Laporan Evaluasi dan Refleksi Diri Untuk Akreditasi Sekolah

Kherysuryawan.id – Contoh Laporan Evaluasi dan Refleksi Diri (Sampel laporan evaluasi diri dari 3 orang guru dengan mapel berbeda) Untuk Dokumen Akreditasi Sekolah/Madrasah.

Bagi sekolah yang akan melakukan akreditasi maka harus bisa menyiapkan seluruh dokumen yang akan di butuhkan dalam pelaksanaan akreditasi nantinya. Untuk bisa memperoleh hasil yang sesuai dengan harapan pada saat akan melakukan akreditasi maka mau tak mau pihak sekolah harus bisa bekerja kerasa dalam menyiapkan seluruh dokumen yang di butuhkan saat akreditasi.

 


Kita ketahui bahwa dalam melakukan akreditasi sekolah/madrasah ada 4 komponen yang harus di persiapkan oleh sekolah diantaranya adalah : Komponen mutu lulusan, Komponen mutu guru, Komponen proses pembelajaran dan Komponen manajemen sekolah. Semua komponen tersebut harus bisa disiapkan oleh sekolah yang akan melakukan akreditasi sehingga ketika saatnya tiba untuk di visitasi maka asesor bisa melihat bukti fisik yang telah disiapkan tersebut.

 

Pada postingan kali ini admin akan memberikan salah satu file penting yang akan dibutuhkan oleh sekolah yang akan melakukan akreditasi sekolah yakni file yang terdapat pada mutu guru yaitu tentang laporan evaluasi dan refleksi diri. Admin akan membagikan file laporan evaluasi dan refleksi diri ini untuk dijadikan sebagai referensi bagi sekolah yang membutuhkan file tersebut.

 

Evaluasi dan refleksi diri guru memang sangat penting untuk di lakukan oleh setiap guru di sekolah, tujuannya ialh untuk bisa mengetahui kekurangan yang dimiliki serta sebagai bahan perbaikan agar bisa menjadi guru yang lebih baik. Evalusai dan refleksi diri dapat dilakukan oleh guru dengan berbagai kegiatan seperti observasi kelas pemberian kuesioner kepada siswa tentang pelaksanaan pembelajaran, membuat rekaman audio atau video, dan hasilnya dari evaluasi dan refleksi didiskusikan serta diseminasikan dengan teman sejawat yang difasilitasi sekolah guna perbaikan kerja secara berkelanjutan yang terlibat pada perbaikan mutu pembelajaran dan capaian hasil belajar siswa. Nantinya semua dokumen yang telah di isi atau dibuat dalam kegiatan evaluasi tersebut akan menjadi bukti fisik akreditasi sekolah.

 

Perlu dipahami bahwa laporan evaluasi dan refleksi diri untuk kegiatan akreditasi merupakan file yang harus disiapkan pada butir 20 yakni tentang “Guru melakukan evaluasi diri, refleksi dan pengembangan kompetensi untuk perbaikan kinerja secara berkala”.

 

Seperti apa itu evaluasi diri dan refleksi diri, berikut ini penjelasannya :

·         Evaluasi diri adalah upaya guru untuk mengetahui, mengukur, atau menilai kemampuan dirinya terkait dengan pekerjaan atau tugas-tugasnya sebagai guru.

·         Refleksi diri adalah upaya guru untuk mengenali kekuatan dan kelemahan dirinya terkait dengan pekerjaan atau tugas-tugasnya sebagai guru, sehingga dia dapat memahami posisi dirinya dalam rentang pengembangan kompetensi dan profesinya.

 

Nah, setelah memahami maksud dari evaluasi dan refleksi diri maka tentunya akan memudahkan bagi guru dalam menyiapkan dokumen evaluasi dan refleksi diri tersebut. Meskipun demikian untuk memudahkan guru dalam menyiapkan dokumen berupa laporan evaluasi dan refleksi diri maka dengan adanya contoh laporan evaluasi dan refleksi diri yang akan admin bagikan di artikel ini kiranya bisa membantu rekan-rekan guru di sekolah yang akan menyiapkan bahan akreditasi khususnya pada bagian laporan evaluasi dan refleksi diri.

 

Sebagai informasi pula bahwa seluruh file yang berhubungan dengan laporan evaluasi dan refleksi diri yang akan admin bagikan disini semua filenya telah disiapkan dalam format word, sehingga akan sangat mudah untuk di edit dan bisa di sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing di sekolah. Tujuan admin memberikan contoh laporan evaluasi dan refleksi diri ini agar bisa menjadi bahan referensi sekolah yang kebingungan dalam menyiapkan laporan evaluasi dan refleksi diri untuk persiapan akreditasi sekolah.

 

Didalam file laporan evaluasi dan refleksi diri untuk akreditasi sekolah ini terdapat beberapa file pendukung lainnya, diantaranya yaitu :

·         Refleksi diri berupa catatan masalah dalam mengajar

·         Lembar evaluasi guru oleh siswa

·         Rekap Kuesioner Evaluasi Responden Peserta Didik

·         Lembar Observasi Peroses Pembelajaran Oleh Teman Sejawat

·         Bahan Paparan Diseminasi

·         DOKUMEN DISEMINASI

-          Surat Undangan

-          Notulen

-          Berita Acara

-          Daftar Hadir

-          Foto

 

Baiklah bagi anda yang membutuhkan file laporan evaluasi dan refleksi diri untuk persiapan menghadapi akreditasi sekolah/madrasah, maka silahkan dapatkan filenya di bawah ini :

 

  1. Format Laporan dan Evaluasi Diri ( Kosong ) - DISINI 
  2. Format Laporan dan Evaluasi Diri ( Sudah Terisi ) - DISINI
  3. Bahan Paparan Kegiatan Diseminasi Hasil Evaluasi dan Refleksi (DISINI)


Demikianlah informasi mengenai contoh laporan evaluasi dan refleksi diri yang bisa admin sampaikan dan bagikan pada kesempatan kali ini, semoga apa yang telah admin kherysuryawan bagikan ini bisa bermanfaat bagi rekan-rekan guru yang membutuhkannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel