Rangkuman B.Indonesia Kelas 8 Bab 2 Kurikulum Merdeka
Kherysuryawan.id – Rangkuman Materi Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP Bab 2 “Membuat Iklan, Slogan, dan Poster“ Kurikulum Merdeka.
Halo sahabat kherysuryawan, bagaimana
kabar anda hari ini ? Semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat. Oh ya pada
kesempatan kali ini admin akan memberikan sebuah ringkasan materi yaitu materi
yang ada pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 8 SMP kurikulum merdeka.
Pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di
kelas 8 SMP kurikulum merdeka ada beberapa materi yang nantinya akan
dipelajari. Untuk di ketahui bahwa jumlah Bab yang akan dipelajari pada mapel
Bahasa Indonesia kelas 8 SMP kurikulum merdeka yaitu berjumlah 6 Bab. Untuk
pembagian materinya yang akan dipelajari pada semester 1 dan semester 2 yaitu Bab
2 hingga bab 3 akan dipelajari pada semester 1 sedangkan bab 4 hingga bab 6
akan dipelajari pada semester 2.
Pada kesempatan kali ini admin
kherysuryawan akan fokus untuk bisa berbagi tentang materi Bahasa Indonesia
kelas 8 Bab 2 kurikulum merdeka yang berjudul "Membuat Iklan, Slogan, dan
Poster”. Disini admin telah membuat dan menyiapkan rangkuman materinya secara
lengkap dan akan mencoba untuk berbagi kepada anda yang sedang membutuhkannya.
Bagi anda yang ingin mendapatkan
Ringkasan/Rangkuman Materi Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP Bab 2"Membuat
Iklan, Slogan, dan Poster” Kurikulum Merdeka maka anda bisa mendapatkannya
melalui artikel ini. Tujuan admin membagikan Rangkuman materi Bahasa Indonesia
Kelas 8 Bab 2 ini ialah agar bisa membantu rekan guru maupun siswa yang akan
menggunakannya sebagai bahan belajar.
Dengan mempelajari rangkuman materi maka
tentunya akan lebih memudahkan kita dalam belajar selain itu waktu yang akan
kita gunakan untuk belajar akan lebih sedikit sebab materi yang dipelajari
telah dirangkum dan hanya materi yang penting-penting saja yang cukup
dipelajari. Perlu di ketahui bahwa rangkuman materi Bahasa Indonesia kelas 8 Bab
2 "Membuat Iklan, Slogan, dan Poster” yang admin kherysuryawan buat ini
sudah di sesuaikan dengan materi yang ada pada buku teks pelajaran Bahasa
Indonesia kelas 8 SMP kurikulum merdeka.
Sebagai informasi bahwa ada beberapa sub
materi yang nantinya akan di pelajari pada materi Bahasa Indonesia kelas 8 Bab
2 kurikulum merdeka, diantaranya yaitu sebagai berikut :
A. Mengenal
Iklan
B.
Menyimpulkan Pesan dalam Iklan Komersial
C.
Menyimpulkan Pesan dalam Iklan Nonkomersial
D. Menulis
Slogan
E. Membuat
Poster
F. Membuat
Iklan
G. Menulis
Kalimat Persuasif dan Imperatif dalam Gambar Iklan
Baiklah bagi anda yang ingin melihat
Rangkuman/Ringkasan Materi Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP Bab 2"Membuat
Iklan, Slogan, dan Poster” Kurikulum Merdeka maka silahkan lihat sajian
ringkasan materinya di bawah ini:
Bab II Membuat Iklan, Slogan, dan Poster
Tujuan
Pembelajaran:
Setelah mempelajari bab ini, kalian
diharapkan dapat
1. mengenal pengertian iklan,
slogan, dan poster;
2. mengidentifikasi unsur-unsur
iklan slogan dan poster;
3. membuat iklan slogan dan
poster. Kalian dapat mempelajari semuanya melalui kegiatan membaca, menyimak,
menulis, dan berdiskusi.
A. Mengenal Iklan
Iklan merupakan media untuk menyampaikan
pesan. Pesan yang disampaikan berupa informasi tentang sebuah produk atau
tindakan. Iklan dibuat agar masyarakat mengenal produk atau tindakan tersebut.
Dengan melihat iklan itu, orang-orang diharapkan mempunyai keinginan untuk
mendapatkan barang yang diiklankan atau melakukan tindakan yang disarankan.
Agar sebuah iklan menarik perhatian, biasanya pembuat iklan menyajikan pesan
iklannya secara kreatif.
Pesan-pesan dalam sebuah iklan sangat
beragam. Ada yang berisi ajakan untuk membeli sebuah produk atau jasa, ada juga
yang berisi ajakan untuk bertindak. Ada juga jenis iklan yang disebut iklan pemberitahuan.
Isinya bermacam-macam, misalnya informasi kehilangan barang, berita kelahiran,
atau pindah alamat. Tempat pemasangan iklan pun sangat variatif. Kalian dapat
menemukan iklan-iklan itu terpasang di media cetak, seperti koran dan majalah;
media elektronik seperti televisi dan radio; dan media internet seperti web
berita. Ada juga iklan yang dipasang di ruang publik, seperti pasar dan
stasiun. Seiring perkembangan teknologi informasi, kini kalian juga dapat
menemukan iklan di aplikasi ponsel yang diunduh.
Iklan-iklan yang kalian
lihat sesungguhnya terbagi menjadi dua jenis, yaitu:
1.
iklan komersial
2.
iklan nonkomersial
Iklan komersial adalah iklan yang bertujuan untuk mempromosikan sebuah produk atau jasa.
Adapun iklan nonkomersial bertujuan untuk memberitahukan sesuatu atau
mengajak masyarakat melakukan sebuah tindakan.
B. Menyimpulkan Pesan dalam Iklan Komersial
Menurut KBBI, iklan adalah pemberitahuan
kepada khalayak mengenai barang atau jasa yang dijual, dipasang di dalam media
massa (seperti surat kabar dan majalah) atau di tempat umum. Iklan terbagi dua,
yaitu iklan komersial dan nonkomersial.
Iklan komersial biasanya digunakan untuk
mempromosikan atau menawarkan sebuah barang atau jasa. Iklan-iklan ini dipasang
di media atau di tempat-tempat umum untuk menarik perhatian orang-orang. Pada
umumnya sebuah iklan komersial memuat informasi seputar produk yang diiklankan.
Informasi itu seputar siapa pembuatnya, apa produknya, apa keunggulan produk
tersebut, dan siapa konsumennya. Iklan yang memuat informasi tidak jelas akan
menimbulkan kebingungan bagi orang yang melihatnya.
C. Menyimpulkan Pesan dalam Iklan Nonkomersial
Dalam kehidupan sehari-hari, kalian
tidak hanya menemukan iklan komersial, tetapi juga iklan nonkomersial. Iklan
nonkomersial adalah iklan yang tidak berhubungan dengan niaga atau perdagangan,
contohnya iklan layanan masyarakat, sosial, dan budaya.
1.
Iklan Layanan Masyarakat
Iklan layanan masyarakat menurut
Liliweri (2013) merupakan iklan yang bersifat nonprofit atau tidak mencari
keuntungan.
2.
Iklan Pemberitahuan
Iklan pemberitahuan adalah iklan yang
lebih terfokus pada kepentingan untuk memberitahu khalayak mengenai suatu hal,
baik itu berupa perstiwa, keadaan, atau hal lainnya. Iklan jenis ini umumnya
dipasang oleh perorangan, keluarga, dan perusahaan (Kosasih, 2014: 270).
Beberapa contohnya adalah iklan
pengumuman rapat perusahaan, pengumuman kelahiran, pengumuman kematian, dan
pengumuman kehilangan.
D. Menulis Slogan
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia,
slogan memiliki dua arti, yaitu
1. perkataan atau kalimat pendek
yang menarik atau mencolok dan mudah diingat untuk memberitahukan atau
mengiklankan sesuatu, seperti Solo Berseri (bersih, sehat, indah, dan rapi),
dan
2. pemberitahuan yang disampaikan
melalui kalimat pendek dan mudah diingat untuk menjelaskan tujuan suatu
ideologi golongan, organisasi, partai politik, dan sebagainya. Jadi, slogan ini
memiliki pengertian yang cukup luas cakupannya.
E. Membuat Poster
Poster adalah plakat yang dipasang di tempat umum (berupa pengumuman atau iklan).
Kalian dapat menemukan contoh poster yang ditempel di terminal, stasiun, dan
tempat-tempat umum lainnya. Ukuran poster bervariasi. Ada yang kecil dan ada
yang besar. Informasi yang disampaikan poster pun beragam, seperti poster pameran
hasil pertanian dan festival musik sekolah.
F. Membuat Iklan
Untuk membuat iklan yang efektif,
seorang pembuat iklan terlebih dahulu harus memiliki pengetahuan tentang
produknya dan konsumen atau pihak sasaran produk tersebut. Pembuat iklan bisa
melakukan riset terlebih dahulu agar iklan yang dibuat tepat sasaran. Iklan
yang dibuat berdasarkan riset biasanya berhasil menarik perhatian masyarakat.
Langkah
Membuat Iklan
Berikut ini langkah-langkah pembuatan
iklan :
1. Kenali keunggulan produk yang akan
diiklankan
2. Tentukan konsumen produk kalian
3. Tentukan unsur-unsur yang ada dalam
iklan kalian
4. Tentukan pesan yang hendak kalian
tampilkan pada iklan
G. Menulis Kalimat Persuasif dan Imperatif dalam Gambar Iklan
Sebuah iklan biasanya menggunakan
kalimat imperatif dan persuasif. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kalimat
imperatif adalah kalimat yang menyatakan larangan atau keharusan melaksanakan
perbuatan, sedangkan kalimat persuasif adalah kalimat yang bersifat membujuk
secara halus (supaya orang yang dibujuk menjadi yakin)
Berikut ini contoh kalimat imperatif dan
persuasive:
Itulah sajian Rangkuman/Ringkasan Materi
Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP Bab 2 kurikulum merdeka, bagi anda yang
membutuhkan buku teks pelajaran Bahasa Indonesia kelas 8 kurikulum merdeka,
maka silahkan dapatkan filenya di bawah ini :
- BUKU GURU & SISWA BAHASA INDONESIA KELAS 8 KURIKULUM MERDEKA (DISINI)
Demikianlah informasi mengenai Rangkuman/Ringkasan Materi Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP Bab 2 "Membuat Iklan, Slogan, dan Poster” Kurikulum Merdeka. Semoga sajian materi yang telah admin sajikan bisa membantu guru dan siswa dalam memperoleh bahan pembelajaran kurikulum merdeka khususnya untuk mata pelajaran bahasa indonesia kelas 8.