Rangkuman Informatika Kelas 8 Bab 2 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Rangkuman Materi Informatika Kelas 8 SMP Bab 2 “Berpikir Komputasional” Pada Kurikulum Merdeka.

Halo sahabat kherysuryawan, selamat berjumpa kembali pada website pendidikan ini. Pada kesempatan kali ini admin akan membahas seputar materi pelajaran yang akan di pelajari pada kurikulum merdeka yaitu mata pelajaran Informatika.

 


Perlu untuk di ketahui bahwa mata pelajaran informatika merupakan salah satu mata pelajaran wajib yang akan di pelajari nantinya pada kurikulum merdeka. Materi yang akan dipelajari didalamnya yaitu seputar ilmu Komputer sehingga mata pelajaran ini hampir sama dengan mata pelajaran TIK yang pernah di pelajari pada kurikulum sebelumnya.

 

Disini admin akan memberikan rangkuman atau ringkasan materi untuk mata pelajaran informatika kelas 8 SMP kurikulum merdeka khususnya materi pada Bab 2 tentang Berpikir Komputasional. Materi yang akan di pelajari di kelas 8 ini merupakan penguatan dan kelanjutan dari materi informatika yang perlah di pelajari di kelas 7 SMP kurikulum merdeka.

 

Pada materi informatika kelas 8 Bab 2 “Berpikir Komputasional” disini admin telah menyiapkan rangkuman/ringkasannya yang mana hasil ringkasan ini bersumber dari buku teks pelajaran informatika kelas 8 SMP kurikulum merdeka. Untuk lebih memudahkan anda dalam mempelajari materi informatika di kelas 8 Bab 2 ini anda juga bisa mempelajarinya melalui beberapa sumber atau referensi lainnya yang ada di internet.

 

Baiklah untuk anda yang membutuhkan rangkuman materi informatika kelas 8 SMP Bab 2 “Berpikir Komputasional” yang akan dipelajari pada kurikulum merdeka maka di bawah ini sajian materinya :

 

Bab 2 Berpikir Komputasional

Tujuan pembelajaran untuk bab Berpikir Komputasional pada kelas VIII ini adalah seperti berikut.

1.       Peserta didik mengenal dan mengimplementasikan konsep fungsi (input-proses-output) sebagai mesin komputasi, dan mengeksekusi mesin.

2.       Peserta didik mampu memodelkan persoalan logika dalam bentuk himpunan.

3.       Peserta didik mampu mengoperasikan bilangan dalam berbagai representasi.

4.       Peserta didik mampu mengenal organisasi data terstruktur sebagai tumpukan (stack).

 

Berpikir komputasional adalah cara berpikir untuk menyelesaikan persoalan, yang cara penyelesaiannya, jika dikembangkan, dapat dilakukan oleh komputer. Dengan demikian, kita akan belajar bagaimana menyelesaikan berbagai persoalan dengan cara yang efektif dan eisien.

 

Berpikir Komputasional adalah proses penyelesaian masalah yang mencakup (tetapi tidak terbatas pada) karakteristik-karakteristik berikut.

1.       Pemformulasian masalah dengan cara tertentu yang memungkinkan penggunaan komputer atau perangkat lainnya untuk membantu penyelesaian masalah tersebut.

2.       Pengorganisasian dan analisis data secara logis.

3.       Representasi data melalui abstraksi, misalnya dengan model dan simulasi.

4.       Otomasi solusi melalui pemikiran algoritmis (sekumpulan langkah-langkah yang terurut).

5.       Proses identifikasi, analisis, dan implementasi solusi-solusi yang bertujuan untuk mendapatkan kombinasi langkah dan pemanfaatan sumber daya yang paling efisien dan efektif.

6.       Pengimplementasian proses penyelesaian masalah ini dalam berbagai bidang.

6.

 

Dengan belajar Berpikir Komputasional, diharapkan dapat menumbuhkan disposisi dan sikap-sikap berikut.

1.       Memiliki rasa percaya diri dalam menghadapi kompleksitas.

2.       Gigih dalam menyelesaikan masalah yang rumit.

3.       Toleransi terhadap ambiguitas.

4.       Kemampuan menghadapi masalah terbuka (open ended problem).

5.       Kemampuan berkomunikasi dan bekerja sama dengan orang lain untuk mencapai tujuan atau solusi tertentu.

 

Fungsi

Input - proses - output bukanlah hal yang terbatas pada dunia komputer. Demikian juga dengan fungsi. Dalam matematika, peserta didik dikenalkan dengan fungsi, misalnya untuk menghitus luas lingkaran, digunakan rumus hitungLuasLingkaran (r) = 3.14 x r x r. Hasil (output) dari hitungLuasLingkaran (r) ditentukan oleh nilai r yang menjadi input fungsi tersebut. Nama fungsinya adalah hitungLuasLingkaran, dan parameter fungsi adalah r yang dapat diubah-ubah, sehingga fungsi dapat dipakai menghitung lingkaran dengan berjari-jari berapa pun.

 

Komputer mengubah input menjadi output berdasarkan proses tertentu. Proses tersebut ditentukan oleh manusia. Manusia memberi tahu proses tersebut dengan membuat program dengan bahasa pemrograman tertentu. Salah satu gaya bahasa dalam komputer adalah pemrograman fungsional. Program terdiri atas banyak fungsi yang setiap fungsi menerima input, melakukan sebuah proses, dan menghasilkan output. Pada soal ini, alat-alat yang terdapat pada jalur-jalur tersebut bertindak sebagai fungsi-fungsi kecil.

 

Representasi Data dan Himpunan

Dalam kehidupan sehari-hari, banyak permasalahan yang dapat dimodelkan dengan konsep tertentu. Pada kasus ini, soal yang diberikan kepada peserta didik adalah soal logika yang dapat dimodelkan dengan konsep himpunan. Selain itu, soal ini dapat dimodelkan dalam bentuk bilangan biner. Peserta didik juga diperkenalkan pada konsep bilangan biner, oktal, dan desimal yang sering digunakan dalam bidang informatika.

 

Dalam Informatika, dikenal terdapat banyak struktur data yang dapat digunakan untuk memodelkan berbagai masalah. Contoh struktur data yang umum digunakan adalah graf, tree (pohon), list (daftar). Pada soal ini, masalah yang diberikan dapat dimodelkan dengan himpunan.

 

Bilangan biner dipilih karena setiap atribut hanya dapat bernilai ya/tidak, misalnya apakah tanaman memiliki daun, apakah tanaman berkelopak ganda. Logika ini dapat diterapkan dalam komputer, yaitu melalui bit yang merupakan satuan terkecil dalam komputer. Setiap bit dapat bernilai 1 (benar/true) atau 0 (salah/false).

 

Algoritma

Algoritma mendefinisikan langkah-langkah yang diperlukan untuk menyelesaikan pekerjaan. Algoritma dapat ditransformasi menjadi program yang dapat dikerjakan (dijalankan, dieksekusi) oleh mesin. Robot adalah mesin yang diprogram untuk keperluan khusus. Pada contoh di atas, algoritma yang diberikan dapat diberikan ke robot penyulam agar robot menghasilkan sulaman seperti yang diharapkan. Banyak mesin sulam zaman sekarang didasari oleh program seperti dijelaskan di atas.

 

Struktur Data

Ada tiga cara menuliskan ekspresi, yaitu seperti berikut.

a.       Ekspresi infix adalah ekspresi yang operatornya dituliskan di tengah, seperti yang biasa kita pakai sehari-hari, misalnya 5+2.

b.       Ekspresi postfix, jika operator ditulis paling akhir, misalnya 5 2 +.

c.       Ekspresi prefix, jika operator ditulis di depan, misalnya + 5 2.


Komputer akan menghitung ekspresi dengan memperhatikan urutan prioritas perhitungan yang disebut presedensi (terjemahan dari precedence), sesuai dengan aturan pengerjaan operasi hitung campuran, yaitu dengan urutan:

a.       dalam tanda kurung dikerjakan lebih dahulu,

b.       perkalian atau pembagian sesuai urutan pengerjaan dari kiri ke kanan (sebab sama kuat). Misalnya 3*4/2 hasilnya 6,

c.       penjumlahan atau pengurangan (sama kuat).

 

Komputer memproses perhitungan matematika dengan mengevaluasi ekspresi postfix dari sebuah ekspresi aritmetika. Salah satu kelebihan ekspresi postfix ialah pada eskpresi ini tidak diperlukan tanda kurung untuk menentukan bagian mana yang akan dihitung terlebih dahulu. Pada operasi postfix, operasi aritmetika dapat dilakukan sesuai dengan urutan operan (bilangan) dan operator (+, -.*, /). Tumpukan bilangan yang disimulasikan pada soal ini adalah ilustrasi mengenai penggunaan memori komputer.

 

Demikianlah sajian materi pada mata pelajaran informatika kelas 8 Bab 2 “Berpikir Komputasional” pada pembelajaran di kurikulum merdeka. Bagi anda yang ingin mengetahui materi lengkapnya maka anda bisa mendapatkan informasinya pada buku teks pelajaran informatika kelas 8 kurikulum merdeka dan bagi anda yang ingin mendapatkan filenya maka silahkan dapatkan di bawah ini :

 

  • BUKU GURU & SISWA INFORMATIKA KELAS 8 KURIKULUM MERDEKA (DISINI)

 

Sekian informasi mengenai ringkasan/rangkuman materi pelajaran informatika kelas 8 Bab 2 yang berjudul “Berpikir Komputasional” yang bisa admin kherysuryawan bagikan pada kesempatan kali ini semoga dapat membantu rekan pendidikan yang membutuhkan informasi seputar materi yang akan di pelajari pada mapel informatika kelas 8 Bab 2 kurikulum merdeka.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel