang yang dipelajari.

 

Pertanyaan : Problem Solving? Jenis apa yang akan dilatih untuk diselesaikan pada Fase SMA?

Jika dalam fase sebelumnya persoalan lebih dikaitkan dengan persoalan sehari-hari, pada Fase SMA kita akan membahas kasus-kasus yang lebih bernuansa informatika, artinya yang solusinya lebih mengarah ke solusi yang terprogram (bisa dijalankan oleh komputer). Program komputer yang dibuat semasa fase SMP lebih sebagai program kreativitas, sedangkan program komputer yang akan dikembangkan di kelas X akan berupa program komputer yang akan berguna untuk mendukung dalam memodelkan komputasi.

 

Pertanyaan : Apakah Informatika perlu untuk bidang sosial dan humanitas (soshum) dan seni?

Jawaban : Bidang sosial dan humanitas serta seni juga memerlukan komputer. Kalaupun siswa tidak akan memilih karir menjadi pengembang sistem komputasi, pengolahan data dalam suatu riset sosial akan membutuhkan perkakas pengolahan yang pasti membutuhkan informatika. Perkakas informatika ini disederhanakan antarmukanya sehingga pengguna bidang non informatika hanya perlu memandang perkakas informatika sebagai black box. Artinya, pengguna bidang informatika tidak perlu tahu detailnya, tinggal memakai seperti banyak pemakai televisi atau kulkas tanpa perlu mengerti rangkaian elektronika di dalamnya. Akan tetapi, memahami struktur dari perkakas dengan baik dan memahami logika pengembangannya akan membantu pengembang perkakas. Sistem sosial banyak dimodelkan dan disimulasikan, untuk mengkaitkan masa lalu, masa kini, dan masa depan. Simulasi memungkinkan kita melakukan percobaan dengan mengubah-ubah parameter, dan melakukan “what if analysis” atau “Bagaimana jika…. “

 

Pertanyaan : Apa hubungan informatika dengan matematika?

Jawaban : Matematika adalah akar dari informatika, terutama untuk bidang logika dan matematika diskrit, statistika, dan analisis data. Informatika memadukan teori[1]teori matematika dan bidang lain dengan prinsip dan teori informatika, untuk menghasilkan model komputasi yang dapat disimulasikan dengan komputer.

 

Pertanyaan : Apa hubungan informatika dengan ilmu pengetahuan alam?

Jawaban : Informatika akan menjadi alat berpikir saat mengembangkan model[1]model komputasi untuk bidang kimia, biologi, isika, atau lainnya. Kemajuan sains banyak dicapai dengan kemajuan bidang informatika. Sebaliknya, kebutuhan pemodelan dan komputasi sains juga menyebabkan teknik untuk pengolahan, analisis dan interpretasi data bagi sains semakin baik.

 

Pertanyaan : Apa hubungan informatika dengan engineering (rekayasa)?

Jawaban : Dalam proses rekayasa, insinyur insinyur menentukan kebutuhan, melakukan analisis, perancangan, implementasi dan pengujian produk/artefak. Insinyur sipil akan menghasilkan berupa bangunan (gedung, jembatan, atau lainnya). Insinyur mesin menghasilkan mesin dan engine untuk berbagai alat mulai engine pesawat, mobil, atau alat rumah tangga sederhana. Praktik lintas bidang informatika memberi kesempatan siswa untuk melakukan praktik proses rekayasa, yang meliputi analisis, perancangan, implementasi dan pengujian sebelum mengembangkan produk/artefak komputasional.

 

Pertanyaan : Kegiatan apa saja yang akan dilakukan dalam pelajaran informatika? Apakah sama dengan SMP?

Jawaban : Ya, masih sama dengan saat fase SMP, siswa kelas X akan mengalami pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning/PBL), pembelajaran berpusat pada siswa (Student Centered Learning/SCL), dan pembelajaran berbasis inkuiri (Inquiry Based Learning/IBL).

 

Pertanyaan : Apa yang dimaksud dengan transformasi digital?

Jawaban : Transformasi digital mengacu pada proses dan strategi menggunakan teknologi digital untuk mengubah praktik pekerjaan dan bahkan kehidupan sehari-hari menjadi “digital” yaitu lebih banyak memakai sistem komputer. Hal ini semakin mungkin karena masyarakatnya juga semakin “melek digital” (digital literate), perangkat keras semakin canggih dan justru menjadi murah serta berkinerja tinggi (powerful), perangkat lunak semakin mudah dioperasikan, dan teknologi juga memungkinkan sistem beroperasi lebih eisien dan memberikan nilai manfaat bagi kehidupan.

 

Pertanyaan : Apa itu big data?

Jawaban : Istilah big data banyak disebut-sebut. Big data adalah istilah yang menggambarkan data terstruktur maupun tidak terstruktur yang bervolume besar, yang cepat pertumbuhannya. Data tersebut membanjiri dunia digital karena semakin banyak orang mengisi konten lewat aplikasi, misalnya berkomunikasi/ bersosialisasi melalui media sosial. Namun bukan jumlah data yang penting. Apa yang dilakukan organisasi dengan data itulah yang penting. Big data dapat dianalisis untuk selanjutnya dipakai mengarahkan keputusan seseorang, memberikan rekomendasi, atau lainnya. Dalam organisasi dan bisnis, big data dapat dipakai untuk membantu proses pengambilan keputusan yang strategis dengan menggali halaman web yang dapat diakses secara publik. Pertanyaan : Apa itu Artiicial Intelligence?

 

B. Keterampilan Generik

Dalam konsep kurikulum informatika, dikenal adanya 7 aspek praktik lintas bidang , di mana 2 di antaranya bersifat umum dan akan dipraktikkan di mana-mana.

Tujuh aspek praktika informatika itu adalah:

1.       Membina dan menumbuhkan budaya kerja masyarakat digital dalam tim yang inklusif.

2.       Berkolaborasi untuk melaksanakan tugas dengan tema komputasi.

3.       Mengenali dan mendeinisikan persoalan yang pemecahannya dapat didukung dengan sistem komputasi.

4.       Mengembangkan dan menggunakan abstraksi.

5.       Mengembangkan artefak komputasi, misalnya membuat program sederhana untuk menunjang model komputasi yang dibutuhkan di pelajaran lain.

6.       Mengembangkan rencana pengujian, menguji dan mendokumentasikan hasil uji artefak komputasi.

7.       Mengkomunikasikan suatu proses, fenomena, solusi TIK dengan mempresentasikan, memvisualisasikan serta memperhatikan hak kekayaan intelektual.

 

Demikianlah informasi tentang ringkasan/rangkuman materi Informatika kelas 10 SMA/SMK kurikulum merdeka khususnya pada materi Bab 1 “Informatika dan Keterampilan Generik” yang dapat admin bagikan pada kesempatan kali ini. Semoga sajian materi ini dapat bermanfaat bagi guru dan siswa yang akan menggunakannya dalam pembelajaran Informatika.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel