Rangkuman B.Indonesia Kelas 8 Bab 1 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Rangkuman Materi Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP Bab 1 “Menulis Teks Laporan Hasil Observasi“ Kurikulum Merdeka.

Halo sahabat kherysuryawan, bagaimana kabar anda hari ini ? Semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat. Oh ya pada kesempatan kali ini admin akan memberikan sebuah ringkasan materi yaitu materi yang ada pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 8 SMP kurikulum merdeka.

 


Pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas 8 SMP kurikulum merdeka ada beberapa materi yang nantinya akan dipelajari. Untuk di ketahui bahwa jumlah Bab yang akan dipelajari pada mapel Bahasa Indonesia kelas 8 SMP kurikulum merdeka yaitu berjumlah 6 Bab. Untuk pembagian materinya yang akan dipelajari pada semester 1 dan semester 2 yaitu bab 1 hingga bab 3 akan dipelajari pada semester 1 sedangkan bab 4 hingga bab 6 akan dipelajari pada semester 2.

 

Pada kesempatan kali ini admin kherysuryawan akan fokus untuk bisa berbagi tentang materi Bahasa Indonesia kelas 8 bab 1 kurikulum merdeka yang berjudul "Menulis Teks Laporan Hasil Observasi”. Disini admin telah membuat dan menyiapkan rangkuman materinya secara lengkap dan akan mencoba untuk berbagi kepada anda yang sedang membutuhkannya.

 

Bagi anda yang ingin mendapatkan Ringkasan/Rangkuman Materi Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP Bab 1"Menulis Teks Laporan Hasil Observasi” Kurikulum Merdeka maka anda bisa mendapatkannya melalui artikel ini. Tujuan admin membagikan Rangkuman materi Bahasa Indonesia Kelas 8 bab 1 ini ialah agar bisa membantu rekan guru maupun siswa yang akan menggunakannya sebagai bahan belajar.

 

Dengan mempelajari rangkuman materi maka tentunya akan lebih memudahkan kita dalam belajar selain itu waktu yang akan kita gunakan untuk belajar akan lebih sedikit sebab materi yang dipelajari telah dirangkum dan hanya materi yang penting-penting saja yang cukup dipelajari. Perlu di ketahui bahwa rangkuman materi Bahasa Indonesia kelas 8 bab 1 "Menulis Teks Laporan Hasil Observasi” yang admin kherysuryawan buat ini sudah di sesuaikan dengan materi yang ada pada buku teks pelajaran Bahasa Indonesia kelas 8 SMP kurikulum merdeka.

 

Sebagai informasi bahwa ada beberapa sub materi yang nantinya akan di pelajari pada materi Bahasa Indonesia kelas 8 Bab 1 kurikulum merdeka, diantaranya yaitu sebagai berikut :

A. Mengenal Teks Laporan Hasil Observasi

B. Mengenal Topik dan Gagasan Utama dalam Teks Laporan Hasil Observasi

C. Menemukan Data dalam Teks Laporan Hasil Observasi

D. Mengenal Struktur Teks Laporan Observasi

E. Mengidentifikasi Paragraf Deskripsi dan Eksposisi dalam Teks Laporan Hasil Observasi

F. Mengevaluasi Tanda Baca dan Penulisan Kata Berbahasa Asing dan Daerah

G. Menulis Teks Laporan Hasil Observasi

 

Baiklah bagi anda yang ingin melihat Rangkuman/Ringkasan Materi Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP Bab 1"Menulis Teks Laporan Hasil Observasi” Kurikulum Merdeka maka silahkan lihat sajian ringkasan materinya di bawah ini:

 

Bab I Menulis Teks Laporan Hasil Observasi

Tujuan Pembelajaran:

Melalui pembelajaran ini Kalian dapat memahami informasi, menjelaskan struktur teks LHO, dan menanggapi pendapat teman saat berdiskusi. Selain itu, kalian juga diharapkan dapat menggunakan tanda baca dan tata cara menulis kata dari bahasa daerah dan bahasa asing dengan benar.

 

A. Mengenal Teks Laporan Hasil Observasi

Teks laporan hasil observasi memiliki sifat objektif, yaitu memaparkan suatu keadaan tanpa dipengaruhi pendapat penulis.

 

ciri-ciri kalimat objektif adalah tidak dipengaruhi pendapat pribadi penulisnya, sedangkan kalimat subjektif dipengaruhi pendapat pribadi penulis dan menggunakan bahasa yang emotif atau memancing emosi.

Kalimat objektif mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:

1.       berisi fakta yang dapat dibuktikan kebenarannya,

2.       tidak dipengaruhi pendapat atau pandangan pribadi,

3.       menyampaikan informasi yang sebenarnya sesuai dengan fakta atau kenyataan yang ada tanpa ditambah dan dikurangi, dan

4.       tidak menggunakan kata-kata yang subjektif dan emotif atau kata yang menyebabkan orang emosi, marah, sedih, dan ragu-ragu, seperti kata sangat, sekali, luar biasa, kira-kira, mungkin, dan barangkali.

 

B. Mengenal Topik dan Gagasan Utama dalam Teks Laporan Hasil Observasi

Sebuah teks memiliki topik dan gagasan utama, begitu juga dengan teks laporan hasil observasi (LHO). Teks laporan hasil observasi mengangkat sebuah topik dengan tujuan menjelaskan topik tersebut secara terperinci dan apa adanya kepada pembaca.

 

·       Topik Merupakan ide atau pokok pembicaraan dalam teks atau karangan yang menggambarkan keseluruhan isi karangan. (Bersifat umum)

·       Gagasan Utama Merupakan ide utama atau inti pembicaraan yang ada dalam sebuah paragraf. Gagasan utama juga disebut ide pokok. (Bersifat khusus)

 

Sebuah teks laporan hasil observasi memiliki topik-topik tertentu. Kalian dapat menemukan topik itu dengan mudah melalui cara berikut.


C. Menemukan Data dalam Teks Laporan Hasil Observasi

Sebuah teks laporan hasil observasi mengandung data. Data merupakan informasi yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Di dalam laporan hasil observasi, data berisi fakta yang sesuai dengan topik yang diangkat. Semua data dalam teks laporan hasil observasi diperoleh dari hasil pengamatan langsung.

 

Pada bagian ini kalian menemukan dua kata utama, yaitu data dan fakta. Dalam kehidupan sehari-hari makna kedua kata ini kadang saling tertukar. Meskipun tampak mirip, data dan fakta memiliki perbedaan. Mari melihat perbedaan keduanya.

 

Data

Fakta Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, data merupakan kumpulan informasi atau keterangan yang benar dan nyata.

 

Data dibedakan menjadi dua, yaitu data berbentuk angka dan tidak berbentuk angka.

1. Data berbentuk angka Contohnya: Bus yang dimiliki perusahaanTransKota berjumlah 45 buah.

2. Data tidak berbentuk angka Contohnya: Pemilik perusahaan Transkota bernama Irwan Jaya.

 

Fakta

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, fakta adalah hal (keadaan, peristiwa) yang merupakan kenyataan atau yang benar-benar terjadi.

 

Contoh kalimat mengandung data:

a. Bus yang dimiliki TransKota berjumlah 45 buah.

b. Dengan uang 15 juta rupiah, orang dapat memiliki sepeda motor baru.

 

Contoh kalimat yang mengandung fakta:

a. Warga negara Indonesia yang berusia 17 tahun ke atas dan sudah memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) boleh mengendarai sepeda motor.

b. Sepeda motor adalah alat transportasi roda dua yang digerakkan oleh mesin.

 

D. Mengenal Struktur Teks Laporan Hasil Observasi

Sebuah teks laporan hasil observasi memiliki struktur. Struktur berarti susunan.

Anderson (2003) membagi struktur teks laporan hasil atas tiga, yaitu

1)      definisi umum yang terletak pada paragraf pertama,

2)      deskripsi bagian yaitu penjelasan mengenai objek yang dibahas pada bagian deskripsi umum, dan

3)      simpulan.

Untuk lebih mudah dikenali, teks laporan hasil observasi tersusun atas tiga bagian berikut

1.       Pembuka (definisi umum). Bagian ini berada di awal teks dan berisi pengenalan mengenai objek yang diamati.

2.       Isi (deskripsi bagian). Bagian ini membahas objek yang diamati. Bagian ini mengandung fakta yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

3.       Penutup (simpulan). Bagian yang berisi kesimpulan tentang objek yang diamati.

 

E. Mengidentifikasi Paragraf Deskripsi dan Eksposisi dalam Laporan Hasil Observasi

Paragraf deskripsi bertujuan menggambarkan suatu hal secara detail, sedangkan paragraf eksposisi bertujuan menguraikan atau menyampaikan sebuah informasi.


Paragraf Deskripsi

Paragraf deskripsi adalah paragraf yang menggambarkan suatu hal dengan terperinci dan detail, seperti dapat dilihat, didengar, dicium, diraba, dan dirasakan.

 

Paragraf Eksposisi

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, eksposisi berarti uraian atau paparan yang bertujuan menjelaskan maksud dan tujuan sebuah karangan. Jadi, paragraf eksposisi adalah paragraf yang memaparkan informasi, maksud, dan tujuan tertentu agar pembaca memperoleh tambahan pengetahuan.

 

F. Mengenal Tanda Baca dan Penulisan Kata Berbahasa Asing dan Daerah

Saat membaca sebuah tulisan, kalian akan menemukan beberapa tanda baca. Tanda baca atau pungtuasi menurut KBBI adalah tanda grafis yang digunakan secara konvensional untuk memisahkan pelbagai bagian dari satuan bahasa tertulis. Dengan tanda baca kalian dapat menata kata dan kalimat sehingga maksudnya mudah dipahami.

 

1. Tanda Baca

Tanda baca ada banyak, tetapi kali ini kita hanya akan membahas empat jenis tanda baca, yaitu tanda titik (.), tanda koma (,), tanda titik dua (:), dan tanda titik koma (;).

 

a. Tanda titik (.)

Tanda titik mempunyai beberapa fungsi dan salah satunya dipakai untuk mengakhiri kalimat.

 

Contoh:

Bus itu penuh penumpang.

Saya berdiri di belakang sopir.

 

b. Tanda koma (,)

Tanda koma mempunyai beberapa fungsi dan salah satunya dipakai untuk pemerincian tiga unsur atau lebih yang digunakan dalam satu kalimat.

 

Contoh: Harga beras, minyak goreng, gula, dan kebutuhan pokok lainnya cukup stabil di pasaran.

 

c. Tanda titik dua (:)

Tanda titik dua juga mempunyai beberapa fungsi dan salah satunya dipakai di akhir pernyataan yang diikuti dengan pemerincian.

 

Contoh:

Kami memerlukan alat tulis berikut:

1) pena,

2) pensil,

3) penghapus, dan

4) peruncing.

 

d. Tanda titik koma (;)

Tanda titik koma dipakai untuk pengganti kata penghubung yang menunjukkan hubungan setara dalam sebuah kalimat.

 

Contoh:

Hari masih pagi; penumpang masih sepi.

Ayah menonton televisi; ibu membaca koran.

 

G. Menulis Teks Laporan Hasil Observasi

Sebelum mulai menulis, terlebih dahulu lakukanlah langkah-langkah berikut!

1. Temukan topik dan tujuan!

Sebelum mulai menulis, terlebih dahulu lakukanlah langkah-langkah berikut! 1. Temukan topik dan tujuan!

 

2. Lakukan observasi atau pengamatan!

Observasi adalah cara kalian untuk menemukan informasi yang dibutuhkan.

 

3. Catat data penting dari objek atau benda atau situasi yang diamati!

Data yang diperoleh saat melakukan observasi langsung direkam atau dicatat. Tujuan pencatatan data adalah supaya tidak ada satu pun data penting yang tertinggal.

 

4. Masukkan data yang kalian temukan ke dalam tulisan!

 

Itulah sajian Rangkuman/Ringkasan Materi Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP Bab 1 kurikulum merdeka, bagi anda yang membutuhkan buku teks pelajaran Bahasa Indonesia kelas 8 kurikulum merdeka, maka silahkan dapatkan filenya di bawah ini :

 

  • BUKU GURU & SISWA BAHASA INDONESIA KELAS 8 KURIKULUM MERDEKA (DISINI)

 

Demikianlah informasi mengenai Rangkuman/Ringkasan Materi Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP Bab 1 "Menulis Teks Laporan Hasil Observasi” Kurikulum Merdeka. Semoga sajian materi yang telah admin sajikan bisa membantu guru dan siswa dalam memperoleh bahan pembelajaran kurikulum merdeka.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel