Rangkuman Materi Matematika Kelas 10 Bab 4 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Rangkuman materi matematika kelas 10 SMA kurikulum merdeka bab 4 “Trigonometri” untuk pembelajaran semester 1.

Halo sahabat kherysuryawan, selamat berjumpa kembali pada website pendidikan. Pada kesempatan ini admin akan memberikan sebuah ringkasan/rangkuman materi pelajaran yang ada pada kurikulum merdeka. Materi yang akan admin paparkan disini ialah materi pelajaran matematika kelas 10 Bab 4 tentang Trigonometri.

 


Untuk memudahkan siswa maupun guru dalam melakukan pembelajaran maka di perlukan sebuah buku paket pelajaran. Meskipun demikian biasanya materi yang ada pada buku paket sangat banyak untuk di pelajari sehingga untuk bisa memudahkan siswa dalam mempelajari materi tersebut maka di perlukan sebuah ringkasan/rangkuman.

 

Nah, melalui postingan ini admin akan memberikan ringkasan/rangkuman materi matematika kelas 10 bab 4 “Trigonometri” dengan harapan agar bisa membantu siswa agar lebih mudah dalam menggunakannya sebagai bahan pembelajaran.

 

Adapun sub materi yang nantinya akan di pelajari pada mata pelajaran matematika bab 4 “Trigonometri” kurikulum merdeka yaitu sebagai berikut :

 A. Perbandingan Trigonometri

1. Penamaan Sisi Segitiga Siku-siku

2. Satu Jenis Perbandingan Trigonometri: tan θ

3. Kegunaan Perbandingan Trigonometri tan θ

B. Pemanfaatan Perbandingan Trigonometri

1. Perbandingan Trigonometri di Piramida

2. Tiga Serangkai Perbandingan Trigonometri

3. Sudut Istimewa Perbandingan Trigonometri


Materi “Trigonometri” yang akan di palajari di kelas 10 merupakan materi akhir yang terdapat pada semester 1 kurikulum merdeka. Bagi anda yang di sekolahnya telah menggunakan kurikulum merdeka maka bisa memanfaatkan materi ini sebagai bahan belajar baik untuk belajar di rumah maupun belajar di sekolah.

 

Baiklah untuk melihat selengkapnya mengenai ringkasan materi matematika kelas 10 bab 4 “Trigonometri” maka di bawah ini sajian materinya :

 

Bab 4. Trigonometri

A. Perbandingan Trigonometri

Gambar dibawah ini menunjukkan tiga orang yang mempunyai tinggi berbeda-beda sedang berdiri pada posisi yang sama membelakangi sumber cahaya. Setiap orang membentuk bayangan dengan panjang yang berbeda-beda. Yang lebih tinggi akan menghasilkan bayangan yang lebih panjang.


1. Penamaan Sisi Segitiga Siku-siku

Prinsip nilai perbandingan yang digunakan untuk mencari tinggi orang dewasa dapat diterapkan untuk mencari tinggi sebuah gedung pencakar langit maupun tinggi gunung. Perbandingan trigonometri secara sederhana adalah perbandingan nilai segitiga siku-siku yang istimewa dan berguna. Ketiga garis dalam segitiga siku-siku mempunyai nama tertentu.

Tiga nama untuk setiap sisi segitiga adalah:


2. Satu Jenis Perbandingan Trigonometri: Tan θ

Tan suatu sudut dapat ditemukan dengan membagi panjang sisi depan dan sisi samping segitiga.



Ada dua jenis perbandingan trigonometri lainnya, yaitu sinus dan cosinus.

 

3. Kegunaan Perbandingan Trigonometri Tan θ

Dengan mengetahui nilai perbandingan tinggi anak kecil dan bayangannya (tan θ), kita dapat mencari panjang bayangan anak remaja dan tinggi orang dewasa yang sebenarnya.



Ketiga gambar di atas adalah segitiga sebangun, sehingga dapat ditulis:


Untuk mencari panjang bayangan remaja:



 

B. Pemanfaatan Perbandingan Trigonometri

1. Perbandingan Trigonometri di Piramida

• Nilai perbandingan sisi depan dan sisi miring yang disebut juga dengan sinus.

• Nilai perbandingan sisi samping dan sisi miring yang disebut juga dengan cosinus.

 

Seorang pengagum piramida ingin membuat replika piramida. Ia tahu θ = 410 dan panjang rusuk piramida adalah 600m. Untuk membangun replika, ia juga perlu mengetahui tinggi piramidanya.


Perbandingan trigonometri sinus (biasa disingkat sin) adalah nilai perbandingan antara sisi depan dan sisi miring sudut θ segitiga siku-siku.

Dalam permasalahan piramida, perbandingan trigonometri sin dapat membantu kita mencari tinggi piramida.

Dengan menggunakan kalkulator, kita menemukan bahwa sin 410 = 0,66 (dibulatkan).

 -----------------------------------------------------------------------------------------------------------

Seorang sejarawan ingin membuat lorong bawah tanah agar ia dapat masuk ke bagian tengah piramida. Ia mengetahui bahwa θ = 410 .

Perbandingan trigonometri cosinus (biasa disingkat cos) adalah nilai perbandingan antara sisi samping dan sisi miring sudut θ pada segitiga siku-siku.

Dalam permasalahan piramida, perbandingan trigonometri cos dapat membantu kita mencari jari-jari dasar piramida.

Dengan menggunakan kalkulator, kita menemukan bahwa cos 410 = 0,75 (dibulatkan).


Panjang lorong bawah tanah yang perlu digali adalah 450 m.

 

2. Tiga Serangkai Perbandingan Trigonometri

Ada tiga perbandingan trigonometri yaitu sinus, cosinus, dan tangen.




3. Sudut Isimewa Perbandingan Trigonometri

Sudut istimewa dalam perbandingan trigonometri adalah sudut-sudut yang nilai perbandingannya dapat ditentukan secara eksak. Sudut – sudut istimewa diantaranya yaitu : 300, 450, 600.

 

Ada juga perbandingan trigonometri untuk sudut-sudut istimewa yang ditemukan pada segitiga siku-siku sama kaki dan segitiga sama sisi.

 

Demikianlah informasi mengenai rigkasan materi matematika kelas 10 SMA Bab 4 “Trigonometri” semester 1 kurikulu merdeka yang bisa admin bagikan pada kesempatan kali ini. Semoga ringkasan/rangkuman materi tersebut dapat menjadi bahan belajar yang bermanfaat bagi siswa.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel