Rangkuman Informatika Kelas 8 Bab 1 Kurikulum Merdeka
Kherysuryawan.id – Rangkuman Materi Pelajaran Informatika Kelas 8 SMP Bab 1 “Informatika dan Pembelajarannya” Pada Kurikulum Merdeka.
Halo sahabat kherysuryawan, selamat
berjumpa kembali pada website pendidikan ini. Pada kesempatan kali ini admin
akan membahas seputar materi pelajaran yang akan di pelajari pada kurikulum
merdeka yaitu mata pelajaran Informatika.
Perlu untuk di ketahui bahwa mata
pelajaran informatika merupakan salah satu mata pelajaran wajib yang akan di
pelajari nantinya pada kurikulum merdeka. Materi yang akan dipelajari didalamnya
yaitu seputar ilmu Komputer sehingga mata pelajaran ini hampir sama dengan mata
pelajaran TIK yang pernah di pelajari pada kurikulum sebelumnya.
Disini admin akan memberikan rangkuman
atau ringkasan materi untuk mata pelajaran informatika kelas 8 SMP kurikulum
merdeka khususnya materi pada Bab 1 tentang Informatika dan Pembelajarannya. Materi
yang akan di pelajari di kelas 8 ini merupakan penguatan dan kelanjutan dari
materi informatika yang perlah di pelajari di kelas 7 SMP kurikulum merdeka.
Pada materi informatika kelas 8 Bab 1 “Informatika
dan Pembelajarannya” disini admin telah menyiapkan rangkuman/ringkasannya yang
mana hasil ringkasan ini bersumber dari buku teks pelajaran informatika kelas 8
SMP kurikulum merdeka. Untuk lebih memudahkan anda dalam mempelajari materi
informatika di kelas 8 Bab 1 ini anda juga bisa mempelajarinya melalui beberapa
sumber atau referensi lainnya yang ada di internet.
Baiklah untuk anda yang membutuhkan rangkuman
materi informatika kelas 8 SMP Bab 1 “Informatika dan Pembelajarannya” yang
akan dipelajari pada kurikulum merdeka maka di bawah ini sajian materinya :
Bab 1 Informatika dan Pembelajarannya
Tujuan Pembelajaran pada Bab 1 “Informatika
dan Pembelajarannya”.
1. merefleksikan
materi Informatika yang sudah diperoleh di kelas VII,
2. menjelaskan
materi Informatika yang akan dipelajari di kelas VIII.
Informatika merupakan mata pelajaran penting
di era saat ini. Peserta didik dituntut untuk menguasai mata pelajaran ini
sebagai bekal pengetahuan dan skill pada abad ke-21.
Dalam konteks bangsa dan negara,
kemampuan generasi muda yang menguasai informatika dapat ikut mendorong
kemajuan dan kemakmuran bangsa.
Apersepsi
Peserta didik diminta membuat refleksi
mengenai materi yang telah dipelajari dalam Informatika kelas VII dalam bentuk
jurnal untuk setiap elemen materi. Peserta didik juga diminta menunjukkan
contoh penerapan Informatika yang telah dipelajari di kelas VII dalam kehidupan
sehari-hari.
Peserta didik diberikan wawasan mengenai
kelanjutan materi Informatika di kelas VIII. Setiap elemen Informatika di kelas
VIII akan diperluas dan diperdalam sehingga wawasan peserta didik mengenai informatika
akan makin tajam.
Pemantik
Pemanasan dilakukan dengan cara setiap
peserta didik diminta mengingat kembali materi informatika kelas VII, kemudian
mengisi jurnal dengan refleksi materi informatika kelas VII. Selanjutnya, guru
menjelaskan rencana pembelajaran informatika di kelas VIII.
Refleksi Materi dari Pengalaman
Informatika Kelas VII dan Refleksi Jurnal Siswa dilakukan dalam dua tahap.
Tahap pertama peserta didik bekerja mandiri dengan membaca kembali buku jurnal
kelas VII. Kemudian, peserta didik diminta menjawab pertanyaan refleksi dan
mengisi tabel refleksi terhadap pengalaman belajar informatika kelas VII dalam
buku jurnal kelas VIII.
Tahap kedua peserta didik bekerja dalam kelompok kecil untuk berdiskusi
membagikan pengalaman belajar informatika kelas VII. Hasil diskusi dituliskan
setiap peserta didik dalam jurnalnya masing-masing.
Perencanaan Pembelajaran Informatika
kelas VIII dilakukan secara mandiri dengan memperhatikan penjelasan guru. Guru
menjelaskan rencana pembelajaran informatika kelas VIII untuk semester 1 dan
semester 2.
TENTANG
INFORMATIKA
Informatika adalah sebuah disiplin ilmu
yang mencari pemahaman dan mengeksplorasi dunia di sekitar kita, baik natural
(dunia nyata dan alam sekitar kita), maupun artifisial (dunia maya atau dunia
digital yang diciptakan manusia). Informatika juga berkaitan dengan studi,
pengembangan, dan implementasi dari sistem komputer, serta pemahaman terhadap
prinsip-prinsip dasar pengembangan yang didasari pada pemahaman dunia nyata dan
dunia artifisial tersebut. Ilmu informatika tidak eksklusif, tetapi justru
banyak bersinggungan dengan bidang ilmu lain karena luasnya kemungkinan
eksplorasi masalah yang akan diselesaikan.
Dengan belajar Informatika, peserta
didik dapat menciptakan, merancang, dan mengembangkan artefak komputasional
(computational artefact) sebagai produk berteknologi dalam bentuk perangkat
keras, perangkat lunak (algoritma, program, atau aplikasi), atau kombinasi
perangkat keras dan lunak sebagai satu sistem dengan menggunakan teknologi dan
perkakas (tools) yang sesuai. Informatika mencakup prinsip keilmuan data,
informasi, dan sistem komputasi yang mendasari proses pengembangan tersebut.
Oleh karena itu, informatika mencakup sains, engineering/ reksayasa, dan
teknologi yang berakar pada logika dan matematika. Istilah informatika dalam
bahasa Indonesia merupakan padanan kata yang diadaptasi dari Computer Science
atau Computing dalam bahasa Inggris. Peserta didik mempelajari mata pelajaran
Informatika tidak hanya untuk menjadi pengguna komputer, tetapi juga untuk
menyadari perannya sebagai problem solver yang menguasai konsep inti (core
concept) dan terampil dalam praktik (core practices) menggunakan dan
mengembangkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).
Demikianlah sajian materi pada mata
pelajaran informatika kelas 8 Bab 1 “Informatika dan Pembelajarannya” pada
pembelajaran di kurikulum merdeka. Bagi anda yang ingin mengetahui materi
lengkapnya maka anda bisa mendapatkan informasinya pada buku teks pelajaran
informatika kelas 8 kurikulum merdeka dan bagi anda yang ingin mendapatkan
filenya maka silahkan dapatkan di bawah ini :
- BUKU GURU & SISWA INFORMATIKA KELAS 8 KURIKULUM MERDEKA (DISINI)
Sekian informasi mengenai
ringkasan/rangkuman materi pelajaran informatika kelas 8 Bab 1 yang berjudul “Informatika
dan Pembelajarannya” yang bisa admin kherysuryawan bagikan pada kesempatan kali
ini semoga dapat membantu rekan pendidikan yang membutuhkan informasi seputar
materi yang akan di pelajari pada mapel informatika kelas 8 Bab 1 kurikulum
merdeka.