Rangkuman Fisika Kelas 11 Bab 2 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Rangkuman Materi Fisika Kelas 11 Bab 2 “Kinematika” Semester 1 Kurikulum Merdeka.

Halo sahabat kherysuryawan, pada kesempatan kali ini admin akan memberikan ringkasan materi pelajaran Fisika yang akan di pelajari di kelas XI SMA Semester 1 Kurikulum Merdeka.

 


Mata pelajaran Fisika merupakan salah satu cabang dari mata pelajaran IPA yang nantinya akan di pelajari di kelas 11 SMA kurikulum merdeka. Agar pelaksanaan belajar dapat semakin efisien maka di perlukan sebuah rangkuman atau ringkasan materi, olehnya itu disini admin kherysuryawan telah menyiapkan ringkasan materi fisika kelas 11 khususnya materi yang ada di Bab 2 kurikulum merdeka. Seluruh rangkuman materi ini bersumber dari buku teks pelajaran fisika kelas 11 SMA kurikulum merdeka.

 

Materi hasil ringkasan yang akan admin sajikan pada postingan ini yaitu materi fisika kelas 11 Bab 2 yang berjudul ““Kinematika”. Materi ini merupakan materi yang akan dipelajari di semester 1 kurikulum merdeka. Bagi anda yang disekolahnya telah menggunakan kurikulum merdeka maka anda tentunya akan menemukan materi ini dalam aktivitas pembelajaran di semester 1.

 

Sebagai informasi bahwa pada mata pelajaran Fisika Kelas 11 Bab 2 tentang “Kinematika” ada beberapa materi pokok yang akan di pelajari di dalamnya, diantaranya yaitu sebagai berikut :

A. Pengertian Gerak

1. Kerangka Acuan dan Posisi

2. Gerak Sebagai Perubahan Posisi

B. Besaran-Besaran Gerak

1. Perpindahan dan Jarak

2. Kecepatan dan Kelajuan

3. Gerak Relatif

4. Kecepatan dan Kelajuan Sesaat

5. Kecepatan dan Kelajuan Rata-Rata

6. Percepatan

C. Gerak Lurus

1. Gerak Lurus Beraturan

2. Gerak Lurus Berubah Beraturan

3. Jarak Henti

4. Gerak Vertikal

D. Gerak Parabola

Analisis Gerak Parabola

E. Gerak Melingkar Beraturan

Besaran-Besaran Gerak Melingkar Beraturan

 

Baiklah bagi anda yang ingin melihat ringkasan/rangkuman materi pelajaran Fisika Kelas 11 Bab 2 semester 1 yang berjudul  “Kinematika” pada pembelajaran kurikulum merdeka, maka silahkan lihat sajian materinya di bawah ini :

 

Bab 2 KINEMATIKA

A. Pengertian Gerak

1. Kerangka Acuan dan Posisi

Pilot pesawat terbang perlu menginformasikan posisinya kepada petugas ATC secara berkala agar tiba di tujuan. Ternyata, posisi dapat ditentukan dengan lebih dari satu cara karena penggunaan patokan yang berbeda.

 

2. Gerak sebagai Perubahan Posisi

“Benda bergerak jika posisi awal berbeda dengan posisi akhir”

 

B. Besaran-Besaran Gerak

1. Perpindahan dan Jarak

Seekor semut ingin mengambil gula yang jatuh di lantai. Semut melalui lintasan yang berwarna biru. Rute merah merupakan rute terpendek yang dapat dilalui semut karena langsung menghubungkan titik awal dan titik akhir. Rute merah disebut sebagai perpindahan atau perubahan posisi awal dan akhir dari semut. Rute biru disebut sebagai jarak yaitu panjang lintasan yang dilalui oleh semut.

 

Perpindahan adalah perubahan posisi awal dan posisi akhir. Jarak adalah panjang lintasan yang ditempuh.

 

2. Kecepatan dan Kelajuan

Kecepatan (velocity) dan kelajuan (speed) menyatakan gerak benda. Kecepatan merupakan besaran vektor yang ditentukan oleh perpindahan dan selang waktu yang diperlukan untuk berpindah. Kelajuan merupakan besaran skalar yang ditentukan oleh jarak dan selang waktu yang diperlukan untuk menempuh jarak tersebut.

 

Kecepatan rata-rata = perpindahan : selang waktu

 

3. Gerak Relatif

Gerak bersifat relatif karena ditentukan oleh kerangka acuan yang mengamati fenomena tersebut.

 

Jika dikatakan pesawat bergerak dengan kecepatan 800 km/jam maka pertanyaannya terhadap kerangka acuan tanah atau udara. Pada umumnya jika dituliskan kecepatan 20 km/jam, tanpa penjelasan tambahan, maka itu berarti terhadap kerangka acuan tanah.

 

Kecepatan benda terhadap suatu kerangka acuan yang berbeda sebenarnya merupakan hasil penjumlahan vektor kecepatan.


4. Kecepatan dan Kelajuan Sesaat

Selama perjalanan speedometer yang berfungsi dengan baik dapat menunjukan angka-angka yang berbeda. Spedometer ialah alat yang menunjukan kelajuan kendaraan bermotor pada saat tertentu.

 

Kelajuan sesaat adalah kelajuan pada suatu waktu tertentu atau kelajuan pada suatu titik dari lintasan benda. Kecepatan pada waktu tertentu disebut sebagai kecepatan sesaat.

 

5. Kecepatan dan Kelajuan Rata-Rata

Secara matematis kecepatan rata-rata dan kelajuan rata-rata diberikan oleh persamaan berikut.

 

Kecepatan rata rata = Perpindahan : Selang waktu

 

6. Percepatan

“Percepatan adalah perubahan kecepatan, yaitu selisih kecepatan akhir dengan kecepatan awal, dalam suatu waktu tertentu.’

 

Secara matematis percepatan ditulis:


C. Gerak Lurus

Lintasan benda yang bergerak merupakan titik-titik yang dilalui oleh benda tersebut. Gerak benda berdasarkan bentuk lintasan dibedakan atas gerak lurus, gerak lengkung (parabola/peluru), dan gerak melingkar.

 

Gerak lurus adalah gerak suatu benda yang lintasannya berupa garis lurus.

Misalnya, gerak pelari cepat atau benda jatuh ke bawah.

 

Ada 2 jenis gerak lurus.

1.       Gerak lurus dengan kecepatan tetap disebut gerak lurus beraturan (GLB)

2.       Gerak lurus dengan percepatan tetap disebut gerak lurus berubah beraturan (GLBB).

 

1. Gerak Lurus Beraturan (GLB)

Gerak lurus beraturan (GLB) dideinisikan sebagai gerak suatu benda dengan kecepatan tetap (besar maupun arahnya). Sebuah mobil yang bergerak dengan kecepatan tetap 50 km/jam menunjukkan bahwa setiap jam mobil itu berpindah sejauh 50 km. Jika selama bergerak arahnya tetap maka dapat dikatakan bahwa setiap jam mobil menempuh jarak sejauh 50 km.

 

Pada Gerak Lurus Beraturan tidak terdapat kecepatan sesaat karena kecepatan selalu tetap. Kecepatan rata-rata sama dengan kecepatan sesaat.

 

2. Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB)

Perhatikan kembali gerak cheetah. Selain gerak lurus beraturan (GLB) cheetah juga mengalami gerak lurus berubah beraturan (GLBB). Cheetah mengalami perubahan kecepatan secara teratur sehingga geraknya disebut sebagai gerak lurus berubah beraturan. Perubahan kecepatan yang teratur menunjukkan percepatan tetap. GLBB dibedakan atas dua, yaitu GLBB dipercepat dan GLBB diperlambat.

 

3. Jarak Henti (Stopping Distance)

Waktu reaksi adalah waktu yang diperlukan untuk menanggapi informasi yang diterima dari panca indra. Waktu pengereman adalah waktu yang diperlukan untuk membuat kendaraan berhenti.

 

4. Gerak Vertikal

Gerak jatuh bebas adalah gerak yang hanya dipengaruhi oleh percepatan gravitasi bumi.

 

D. Gerak Parabola

Seorang pemain basket melakukan tembakan ke arah jaring dengan cara mendorong bola miring ke atas karena posisi jaring lebih tinggi daripada posisi awal bola. Akibatnya, lintasan bola berbentuk parabolik.

 

Gerak parabola merupakan perpaduan gerak lurus beraturan (GLB) pada arah horizontal dengan gerak lurus berubah beraturan (GLBB) pada arah vertikal. Hambatan udara dapat diabaikan dan hanya gravitasi saja yang memengaruhi gerak parabola.

 

Gerak parabola juga akan dialami oleh partikel bermuatan listrik dalam medan listrik seperti yang ditunjukkan oleh Gambar di bawah ini :

 

E. Gerak Melingkar Beraturan

Gerak kendaraan pada umumnya diperlambat jika menikung. Gerak martil menyerupai gerak motor ketika menikung. Kedua gerak tersebut merupakan gerak melingkar karena lintasannya berupa lingkaran.

 

Gerak melingkar dibedakan atas 2 yaitu :

1.       Gerak melingkar beraturan dan

2.       Gerak melingkar berubah beraturan.

 

Itulah ringkasan/rangkuman materi  Fisika Kelas 11 SMA Semester 1 Bab 2 “Kinematika” yang akan dipelajari pada kurikulum merdeka.

Bagi anda yang ingin mengetahui materi keseluruhan secara lengkap, maka anda bisa mendapatkannya pada buku teks pelajaran  Fisika Kelas 11 SMA Kurikulum merdeka, yang akan admin bagikan filenya pada judul di bawah ini :

 

  • Buku Guru & Siswa  Fisika Kelas 11 SMA Kurikulum Merdeka – (DISINI)

 

Demikianlah informasi yang bisa admin kherysuryawan bagikan melalui artikel ini, semoga ringkasan/rangkuman materi  Fisika Kelas 11 SMA Bab 2 Semester 1 dengan judul “Kinematika” yang akan dipelajari pada pembelajaran dikurikulum merdeka ini dapat menjadi bahan belajar yang bermanfaat bagi rekan-rekan pendidikan dimanapun berada.

Sekian dan Semoga Bermanfaat !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel