2 Contoh SK Tim Pengembang KOSP Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Contoh SK Tim Pengembang KOSP Kurikulum Merdeka Jenjang SD, SMP, SMA, SMK.

Halo sahabat kherysuryawan yang berbahagia, saat ini telah banyak sekolah yang menggunakan kurikulum merdeka. Dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka maka sekolah dalam hal ini seluruh warga sekolah harus mendukung pelaksanaan dan pengimplementasian kurikulum merdeka yang akan di terapkan di sekolah masing-masing.

 


Agar pelaksanaan kurikulum merdeka disekolah dapat berjalan dengan lancar maka di perlukan sebuah kolaborasi yang baik antar seluruh warga sekolah. Pihak sekolah juga harus dapat menjalankan pelaksanaan kurikulum merdeka dengan memperhatikan kondisi dan keadaan yang ada di sekolah masing-masing.

 

Perlu dikatahui bahwa bagi sekolah yang akan menerapkan kurikulum merdeka harus bisa membuat KOSP (kurikulum operasional satuan pendidikan). Nantinya KOSP yang akan dibuat oleh sekolah akan menjadi bagian yang penting karena akan dijadikan acuan dalam menjalankan proses pembelajaran di sekolah. Oleh karena itu, dalam penyusunannya harus disesuaikan dengan keadaan yang sebenarnya.

 

Ada beberapa prinsip yang perlu di perhatikan sebelum sekolah membuat dan mengembangkan KOSP, diantaranya yaitu sebagai berikut :

Prinsip pengembangan kurikulum operasional di satuan pendidikan adalah:

1.     Berpusat pada peserta didik, yaitu pembelajaran harus memenuhi keragaman potensi, kebutuhan perkembangan dan tahapan belajar, serta kepentingan peserta didik. Profil Pelajar Pancasila selalu menjadi rujukan semua tahapan dalam penyusunan kurikulum operasional di satuan pendidikan.

2.     Kontekstual, yaitu menunjukkan kekhasan dan sesuai dengan karakteristik satuan pendidikan, konteks sosial budaya dan lingkungan, serta dunia kerja dan industri (khusus SMK), dan menunjukkan karakteristik atau kekhususan peserta didik berkebutuhan khusus (khusus SLB).

3.     Esensial, yaitu memuat semua unsur informasi penting/utama yang dibutuhkan dan digunakan di satuan pendidikan. Bahasa yang digunakan lugas, ringkas, dan mudah dipahami.

4.     Akuntabel, yaitu dapat dipertanggungjawabkan karena berbasis data dan aktual.

5.     Melibatkan berbagai pemangku kepentingan, yaitu melibatkan komite satuan pendidikan dan berbagai pemangku kepentingan antara lain orang tua, organisasi, berbagai sentra, serta industri dan dunia kerja untuk SMK, di bawah koordinasi dan supervisi Dinas Pendidikan atau kantor kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang agama sesuai dengan kewenangannya.

 

Dalam rangka memperlancar proses pelaksanaan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan sebagai bentuk Implementasi Kurikulum Merdeka dalam rangka pemulihan pembelajaran, maka perlu dibentuk Tim Pengembang Kurikulum.

Untuk menjamin terpeliharanya tata tertib serta kelancaran tugas Tim Pengembang Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan perlu diatur dalam Surat Keputusan Kepala Sekolah.

Selanjutnya kepala sekolah akan menugaskan Tim Pengembang Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan untuk menyusun Dokumen Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) agar pelaksanaan pembelajaran dapat berjalan dengan baik di sekolah.

 

Pada kesempatan kali ini admin kherysuryawan akan memberikan 2 jenis file contoh SK Tim Pengembang KOSP Kurikulum Merdeka yang bisa digunakan oleh sekolah sebagai referensi dalam membuat SK tim KOSP. Tujuan admin membagikan file ini ialah untuk memudahkan bagi bapak/ibu guru dalam membuat dan menyusun SK tim pengembangan kosp.

 

Apabila sekolah anda saat ini telah menggunakah kurikulum merdeka, dan saat ini sedang membutuhkan contoh SK Tim Pengembang KOSP Kurikulum Merdeka maka anda bisa mendapatkan contoh filenya yang akan admin bagikan secara gratis pada artikel ini.

Sebagai informasi bahwa disini admin akan membagikan contoh SK Tim Pengembang KOSP Kurikulum Merdeka yang mana filenya telah disiapkan dalam format word sehingga akan sangat mudah untuk di gunakan serta jika anda ingin mengeditnya maka anda bisa melakukannya sesuai kebutuhan masing-masing.

 

Baiklah bagi anda yang ingin memiliki file contoh SK Tim Pengembang KOSP Kurikulum Merdeka, maka silahkan dapatkan filenya di bawah ini :

 

  • SK Tim Pengembang KOSP Kurikulum Merdeka Model 1 - (DISINI
  • SK Tim Pengembang KOSP Kurikulum Merdeka Model 2 - (DISINI)
  • SK Penetapan Kurikulum Merdeka - (DISINI)


Demikianlah informasi mengenai contoh SK Tim Pengembang KOSP Kurikulum Merdeka bagi sekolah yang telah menerapkan pembelajaran kurikulum merdeka. Semoga apa yang telah admin kherysuryawan bagikan pada kesempatan ini dapat membantu rekan-rekan pendidikan dalam membuat SK Tim Pengembang KOSP Kurikulum Merdeka sehingga dapat memperlancar dan memudahkan dalam melengkapi administrasi sekolah serta dapat menjadi referensi yang berguna bagi pihak sekolah dalam membuat SK Tim Pengembang KOSP Kurikulum Merdeka.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel