Rangkuman Informatika Kelas 8 Bab 5 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Rangkuman Materi Informatika Kelas 8 SMP Bab 5 “Jaringan Komputer dan Internet” Pada Kurikulum Merdeka.

Halo sahabat kherysuryawan, selamat berjumpa kembali pada website pendidikan ini. Pada kesempatan kali ini admin akan membahas seputar materi pelajaran yang akan di pelajari pada kurikulum merdeka yaitu mata pelajaran Informatika.

 


Perlu untuk di ketahui bahwa mata pelajaran informatika merupakan salah satu mata pelajaran wajib yang akan di pelajari nantinya pada kurikulum merdeka. Materi yang akan dipelajari didalamnya yaitu seputar ilmu Komputer sehingga mata pelajaran ini hampir sama dengan mata pelajaran TIK yang pernah di pelajari pada kurikulum sebelumnya.

 

Disini admin akan memberikan rangkuman atau ringkasan materi untuk mata pelajaran informatika kelas 8 SMP kurikulum merdeka khususnya materi pada Bab 5 tentang Jaringan Komputer dan Internet. Materi yang akan di pelajari di kelas 8 ini merupakan penguatan dan kelanjutan dari materi informatika yang perlah di pelajari di kelas 7 SMP kurikulum merdeka.

 

Pada materi informatika kelas 8 Bab 5 “Jaringan Komputer dan Internet” disini admin telah menyiapkan rangkuman/ringkasannya yang mana hasil ringkasan ini bersumber dari buku teks pelajaran informatika kelas 8 SMP kurikulum merdeka. Untuk lebih memudahkan anda dalam mempelajari materi informatika di kelas 8 Bab 5 ini anda juga bisa mempelajarinya melalui beberapa sumber atau referensi lainnya yang ada di internet.

 

Baiklah untuk anda yang membutuhkan rangkuman materi informatika kelas 8 SMP Bab 5 “Jaringan Komputer dan Internet” yang akan dipelajari pada kurikulum merdeka maka di bawah ini sajian materinya :

 

Bab 5 Jaringan Komputer dan Internet

Tujuan Pembelajaran untuk elemen Jaringan Komputer dan Internet di kelas VIII adalah peserta didik mampu:

1. memahami internet dan jaringan lokal

2. memahami cara kerja pengiriman data dalam konektivitas jaringan

3. memahami teknologi komunikasi pada ponsel

4. memahami bagaimana terhubung ke internet secara aman.

 

Jaringan Komputer

Jaringan komputer adalah sekumpulan komputer yang terhubung dalam jaringan. Jaringan komputer memungkinkan komputer saling berbagi sumber daya dan bekerja sama melalui suatu protokol komunikasi. Komputer pada jaringan komputer terhubung dengan menggunakan media kabel, iber optik, atau media tanpa kabel (wireless). Jaringan komputer memiliki berbagai tipe sesuai dengan cakupan luas areanya seperti: Local Area Network (LAN), Corporate Area Network (CAN), Metropolitan Area Network (MAN), Wide Area Network (WAN), dan internet. LAN ialah jaringan komputer lokal pada ruangan terbatas, seperti rumah, ruang tertentu, dan lainnya. CAN ialah jaringan komputer yang terbatas pada perusahaan tertentu, yang bisa terdiri atas beberapa LAN. MAN ialah jaringan komputer pada area kota metropolitan. WAN ialah jaringan komputer yang lebih luas dari metropolitan dengan jaringan yang lebih handal.

 

Ketika kita mengirim pesan melalui media sosial, sebenarnya di dalamnya, ada proses komunikasi data yang terjadi antara satu perangkat dan perangkat lain. Proses komunikasi data ini dapat berjalan dengan baik jika kita dapat terkoneksi dengan jaringan komputer dan internet. Dengan demikian, jaringan internet sangat erat kaitannya dengan komunikasi data.

 

Komunikasi Data pada Ponsel

Di era saat ini, setiap orang pasti memiliki ponsel karena ponsel sudah menjadi perangkat penting yang selalu digunakan untuk membantu kegiatan sehari-hari. Ponsel sendiri akan sangat bergantung pada kekuatan sinyal yang dihasilkan oleh sebuah operator telekomunikasi. Tentunya, ada proses yang terjadi di dalamnya bagaimana mekanisme komunikasi terjadi antara satu perangkat ponsel dan ponsel lainnya.

 

Terhubung ke Internet dengan Aman

Di era perkembangan internet saat ini, jumlah data sangat banyak dan terkadang bersifat personal. Oleh sebab itu, data-data yang ada perlu diproteksi sehingga dapat melindungi data untuk digunakan pada hal-hal yang merugikan.

 

Demikianlah sajian materi pada mata pelajaran informatika kelas 8 Bab 5 “Jaringan Komputer dan Internet” pada pembelajaran di kurikulum merdeka. Bagi anda yang ingin mengetahui materi lengkapnya maka anda bisa mendapatkan informasinya pada buku teks pelajaran informatika kelas 8 kurikulum merdeka dan bagi anda yang ingin mendapatkan filenya maka silahkan dapatkan di bawah ini :

 

  • BUKU GURU & SISWA INFORMATIKA KELAS 8 KURIKULUM MERDEKA (DISINI)

 

Sekian informasi mengenai ringkasan/rangkuman materi pelajaran informatika kelas 8 Bab 5 yang berjudul “Jaringan Komputer dan Internet” yang bisa admin kherysuryawan bagikan pada kesempatan kali ini semoga dapat membantu rekan pendidikan yang membutuhkan informasi seputar materi yang akan di pelajari pada mapel informatika kelas 8 Bab 5 kurikulum merdeka.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel