Cara Cek Linieritas PPG Tahun 2023

Kherysuryawan.id – Cara cek kode linieritas PPG Dalam jabatan Tahun 2023 dan Cara cek kode linieritas PPG Prajabatan Tahun 2023.

Halo sahabat kherysuryawan yang berbahagia, pada kesempatan kali ini admin kherysuryawan akan menyajikan sebuah informasi yang ada hubungannya dengan kepentingan seorang guru yang ingin mengetahui apakah bidang study yang telah di ambil dan telah tertulis di ijasahnya sesuai dengan kode lineritas PPG.

 

Seperti kita ketahui bahwa PPG merupakan pendidikan profesi guru yang mana untuk anda yang saat ini ingin menjadi seorang guru sepenuhnya maka anda harus mengikuti pendidikan profesi guru. Program PPG Dalam Jabatan merupakan program pendidikan yang diselenggarakan untuk mempersiapkan lulusan S-1 Kependidikan dan S-1/D-IV Non Kependidikan yang memiliki bakat dan minat menjadi guru agar menguasai kompetensi guru secara utuh sesuai dengan Standar Pendidikan Guru.

 

Perlu di ketahui bahwa tidak semua guru yang telah mengajar saat ini telah mengikuti PPG olehnya itu untuk menjadi guru yang sah maka hendaknya harus terlebih dahulu dapat melalui tahapan pendidikan profesi guru sehingga nantinya bisa memiliki sertifikat profresi guru dan setelahnya berhak menjadi seorang guru yang sah. Perlu diketahui pula bahwa Program PPG Dalam Jabatan dirancang secara sistematis dan menerapkan prinsip mutu mulai dari seleksi, proses pembelajaran, dan penilaian, hingga uji kompetensi, sehingga diharapkan akan menghasilkan guru-guru masa depan yang profesional yang dapat menghasilkan lulusan yang unggul, kompetitif, dan berkarakter, serta cinta tanah air dan dalam waktu yang bersamaan, diharapkan mampu menjawab permasalahan pendidikan yang dihadapi bangsa Indonesia saat ini. PPG Dalam Jabatan juga dirancang agar mampu membekali kemampuan problem solving, kritis, dan kreatif kepada calon guru profesional, melalui implementasi model pembelajaran dan kegiatan berbasis masalah (problem-based learning) dan proyek (project-based learning).

 

Nah, bagi anda yang belum memiliki sertifikat profesi guru dan ingin mengikuti program pendidikan profesi guru maka hendaknya anda harus memahami tentang linieritas bidang study yang telah dipilih dengan PPG yang akan di ikuti nantinya agar pada saat selasai pendidikan nantinya dapat sesuai dan bisa mendapatkan tunjangan profesi guru.

 

Salah satu sayarat seorang guru bisa memiliki dan mendapatkan tunjangan profesi guru yaitu harus memiliki sertifikat pendidik dan tentunya sertifikat pendidik yang telah dimiliki harus linier dengan mata pelajaran yang diajarkan saat ini. Nah untuk mengetahui apakah bidang study yang di ajarkan telah liniear dengan sertifikat pendidik yang dimiliki maka anda harus bisa memahami tentang linieritas PPG.

 

Pendidikan profesi guru terdiri atas 2 jalur yaitu :

1.       Pendidikan profesi guru dalam jabatan, dan

2.       Pendidikan profesi guru prajabatan

 

Bagi anda yang ingin mengetahui bagaimana cara mengecek linieritas PPG dalam jabatan dan cara mengecek linieritas PPG prajabatan, maka anda bisa melakukannya dengan mudah. Melalui postingan ini admin kherysuryawan akan memberikan tutorial tentang bagaimana cara mengecek linieritas PPG dalam jabatan maupun PPG prajabatan.

 

Berikut ini langkah-langkah untuk mengecek linieritas PPG dalam jabatan dan cek linieritas PPG prajabatan :

 

CEK LINIERITAS PPG DALAM JABATAN

1.     Silahkan kunjungi alamat di bawah ini :

https://ppg.kemdikbud.go.id/linieritas/cek-linieritas

maka akan tampil seperti gambar di bawah ini :



2.     Selanjutnya silahkan pilih jenis guru mata pelajaran dan pilih juga program study S-1/D-IV sesuai ijazah anda

3.     Jika semua sudah di pilih maka klik “CEK”

4.     Maka akan tampil seperti pada gambar di bawah ini (sebagai contoh untuk linieritas pada bidang study pendidikan Bahasa Indonesia)



5.     Dari gambar diatas maka dapat disimpulkan bahwa guru yang memiliki kualifikasi S-1 dan memilih bidang study pendidikan Bahasa Indonesia dapat mengajar di jenjang SD, SMP, SMLB, SMA, SMALB, dan SMK.

 

 

CEK LINIERITAS PPG DALAM JABATAN

 

1.     Silahkan kunjungi alamat di bawah ini :

https://ppg.kemdikbud.go.id/linieritas/cek-linieritas

maka akan tampil seperti gambar di bawah ini :



2.     Selanjutnya silahkan pilih jenis program study S-1/D-IV

3.     Jika semua sudah di pilih maka klik “CEK”

4.     Maka akan tampil linieritas bidang study PPG

 

Demikianlah informasi mengenai cara cek linieritas PPG dalam jabatan dan Linieritas PPG prajabatan, semoga informasi ini dapat membantu para guru yang ingin melakukan cek linieritas PPG di tahun ini.

Sekian dan Terimakasih

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel