Rangkuman Informatika Kelas 10 Bab 9 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Rangkuman materi pelajaran informatika kelas 10 SMA Bab 9 Semester 2 kurikulum merdeka.

Salam pendidikan, halo sahabat kherysuryawan berjumpa kembali kita pada pembahasan seputar mata pelajaran di kurikulum merdeka yang mana di kesempatan ini admin kherysuryawan akan menyajikan sebuah rangkuman materi pelajaran informatika kelas 10 Bab 9 yaitu materi tentang Praktika Lintas Bidang Informatika.

 


Mata pelajaran informatika merupakan salah satu mata pelajaran wajib yang akan di pelajari pada kurikulum merdeka. Bagi anda yang di sekolahnya telah menggunakan kurikulum merdeka maka mau tak mau harus dapat mempelajari mata pelajaran informatika. Untuk memudahkan dalam mampelajari materinya maka disini admin kherysuryawan.id akan memberikan ringkasan materi informatika kelas 10 Bab 9 Praktika Lintas Bidang Informatika.

 

Sebelum Admin kherysuryawan.id memberikan sajian rangkuman/ringkasan materi informatika kelas 10 Bab 9 Praktika Lintas Bidang Informatika maka terlebih dahulu kherysuryawan.id akan menyampaikan tentang susunan materi yang nantinya akan di pelajari.

Adapun susunan materi yang nantinya akan di pelajari pada mata pelajaran informatika kelas 10 Bab 9, diantaranya yaitu :

A. Pengarahan Guru dan Observasi

B. Pelaksanaan Proyek

C. Monitoring dan Evaluasi Proyek

 

Dalam mempelajari materi informatika kelas 10 Bab 9 ini ada beberapa tujuan pembelajaran yang di harapkan untuk dapat di capai oleh siswa, diantaranya yaitu siswa mampu :

1)      berkolaborasi, mengenali, dan mendeinisikan persoalan yang penyelesaiannya dapat didukung dengan sistem komputasi,

2)      mengembangkan abstraksi untuk memodelkan masalah, mengembangkan artefak komputasional dengan membuat desain program sederhana,

3)      mempresentasikan hasil artefak tersebut.

 

Baiklah berikut ini rangkuman materi informatika kelas 10 Bab 9 Praktika Lintas Bidang Informatika yang akan di pelajari di semester 2 kurikulum merdeka.

 

BAB 9 PRAKTIKA LINTAS BIDANG INFORMATIKA

A. Pengarahan Guru dan Observasi

Sebuah karya besar adalah karya bersama sekumpulan orang, yang bahkan kelak, berasal dari berbagai latar belakang ilmu. Misalnya, karya besar Patung Garuda Wishnu Kencana di Bali, atau Candi Borobudur di Jawa Tengah, Masjid Taj Mahal di India, itu bukan hanya karya seni yang dikagumi banyak orang, tetapi juga karya engineering karena pembangunannya membutuhkan perhitungan matang untuk dapat kokoh serta memerlukan perencanaan karena pengerjaannya harus bertahap dalam waktu lama.

 

1. Pengarahan Guru

Sebagai permulaan, kalian wajib mencatat berbagai macam informasi yang guru sampaikan. Kalian dapat mencatat penjelasan guru dalam Buku Kerja Siswa menggunakan contoh format yang diberikan di bawah ini, yang tentu saja boleh kalian sesuaikan dengan gaya penulisan masing-masing. Bagi yang suka menggambar, boleh membuat komik sebagai sarana dokumentasi.

 

2. Observasi

Proyek-proyek smart city sederhana dapat meliputi konsep-konsep yang telah disusun oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika, yaitu seperti berikut.

1. Smart environment

2. Smart economy

3. Smart branding

4. Smart government

5. Smart society

6. Smart living

 

B. Pelaksanaan Proyek

Dalam pelaksanaan proyek, ada beberapa tahapan yang harus di pahami untuk dapat kemudian di lakukan,diantaranya yaitu sebagai berikut :

1. Penyusunan Tim/Kelompok

2. Pembagian Peran

3. Penyusunan Rencana Kerja

4. Observasi Lapangan

5. Perancangan dan Pengembangan

Aplikasi Peralatan, bahan, dan sarana yang dibutuhkan untuk mengerjakan proyek ialah:

1. Komputer/Laptop

2. Koneksi internet

3. Kertas HVS

4. Pulpen

5. Aplikasi pengolah kata (misal MS Word, Google Docs, dsb)

 

C. Monitoring dan Evaluasi Proyek

Selain mengembangkan aplikasi, salah satu luaran wajib dari proyek ialah rekaman aktivitas proyek yang berisi tentang daftar aktivitas individu dalam mengerjakan proyek. Luaran lainnya ialah kode program, desain prototipe, dan aplikasi. Selain dalam bentuk produk aplikasi, terdapat dokumen pendukung seperti poster/infograis serta dokumen yang berisi releksi dan evaluasi.

 

1. Penyusunan Laporan

Kemajuan Laporan kemajuan merupakan laporan singkat yang berisi tentang:

a. Deskripsi umum proyek

b. Temuan masalah di lapangan

c. Solusi yang diambil

d. Kendala pengembangan

e. Rencana tindak lanjut penyelesaian pengembangan aplikasi

 

2. Penyusunan Laporan Akhir

Laporan akhir merupakan laporan lengkap pengerjaan PLB. Laporan ini berisi hal-hal berikut.

a. Deskripsi umum proyek

b. Temuan masalah di lapangan

c. Solusi yang diambil

d. Proses desain dan pengembangan aplikasi

e. Demo aplikasi

f. Saran

 

3. Releksi dan Evaluasi Diri

Releksi diri bersifat individu dan juga kelompok.

Setidaknya, ada 3 aspek yang ditanyakan saat mengisi releksi diri, yaitu

1)      deskripsi pengalaman yang kalian dapatkan,

2)      kendala yang kalian hadapi,

3)      tindak lanjut kalian terhadap pengalaman bekerja secara berkelompok maupun individu.

 

Demikianlah ringkasan atau rangkuman materi pada mata pelajaran informatika kelas 10 SMA Bab 9 Praktika Lintas Bidang Informatika yang dapat admin kherysuryawan sajikan pada postingan ini. Semoga materi ini dapat membantu rekan-rekan pendidikan yang akan menggunakannya sebagai bahan belajar pada mata pelajaran informatika di jenjang SMA.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel