Rangkuman B. Indonesia Kelas 8 Bab 3 Kurikulum Merdeka
Kherysuryawan.id – Rangkuman Materi Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP Bab 3 “Menulis Artikel Ilmiah Populer“ Kurikulum Merdeka.
Halo sahabat kherysuryawan, bagaimana
kabar anda hari ini ? Semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat. Oh ya pada
kesempatan kali ini admin akan memberikan sebuah ringkasan materi yaitu materi
yang ada pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 8 SMP kurikulum merdeka.
Pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di
kelas 8 SMP kurikulum merdeka ada beberapa materi yang nantinya akan
dipelajari. Untuk di ketahui bahwa jumlah Bab yang akan dipelajari pada mapel
Bahasa Indonesia kelas 8 SMP kurikulum merdeka yaitu berjumlah 6 Bab. Untuk
pembagian materinya yang akan dipelajari pada semester 1 dan semester 2 yaitu Bab
3 hingga bab 3 akan dipelajari pada semester 1 sedangkan bab 4 hingga bab 6
akan dipelajari pada semester 2.
Pada kesempatan kali ini admin
kherysuryawan akan fokus untuk bisa berbagi tentang materi Bahasa Indonesia
kelas 8 Bab 3 kurikulum merdeka yang berjudul "Menulis Artikel Ilmiah
Populer”. Disini admin telah membuat dan menyiapkan rangkuman materinya secara
lengkap dan akan mencoba untuk berbagi kepada anda yang sedang membutuhkannya.
Bagi anda yang ingin mendapatkan
Ringkasan/Rangkuman Materi Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP Bab 3"Menulis
Artikel Ilmiah Populer” Kurikulum Merdeka maka anda bisa mendapatkannya melalui
artikel ini. Tujuan admin membagikan Rangkuman materi Bahasa Indonesia Kelas 8 Bab
3 ini ialah agar bisa membantu rekan guru maupun siswa yang akan menggunakannya
sebagai bahan belajar.
Dengan mempelajari rangkuman materi maka
tentunya akan lebih memudahkan kita dalam belajar selain itu waktu yang akan
kita gunakan untuk belajar akan lebih sedikit sebab materi yang dipelajari
telah dirangkum dan hanya materi yang penting-penting saja yang cukup
dipelajari. Perlu di ketahui bahwa rangkuman materi Bahasa Indonesia kelas 8 Bab
3 "Menulis Artikel Ilmiah Populer” yang admin kherysuryawan buat ini sudah
di sesuaikan dengan materi yang ada pada buku teks pelajaran Bahasa Indonesia
kelas 8 SMP kurikulum merdeka.
Sebagai informasi bahwa ada beberapa sub
materi yang nantinya akan di pelajari pada materi Bahasa Indonesia kelas 8 Bab
3 kurikulum merdeka, diantaranya yaitu sebagai berikut :
A. Mengenal
Artikel Ilmiah Populer
B. Memahami
Ciri-Ciri Artikel Ilmiah Populer
C.
Mengidentifikasi Fakta dan Opini dalam Artikel Ilmiah Populer
D. Cara
Mengumpulkan Data dalam Menulis Artikel Ilmiah Populer
E. Mencermati
Langkah Penulisan Artikel Ilmiah Populer
F.
Membandingkan Kalimat Perbandingan, Analogi, Sinonim, dan Antonim
Baiklah bagi anda yang ingin melihat
Rangkuman/Ringkasan Materi Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP Bab 3"Menulis
Artikel Ilmiah Populer” Kurikulum Merdeka maka silahkan lihat sajian ringkasan
materinya di bawah ini:
Bab III Menulis Artikel Ilmiah Populer
Tujuan
Pembelajaran:
Setelah mempelajari bab ini, kalian
diharapkan memahami artikel ilmiah populer, ciri-ciri, unsur-unsur, dan cara
menuliskannya. Kalian diharapkan juga mengetahui perbedaan antara fakta dan opini,
mengenal kalimat perbandingan dan analogi, serta memahami sinonim dan antonim.
A. Mengenal Artikel Ilmiah Populer
Untuk mengetahui beberapa kata yang
menjadi konsep atau teori dalam teks ini, kalian dapat menyimak beberapa arti
kosakata berikut.
Artikel ilmiah populer adalah karya
tulis yang mengandung ilmu pengetahuan dan ditulis dengan bahasa Indonesia yang
ringan serta mudah dipahami. Artikel ilmiah populer pada umumnya diterbitkan di
media massa, baik cetak maupun elektronik (web).
B. Memahami Ciri-Ciri Artikel Ilmiah Populer
Artikel seperti ini membahas sebuah
topik dengan data yang lengkap dan benar. Penulisan artikel ilmiah bertujuan
untuk menjelaskan sebuah ide atau gagasan disertai dengan bukti-bukti yang
meyakinkan. Hasil akhir yang diharapkan penulis artikel adalah agar pembaca
memahami gagasannya.
Sebuah artikel ilmiah populer memiliki
ciri-ciri sebagai berikut.
1. Ada pendapat penulis
Pendapat merupakan sudut pandang atau
penilaian penulis tentang suatu hal.
2. Ada bukti
Pernyataan diikuti buktibukti yang
mendukung pendapat penulis.
3. Ada alasan
Alasan berupa penjelasan tentang
pernyataan dan bukti-bukti. Sebuah artikel ilmiah populer kadang disertai
dengan keterangan ilmiah.
4. Bahasa mudah dipahami
Artikel ilmiah populer menggunakan
bahasa Indonesia yang mudah dipahami. Populer di sini berarti disukai karena
mudah dipahami.
C. Mengidentifikasi Fakta dan Opini dalam Artikel Ilmiah Populer
Sebuah artikel ilmiah populer mengandung
fakta dan opini. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, fakta adalah hal
(keadaan atau peristiwa) yang merupakan kenyataan atau sesuatu yang benar-benar
ada atau terjadi, sedangkan opini diartikan sebagai pendapat, pikiran, atau
pendirian. Fakta bersifat objektif, sedangkan opini bersifat subjektif.
Berikut ini perbedaan antara fakta dan
opini
D. Cara Mengumpulkan Data dalam Menulis Artikel Ilmiah Populer
Berikut ini beberapa cara yang umum
dilakukan seorang penulis artikel ilmiah populer untuk mengumpulkan data:
1.
Wawancara
Wawancara adalah kegiatan tanya jawab yang dilakukan untuk mendapatkan data dan
informasi secara lengkap.
Sebelum melakukan wawancara, seorang
penulis artikel ilmiah populer sebaiknya mempersiapkan tiga hal berikut.
a. Menentukan
orang atau pihak yang akan diwawancarai.
b. Menentukan
daftar pertanyaan yang akan diajukan.
c. Menentukan
cara merekam hasil wawancara.
2.
Menggunakan kuesioner
Kuesioner adalah daftar pertanyaan yang dibuat untuk mendapatkan sebuah informasi.
Daftar pertanyaan disusun menggunakan kalimat yang mengandung kata tanya. Kata
tanya adalah kata yang berfungsi memberi respons dan tanggapan.
Sebelum menyusun daftar pertanyaan
kuesioner, kalian juga harus memperhatikan dua hal berikut ini.
a. Menentukan
orang atau pihak yang akan mengisi kuesioner.
b. Menentukan
daftar pertanyaan yang akan diajukan.
3.
Membaca tulisan orang lain
Jika topik yang dipilih sudah pernah
ditulis orang lain, kalian dapat membaca tulisan mereka untuk menemukan
informasi yang dibutuhkan.
E. Mencermati Langkah Penulisan Artikel Ilmiah Populer
Berikut ini langlah-langkah Penulisan
Artikel Ilmiah Populer:
1. Tentukan
topik artikel!
2. Tentukan
tujuan penulisan artikel!
3. Tentukan
cara mendapatkan informasi yang dibutuhkan!
4. Tulis
pendapat kalian berdasarkan informasi yang ditemukan!
5. Tulislah
artikel kalian berdasarkan semua informasi yang kalian temukan!
F. Membandingkan Kalimat Perbandingan, Analogi, Sinonim, dan Antonim
Dalam sebuah paragraf, terkadang
ditemukan kalimat perbandingan dan analogi. Kalimat-kalimat tersebut ditulis
dengan tujuan membandingkan satu hal dengan hal lain. Dengan membuat sebuah
perbandingan, pembaca lebih mudah membayangkan suatu hal, keadaan, atau suatu
benda.
A.
Kalimat Perbandingan dan Analogi
Perbandingan
membandingkan dua hal yang mempunyai
kesamaan bentuk dan sifat secara langsung Kata kunci: daripada, seperti,
selaras, dibandingkan, sementara.
Analogi
membandingkan dua hal yang mempunyai
kesamaan bentuk dan dengan cara kiasan atau perbandingan tidak langsung Kata
kunci: bak, bagai, umpama, seumpama, laksana.
Contoh kalimat perbandingan:
1.
Fasilitas untuk peserta didik
difabel di sekolah ini tidak seperti fasilitas untuk peserta didik difabel di
sekolahku.
2.
Kelasku jauh lebih bersih
daripada kelasnya.
3.
Sekolah inklusi mempunyai
fasilitas lebih lengkap dibandingkan sekolah biasa .
Contoh kalimat perbandingan:
1.
Fasilitas untuk peserta didik
difabel di sekolah ini tidak seperti fasilitas untuk peserta didik difabel di
sekolahku.
2.
Kelasku jauh lebih bersih
daripada kelasnya.
3.
Sekolah inklusi mempunyai
fasilitas lebih lengkap dibandingkan sekolah biasa.
B.
Antonim dan Sinonim
Antonim adalah kata-kata yang memiliki arti saling berlawanan, sementara sinonim
adalah kata-kata yang memiliki makna sama atau mirip.
Berikut ini contoh Antonim dan Sinonim
Contoh
kalimat berantonim:
1. Guru pendamping yang paling merasakan susah senang mengajar
peserta didik difabel.
2. Peserta didik kelas sembilan SMP Merdeka belajar siang dan malam untuk persiapan ujian akhir.
Contoh
kalimat bersinonim:
1.
Peserta didik baru dengan kruk
itu memandangku.
Peserta
didik baru dengan kruk itu menatapku.
Kata
memandang dan menatap adalah bersinonim.
2.
Karena pernah kecelakaan, Lala memakai
kursi roda ke sekolah.
Karena
pernah kecelakaan, Lala menggunakan kursi roda ke sekolah.
Kata memakai
dan menggunakan adalah bersinonim.
Itulah sajian Rangkuman/Ringkasan Materi
Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP Bab 3 kurikulum merdeka, bagi anda yang
membutuhkan buku teks pelajaran Bahasa Indonesia kelas 8 kurikulum merdeka,
maka silahkan dapatkan filenya di bawah ini :
- BUKU GURU & SISWA BAHASA INDONESIA KELAS 8 KURIKULUM MERDEKA (DISINI)
Demikianlah informasi mengenai Rangkuman/Ringkasan
Materi Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP Bab 3 "Menulis Artikel
Ilmiah Populer” Kurikulum Merdeka. Semoga sajian materi yang telah admin
sajikan bisa membantu guru dan siswa dalam memperoleh bahan pembelajaran Bahasa
Indonesia kelas 8 SMP kurikulum merdeka.