Rangkuman Informatika Kelas 8 Bab 1 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Rangkuman Materi Pelajaran Informatika Kelas 8 SMP Bab 1 “Informatika dan Pembelajarannya” Pada Kurikulum Merdeka.

Halo sahabat kherysuryawan, selamat berjumpa kembali pada website pendidikan ini. Pada kesempatan kali ini admin akan membahas seputar materi pelajaran yang akan di pelajari pada kurikulum merdeka yaitu mata pelajaran Informatika.

 


Perlu untuk di ketahui bahwa mata pelajaran informatika merupakan salah satu mata pelajaran wajib yang akan di pelajari nantinya pada kurikulum merdeka. Materi yang akan dipelajari didalamnya yaitu seputar ilmu Komputer sehingga mata pelajaran ini hampir sama dengan mata pelajaran TIK yang pernah di pelajari pada kurikulum sebelumnya.

 

Disini admin akan memberikan rangkuman atau ringkasan materi untuk mata pelajaran informatika kelas 8 SMP kurikulum merdeka khususnya materi pada Bab 1 tentang Informatika dan Pembelajarannya. Materi yang akan di pelajari di kelas 8 ini merupakan penguatan dan kelanjutan dari materi informatika yang perlah di pelajari di kelas 7 SMP kurikulum merdeka.

 

Pada materi informatika kelas 8 Bab 1 “Informatika dan Pembelajarannya” disini admin telah menyiapkan rangkuman/ringkasannya yang mana hasil ringkasan ini bersumber dari buku teks pelajaran informatika kelas 8 SMP kurikulum merdeka. Untuk lebih memudahkan anda dalam mempelajari materi informatika di kelas 8 Bab 1 ini anda juga bisa mempelajarinya melalui beberapa sumber atau referensi lainnya yang ada di internet.

 

Baiklah untuk anda yang membutuhkan rangkuman materi informatika kelas 8 SMP Bab 1 “Informatika dan Pembelajarannya” yang akan dipelajari pada kurikulum merdeka maka di bawah ini sajian materinya :

 

Bab 1 Informatika dan Pembelajarannya

Tujuan Pembelajaran pada Bab 1 “Informatika dan Pembelajarannya”.

1. merefleksikan materi Informatika yang sudah diperoleh di kelas VII,

2. menjelaskan materi Informatika yang akan dipelajari di kelas VIII.

 

Informatika merupakan mata pelajaran penting di era saat ini. Peserta didik dituntut untuk menguasai mata pelajaran ini sebagai bekal pengetahuan dan skill pada abad ke-21.

Dalam konteks bangsa dan negara, kemampuan generasi muda yang menguasai informatika dapat ikut mendorong kemajuan dan kemakmuran bangsa.

 

Apersepsi

Peserta didik diminta membuat refleksi mengenai materi yang telah dipelajari dalam Informatika kelas VII dalam bentuk jurnal untuk setiap elemen materi. Peserta didik juga diminta menunjukkan contoh penerapan Informatika yang telah dipelajari di kelas VII dalam kehidupan sehari-hari.

 

Peserta didik diberikan wawasan mengenai kelanjutan materi Informatika di kelas VIII. Setiap elemen Informatika di kelas VIII akan diperluas dan diperdalam sehingga wawasan peserta didik mengenai informatika akan makin tajam.

 

Pemantik

Pemanasan dilakukan dengan cara setiap peserta didik diminta mengingat kembali materi informatika kelas VII, kemudian mengisi jurnal dengan refleksi materi informatika kelas VII. Selanjutnya, guru menjelaskan rencana pembelajaran informatika di kelas VIII.

 

Refleksi Materi dari Pengalaman Informatika Kelas VII dan Refleksi Jurnal Siswa dilakukan dalam dua tahap.

Tahap pertama peserta didik bekerja mandiri dengan membaca kembali buku jurnal kelas VII. Kemudian, peserta didik diminta menjawab pertanyaan refleksi dan mengisi tabel refleksi terhadap pengalaman belajar informatika kelas VII dalam buku jurnal kelas VIII.

Tahap kedua peserta didik bekerja dalam kelompok kecil untuk berdiskusi membagikan pengalaman belajar informatika kelas VII. Hasil diskusi dituliskan setiap peserta didik dalam jurnalnya masing-masing.

 

Perencanaan Pembelajaran Informatika kelas VIII dilakukan secara mandiri dengan memperhatikan penjelasan guru. Guru menjelaskan rencana pembelajaran informatika kelas VIII untuk semester 1 dan semester 2.

 

TENTANG INFORMATIKA

Informatika adalah sebuah disiplin ilmu yang mencari pemahaman dan mengeksplorasi dunia di sekitar kita, baik natural (dunia nyata dan alam sekitar kita), maupun artifisial (dunia maya atau dunia digital yang diciptakan manusia). Informatika juga berkaitan dengan studi, pengembangan, dan implementasi dari sistem komputer, serta pemahaman terhadap prinsip-prinsip dasar pengembangan yang didasari pada pemahaman dunia nyata dan dunia artifisial tersebut. Ilmu informatika tidak eksklusif, tetapi justru banyak bersinggungan dengan bidang ilmu lain karena luasnya kemungkinan eksplorasi masalah yang akan diselesaikan.

 

Dengan belajar Informatika, peserta didik dapat menciptakan, merancang, dan mengembangkan artefak komputasional (computational artefact) sebagai produk berteknologi dalam bentuk perangkat keras, perangkat lunak (algoritma, program, atau aplikasi), atau kombinasi perangkat keras dan lunak sebagai satu sistem dengan menggunakan teknologi dan perkakas (tools) yang sesuai. Informatika mencakup prinsip keilmuan data, informasi, dan sistem komputasi yang mendasari proses pengembangan tersebut. Oleh karena itu, informatika mencakup sains, engineering/ reksayasa, dan teknologi yang berakar pada logika dan matematika. Istilah informatika dalam bahasa Indonesia merupakan padanan kata yang diadaptasi dari Computer Science atau Computing dalam bahasa Inggris. Peserta didik mempelajari mata pelajaran Informatika tidak hanya untuk menjadi pengguna komputer, tetapi juga untuk menyadari perannya sebagai problem solver yang menguasai konsep inti (core concept) dan terampil dalam praktik (core practices) menggunakan dan mengembangkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

 

Demikianlah sajian materi pada mata pelajaran informatika kelas 8 Bab 1 “Informatika dan Pembelajarannya” pada pembelajaran di kurikulum merdeka. Bagi anda yang ingin mengetahui materi lengkapnya maka anda bisa mendapatkan informasinya pada buku teks pelajaran informatika kelas 8 kurikulum merdeka dan bagi anda yang ingin mendapatkan filenya maka silahkan dapatkan di bawah ini :

 

  • BUKU GURU & SISWA INFORMATIKA KELAS 8 KURIKULUM MERDEKA (DISINI)

 

Sekian informasi mengenai ringkasan/rangkuman materi pelajaran informatika kelas 8 Bab 1 yang berjudul “Informatika dan Pembelajarannya” yang bisa admin kherysuryawan bagikan pada kesempatan kali ini semoga dapat membantu rekan pendidikan yang membutuhkan informasi seputar materi yang akan di pelajari pada mapel informatika kelas 8 Bab 1 kurikulum merdeka.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel