Rangkuman Fisika Kelas 11 Bab 1 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Rangkuman Materi Fisika Kelas 11 Bab 1 “Vektor” Semester 1 Kurikulum Merdeka.

Halo sahabat kherysuryawan, pada kesempatan kali ini admin akan memberikan ringkasan materi pelajaran Fisika yang akan di pelajari di kelas XI SMA Semester 1 Kurikulum Merdeka.

 


Mata pelajaran Fisika merupakan salah satu cabang dari mata pelajaran IPA yang nantinya akan di pelajari di kelas 11 SMA kurikulum merdeka. Agar pelaksanaan belajar dapat semakin efisien maka di perlukan sebuah rangkuman atau ringkasan materi, olehnya itu disini admin kherysuryawan telah menyiapkan ringkasan materi fisika kelas 11 khususnya materi yang ada di Bab 1 kurikulum merdeka. Seluruh rangkuman materi ini bersumber dari buku teks pelajaran fisika kelas 11 SMA kurikulum merdeka.

 

Materi hasil ringkasan yang akan admin sajikan pada postingan ini yaitu materi fisika kelas 11 Bab 1 yang berjudul ““Vektor”. Materi ini merupakan materi yang akan dipelajari di semester 1 kurikulum merdeka. Bagi anda yang disekolahnya telah menggunakan kurikulum merdeka maka anda tentunya akan menemukan materi ini dalam aktivitas pembelajaran di semester 1.

 

Sebagai informasi bahwa pada mata pelajaran Fisika Kelas 11 Bab 1 tentang “Vektor” ada beberapa materi pokok yang akan di pelajari di dalamnya, diantaranya yaitu sebagai berikut :

A. Konsep Vektor

1. Lambang dan Notasi Vektor

2. Menggambar Vektor

3. Sifat-sifat Vektor

B. Representasi Vektor

1. Komponen Vektor

2. Penguraian Vektor Berdasarkan Aturan Trigonometri

C. Operasi Vektor

1. Penjumlahan dan Pengurangan Vektor dengan Metode Grais

2. Penjumlahan dan Pengurangan Vektor dengan Metode Analitis

3. Penentuan Resultan Vektor dengan Rumus Kosinus

4. Penentuan Arah Resultan Vektor dengan Rumus Sinus

5. Perkalian Vektor

 

Baiklah bagi anda yang ingin melihat ringkasan/rangkuman materi pelajaran Fisika Kelas 11 Bab 1 semester 1 yang berjudul  “Vektor” pada pembelajaran kurikulum merdeka, maka silahkan lihat sajian materinya di bawah ini :

 

Bab 1 VEKTOR

A. Konsep Vektor

1. Lambang dan Notasi Vektor

Besaran isika dapat dibedakan atas besaran vektor dan besaran skalar. Besaran vektor mempunyai nilai dan arah sedangkan besaran skalar ha[1]nya mempunyai nilai saja. Vektor dinyatakan dengan anak panah. Panjang anak panah menyatakan besar vektor sedangkan arahnya dapat dinyatakan oleh sudut. Sebuah vektor digambarkan dengan anak panah yang memiliki pangkal dan ujung.

Hal khusus tentang vektor :

a.     vektor nol yaitu vektor yang bernilai nol. Pemahaman vektor nol diulas dalam pengurangan vektor.

b.     vektor satuan yaitu vektor dengan besar 1 dan arah tertentu. Vektor satuan diulas dalam komponen vektor.

 

2. Menggambar Vektor

Bagaimana menggambar vektor gaya tali ini? Arah vektor ditentukan dengan sudut antara garis horizontal dan vektor tersebut. Sudut dimulai 00 dari horizontal dan berputar melawan arah jarum jam. Perhatikan arah vektor gaya dalam Gambar di bawah ini.


3. Sifat-Sifat Vektor

·         Dua vektor dikatakan sama jika keduanya mempunyai besar dan arah yang sama

·         Vektor negatif sama besar tetapi berlawanan arah dengan suatu vector

·         Dua vektor dikatakan sejajar jika searah atau berlawanan arah

 

B. Representasi Vektor

Vektor direpresentasikan dengan dua cara yaitu melalui cara penggambaran anak panah yang menyatakan besar dan arah serta dalam komponen-kom[1]ponen pembentuknya yang merupakan hasil penguraian dari vektor tersebut.

 

1. Komponen Vektor

Sebuah vektor dua dimensi dapat diuraikan menjadi dua buah vektor yang saling tegak lurus. Penguraian vektor menjadi dua komponen, yaitu pada sumbu x (horizontal) dan sumbu y (vertikal).

 

2. Penguraian Vektor Berdasarkan Aturan Trigonometri

Suatu pesawat terbang terlihat berada 300 km dari suatu bandara dengan arah 300 dari timur ke utara. Berapa jauh pesawat tersebut ke timur dan ke utara dari bandara?

Masalah ini dapat diselesaikan dengan menggunakan aturan trigonometri, seperti yang ditunjukkan dalam Gambar di bawah ini.


C. Operasi Vektor

Operasi vektor terdiri atas penjumlahan dan pengurangan vektor serta perkalian vektor.

 

1. Penjumlahan dan Pengurangan Vektor dengan Metode Grafis

Hasil penjumlahan atau pengurangan vektor disebut sebagai resultan vektor.

Penjumlahan dua vektor dilakukan dengan menghubungkan ujung vektor pertama dengan pangkal vektor kedua. Resultan vektor diperoleh dengan menarik anak panah dari pangkal vektor pertama ke ujung vektor kedua.

 

Resultan Vektor Nol

Berikut ini merupakan contoh penjumlahan vektor yang menghasilkan vektor nol


2. Penjumlahan dan Pengurangan Vektor dengan Metode Analitis

Berbeda dengan metode sebelumnya yang memerlukan penggaris dan busur untuk menentukan resultan vektor maka metode analitis memerlukan penguasaan trigonometri untuk menyelesaikannya.

 

3. Penentuan Resultan Vektor dengan Menggunakan Rumus Kosinus

 

4. Penentuan Arah Resultan Vektor dengan Menggunakan Rumus Sinus

Jika dengan rumus kosinus diperoleh besar resultan penjumlahan dua vektor maka untuk menentukan arah dari vektor resultan terhadap salah satu vektor komponennya dapat digunakan persamaan sinus.

 

Itulah ringkasan/rangkuman materi  Fisika Kelas 11 SMA Semester 1 Bab 1 “Vektor” yang akan dipelajari pada kurikulum merdeka.

Bagi anda yang ingin mengetahui materi keseluruhan secara lengkap, maka anda bisa mendapatkannya pada buku teks pelajaran  Fisika Kelas 11 SMA Kurikulum merdeka, yang akan admin bagikan filenya pada judul di bawah ini :

 

  • Buku Guru & Siswa  Fisika Kelas 11 SMA Kurikulum Merdeka – (DISINI)

 

Demikianlah informasi yang bisa admin kherysuryawan bagikan melalui artikel ini, semoga ringkasan/rangkuman materi  Fisika Kelas 11 SMA Bab 1 Semester 1 dengan judul “Vektor” yang akan dipelajari pada pembelajaran dikurikulum merdeka ini dapat menjadi bahan belajar yang bermanfaat bagi rekan-rekan pendidikan dimanapun berada.

Sekian dan Semoga Bermanfaat !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel