Rangkuman Informatika Kelas 8 Bab 4 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Rangkuman Materi Informatika Kelas 8 SMP Bab 4 “Sistem Komputer” Pada Kurikulum Merdeka.

Halo sahabat kherysuryawan, selamat berjumpa kembali pada website pendidikan ini. Pada kesempatan kali ini admin akan membahas seputar materi pelajaran yang akan di pelajari pada kurikulum merdeka yaitu mata pelajaran Informatika.

 


Perlu untuk di ketahui bahwa mata pelajaran informatika merupakan salah satu mata pelajaran wajib yang akan di pelajari nantinya pada kurikulum merdeka. Materi yang akan dipelajari didalamnya yaitu seputar ilmu Komputer sehingga mata pelajaran ini hampir sama dengan mata pelajaran TIK yang pernah di pelajari pada kurikulum sebelumnya.

 

Disini admin akan memberikan rangkuman atau ringkasan materi untuk mata pelajaran informatika kelas 8 SMP kurikulum merdeka khususnya materi pada Bab 4 tentang Sistem Komputer. Materi yang akan di pelajari di kelas 8 ini merupakan penguatan dan kelanjutan dari materi informatika yang perlah di pelajari di kelas 7 SMP kurikulum merdeka.

 

Pada materi informatika kelas 8 Bab 4 “Sistem Komputer” disini admin telah menyiapkan rangkuman/ringkasannya yang mana hasil ringkasan ini bersumber dari buku teks pelajaran informatika kelas 8 SMP kurikulum merdeka. Untuk lebih memudahkan anda dalam mempelajari materi informatika di kelas 8 Bab 4 ini anda juga bisa mempelajarinya melalui beberapa sumber atau referensi lainnya yang ada di internet.

 

Baiklah untuk anda yang membutuhkan rangkuman materi informatika kelas 8 SMP Bab 4 “Sistem Komputer” yang akan dipelajari pada kurikulum merdeka maka di bawah ini sajian materinya :

 

Bab 4 Sistem Komputer

Tujuan Pembelajaran untuk elemen Sistem Komputer di kelas VIII adalah peserta didik mampu:

1.     memahami fungsi sistem komputer (perangkat keras dan sistem operasi) yang memungkinkannya untuk menerima input, menyimpan, memproses dan menyajikan data sesuai dengan spesifikasinya;

2.     memahami mekanisme internal penyimpanan data pada sistem komputer;

3.     memahami mekanisme internal pemrosesan data pada unit pengolahan logika dan aritmetika.

 

Materi sistem komputer ini sangat erat kaitannya dengan bidang pengetahuan lainnya, yaitu sebagai berikut.

1.     Jaringan Komputer dan Internet (JKI), dikaitkan dengan kegunaan perangkat keras untuk keperluan jaringan komputer.

2.     Teknologi Informasi dan Komputer (TIK), dikaitkan dengan perangkat lunak (software) untuk keperluan praktis kehidupan sehari-hari, seperti misalnya penggunaan aplikasi perkantoran.

3.     Analisis Data (AD), dikaitkan dengan perangkat lunak untuk keperluan pengolahan data.

4.     Algoritma dan Pemrograman (AP), dikaitkan dengan instruksi yang diterjemahkan menjadi instruksi lebih rinci untuk membuat komputer berfungsi, dan algoritma-algoritma yang dipakai oleh sistem operasi.

 

Komponen Sistem Komputer

Sebuah sistem komputer terdiri atas beberapa perangkat, yaitu perangkat keras, perangkat lunak, dan pengguna. Setiap perangkat tersebut memiliki fungsi yang mendukung sistem komputer dalam proses pengolahan data, menyimpan, dan menyajikannya. Selain itu, setiap perangkat juga memiliki alur kerja dalam memproses pengolahan data. Dalam alur kerja ini, antara satu perangkat dan perangkat lainnya saling mendukung

 

Komputer (computer) adalah kata dari bahasa Inggris to compute yang artinya menghitung. Kini, komputer memiliki makna sebuah peranti elektronik yang dapat menerima data masukan (input)/perintah, memproses (process) data masukan tersebut, memproduksi keluaran (output), dan menyimpan data dalam penyimpanan sekunder (secondary storage). Komputer berkembang menjadi sistem komputer yang merupakan kombinasi dari perangkat keras dan perangkat lunak yang mampu melakukan pekerjaan tertentu. Perangkat keras (hardware) adalah komponen isik dari komputer dan perangkat lunak (software) adalah program yang berjalan di perangkat keras tersebut.

 

Sistem komputer membutuhkan perangkat keras dan perangkat lunak untuk berfungsi. Se lain komponen internal komputer, perangkat ke ras tambahan diperlukan pengguna untuk ber ko munikasi dengan sistem melalui input dan output.

 

Perangkat lunak adalah kumpulan instruksi dan data yang dikerjakan oleh komputer. Perangkat lunak merupakan penghubung antara pengguna dan komputer sebagai perangkat keras. Perangkat lunak berisi perintah dari pengguna, dan perangkat keras yang akan melaksanakan perintah tersebut secara nyata. Perangkat lunak terdiri atas program, library (kumpulan program kecil), dan data yang berhubungan dengan perangkat lunak tersebut, seperti dokumentasi, media digital, dan lainnya.

 

Perangkat lunak dalam sistem komputer memungkinkan perangkat keras berfungsi dan pengguna melakukan tugas. Perangkat lunak dalam sistem komputer dibagi menjadi dua jenis utama, perangkat lunak sistem dan perangkat lunak aplikasi.

 

Perangkat keras adalah perangkat komputer yang memiliki wujud isik yang nyata, dapat disentuh atau dipindahkan, yang dapat berguna sebagai perangkat masukan (input), keluaran (output), pemroses (processor), memori dan penyimpan (storage). Perangkat keras terdiri atas perangkat masukan

 

Pengalamatan Memori

Pada sebuah sistem komputer, salah satu komponen penting ialah perangkat penyimpanan. Ketika sistem komputer melakukan penyimpanan data, data akan disimpan dalam sebuah alamat memori yang secara fisik tersimpan dalam hard disk. Namun demikian, proses yang terjadi ini tidaklah mudah karena ada mekanise yang disebut pengalamatan memori di mana sistem komputer akan menentukan di mana sebuah data harus disimpan. Selain itu, pengalamatan memori juga biasanya terjadi dalam bentuk bilangan heksadesimal sehingga bilangan heksadesimal memegang peranan penting dalam sistem komputer.

 

Central Processing Unit

Pada sebuah sistem komputer, salah satu komponen penting ialah perangkat pemrosesan. Ketika sebuah perintah logika dan aritmetika diproses, central processing unit (CPU) akan bekerja untuk menerjemahkan perintah-perintah tersebut supaya bisa dimengerti oleh sirkuit. Sebenarnya, proses perhitungan dilakukan secara fisik pada gerbang logika yang berbasis bilangan biner.

 

Demikianlah sajian materi pada mata pelajaran informatika kelas 8 Bab 4 “Sistem Komputer” pada pembelajaran di kurikulum merdeka. Bagi anda yang ingin mengetahui materi lengkapnya maka anda bisa mendapatkan informasinya pada buku teks pelajaran informatika kelas 8 kurikulum merdeka dan bagi anda yang ingin mendapatkan filenya maka silahkan dapatkan di bawah ini :

 

  • BUKU GURU & SISWA INFORMATIKA KELAS 8 KURIKULUM MERDEKA (DISINI)

 

Sekian informasi mengenai ringkasan/rangkuman materi pelajaran informatika kelas 8 Bab 4 yang berjudul “Sistem Komputer” yang bisa admin kherysuryawan bagikan pada kesempatan kali ini semoga dapat membantu rekan pendidikan yang membutuhkan informasi seputar materi yang akan di pelajari pada mapel informatika kelas 8 Bab 4 kurikulum merdeka.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel