Tata Tertib Peserta Ujian Sekolah Tahun 2024

Kherysuryawan.id – Download Tata Tertib Peserta Ujian Sekolah Format Word Untuk jenjang SD, SMP, SMA dan SMK.

Halo sahabat kherysuryawan, selamat berjumpa kembali di website pendidikan yang selalu memberikan informasi terupdate seputar dunia pendidikan, dan pada kesempatan kali ini admin akan berbagi informasi yang ada hubungannya dengan kegiatan pelaksanaan ujian sekolah.

 


Saat ini ujian sekolah menjadi pengganti ujian nasional sehingga ujian sekolah dapat di katakana sebagai salah satu syarat untuk menentukan kelulusan siswa khususnya bagi siswa yang duduk di kelas 6 SD, kelas 9 SMP maupun yang ada di kelas 12 SMA/SMK. Olehnya itu seluruh siswa yang berada di kelas tingkar akhir wajib untuk mengikuti ujian sekolah.

 

Dalam pelaksanaan ujian sekolah ada begitu banyak persiapan yang harus di persiapkan oleh panitia pelaksana ujian sekolah. Mulai dari dokumen soal, SK pembentukan panitia, lembar jawaban US, berita acara pelaksanaan, laporan kegiatan serta yang tak kalah pentingnya yaitu membuat aturan atau yang biasa di sebut dengan tata tertib untuk kelancaran pelaksanaan ujian sekolah.

 

Mengapa tata tertib sangat penting untuk di buat oleh panitia ujian sekolah ?

Tentunya tata tertib dibuat dengan tujuan agar nantinya pelaksanaan ujian sekolah dapat terlaksana dengan baik dan lancar tanpa ada penghalang ataupun hambatan. Apabila tata tertib telah di buat maka siapapun yang terlibat di dalamnya harus bisa menaatinya sehingga nantinya pelaksanaan ujian sekolah bisa terlaksana sesuai harapan.

 

Nah pada kesempatan kali ini admin akan membahas tentang tata tertib peserta ujian sekolah. Disini yang dimaksud dengan peserta ujian seolah ialah seluruh siswa-siswi yang akan mengikuti pelaksanaan ujian sekolah. Jadi seluruh siswa yang mengikuti ujian sekolah nantinya harus bisa menaati peraturan atau atau tata tertib yang sudah di buat oleh panitia ujian sekolah yang ada di sekolah masing-masing.

 

Dengan di buatnya tata tertib peserta ujian maka diharapkan akan membuat pelaksanaan ujian sekolah menjadi tenang, lancar dan berjalan dengan hikmat sehingga seluruh peserta ujian sekolah dapat berkonsentrasi dengan baik dalam menjalankan tugasnya masing-masing khususnya ketika akan mengerjakan soal-soal ujian sekolah.

 

Adapun yang biasanya akan membuat tata tertib peserta ujian sekolah yaitu mereka yang di pilih sebagai panitia pelaksana ujian sekolah di sekolah masing-masing. Tata tertib peserta ujian sekolah dapat dibuat sesuai dengan kondisi dan keadaan yang ada di sekolah masing-masing, namun tidak menutup kemumgkinan bahwa akan sama dengan yang ada di sekolah lain. Intinya bahwa tata tertib peserta ujian sekolah yang telah dibuat akan mengatur keadaan para peserta ujian sekolah sehingga saat hari pelaksanaan nanti semuanya bisa berjalan dengan baik dan tenang.

 

Bagi anda yang saat ini di beri tugas atau mandat untuk bisa membuat tata tertib peserta ujian sekolah namun belum memiliki gambaran untuk bagaimana cara membuatnya, maka tenang saja sebab melalui postingan ini admin akan memberikan contoh model tata tertib untuk peserta ujian sekolah yang bisa dijadikan referensi bagi bapak/ibu guru di sekolah yang akan membuat tata tertib peserta ujian sekolah.

 

Admin kherysuryawan akan selalu berusaha untuk bisa membantu rekan-rekan pendidikan dalam memperoleh informasi ataupun berbuat sesuatu yang mugkin belum sempat untuk bisa di kerjakan atau di lakukan sehingga dengan tujuan berbagi ini maka admin berharap dapat meringankan tugas bapak/ibu guru khususnya yang bertugas sebagai panitia ujian sekolah di sekolahnya masing-masing.

 

Untuk lebih jelasnya maka berikut ini sajian mengenai contoh tampilan tata tertib untuk peserta ujian sekolah yang bisa admin informasikan dan perlu di ketahui bahwa contoh tata tertib peserta ujian sekolah ini dapat di gunakan oleh sekolah mulai dari jenjang SD, SMP, SMA dan SMK dengan catatan pihak sekolah/panitia pelaksana ujian sekolah menyesuaikan dengan keadaan yang ada di sekolah masing-masing.

 

Tata Tertib Peserta Ujian Sekolah (US)

 

1.       Peserta Ujian Sekolah (US) memasuki ruangan setelah tanda masuk dibunyikan, yakni lima belas (15) menit sebelum Ujian Sekolah (US) dimulai.

 

2.       Peserta Ujian Sekolah (US) yang terlambat hadir hanya diperkenankan mengikuti Ujian Sekolah (US) setelah mendapat izin dari ketua panitia Ujian Sekolah (US)  tanpa diberi perpanjangan waktu.

 

3.       Peserta Ujian Sekolah (US) dilarang membawa alat komunikasi elektronik dan kalkulator.

 

4.       Tas, buku, dan catatan dalam bentuk apapun dikumpulkan di depan kelas di samping pengawas ruang.

 

5.       Peserta Ujian Sekolah (US) membawa alat tulis dan kartu tanda/peserta ujian.

 

6.       Peserta Ujian Sekolah (US) mengisi daftar hadir menggunakan pulpen yang disediakan oleh pengawas ruang.

 

7.       Peserta Ujian Sekolah (US) mengisi identitas pada Lembar Jawaban Ujian Sekolah (LJUS) secara lengkap dan benar.

 

8.       Peserta Ujian Sekolah (US) yang memerlukan penjelasan cara pengisian identitas pada LJUS dapat bertanya kepada pengawas ruang dengan cara mengacungkan tangan terlebih dahulu.

 

9.       Peserta Ujian Sekolah (US) mulai mengerjakan soal setelah ada tanda waktu mulai ujian.

 

10.   Selama Ujian Sekolah (US) berlangsung, peserta Ujian Sekolah (US) hanya dapat meninggalkan ruangan dengan izin dan pengawasan dari pengawas ruang.

 

11.   Peserta Ujian Sekolah (US) yang memperoleh naskah soal yang cacat atau rusak, pengerjaan soal tetap dilakukan sambil menunggu penggantian naskah soal.

 

12.   Peserta Ujian Sekolah (US) yang meninggalkan ruangan setelah membaca soal dan tidak kembali lagi sampai tanda selesai dibunyikan, dinyatakan telah selesai menempuh/mengikuti Ujian Sekolah (US) mata pelajaran yang terkait.

 

13.   Peserta Ujian Sekolah (US) yang telah selesai mengerjakan soal sebelum waktu Ujian Sekolah (US) berakhir tidak diperbolehkan meninggalkan ruangan sebelum berakhirnya waktu ujian.

 

14.   Peserta Ujian Sekolah (US) berhenti mengerjakan soal setelah ada waktu ujian berakhir dan meletakkan lembar jawaban serta naskah soal di atas meja masing- masing.

 

15.   Selama Ujian Sekolah (US) berlangsung, peserta dilarang:

a.       menanyakan jawaban soal kepada siapa pun,

b.       bekerja sama dengan peserta lain, memberi atau menerima bantuan dalam menjawab soal,

c.       memperlihatkan pekerjaan sendiri kepada peserta lain atau melihat pekerjaan peserta lain,

d.       membawa naskah soal Ujian Sekolah (US) dan LJUS keluar dari ruang ujian; dan

e.       menggantikan atau digantikan oleh orang lain.

 

16.   Meninggalkan ruang Ujian Sekolah (US) dengan tertib dan tenang setelah pengawas ruang ujian mengumpulkan dan menghitung lembar jawaban dan naskah soal sesuai dengan jumlah peserta Ujian Sekolah (US).

 

17.   Peserta Ujian Sekolah (US) yang melanggar tata tertib ujian, diberi peringatan/teguran oleh pengawas ruang Ujian Sekolah (US) dan dicatat dalam berita acara Ujian Sekolah (US) sebagai salah satu bahan pertimbangan kelulusan.

 

Itulah tampilan beberapa point peraturan atau tata tertib peserta ujian sekolah, apabila anda yang akan menggunakannya ingin menammbah atau mengurangi item/point yang ada maka di persilahkan dan diharapkan agar bisa di sesuaikan dengan kondisi atau keadaan yang ada di sekolah masing-masing.

 

Disini admin juga telah menyiapkan tata tertib peserta ujian sekolah yang telah admin sajikan diatas dalam bentuk file dan telah disimpan dalam format word, sehingga dapat di download filenya sesuai keinginan anda dan anda pun dapat dengan mudah mengeditnya sesuai kebutuhan dan keperluan masing-masing.

 

Baiklah untuk anda bapak/ibu guru atau panitia ujian sekolah dan ingin mendapatkan file tata tertib peserta ujian sekolah sepertu tampak pada tampilan diatas, maka silahkan di unduh filenya yang telah admin siapkan di bawah ini :

 

  • Tata Tertib Peserta Ujian Sekolah Versi Terbaru Format Word - DISINI


Demikianlah informasi mengenai tata tertib untuk peserta ujian sekolah yang bisa admin kherysuryawan bagikan pada kesempatan kali ini, semoga dengan adanya postingan ini maka bisa membantu rekan-rekan pendidikan yang sedang membutuhkan tata tertib peserta ujian sekolah sehingga bisa menjadi referensi dalm membuat tata tertib peserta ujian sekolah untuk di gunakan di sekolah masing-masing.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel