Soal & Jawaban Post Test Modul 3 Guru Penggerak

Kherysuryawan.id – Soal dan Kunci Jawaban Tes Paket Akhir Modul 3 Pendidikan Guru Penggerak.

Salam sehat dan bahagia teruntuk seluruh Calon Guru Penggerak (CGP) dimanapun berada. Selamat admin ucapkan kepada anda semua yang telah mampu melewati semua tahapan dengan baik selama mengikuti kegiatan pendidikan guru penggerak.

 


Memang untuk bisa menjadi guru penggerak harus melalui beberapa tahapan diantaranya ialah mendaftar pendidikan guru penggerak dengan mengikuti seleksi tahap 1, kemudian lanjut dengan mengikuti seleksi tahap 2 dan selanjutnya harus dapat mengikuti pendidikan calon guru penggerak dalam kurun waktu kurang lebih selama 6 bulan.

 

Tidak semua guru yang mendaftar diberi kesempatan untuk bisa lulus pada seleksi calon guru penggerak, olehnya itu kepada anda yang telah dinyatakan lulus maka teruslah semangat belajar hingga dapat menyelesaian pendidikan sampai akhir. Semua akan dapat di lalui dengan baik jika seluruh tahapan di ikuti secara seksama dan tentunya dengan hati yang bahagia.

 

Perlu di pahami bahwa selama melakukan pembelajaran di pendidikan calon guru penggerak maka CGP harus mempelajari 3 modul yang harus semuanya di ikuti secara seksama. Seluruh tugas-tugas maupun pertemuan secara daring pun harus dilewati dan di laksanakan dengan baik agar CGP dapat memperoleh nilai yang memuaskan.

 

Adapun modul akhir pada pendidikan calon guru penggerak yaitu modul 3. Apabila CGP telah mempelajari modul 3 guru penggerak hingga tuntas maka tahapan selanjutny yang tak kalah penting untuk di ikuti ialah melaksanakan post tes modul 3 atau tes akhir paket modul 3 guru penggerak. Intinya apabila CGP melakukan pembelajaran maka di setiap akhir modul maka CGP harus mengikuti post test.

 

Tujuan dari post test atau tes akhir paket modul ialah untuk mengetahui seberapa besar pemahaman CGP selama mempelajari materi yang ada di setiap modul tersebut. CGP diharapkan dapat memahami dengan baik seluruh materi di setiap modul yang telah di pelajari sehingga dapat mengerjakan post test dengan baik.

 

Bagi anda para calon guru penggerak yang saat ini telah menyelesaikan pembelajaran di modul 3 guru penggerak, maka kini saatnya anda harus mempersiapkan diri dengan baik untuk menghadapi ujian akhir atau post test modul 3 guru penggerak. Apabila CGP dapat memperoleh nilai yang baik di tes akhir paket modul 3 maka tentunya akan sangat menyenangkan bagi CGP.

 

Untuk dapat memudahkan Calon guru Penggerak (CGP) dalam menghadapi tes akhir paket modul 3 atau post tes modul 3 guru penggerak, maka disini admin akan menyiapkan beberapa referensi pembelajaran berupa kumpulan soal tes akhir paket modul 3 yang dapat di jadikan sebagai bahan latihan maupun sebagai referensi dalam menghadapi post test di modul 3 guru penggerak nantinya.

 

Seluruh soal tes akhir paket modul 3 yang akan admin sajikan pada postingan ini semuanya telah di lengkapi dengan kunci jawabannya. Meskipum demikian seluruh jawaban yang telah di sediakan bisa saja masih terdapat kekeliruan maka olehnya itu diharapkan kepada CGP yang akan menggunakannya sebagai behan latihan maupun untuk referensi belajar maka dapat menganalisis kembali soal yang ada agar bisa memperoleh jawaban yang sesuai dengan permintaan soal.

 

Perlu di ingat bahwa seluruh soal tes akhir paket modul 3 guru penggerak ini hanyalah sebagai referensi saja bagi para CGP yang akan menghadapi post test modul 3 guru penggerak. Tujuan admin memebagikan ini semata-mata untuk bisa membantu para CGP dalam memperoleh bahan belajar dan latihan dalam menghadapi post test di modul 3.


Sebagai informasi bahwa jawaban yang benar untuk setiap soal telah admin berikan tanda dengan huruf tebal di setiap option jawaban. Silahkan anda pelajari dengan baik dan jangan lupa untuk tetap selalu menganalisis setiap soal dengan baik.

 

Baiklah berikut ini kumpulan soal dan jawaban tes akhir paket modul 3 guru penggerak yang bisa anda pelajari di bawah ini :

 

SOAL DAN JAWABAN POST TEST (TEST AKHIR) GURU PENGGERAK TYPE 1

1. Seorang kepala sekolah akan mengadakan acara perpisahan pada akhir tahun ajaran. Namun, berdasarkan rencana anggaran yang direncanakan, ternyata dana yang dibutuhkan cukup besar dan tidak sesuai dengan anggaran sekolah yang tersedia. Kepala sekolah melakukan diskusi dengan beberapa guru untuk tetap melakukan acara perpisahan dengan menggunakan apa yang ada dan yang bisa dilakukan oleh sekolah agar acara perpisahan tetap terlaksana

Gambaran tindakan yang dilakukan oleh kepala sekolah tersebut mendeskripsikan karakter komunitas yang sehat dan resilien dalam Pendekatan ABCD (Asset-Based Community Development) yaitu ….

 

a.Mempraktikkan dialog berkelanjutan dan partisipasi anggota masyarakat, yaitu perilaku yang menghargai keragaman dan mendorong dialog penduduk yang aktif, partisipasi dan kepemilikan masyarakat atas masa depan.

 

b.Menghasilkan kepemimpinan, yaitu perilaku yang terus-menerus memperluas dan memperbaharui kapasitas kepemimpinan masyarakat.

 

c. Membangun koneksi dan kolaborasi, yaitu perilaku yang mendorong perencanaan dan tindakan kolaboratif, jaringan dan hubungan yang kuat antara penduduk, organisasi, bisnis, dan komunitas.

 

d. Merangkul perubahan dan bertanggung jawab, yaitu perilaku yang memperkuat kemampuan masyarakat untuk mengatasi perubahan dan pulih dari krisis.

 

e. Membentuk masa depannya, yaitu perilaku yang memungkinkan visi komunitas bersama tentang masa depan, sebagaimana tercermin dalam tujuan praktis komunitas, rencana aksi, dan peringkat prioritas.

 

2. Dalam rapat pengurus Komite Sekolah di SMA Kebun Raya disepakati untuk mengadakan karyawisata ke Bali. Pembiayaan sudah dipandang memadai dan dapat dijangkau oleh orang tua. Selama enam bulan ini, siswa juga telah menabung untuk mengurangi beban orang tua membayar biaya karyawisata itu. Pihak sekolah telah membentuk kepanitiaan untuk mengurusi pelaksanaan kegiatan karyawisata dan bekerja sama dengan biro perjalanan wisata yang akan mengelola perjalanan ke Bali. Banyak biaya telah dikeluarkan oleh panitia, antara lain untuk membayar uang muka kepada biro perjalanan, uang muka akomodasi dan juga konsumsi. Tiba-tiba, dua minggu menjelang karyawisata siswa kelas XI ke Bali dilaksanakan, sekelompok orang tua mendatangi kepala sekolah untuk memprotes kegiatan karyawisata tersebut. Mereka beranggapan karyawisata sebagai kegiatan yang tidak berguna, menghamburkan uang dan hanya menjadi arena rekreasi bagi guru-guru dengan membebani siswa dengan biaya tinggi. Mereka keberatan dengan biaya yang harus dibayarkan, karena mereka dari keluarga ekonomi lemah. Mereka mengancam melaporkan kepada Bupati dan media masa apabila kegiatan karyawisata itu tetap dilaksanakan.\Berdasarkan kasus di atas, paradigma dilema etika yang terjadi pada SMA Kebun Raya adalah….

 

a.paradigma jangka pendek lawan jangka panjang

 

b.paradigma kebenaran lawan kesetiaan

 

c.paradigma individu lawan masyarakat

 

d.paradigma keadilan lawan rasa kasihan

 

e.paradigma benar lawan salah

 

3. SMK Pelangi berlokasi di pinggiran Ibu Kota. Selepas kegiatan pembelajaran sore itu, seorang guru menghadap Ibu Kepala Sekolah Yesita, melaporkan kalau beberapa orang siswa dibawa ke kantor polisi karena terlibat tawuran dengan siswa dari sekolah lain. Ibu Yesita langsung menghubungi kepala polisi resort kota, untuk meminta kejelasan tentang tawuran itu. Besok paginya, orang tua dan beberapa guru melakukan rapat membahas peristiwa tersebut. Ternyata pelaku utamanya adalah 8 orang siswa kelas XII yang satu minggu lagi akan mengikuti Ujian Akhir Sekolah (UAS). Mereka tawuran karena dendam lama. Jika ke-8 orang siswa tersebut dipertahankan maka akan menjadi preseden buruk bagi siswa lain dan dikhawatirkan menurunkan reputasi sekolah di mata masyarakat. Siswa lain akan memiliki alasan untuk bersikap permisif (tidak apa-apa) terhadap kasus serupa di kemudian hari. Sebaliknya, jika mereka tidak diperbolehkan ikut UAS, maka itu bisa menghambat masa depan mereka yang terlibat tawuran.

Berdasarkan kasus Ibu Yesita di atas, paradigma dilema etika yang dialami Ibu Dianita adalah ….

 

 

a.paradigma jangka pendek lawan jangka panjang

 

b.paradigma individu lawan masyarakat

 

c.paradigma keadilan lawan rasa kasihan

 

d.paradigma kebenaran lawan kesetiaan

 

e.paradigma benar lawan salah

 

4. Ibu Dewi, menyampaikan informasi terkait dengan bagaimana membuat sebuah puisi, dimana sebelumnya b dewi sudah menjelaskan tentang komponen dan jenis-jenis puisi. Berdasarkan informasi yang sudah diketahui dan dipahami siswanya, selanjutnya ibu Dewi menugaskan peserta didiknya untuk menggunakan informasi tersebut sebagai dasar untuk membuat sebuah karya puisi. Setelah selesai, mereka akan diminta membacakan puisinya. Selanjutnya, siswa-siswa yang lainnya diberikan kesempatan untuk menyampaikan komentar atas pusi hasil karya teman-temannya secata bergiliran. Di akhir pembelajaran B Dewi meminta muridnya untuk membuat kesimpulan dari materi yang sudah disampaikan dalam proses pembelajaran dan meminta perwakilan siswa untuk menilai proses pembelajaran secara umum.

Aktivitas pembelajaran yang dilakukan B Dewi sudah melibatkan komunitas kelas dengan strategi ....

 

 

a.Memfasilitasi kerja kelompok dan kolaborasi antar murid di kelas

 

b.Melibatkan murid dalam proses perencanaan pembelajaran

 

c.Memberikan murid kesempatan untuk memberikan umpan balik dalam proses pembelajaran

 

d.Mendorong murid untuk bertanya

 

e.Melibatkan murid dalam proses penilaian

 

5. Ibu Tiara seorang guru IPA yang sudah menjalan kan tugasnya sebagi guru cukup lama . Pada awal tahun ajaran dalam proses pembelajaran bu tiara memulai pembelajaran dengan mengajak murid untuk membuat kesepakatan kelas. Murid diminta untuk menyampaikan pendapatnya. Saat membuat kesepakatan kelas terlihat beberapa murid diam dan tidak menyampaikan pendapatnya. Bu tiara berusaha untuk membangun kepercayaan diri dari muri bahwa satu pendapat yang disampaikan sangatlah berharga. Beberapa murid yang diam itu pun menyampaikan pendapatnya walau terlihat ragu-ragu.

Kasus Bu Tiara diatas termasuk Student Sgency melalui….

 

 

a.Role

 

b.choice

 

c.Voice

 

d.ownership

 

e.Community

 

6. Untuk memastikan keputusan yang kita ambil adalah keputusan yang tepat, maka kita perlu melakukan langkah-langkah pengujian keputusan. Berikut adalah langkah-langkah pengujian keputusan, kecuali ….

 

a.melihat lagi keputusan dan refleksikan

 

b.menerapkan paradigma benar atau salah

 

c.mengumpulkan fakta-fakta yang relevan dengan situasi tersebut

 

d.mengenali bahwa ada nilai-nilai yang saling bertentangan dalam situasi tersebut

 

e.melakukan prinsip berdasarkan hasil akhir

 

7. Sekolah yang Anda pimpin mempunyai area yang tidak luas, ada di tengah perkampungan padat yang kurang agamis, ada 4 guru yang merupakan Guru Penggerak, modal dari sekolah yang anda pimpin tersebut merupakan modal ….

 

a.Modal politik

 

b.Modal finansial

 

c.Modal agama/budaya

 

d.Modal lingkungan alam

 

e.Modal manusia

 

8. Salah satu visi suatu sekolah yaitu menciptakan lulusan yang memiliki profil pelajar pancasila yang berjiwa gotong royong.

Aset yang dimiliki sekolah:1. Prestasi akademik dan non akademik siswa2. Ruang kelas dan toilet siswa sudah sesuai standar3. Hubungan baik dengan Dinas Pendidikan dan stakeholder terkait4. Keanekaragaman suku, ras, dan agama para siswa

Kegiatan yang dapat dilakukan untuk mencapai visi sekolah tersebut berdasarkan aset yang dimiliki sekolah yang mencerminkan pendekatan asset based thinking, adalah ….

 

 

a.Kegiatan les tambahan dan kegiatan ekstrakurikuler yang dilaksanakan secara rutin

 

b.Rapat dengan komite sekolah dan stakeholder terkait pembiayaan sekolah secara rutin

 

c.Perayaan hari besar di sekolah secara rutin

 

d.IHT untuk guru terkait topik pembelajaran Sosial Emosional

 

e.Gotong royong kebersihan setiap hari jumat di sekitar sekolah

 

9. Ibu Lidya, seorang guru PAUD sekolahnya menerapkan sistem Belajar dari Rumah, yang mengkombinasikan pembelajaran sinkron dan asinkron. Bu Lidya membuat rancangan aktivitas pembelajaran yang tertuang dalam bentuk ‘Choice Board’ atau “Papan Pilihan” dengan berdiskusi bersama rekan sejawat di sekolah. Untuk menjalankan aktivitas tersebut muris butuh pendampingan orang tua. Bu Lidya setiap minggu mengunjungi orang tua untuk memberi penjelasan tentang aktivitas yang di gunakan dalam pembelajaran

Strategi yang digunakan untuk mengembangkan kepemimpinan murid berdasarkan kasus di atas adalah….

 

 

a.Keteribatan komunitas kelas

 

b.Keterlibatan komunitas sekolah

 

c.Keterilbatan komunitas keluarga

 

d.Keterlibatas komunitas yang lebih luas

 

e.Keterlibatan sekitar sekolah

 

10. Nigel adalah seorang murid kelas XII yang sangat berbakat dalam bidang seni. Dia juga sopan dan dikenal sebagai anak yang baik. Karya-karya seni yang dibuatnya sangat mengesankan. Namun di sisi lain, Nigel kurang memahami dan menguasai Matematika. Nilai Matematikanya selalu di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Sebelum mengikuti Ujian Akhir Sekolah (UAS) SMA dan pengumuman kelulusan SMA, Nigel sudah diterima di universitas pilihannya di jurusan Seni Rupa tanpa tes dan dengan beasiswa. Di saat UAS pada mata ujian Matematika, Pak Didi memergoki Nigel menyontek. Rayhan pun sudah mengakuinya ketika ditanya. Setelah ujian selesai, Pak Didi menghadap kepala sekolah, Ibu Dian. Ibu Dian memahami bahwa jika sekolah menindaklanjuti kasus ini, Nigel bisa kehilangan kesempatan untuk mendapatkan beasiswa di universitas impiannya. Dan bila sekolah menyimpan kejadian ini rapat-rapat, mungkin guru, siswa, orang tua, pemangku kepentingan akan mempertanyakan dan itu artinya reputasi sekolah dipertaruhkan.

 

Berdasarkan kasus Ibu Dian di atas, paradigma dilema etika yang terjadi pada Ibu Dian adalah….

 

a.paradigma kebenaran lawan kesetiaan

 

b.paradigma keadilan lawan rasa kasihan

 

c.paradigma benar lawan salah

 

d.paradigma individu lawan masyarakat

 

e.paradigma jangka pendek lawan jangka panjang

 

11. Perhatikan beberapa pernyataan berikut

1. Jika diibaratkan sebagai sebuah ekosistem, sekolah adalah adalah faktor biotik dan lingkungan adalah faktor abioti

2. Jika diibaratkan sebagai sebuah ekosistem, sekolah adalah sebuah bentuk interaksi antara faktor biotik dan abioti

3. Murid, Kepala Sekolah, dan kepala sekolah merupakan unsur abiotik sekolah

4. Keuangan, sarana prasarana, dan lingkungan alam merupakan unsur abiotik sekola

Dari beberapa pernyataan di atas, pernyataan yang tepat adalah ….

 

 

a.1 dan 4

 

b.2 dan 3

 

c.1 dan 2

 

d.1 dan 3

 

e.2 dan 4

 

12. Pagi ini, SMA Merdeka Belajar melaksanakan pembagian laporan hasil belajar siswa. Setelah sambutan dan pengarahan, orang tua dipersilahkan untuk mengambil laporan hasil belajar anaknya di kelas masing-masing. Ditengah kegiatan tersebut, kepala sekolah Jakiman didatangi salah satu orang tua. Orang tua tersebut marah-marah sambil memukul meja dan memaki kepala sekolah. Beliau menuding sekolah telah menghancurkan masa depan anaknya. Orang tua merasa anaknya tidak akan bisa masuk sekolah kedinasan dengan nilai yang kurang memuaskan pada mata pelajaran Matematika. Orang tua mengancam akan memindahkan anaknya ke sekolah lain jika sekolah tidak mau memperbaiki nilai anaknya. Sebaliknya, jika sekolah mau memperbaiki nilai anaknya maka orang tua tersebut bersedia melunasi pembayaran tagihan rekening listrik sekolah yang menunggak berbulan bulan. Pada saat yang bersamaan kepala sekolah Jakiman mendapat laporan bahwa PLN akan memutus aliran listrik sekolah jika tidak melunasi tunggakan.

Kasus kepala sekolah Jakiman di atas merupakan contoh kasus ….

 

 

a.Prinsip moral

 

b.Bujukan etika

 

c.Bujukan moral

 

d.Dilema etika

 

e.Rasa belas kasihan

 

13. Pada awal tahun pembelajaran, B Ani menjadi wali kelas di kelas 7 SMP Nusa Bangsa, B Ani ingin menciptakan kelasnya menjadi kelas yang menyenangkan. Diawal masuk kelas 7, B Ani mengajak murid-muridnya untuk membuat kesepakatan kelas yang akan menjadi ketentuan bagi setiap murid dikelasnya. B Ani meminta murid-muridnya untuk mengusulkan apa yang akan menjadi kesepkatan kelasnya, dan diperoleh hasil kesepakatan kelasnya adalah :

1. Mendengarkan saat guru sedang berbicara

2. Keluar atau masuk kelas harus izin guru

3. Saling menghargai sesama teman

4. Jujur dan bertanggungjawab

5. Menyelesaikan tugas tepat waktu

6. Tidak bermain hp dikelas

Tindakan yang dilakukan B Ani sebagai wali kelas merupakan bentuk promosi dari ….

 

 

a.Suara Murid

 

b.Kepemilikan Murid

 

c.Ketentuan Murid

 

d.Plihan Murid

 

e.Kesepakatan Murid

 

14. Salah satu sebab Pendekatan Berbasis Aset dipandang lebih baik dibandingkan Pendekatan Berbasis Kekurangan adalah ….

 

a.Bila sebuah organisasi lebih banyak membangun sisi positif yang dimilikinya, maka kekuatan sumber daya manusia dalam organisasi tersebut dipastikan akan berkembang secara berkelanjutan

 

b.Pendekatan berbasis Kekurangan akan mendorong kita menjadi individu yang mudah curiga.

 

c.Pendekatan berbasis kekurangan tidak sejalan dengan Filosofi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara

 

d.Bila sebuah organisasi lebih banyak membangun sisi negatif yang dimilikinya, maka kekuatan sumber daya manusia dalam organisasi tersebut dipastikan tidak akan berkembang secara berkelanjutan

 

e.Pendekatan berbasis Aset akan mendorong kita menjadi individu yang tidak mudah curiga

 

15. SMA Bakti Pertiwi berlokasi di daerah perkotaan yang cukup heterogen penduduknya. Latar belakang siswa-siswinya berasal dari keluarga yang tingkat ekonominya menengah keatas. Hal tersebut terlihat dari perilaku dan gaya hidup serta performance siswa-siswinya. Dalam keseharian disekolah terlihat siswa-siswanya lebih asik menyibukkan diri dengan telepon selulernya, hal yang samapun terlihat dari perilaku guru baik dikelas maupun di luar kelas, semuanya sibuk dengan tujuan dan kesenangannya masing-masing. Melihat hal tersebut, Pak Iwan sebagai Kepala Sekolah ingin melakukan sebuah perubahan disekolahnya dengan menciptakan lingkungan sekolah sebagai komunitas yang mampu mendorong kepemimpinan murid di sekolahnya. Bersama beberapa guru yang merangkap sebagai wakil kepala sekolah berdiskusi bersama untuk merancang program sekolah yang mengutamakan pembentukan perilaku siswa yang berkarakter sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila. Pertanyaan yang tepat untuk mengawali diskusi dalam permasalahan di atas adalah ….

 

a.Program apa yang menarik siswa untuk menumbuhkan pembelajaran yang berkualitas dengan memanfaatkan teknologi

 

b.Bagaimana kita dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas sekaligus mewujudkan siswa yang berkarakter dengan memanfaatkan teknologi

 

c.Program apa yang perlu dirancang untuk meningkatkan kualitas pembelajaran berbasis teknologi

 

d.Aktivitas pembelajaran dikelas yang bagaimana yang paling disukai murid dikelas dimasa Pandemi ini

 

e.Adakah kebijakan sekolah yang perlu ditinjau ulang terkait dengan pembelajaran berbasis teknologi yang harus diterapkan dikelas

 

16. Seusai upacara hari Senin di SMK Makmur Sejahtera didatangi dua orang petugas dari kepolisian untuk mengadakan sweeping narkoba bersama dengan guru-guru. Ternyata ditemukan salah seorang siswi, bernama Yesiko, kedapatan menyimpan sabu-sabu di dalam tasnya.  Aparat kepolisian meminta kepada kepala sekolah Makmun untuk membawa siswi Yesiko untuk diproses di kantor polisi. Dalam situasi tersebut siswi berontak dan berusaha meyakinkan atas tuduhan tersebut sehingga muncul kebimbangan dalam diri kepala sekolah Makmun terhadap kepemilikan barang terlarang tersebut. Apalagi, selama ini kepribadian siswi Yesiko berkelakuan baik dan berprestasi di kelasnya.

Kepala sekolah Makmun memutuskan untuk menyeleseikan kasus ini secara bersama dengan kepolisian, BNN dan sekolah melalui program Say No To Drugs di sekolahnya. Beliau berusaha meyakinkan semua pihak bahwa dengan program yang beliau akan lakukan itu tidak akan ada ada lagi korban penggunaan barang terlarang seperti siswi Yesiko di sekolah itu.

 

Berdasarkan kasus di atas, unsur yang dijadikan dasar dalam pengambilan keputusan oleh kepala sekolah Makmun, kecuali ….

 

a.berpihak pada murid,

 

b.berdasarkan nilai-nilai kebajikan

 

c.memahami situasi yang dihadapi siswa

 

d.bekerja sama dengan pihak terkait

 

e.bertanggung jawab

 

17. Sekolah yang Anda pimpin mempunyai area yang tidak luas, ada di tengah perkampungan padat yang kurang agamis, warga sekolah mayoritas memiliki pengetahuan dan keterampilan industri boneka karena lingkungan sekolah merupakan sentra industri boneka rumahan.

 

Dari keterangan aset yang dipunyai sekolah, sebagai kepala sekolah rencana apa yang akan Saudara lakukan?

 

a.Mengadakan kerjasama industri dengan warga masyarakat yang mempunyai usaha industri boneka

 

b.Mengajukan proposal ke dinas pendidikan untuk meninjau kembali kelayakan area sekolah

 

c.Mengadakan pengajian rutin yang melibatkan masyarakat setempat agar lebih agamis

 

d.Mengajukan proposal bantuan kepada warga masyarakat yang mempunyai usaha industri boneka

 

e.Memperkenalkan peluang usaha lain selain boneka kepada masyarakat sekitar agar lebih variatif

 

18. Seorang guru di sebuah sekolah berubah sifatnya ketika sekolah tempat beliau mengajar berubah semenjak regulasi PPDB Zonasi digulirkan. Hal ini terjadi karena karakter dan tingkat kepandaian siswa menjadi heterogen, sehingga dalam mengajar, beliau membutuhkan usaha yang lebih keras dari biasanya untuk memahamkan siswa terkait materi pelajaran yang diajarkannya. Pada suatu hari, guru tersebut menjadi korban bulan-bulanan oleh muridnya melalui grup whatsapp, sehingga siswa dan guru tersebut dipanggil ke ruang konseling. Kepala sekolah memberikan arahan bahwa karakter dan tingkat kepandaian siswa yang heterogen menjadi aset sekolah dan dapat meningkatkan kompetensi pedagogik guru tersebut

Berdasarkan pernyataan di bawah ini:

1. Saya setuju dengan perubahan sikap guru tersebut, karena seharusnya sekolah dapat menyaring karakter dan tingkat kepandaian siswa agar homogen.

2. Saya setuju dengan sikap kepala sekolah, karena karakter dan tingkat kepandaian siswa yang heterogen tidak selalu menunjukkan hal yang negatif.

3. Saya tidak setuju dengan perubahan sikap guru tersebut, karena seharusnya guru tersebut dapat mengubah strategi pembelajarannya agar tujuan pembelajaran dapat tercapai .

4. Saya tidak setuju dengan sikap kepala sekolah, karena seharusnya kepala sekolah dapat menempatkan guru tersebut di kelas yang karakter dan tingkat kepandaian siswa lebih homogen.

Jika dikaitkan dengan tindakan yang mencerminkan Pendekatan ABCD (Asset-Based Community Development), maka pernyataan di atas yang tepat yaitu ….

 

a.2 dan 4

 

b.1 dan 3

 

c.2 dan 3

 

d.1 dan 4

 

e.1 dan 2

 

19. Seorang murid SMP sedang bermain bersama dengan teman sekelasnya dibelakang halaman sekolah. Sedang asyik bermain mereka melihat banyak sekali botol air mineral yang berserakan. Mereka pun berinisiatif untuk mengumpulkannya. Salah seorang murid menyampaikan idenya supanya botol air mineral ini bisa dimanfaatkan sebagai kursi dan meja untuk bersantai di taman sekolah . merekapun menyampaikan idenya kepada bus anti guru prakarya mereka. Bu santi menyetujui ide mereka dan meminta mereka untuk membuat desain kursi yang dimaksud dan teknik pembuatannya. Salah satu anak menyampaikan juga kepada bu santi bahwa kursi tersebut juga bisa dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk bersantai ditaman perkampungan.

Berdasarkan kasus di atas strategi yang tepat untuk mengembangkan stundent agency adalah …

 

 

a.Mengundang pustakawan untuk ikut serta dalam perencanaan pemelajaran, sehingga mereka bisa membantu menyediakan akses ke sumber-sumber belajar yang sesuai.

 

b.Mendorong murid untuk menyuarakan pendapat, saran-saran, solusi dan menyalurkannya kepada Petugas Kantin

 

c.Melibatkan media untuk mengomunikasikan dan mempromosikan berbagai Aktivitas murid

 

d.Melibatkan lingkungan sekitar sekolah dalam berbagai kegiatan yang digagas murid

 

20. Ahmad Yani adalah seorang murid yang taat terhadap peraturan sekolah. Hal tersebut terlihat dari aktivitasnya sehari-hari, dimulai dari bangun pagi jam 06.00 yang setiap hari dibangunkan oleh abangnya. Sebelum berangkat ke sekolah Ahmad Yani menyiapkan buku pelajaran sesuai jadwal pelajaran . Ahmad Yani jarang sarapan terkadang hanya minum air putih, karena selalu tergesa-gesa untuk berangkat ke sekolah dan selalu hadir dengan atribut lengkap dan mengikuti pelajaran sesuai jadwalnya sampai selesai dan langsung pulang kerumah. Ahmad Yani jarang melakukan ibadah atau kegiatan keagamaan secara rutin sebagai muslim di sekolah. Aktivitas rutin yang dilakukan oleh Ahmad Yani sebagai siswa menjadi tantangan P Amir sebagai guru PAI untuk menciptakan lingkungan sekolah yang mampu menumbuh kembangkan kepemimpinan murid, serta mewujudkan Profil Pelajar Pancasila, khususnya pada dimensi Beriman, Bertaqwa dan Berakhak Mulia. Tantangan yang dihadapi P Amir berkaitan dengan lingkungan sekolah yang berhubungan dengan....

 

a.Menentukan tujuan, harapan atau mimpi yang manfaat dan kebaikannya melampaui kepentingan individu

 

b.Keterampilan berinteraksi sosial secara arif, positif dan bijaksana

 

c.Menggunakan pola pikir positif dan merasakan emosi yang positif.

 

d.Menumbuhkan daya lenting dan sikap tangguh untuk terus bangkit di tengah kesempitan dan kesulitan

 

e.Menempatkan murid sedemikian rupa sehingga terlibat aktif dalam proses belajarnya sendiri



SOAL DAN JAWABAN POST TEST (TEST AKHIR) GURU PENGGERAK TYPE 2


1. Ibu shelly adalah kepala bagian adminsitrasi baru di sebuah sekolah menengah pertama. Beberapa minggu yang lalu ibu kepala sekolah meminta ibu shelly untuk ikut mendampingi dalam rapat pembelian buku-buku pembelajaran yang akan digunakan pada tahun ajaran tersebut. Penerbit yang hadir mengatakan kepada kepala sekolah seta ibu shelly bila mereka membeli buku-buku dari penerbit mereka, maka mereka akan mendapatkan komisi, dan hal ini sudah berulang kali dilakukan oleh para kepala sekolah sebelumnya. Selepas rapat, ibu kepala sekolah langsung meminta ibu shelly untuk menindaklanjuti proses administrasi pembelian buku-buku tersebut. Kasus yang dialami ibu shelly bisa dikategorikan sebagai kasus yang berhubungan dengan …..

a. bujukan moral

b. dilema etika

c. bujukan etika

d. prinsip moral

e. keadilan

 

2. ibu herlina adalah guru matematika kelas 5. Salah satu muridnya Simon sudah berkali-kali tidak mengumpulkan tugas. Bahkan dari 10 tugas yang perlu dikumpulkan di semester ini, Simon baru mengumpulkan 2. Simon sudah berkali-kali diingatkan oleh ibu herlina dan orang tua dari Simon juga telah di beritahukan bilamana sampai akhir semester tugas Simon tidak dikumpulkan maka akan berpengaruh kepada hasi lakhir kenaikan kelas Simon. Pada saat bertemu dengan orang tua Simon lewat video call, terungkap bahwa Simon tidak memiliki perangkat gawai yang memadai untuk pembelajaran daring sementara telepon seluler yang ada hanya satu, itupun digunakan oleh ayah Simon yang merupakan tukang ojek, dan perlu bergantian menggunakan telepon seluler dengan adik Simon yang juga harus belajar secara daring. Sementara ibu Herlina masih kesulitan untuk bertemu dan mengajar Simon karena wilayah sekolah dan tempat tinggal Simon masih berada diwilayah zona merah.

Berdasarkan kasusu ibu Herlian diatas, paradigma dilema etika yang terjadi pada ibu Herlina adalah ….

a. Paradigma individu lawan masyarakat

b. Paradigma kebenaran lawan kesetiaan

c. Paradigma keadilan lawan rasa kasihan

d. Paradigma jangka pendek lawan jangka panjang

e. Paradigma benar lawan salah

 

 

3. Pak Eka adalah kepala SMA makmur. Salah satu muridnya, Hari sangat berbakat dalam bidang olehraga bahkan telah memenangkan beberapa pertandingan bola basket atas nama sekolah,  dan sudah sampai ketingkat nasional dan telah diterima disalah satu perguruan tinggi dambaannya karena keterampilan olahraganya. Namun Hari sangat kurang dalam pembelajaran matematika, dan hasilnya pun menjelang ujian nasional di bawah KKM. Walaupun telah dilakukan remedial dan bantuan, tetap saja nilai matematika kurang. Bilamana nilai matematika Hari dibawah KKM bisa jadi Hari tidak bisa lulus padahal Hari telah diterima di salah satu perguruan tinggi yang didambakan dalam bidang olahraga. Nilai matematika Hari ini bisa menjadi batu sandungan Hari dalam kelulusan Hari untuk mencapai cita-citanya. Orang tua Hari telah menghadap pak Eka dan memohon agar nilai matematika Hari diberikan bantuan sehingga bisa diluluskan agar Hari bisa meneruskan kuliahnya di perguruan tinggi dambaannya. Akhirnya pak Eka memutuskan untuk membantu Hari agar nilai matematikanya bisa memenuhi standar KKM agar dapat lulus kelas 12.

Berdasarkan kasus diatas, pernyataan di bawah ini yang menggambarkan prinsip berpikir pak Eka dalam mengambil keputusan sebagai pemimpin pembelajaran adalah …….

a. prinsip bahwa semua orang perlu di perlakukan sama, sehingga kita perlu berlaku adil

b. prinsip bahwa kita seharusnya berpegang teguh pada aturan yang berlaku

c. prinsip bahwa kebahagiaan orang terbanyak yang paling penting

d. prinsip bagaimana kalo saya di posisi dia, saya pun juga ingin di perlakukan sedemikian rupa

e. prinsip bahwa semua orang tidak terkecuali harus menjalani kewajibannya.

 

4. Untuk memastikan keputusan yang kita ambil adalah keputusan yang tepat maka kita perlu melakukan langkah – langkah pengambilan keputusan .Berikut adalah langkah – langkah  pengambilan keputusan  kecuali ……….

a. Melihat lagi keputusan dan refleksikan

b. Mengumpulkan fakta – fakta yang relevan dengan situasi tersebut

c. pengujian benar atau salah

d. mengenali bahwa ada nilai – nilai yang saling bertentangan dalam situasi tersebut

e. melakukan prinsip berbasis peraturan

 

5.   Kondisi berikut ini akan muncul jika sebuah ekosistem sekolah tidak harmonis atau tidak ada interaksi yang baik antara faktor biotik dan abiotik yaitu…………

a. Sekolah akan berjalan dengan baik selama dukungan dana tetap mengalir .

b. sekolah akan berjalan dengan baik karena guru tetap mengajar

c. sekolah tidak menunjukkan perubahan kearah yang lebih baik

d. sekolah tetap melakukan proses pembelajaran seperti biasa

e. sekolah tidak bisa menjadi sekolah yang terbaik

6. anda adalah kepala sekolah yang memiliki fasilitas yang terbatas sebagai seorang pemimpin sekolah tentu anda diharapkan tetap dapat mengembangkan sekolah dengan kondisi tersebut langkah awal apakah yang paling tepat anda lakukan sebagai calon guru penggerak ?

a. berusaha bekerja sendiri semaksimal mungkin dengan kondisi yang ada agar pembelajaran dapat berjalan dengan baik.

b. memanfaatkan sumber daya apapun yang dimiliki dengan memaksimalkan penggunaannya untuk pembelajaran.

c. menginventarisasi sumber daya yang dimiliki dan melaporkan kedinas terkait agar mendapat bantuan penuh.

d. melakukan rapat dengan guru -guru dan membuat rencana tindak lanjut.

e. melibatkan semua pihak untuk bekerja bersama agar pembelajaran tetap berjalan.

 

7. anda seorang guru yang sedang memimpin rapat dalam MGMP mata pelajaran IPA terpadu. Rapat ini akan membahas tentang banyaknya keluhan beberapa guru yang membutuhkan bantuan dana atau sponsor untuk sekolahnya karena tidak punya fasilitas yang memadai sehingga sulit untuk melakukan praktik lapangan maupun praktikum dalam laboratorium yang berkaitan dengan beberapa materi di pelajaran IPA terpadu.

Dari pilihan di bawah ini, pertanyaa yang paling tepat sebagai pemimpin untuk menyelesaikan inti masalah tersebut adalah …..

a. menanyakan tentang apa yang sudah dilakukan kepada sekolah untuk mengatasi masalah ini

b. menanyakan tentang sekolah mana saja yang sudah punya laboratorium

c. menanyakan tentang berapa dana BOS yang masih dimiliki oleh sekolah masing-masing untuk bisa dimaksimalkan

d. menanyakan tentang apa saja yang sudah dilakukan dan dimanfaatkan untuk bisa praktikum baik dilapangan maupun di laboratorium

e. menanyakan tentang materi apa saja yang tidak bisa dilakukan praktikum baik dilapangan maupun di laboratorium

 

8. dari berbagai aset atau modal utama yang dapat kita manfaatkan dalam sebuah komunitas, yang tidak termasuk dalam modal utama yang ada adalah …..

a. modal politik

b. modal budaya

c. modal finansial

d. modal manusia

e. modal fisik.

 

9. saat murid menjadi pemimpin dan mengambil peran aktif dalam proses pembelajaran mereka sendiri, hubungan yang tercipta antara guru dengan murid adalah hubungan yang bersifat kemitraan. Dari beberapa penyataan tentang tindakan guru atau murid di bawah ini, manakah yang mencerminkan kemitraan tersebut ?

1. murid akan menunjukkan keterlibatan dan inisiatif dalam proses pembelajaran

2. murid akan menunjukkan ketergantungan yang tinggi terhadap arahan dari guru

3. murid akan menunjukkan tanggung jawab dalam proses pembelajaran mereka sendiri

4. guru akan banyak memberikan ide-ide kepada murid

5. guru akan menawarkan kesempatan kepada murid untuk menunjukkan kreatifitas dan mengambil resiko

6. guru akan berusaha secara aktif mendengarkan menghormati dan menanggapi ide-ide, pendapat, pertanyaan, aspirasi dan perspektif murid-murid mereka.

a. 2,4,5,6

b. 1,3,5,6

c. 1,2,3,4

d. 1,2,3,6

e. 1,3,6,4

 

 

10. perhatikan pernyataan berikut !

1) melibatkan murid untuk mengatur kelas mereka sendiri

2) meminta murid untuk memperbaiki taman sekolah yang rusak

3) mengundang pemuka masyarakat untuk menjadi teman diskusi murid yang ingin membantu mengurai kemacetan disekitar sekolah

4) mendiskusikan keyakinan kelas dan membuat kesepakatan kelas bersama murid

5) memberikan murid tugas kelompok untuk mengumpulkan barang-barang tertentu untuk disumbangkan pada korban bencana alam.

Dari pernyataan-pernyataan tindakan guru diatas, manakah yang bukan merupakan tindakan mendorong suara, pilihan dan kepemilikan murid ?

a. 2 dan 3

b. 2 dan 5

c. 3 dan 4

d. 4 dan 5

e. 1 dan 3

 

11. Ibu Dina adalah kepala sekolah pondok udik, sebuah sekolah kecil dan berlokasi dipelosok diluar pulau jawa. Ia terpilih dan diundang mengikuti sebuah program pelatihan dari sebuah lembaga pelatihan pendidikan dijakarta selama sebulan. Dikantor lembaga pelatihan tersebut, terdapat sebuah perpustakaan yang sangat lengkap dengan buku-buku pendidikan dan pengajaran. Ia senang sekali membaca buku-buku tersebut dan ia tahu buku-buku tersebut harganya sangat mahal. Oleh karena itu ia terfikir untuk memfotokopi beberapa buku dengan dengan harga murah dan membawanya kesekolah. Ia akan membuat perpustakaan kecil disekolahnya dan mendorong para guru disekolahnya agar membaca buku-buku tersebut. Namun disisi lain ia paham bahwa tindakannya ini akan melanggar hak kekayaan intelektual.

Berdasarkan kasus ibu Dina diatas, paradigma dilema etika yang dialami ibu Dina adalah….

a. paradigma jangka pendek lawan jangka panjang

b. paradigma keadilan lawan rasa kasihan

c. paradigma kebenaran lawan kesetiaan

d. paradigma individu lawan masyarakat

e. paradigma benar lawan salah

 

12. Sekolah Pelita didirikan 3 tahun yang lalu, pertama kali dibuka hanya ada sedikit pelamar yang ingin bekerja disana sehingga manajemen sekolah tidak mendapatkan guru dengan kualitas uang mereka harapkan. Sekolah bahkan akhirnya mempekerjakan orang yang tidak terlalu berkualitas dan tidak berlatar belakang guru. Namun dengan kerjasama tim yang baik dan bimbingan yang tepat dari manajemen sekolah sekolah Pelita berkembang dengan baik dan dipercaya masyarakat sehingga jumlah siswa selalu bertambah setiap tahunnya sampai sekarang manajemen sekolah mampu merekrut guru yang lebih baik dan berkualitas saat itulah konflik muncul dua dari guru lama sepertinya tidak mampu mengatasi hal baru ini mereka terbiasa mengajar dengan metode yang sama dan lebih cocok untuk di masa lalu, Banyak komplain dari murid dan orang tua murid mengenai cara mengajar kedua guru ini manajemen sekolah berusaha memperbaiki mereka dengan mengirim mereka ke pelatihan. Tetap entah bagaimana kedua guru ini tidak kunjung meningkat keterampilan mengajarnya mereka juga selalu berbicara tentang jasa mereka saat sekolah awal dibangun dan menganggap sekolah saat ini melupakan jasa mereka sehingga hal ini menimbulkan keresahan di kalangan para guru yang menganggap manajemen tidak bertindak professional. Di akhir tahun ajaran kepala sekolah menyampaikan keputusan manajemen sekolah untuk tidak lagi mempekerjakan atau memberhentikan dengan hormat kedua guru tersebut dikarenakan tidak dapat memenuhi standar kinerja yang disyaratkan oleh sekolah. 

Berdasarkan kasus di atas prinsip berpikir manajemen sekolah dalam mengambil keputusan sebagai pemimpin pembelajaran adalah …

 

a. Prinsip bahwa kebahagiaan orang terbanyak yang paling penting

b. Prinsip bahwa semua orang tidak terkecuali harus menjalani kewajibannya

c. Prinsip bahwa semua orang perlu diperlakukan sama sehingga kita perlu berlaku adil

d. Prinsip Bagaimana kalau saya di posisi dia, saya pun juga ingin diperlakukan sedemikian rupa

e. Prinsip bahwa kita seharusnya berpegang teguh pada aturan yang berlaku

 

13. Dalam sebuah sistem sekolah yang terdiri dari faktor biotik dan abiotik beberapa hal yang penting untuk diperhatikan oleh guru penggerak adalah

a. Lapangan olahraga, perpustakaan, kantin, toilet

b. Perpustakaan, kantin, toilet guru, murid, tukang parkir

c. Penjaga kantin, laboran, penjaga sekolah, pramubakti sekolah

d. Kelas, ruang guru, ruang Kepala Sekolah, ruang TU

e. guru, murid, kepala TU pustakawan

 

14. Bacalah beberapa pernyataan berikut

1. Kepala sekolah biasanya memulai rapat dengan pertanyaan apa yang bisa kita perbaiki dan lakukan untuk memecahkan masalah yang terjadi di dalam kelas

2. Kepala sekolah menyediakan sarana bagi murid untuk curhat bersama di kantin

3. Kekurangan pada fasilitas sekolah bisa didapatkan dengan cara mencari bantuan dari sponsor atau institusi lain

4. Setiap warga sekolah akan diajak untuk bisa berkontribusi dengan pengetahuan dan keterampilannya masing-masing demi sekolah yang lebih baik.

Manakah dari pernyataan di atas yang menggambarkan pendekatan pengembangan komunitas berbasis aset

a. 3 dan 4

b. 1 dan 3

c. 2 dan 3

d. 2 dan 4

e. 1 dan 2

 

15. Anda terpilih menjadi koordinator perpisahan akhir tahun kelas 6 untuk tahun ajaran ini.

Pernyataan di bawah ini yang termasuk kegiatan yang paling sesuai dengan pendekatan berbasis aset adalah....

a. Meminta bantuan dari perusahaan besar

b. Meminta bantuan dana dari orang tua karena dana BOS yang sekolah miliki kurang untuk melaksanakan kegiatan perpisahan

c. Mengidentifikasi apa saja yang kurang untuk melaksanakan kegiatan perpisahan ini

d. Membentuk panitia yang terdiri dari orang tua dan menyerahkannya kepada orang tua

e. Mengidentifikasi keahlian orang tua yang ada untuk membantu persiapan acara

 

16. Salah satu program untuk murid di sebuah sekolah adalah mengenalkan berbagai jenis profesi yang ada di Indonesia dengan tujuan memberikan inspirasi kepada para murid tentang ragam profesi unik yang bisa jadi jarang atau tidak pernah didengar oleh murid. pak Adhi dari sekolah tersebut pernah mendengar tentang program kelas inspirasi dari hasil bincang-bincang kumpul keluarga di kota lain. pak Adhi langsung menghubungi sosial media dari program tersebut dan menanyakan tentang bagaimana caranya untuk bisa sekolahnya dikunjungi oleh teman-teman dari kelas inspirasi. Sambil menunggu kabar dari pengurus program itu guru juga mencoba mengidentifikasi beberapa profesi dari masyarakat di sekitar sekolah yang unik dan belum dikenal oleh murid.

Menurut analisis Bapak dan Ibu modal utama yang dimanfaatkan oleh Pak Adi untuk mencapai tujuan adalah...

a. Modal lingkungan

b. modal budaya dan agama

c. modal politik

d. modal finansial

e. modal sosial

 

17. Pak pena mencermati bahwa orang tua murid di kelasnya belum sepenuhnya memahami peran mereka dalam mendukung tumbuhnya kepemimpinan murid sehingga sering kali membantu anak-anak mereka terlalu jauh.

Manakah strategi pelibatan komunitas orang tua yang paling tepat dilakukan oleh Pak pena untuk membantu orang tua menumbuhkembangkan kepemimpinan murid?

a. Pak pena membuat kepanitiaan acara kompetisi olahraga yang anggotanya adalah para orang tua murid

b. Pak pena mengundang orang tua dalam rapat kegiatan pentas seni sekolah dan meminta bantuan orang tua untuk menjadi donatur dalam kegiatan tersebut

c. Pak pena mengadakan pelatihan orang tua tentang cara bertanya dan merespon pertanyaan anak dengan tepat sehingga mereka bisa terapkan di rumah

d. Pak pena menunjuk ketua persatuan orang tua murid dan guru untuk menjadi penanggung jawab kegiatan bakti sosial sekolah

e. Pak pena meminta bantuan orang tua untuk menyediakan fasilitas yang diperlukan untuk menyelenggarakan acara yang digagas oleh sekolah

 

18. Pilihlah istilah yang tepat untuk definisi berikut :

Cara praktis menemukan hal-hal dalam kehidupan dengan menggunakan kekuatan sebagai tumpuan berpikir, memusatkan perhatian pada apa yang bekerja, yang menjadi inspirasi, dan yang menjadi kekuatan yang positif.

Jawaban : Berpikir berbasis aset

 

Penyampaian pesan secara sistematis dan objektif yang digunakan untuk menyampaikan informasi dari satu bagian organisasi kepada bagian lain atau lembaga lain untuk pengambilan keputusan atau memecahkan persoalan.

Jawaban : Reporting

 

Penyelesaian yang kreatif dan tidak terpikir sebelumnya.

Jawaban : Investigasi opsi trilema


Demikianlah informasi mengenai kumpulan soal-soal tes akhir paket modul 3 guru penggerak yang telah di lengkapi dengan kunci jawabannya, semoga dapat menjadi bahan referensi bagi para CGP dalam berlatih untuk persiapan menghadapi post test modul 3 guru penggerak.

Sekian dan semoga Bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel