RPP Berdiferensiasi SD dan SMP Format Word

Kherysuryawan.id – Contoh RPP berdiferensiasi untuk jenjang SD dan SMP Bagi Guru Penggerak.

Halo sahabat kherysuryawan, apakah anda sedang membutuhkan contoh file yang menyajikan RPP berdiferensiasi ? jika anda sedang membutuhkannya, maka pada postingan ini admin akan memberikan referensi berupa file RPP yang di dalamnya telah menerapkan pembelajaran berdiferensiasi.

 


RPP berdiferensiasi yang akan admin bagikan di postingan ini ialah :

·         RPP berdiferensiasi untuk mata pelajaran matematika SMP

·         RPP berdiferensiasi untuk mata pelajaran IPS SMP

·         RPP berdiferensiasi untuk guru kelas SD

 

Apa itu pembelajaran berdiferensiasi ?

Perlu di ketahui bahwa pembelajaran berdiferensiasi merupakan pembelajaran yang mengakomodir kebutuhan belajar murid. Artinya bahwa guru dapat melakukan pembelajaran dengan melihat kebutuhan murid dan di sesuaikan dengan kesiapan belajar murid sehingga apa yang menjadi tujuan pembelajaran dapat tercapai. Murid akan merasa senang dalam belajar apabila mereka di berikan pembelajaran yang sesuai dengan kesiapan belajar mereka.

 

Salah satu pembelajaran yang dapat menyenangkan siswa/murid yaitu dengan menggunakan sistem pembelajaran berdiferensiasi. Dalam melakukan pembelajaran berdiferensiasi guru dapat menggunakan 3 strategi berdiferensiasi diantaranya yaitu sebagai berikut :

1.       Berdiferensiasi konten

2.       Berdiferensiasi proses

3.       Berdiferensiasi produk

 

Dalam melakukan pembelajaran berdiferensiasi guru boleh memilih salah satu dari ke 3 jenis strategi pembelajaran berdiferensiasi diatas namun jika memungkinkan maka lebih baik lagi jika guru dapat menggunakan ke 3 strategi pembelajaran berdiferensiasi yang telah admin sampaikan diatas.

 

1. Pembelajaran diferensiasi konten

Pembelajaran diferensiasi konten mengacu pada strategi guru dalam membedakan proses pembagian dan format penyampaian konten. Dalam hal ini, konten adalah materi pengetahuan, konsep, dan keterampilan yang perlu dipelajari oleh siswa berdasarkan kurikulum. 

 

2. Pembelajaran diferensiasi proses

Pembelajaran Diferensiasi proses adalah strategi dalam membedakan proses yang harus dijalani setiap siswa yang memungkinkan mereka untuk berlatih dan memahami isi konten. 

 

3. Pembelajaran diferensiasi produk

Pembelajaran diferensiasi produk mengacu pada kemampuan guru dalam memodifikasi produk hasil belajar siswa, penerapan, dan pengembangan hal-hal yang telah dipelajarinya. 

 

Dalam proses belajar tentunya setiap murid memiliki karakter yang berbeda-beda sehingga kebutuhan murid pun tentunya berbeda pula. Ada siswa yang suka belajar dengan cara visual ada pula yang suka belajar dengan model auditori atau juga dengan model kinestetik. Sema itu harus bisa di pahami oleh guru sehingga nantinya pembelajaran bisa sesuai dengan kebutuhan murid.

 

Nah bagi bapak/ibu guru yang ingin mencoba untuk melakukan pembelajaran berdiferensiasi maka langkah pertama yang harus di persiapkan tentunya adalah perangkat pembelajaran atau biasa di sebut dengan RPP (rencana pelaksanaan pembelajaran). Pada postingan ini admin akan memberikan contoh RPP berdiferensiasi dalam beberapa model mulai dari jenjang SD hingga jenjang SMP.

 

Seluruh file RPP berdiferensiasi yang akan admin sajikan pada postingan ini telah di di siapkan dalam format word, sehingga akan sangat mudah untuk di miliki dan digunakan serta siapapun dapat melakukan pengeditan sesuai keinginan dan kebutuhan masing-masing.

 

Apabila bapak/ibu guru membutuhkannya maka silahkan dapatkan filenya di bawah ini yang telah disajikan dalam beberapa jenis RPP berdiferensiasi mulai dari RPP berdiferensiasi SD hingga jenjang SMP.

  • RPP Berdiferensiasi Model 1 ( DISINI
  • RPP berdiferensiasi untuk mata pelajaran matematika SMP ( DISINI )
  • RPP berdiferensiasi untuk mata pelajaran IPS SMP ( DISINI )
  • RPP berdiferensiasi untuk guru kelas SD ( DISINI )


Demikianlah file mengenai RPP berdiferensiasi yang dapat admin bagikan pada kesempatan ini, semoga dapat membantu rekan guru yang ingin memiliki atau ingin melihat bagaimana model RPP berdiferensiasi. Semoga file yang telah admin kherysuryawan bagikan diatas bisa bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel