Rangkuman Informatika Kelas 10 Bab 8 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Rangkuman materi pelajaran informatika kelas 10 SMA Bab 8 Semester 2 kurikulum merdeka.

Halo sahabat kherysuryawan, Jika pada postingan sebelumnya admin telah memberikan sebuah rangkuman materi untuk mata pelajaran informatika untuk pembelajaran di semester 1, maka pada kesempatan ini admin akan memberikan kembali ringkasan materi informatika untuk kelas 10 semester 2 khususnya materi yang ada pada Bab 8 yaitu materi Dampak Sosial Informatika.

 


Mata pelajaran informatika merupakan salah satu mata pelajaran wajib yang akan di pelajari pada kurikulum merdeka. Bagi anda yang di sekolahnya telah menggunakan kurikulum merdeka maka mau tak mau harus dapat mempelajari mata pelajaran informatika. Untuk memudahkan dalam mampelajari materinya maka disini admin kherysuryawan.id akan memberikan ringkasan materi informatika kelas 10 Bab 8 Dampak Sosial Informatika.

 

Sebelum Admin kherysuryawan.id memberikan sajian rangkuman/ringkasan materi informatika kelas 10 Bab 8 Dampak Sosial Informatika maka terlebih dahulu kherysuryawan.id akan menyampaikan tentang susunan materi yang nantinya akan di pelajari.

Adapun susunan materi yang nantinya akan di pelajari pada mata pelajaran informatika kelas 10 Bab 8, diantaranya yaitu :

A. Sejarah Perkembangan Komputer

B. Aspek Ekonomi dan Hukum dari Produk Informatika

C. Informatika untuk Masa Depan

D. Karier dan Studi Lanjut di Bidang Informatika

 

Setelah mempelajari bab 8 ini, kalian mampu :

1.       memahami sejarah perkembangan komputer dan tokoh-tokohnya, aspek ekonomi dan hukum produk Informatika,

2.       merancang gagasan solusi informatika, dan memahami studi lanjut dan karier di bidang informatika.

 

BAB 8 DAMPAK SOSIAL INFORMATIKA

 

A. Sejarah Perkembangan Komputer

Komputer tidak lagi berbentuk desktop, tetapi juga dapat berbentuk laptop, ponsel pintar, jam tangan, kacamata, bahkan menyatu dengan beragam benda yang kita sebut sebagai internet of things. Akan tetapi, tidak banyak yang mengetahui bahwa komputer memiliki sejarah yang sangat panjang. Ternyata, sejarah mesin komputasi dimulai bahkan jauh sebelum Masehi, yaitu +/- 2400 BC dengan abacus, sebelum mesin elektronik pertama diciptakan. Komputer kemudian dapat diprogram, yang dirancang oleh Charles Babbage, dengan pemrogram pertamanya ialah seorang wanita bernama Ada Lovelace.

 

Model komputasi yang melahirkan komputer elektronik yang dipakai saat ini ialah Mesin Turing. Mesin ini diciptakan oleh Alan Turing. Mesin Turing merupakan model komputasi, sebuah mesin abstrak yang mengolah simbol pada sepotong pita dengan mengacu ke sebuah tabel aturan.

 

Perkembangan teknologi juga tak lepas dari perkembangan ilmuwan dan insinyur yang mengembangkannya. Tokoh-tokoh tersebut tidak hanya menciptakan mesin, tetapi juga menciptakan konsep-konsep yang dipakai sampai sekarang, misalnya Algoritma ditemukan pada tahun 830 oleh Al-Khawarizmi.

 

B. Aspek Ekonomi dan Hukum dari Produk Informatika

1. Aspek Ekonomi

Industri perangkat keras dan perangkat lunak berkembang sejak ditemukannya komputer. Mula-mula, perusahaan perangkat keras mainframe dan mini-komputer yang muncul, misalnya IBM, Hitachi, UNIVAC, dan berbagai merk lainnya. Kemudian, dengan lahirnya PC (personalcomputer) dan diikuti dengan laptop, tablet serta telepon pintar, industri perangkat keras mulai tumbuh. Bukan hanya komputer, tetapi juga semua periferal seperti printer, alat input/ output lainnya.

 

Nilai valuasi, atau ‘harga’, dari suatu perusahaan rintisan dilihat dari value yang mereka berikan, berbeda dengan bisnis pada umumnya yang melihat dari seberapa besar keuntungan yang mereka hasilkan pada suatu periode. Beberapa indikator dari besarnya value tersebut dapat dilihat jumlah pengguna layanan tersebut dan jumlah investasi yang diberikan oleh para investor pada perusahaan rintisan tersebut. Nilai valuasi tersebut menjadi sebuah ukuran untuk yang dapat digunakan untuk menjual kepemilikan atas perusahaan rintisan tersebut.

 

Misalnya, mengapa ojek online lahir?

Karena penggagasnya berpikir untuk memberi solusi bahwa orang perlu cepat, sedangkan di kota, seringkali banyak kemacetan. Dengan sepeda motor, akan lebih cepat. Supaya lebih mudah, pemesanannya online, tidak perlu pergi ke pangkalan ojek. Tukang ojek pun dapat berada di mana pun untuk menerima order. Itu semua merupakan hasil pemikiran. Oleh karena itu, ‘hasil pemikiran intelektual’ tersebut perlu dilindungi secara legal agar tidak menimbulkan sengketa. Perlindungan ini diberikan dalam bentuk hak kekayaan intelektual. Hak kekayaan intelektual (intellectual property rights) adalah hak yang timbul dari hasil olah pikir yang menghasilkan suatu produk atau proses yang berguna untuk manusia. Pada intinya, kekayaan intelektual adalah hak untuk menikmati secara ekonomis hasil dari suatu kreativitas intelektual, termasuk software.

 

2. Aspek Hukum

Perangkat lunak merupakan hasil buah pikir (karya intelektual) manusia, seperti halnya buku atau karya lainnya. Oleh karena itu, perangkat lunak harus dihargai sebagai salah satu hak kekayaan intelektual. Sayangnya, karena bentuknya yang berupa benda digital, perangkat lunak lebih mudah untuk diperoleh melalui cara yang tidak legal/benar secara hukum, atau dengan istilah umumnya ialah melalui pembajakan. Perlu ditekankan bahwa melakukan pembajakan perangkat lunak itu tindakan melawan hukum.

 

Ada beberapa jenis lisensi perangkat lunak. Berikut ini rangkuman beberapa jenis utama dari lisensi perangkat lunak.

 

a. Lisensi Komersial

Lisensi komersial adalah lisensi yang bersifat paling restriktif (mengikat). Sesuai namanya, lisensi ini biasanya diterapkan untuk perangkat lunak yang berbayar.

 

b. Lisensi Gratis (Freeware)

Sebagian perangkat lunak mungkin disediakan secara gratis, dan dapat diunduh serta di-install dari sebuah sumber tertentu yang disediakan oleh penggunanya. Meskipun perangkat lunak tersebut disediakan secara gratis, bukan berarti tidak ada batasan yang diatur dalam lisensinya.

 

c. Lisensi Open Source

Lisensi open source adalah lisensi yang memperbolehkan pengguna untuk tidak hanya menggunakan perangkat lunak tersebut, tetapi juga untuk melihat, mengubah dan mendistribusikan kode sumber program yang digunakan untuk membuat perangkat lunak tersebut.

 

d. Lisensi Domain Publik

Lisensi adalah jenis lisensi di mana semua hak cipta terhadap perangkat lunak telah dilepaskan (oleh si pembuat perangkat lunak) sehingga kepemilikan perangkat lunak tersebut diberikan kepada masyarakat umum.

 

C. Informatika untuk Masa Depan

Kreativitas dan inovasi berawal dari berpikir dan berimajinasi. Banyak penulis dan sastrawan yang berani mengungkapkan bayangan mereka akan masa depan. Banyak yang membayangkan seperti apa dunia di abad ke-21, bahkan lebih jauh lagi ketika manusia sudah melintasi galaksi. Imajinasi itu tidak lagi menjadi sekadar hiburan, tetapi akhirnya menjadi sumber inspirasi bagi para inovator dan penemu yang perlahan-lahan mengubah dunia dengan segala teknologi mutakhir yang mereka ciptakan.

 

SDG merupakan kelanjutan dari tujuan pembangunan milenium (millennium development goals) atau MDG. Akan tetapi, dalam pelaksanaannya, MDG memiliki banyak kendala. Menurut Jefrey Sachs, salah satu penasihat MDG, salah satu kendala dalam terwujudnya MDG ialah data yang sulit dikumpulkan dan diolah dengan cepat menjadi informasi yang dapat digunakan oleh para pengambil kebijakan. MDG telah berakhir pada tahun 2015, dan kini telah banyak kemajuan pada bidang komputer yang dapat kita gunakan untuk memastikan SDG dapat dicapai dengan baik dan sesuai dengan target.

 

D. Karier dan Studi Lanjut di Bidang Informatika

Di masa kini, dan masa yang akan datang, penerapan informatika di berbagai bidang adalah sebuah keniscayaan. Saat ini, sudah tidak aneh apabila ada seorang yang berkarier di bidang pemasaran menguasai Dampak Sosial Informatika dalam bentuk intelegensi bisnis, atau seorang ahli biologi yang mengolah data genetika dengan membuat program komputer.

 

1. Karier di Bidang Informatika

Pada saat ini, kebanyakan orang awam memahami Informatika sebagai disiplin ilmu yang mempelajari fenomena di sekitar komputer. Fenomena ini meliputi desain komputer dan proses komputasi, representasi objek informasi dan transformasinya, perangkat keras, perangkat lunak, eisiensi, dan kecerdasan mesin. Di Eropa, disiplin ilmu komputer disebut “informatika”. Di Amerika Serikat, disebut computing. Pada unit ini, kita akan melihat lebih Pada saat ini, kebanyakan orang awam memahami Informatika sebagai disiplin ilmu yang mempelajari fenomena di sekitar komputer. Fenomena ini meliputi desain komputer dan proses komputasi, representasi objek informasi dan transformasinya, perangkat keras, perangkat lunak, eisiensi, dan kecerdasan mesin. Di Eropa, disiplin ilmu komputer disebut “informatika”. Di Amerika Serikat, disebut computing. Pada unit ini, kita akan melihat lebih

 

Menurut Prof. Peter J Denning, seorang peneliti terkemuka yang banyak melahirkan tulisan ilmiah terkait keprofesian di bidang Informatika, suatu profesi harus memiliki empat ciri yang khas. Keempat ciri tersebut seperti berikut.

1.       Mendalami suatu bidang yang menjadi perhatian manusia dalam waktu yang lama.

2.       Mengodiikasikan kumpulan prinsip atau pengetahuan konseptual. Kumpulan prinsip-prinsip ini diwujudkan dalam berbagai bentuk.

3.       Mengodiikasikan kumpulan praktik, yang juga meliputi kompetensi. Hal ini salah satunya diwujudkan dan diakui melalui sertiikasi kompetensi profesional yang telah dijelaskan pada unit sebelumnya.

4.       Menetapkankan standar kompetensi, etika, dan praktik.

 

Berdasarkan peran informatika, Prof. Denning membagi profesi di bidang informatika dalam tiga kategori, yaitu :

1.       profesi yang sangat spesiik di bidang informatika,

2.       profesi yang sarat dengan informatika,

3.       profesi yang memberikan dukungan teknologi informasi.

 

Contoh-contoh pekerjaan tersebut dapat dilihat pada tabel di bawah ini.


Berikut ini Jenis-Jenis Profesi di Bidang Informatika


2. Studi Lanjut di Bidang Informatika

Disiplin ilmu Informatika adalah disiplin ilmu sains formal yang lahir dari bidang matematika (sebagai konsep formal) dan teknik elektro (sebagai elemen perangkat keras). Saat ini, Informatika telah menjadi suatu bidang ilmu tersendiri dan memiliki berbagai cabang ilmu yang akan dikenalkan pada unit ini. Saat ini, Informatika telah berkolaborasi dengan bidang ilmu lain sehingga melahirkan bidang baru. Agri-Informatika, atau Informatika Pertanian, lahir dengan menerapkan informatika untuk mendukung bidang pertanian.

 

Dalam bidang informatika yang telah dipelajari, terdapat lima pilar yang terdiri atas sistem komputer, jaringan komputer dan internet, Dampak Sosial Informatika, algoritma dan pemrograman, serta TIK dan dampaknya terhadap kehidupan manusia. Dua asosiasi profesi terbesar yang berkaitan dengan informatika, yaitu Association of Computing Machinery (ACM) dan Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE) telah merumuskan kurikulum yang dapat menjadi acuan untuk mempelajari informatika.

 

Berdasarkan Computing Curricula tahun 2005, terdapat lima disiplin ilmu komputasi yang paling besar, yaitu seperti berikut.

1)      Computer Engineering

2)      Computer Science

3)      Information System

4)      Information Technology

5)      Software Engineering

 

3. Sertiikasi di Bidang Informatika

Beberapa perusahaan bereputasi yang menyediakan sertiikasi yang diakui secara internasional antara lain seperti berikut.

1)      Microsoft: Menawarkan sertiikasi mulai dari sertiikasi pemakaian produk seperti Microsoft Oice, .Net, SQL Server, dan Azure serta sertiikasi terkait keprofesian seperti data scientist dan data engineer. Microsoft juga memberikan gelar Microsoft Most Valuable Professional bagi para profesional yang unggul dan berpengaruh di bidangnya.

2)      Google: Menawarkan sertiikasi penggunaan produk seperti Google Suite dan juga sertiikasi terkait keprofesian seperti Android dan Google Cloud Platform. Google memberikan gelar Google Developer Expert bagi para profesional yang unggul dan berpengaruh di bidangnya. Google memiliki beberapa mitra di Indonesia dan menawarkan berbagai pelatihan gratis sebelum mengambil sertiikasi yang disediakan, misalnya lewat Google Developers Kejar dan beasiswa.

3)      Oracle: Menawarkan sertiikasi terkait produknya seperti Java, OCJP, dan SCJP.

4)      CISCO: Menawarkan pelatihan terkait jaringan seperti CCNA.

 

Demikianlah yang admin dapat sampaikan pada materi informatika kelas 10 Bab 8 semester 2 kurikulum merdeka, semoga rangkuman materi diatas dapat menjadi referensi pembelajaran yang baik bagi siapapun yang ingin menggunakannya sebagai sumber belajar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel