Rangkuman B.Indonesia Kelas 8 Bab 2 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Rangkuman Materi Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP Bab 2 “Membuat Iklan, Slogan, dan Poster“ Kurikulum Merdeka.

Halo sahabat kherysuryawan, bagaimana kabar anda hari ini ? Semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat. Oh ya pada kesempatan kali ini admin akan memberikan sebuah ringkasan materi yaitu materi yang ada pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 8 SMP kurikulum merdeka.

 


Pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas 8 SMP kurikulum merdeka ada beberapa materi yang nantinya akan dipelajari. Untuk di ketahui bahwa jumlah Bab yang akan dipelajari pada mapel Bahasa Indonesia kelas 8 SMP kurikulum merdeka yaitu berjumlah 6 Bab. Untuk pembagian materinya yang akan dipelajari pada semester 1 dan semester 2 yaitu Bab 2 hingga bab 3 akan dipelajari pada semester 1 sedangkan bab 4 hingga bab 6 akan dipelajari pada semester 2.

 

Pada kesempatan kali ini admin kherysuryawan akan fokus untuk bisa berbagi tentang materi Bahasa Indonesia kelas 8 Bab 2 kurikulum merdeka yang berjudul "Membuat Iklan, Slogan, dan Poster”. Disini admin telah membuat dan menyiapkan rangkuman materinya secara lengkap dan akan mencoba untuk berbagi kepada anda yang sedang membutuhkannya.

 

Bagi anda yang ingin mendapatkan Ringkasan/Rangkuman Materi Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP Bab 2"Membuat Iklan, Slogan, dan Poster” Kurikulum Merdeka maka anda bisa mendapatkannya melalui artikel ini. Tujuan admin membagikan Rangkuman materi Bahasa Indonesia Kelas 8 Bab 2 ini ialah agar bisa membantu rekan guru maupun siswa yang akan menggunakannya sebagai bahan belajar.

 

Dengan mempelajari rangkuman materi maka tentunya akan lebih memudahkan kita dalam belajar selain itu waktu yang akan kita gunakan untuk belajar akan lebih sedikit sebab materi yang dipelajari telah dirangkum dan hanya materi yang penting-penting saja yang cukup dipelajari. Perlu di ketahui bahwa rangkuman materi Bahasa Indonesia kelas 8 Bab 2 "Membuat Iklan, Slogan, dan Poster” yang admin kherysuryawan buat ini sudah di sesuaikan dengan materi yang ada pada buku teks pelajaran Bahasa Indonesia kelas 8 SMP kurikulum merdeka.

 

Sebagai informasi bahwa ada beberapa sub materi yang nantinya akan di pelajari pada materi Bahasa Indonesia kelas 8 Bab 2 kurikulum merdeka, diantaranya yaitu sebagai berikut :

A. Mengenal Iklan

B. Menyimpulkan Pesan dalam Iklan Komersial

C. Menyimpulkan Pesan dalam Iklan Nonkomersial

D. Menulis Slogan

E. Membuat Poster

F. Membuat Iklan

G. Menulis Kalimat Persuasif dan Imperatif dalam Gambar Iklan

 

Baiklah bagi anda yang ingin melihat Rangkuman/Ringkasan Materi Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP Bab 2"Membuat Iklan, Slogan, dan Poster” Kurikulum Merdeka maka silahkan lihat sajian ringkasan materinya di bawah ini:

 

Bab II Membuat Iklan, Slogan, dan Poster

Tujuan Pembelajaran:

Setelah mempelajari bab ini, kalian diharapkan dapat

1.     mengenal pengertian iklan, slogan, dan poster;

2.     mengidentifikasi unsur-unsur iklan slogan dan poster;

3.     membuat iklan slogan dan poster. Kalian dapat mempelajari semuanya melalui kegiatan membaca, menyimak, menulis, dan berdiskusi.

 

A. Mengenal Iklan

Iklan merupakan media untuk menyampaikan pesan. Pesan yang disampaikan berupa informasi tentang sebuah produk atau tindakan. Iklan dibuat agar masyarakat mengenal produk atau tindakan tersebut. Dengan melihat iklan itu, orang-orang diharapkan mempunyai keinginan untuk mendapatkan barang yang diiklankan atau melakukan tindakan yang disarankan. Agar sebuah iklan menarik perhatian, biasanya pembuat iklan menyajikan pesan iklannya secara kreatif.

 

Pesan-pesan dalam sebuah iklan sangat beragam. Ada yang berisi ajakan untuk membeli sebuah produk atau jasa, ada juga yang berisi ajakan untuk bertindak. Ada juga jenis iklan yang disebut iklan pemberitahuan. Isinya bermacam-macam, misalnya informasi kehilangan barang, berita kelahiran, atau pindah alamat. Tempat pemasangan iklan pun sangat variatif. Kalian dapat menemukan iklan-iklan itu terpasang di media cetak, seperti koran dan majalah; media elektronik seperti televisi dan radio; dan media internet seperti web berita. Ada juga iklan yang dipasang di ruang publik, seperti pasar dan stasiun. Seiring perkembangan teknologi informasi, kini kalian juga dapat menemukan iklan di aplikasi ponsel yang diunduh.

 

Iklan-iklan yang kalian lihat sesungguhnya terbagi menjadi dua jenis, yaitu:

1.       iklan komersial

2.       iklan nonkomersial

 

Iklan komersial adalah iklan yang bertujuan untuk mempromosikan sebuah produk atau jasa. Adapun iklan nonkomersial bertujuan untuk memberitahukan sesuatu atau mengajak masyarakat melakukan sebuah tindakan.

 

B. Menyimpulkan Pesan dalam Iklan Komersial

Menurut KBBI, iklan adalah pemberitahuan kepada khalayak mengenai barang atau jasa yang dijual, dipasang di dalam media massa (seperti surat kabar dan majalah) atau di tempat umum. Iklan terbagi dua, yaitu iklan komersial dan nonkomersial.

 

Iklan komersial biasanya digunakan untuk mempromosikan atau menawarkan sebuah barang atau jasa. Iklan-iklan ini dipasang di media atau di tempat-tempat umum untuk menarik perhatian orang-orang. Pada umumnya sebuah iklan komersial memuat informasi seputar produk yang diiklankan. Informasi itu seputar siapa pembuatnya, apa produknya, apa keunggulan produk tersebut, dan siapa konsumennya. Iklan yang memuat informasi tidak jelas akan menimbulkan kebingungan bagi orang yang melihatnya.

 

C. Menyimpulkan Pesan dalam Iklan Nonkomersial

Dalam kehidupan sehari-hari, kalian tidak hanya menemukan iklan komersial, tetapi juga iklan nonkomersial. Iklan nonkomersial adalah iklan yang tidak berhubungan dengan niaga atau perdagangan, contohnya iklan layanan masyarakat, sosial, dan budaya.

 

1. Iklan Layanan Masyarakat

Iklan layanan masyarakat menurut Liliweri (2013) merupakan iklan yang bersifat nonprofit atau tidak mencari keuntungan.

 

2. Iklan Pemberitahuan

Iklan pemberitahuan adalah iklan yang lebih terfokus pada kepentingan untuk memberitahu khalayak mengenai suatu hal, baik itu berupa perstiwa, keadaan, atau hal lainnya. Iklan jenis ini umumnya dipasang oleh perorangan, keluarga, dan perusahaan (Kosasih, 2014: 270).

 

Beberapa contohnya adalah iklan pengumuman rapat perusahaan, pengumuman kelahiran, pengumuman kematian, dan pengumuman kehilangan.

 

D. Menulis Slogan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, slogan memiliki dua arti, yaitu

1.     perkataan atau kalimat pendek yang menarik atau mencolok dan mudah diingat untuk memberitahukan atau mengiklankan sesuatu, seperti Solo Berseri (bersih, sehat, indah, dan rapi), dan

2.     pemberitahuan yang disampaikan melalui kalimat pendek dan mudah diingat untuk menjelaskan tujuan suatu ideologi golongan, organisasi, partai politik, dan sebagainya. Jadi, slogan ini memiliki pengertian yang cukup luas cakupannya.

 

E. Membuat Poster

Poster adalah plakat yang dipasang di tempat umum (berupa pengumuman atau iklan). Kalian dapat menemukan contoh poster yang ditempel di terminal, stasiun, dan tempat-tempat umum lainnya. Ukuran poster bervariasi. Ada yang kecil dan ada yang besar. Informasi yang disampaikan poster pun beragam, seperti poster pameran hasil pertanian dan festival musik sekolah.

 

F. Membuat Iklan

Untuk membuat iklan yang efektif, seorang pembuat iklan terlebih dahulu harus memiliki pengetahuan tentang produknya dan konsumen atau pihak sasaran produk tersebut. Pembuat iklan bisa melakukan riset terlebih dahulu agar iklan yang dibuat tepat sasaran. Iklan yang dibuat berdasarkan riset biasanya berhasil menarik perhatian masyarakat.

 

Langkah Membuat Iklan

Berikut ini langkah-langkah pembuatan iklan :

1. Kenali keunggulan produk yang akan diiklankan

2. Tentukan konsumen produk kalian

3. Tentukan unsur-unsur yang ada dalam iklan kalian

4. Tentukan pesan yang hendak kalian tampilkan pada iklan

 

G. Menulis Kalimat Persuasif dan Imperatif dalam Gambar Iklan

Sebuah iklan biasanya menggunakan kalimat imperatif dan persuasif. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kalimat imperatif adalah kalimat yang menyatakan larangan atau keharusan melaksanakan perbuatan, sedangkan kalimat persuasif adalah kalimat yang bersifat membujuk secara halus (supaya orang yang dibujuk menjadi yakin)

 

Berikut ini contoh kalimat imperatif dan persuasive:



Itulah sajian Rangkuman/Ringkasan Materi Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP Bab 2 kurikulum merdeka, bagi anda yang membutuhkan buku teks pelajaran Bahasa Indonesia kelas 8 kurikulum merdeka, maka silahkan dapatkan filenya di bawah ini :

 

  • BUKU GURU & SISWA BAHASA INDONESIA KELAS 8 KURIKULUM MERDEKA (DISINI)

 

Demikianlah informasi mengenai Rangkuman/Ringkasan Materi Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP Bab 2 "Membuat Iklan, Slogan, dan Poster” Kurikulum Merdeka. Semoga sajian materi yang telah admin sajikan bisa membantu guru dan siswa dalam memperoleh bahan pembelajaran kurikulum merdeka khususnya untuk mata pelajaran bahasa indonesia kelas 8.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel