Rangkuman PPKN Kelas 1 SD Unit 1 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Rangkuman materi PPKN Kelas 1 SD Unit 1 Kurikulum Merdeka dengan Judul “Aku Cinta Pancasila”

Halo sahabat kherysuryawan, berjumpa kembali di website pendidikan. Pada kesempatan kali ini admin akan memberikan ringkasan materi yang berhubungan dengan mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) pada Kelas 1 SD Kurikulum merdeka.

 


Pada postingan ini admin akan membahas tentang materi yang nantinya akan di pelajari pada mata pelajaran PPKN diKelas 1 SD Kurikulum Merdeka khususnya materi yang ada pada Unit 1 tentang “Aku Cinta Pancasila”. Untuk memudahkan siswa dalam belajar maka disini admin sengaja membuatkan ringkasan materi agar bisa membantu siswa dalam belajar.

 

Kita ketahui bahwa saat ini sekolah sudah menerapkan kurikulum baru yakni kurikulum merdeka maka darinya itu disini admin akan membahas materi kurikulum merdeka pada mata pelajaran PPKN Kelas 1 SD. Jika disekolah anda sudah menggunakan kurikulum merdeka dan anda sedang membutuhkan informasi tentang materi PPKN Kelas 1 SD Kurikulum merdeka yang akan di pelajari pada semester 1 maka anda bisa mendapatkan informasinya pada artikel ini karena disini admin akan membagikan Rangkuman materi PPKN Kelas 1 SD Unit 1 “Aku Cinta Pancasila” yang akan di pelajari pada kurikulum merdeka di semester 1.

 

Dalam pembelajaran PPKN khususnya materi kelas 1 SD Unit 1 “Aku Cinta Pancasila” terdapat 2 tujuan yang ingin dicapai yaitu tujuan umum dan tujuan khusus.

Berikut ini tujuan pembelajaran pada materi PPKN kelas 1 SD Unit 1 “Aku Cinta Pancasila”


TUJUAN PEMBELAJARAN 

Tujuan umum yang diharapkan pada unit I “Aku Cinta Pancasila” mengenali symbol-simbol Pancasila dan menjelaskan makna masing-masing sila tersebut, serta hubungan antar sila.

Tujuan khusus yang diharapkan pada unit I “Aku Cinta Pancasila” antara lain :

1.     Melalui kegiatan mengamati dan menyimak cerita bergambar, peserta didik nenunjukkan sikap sesuai dengan nilai pancasila terhadap diri sendiri dan orang lain sebagai tanda syukur kepada Tuhan YME.

2.     Melalui mengamati dan menyimak cerita bergambar, peserta didik dapat mengidentifikasi nilai Pancasila dalam kehidupan sehari sesuai nilai-nilai baik Pancasila.

3.     Melalui bermain games Pancasila, peserta didik dapat mengabungkan kata menjadi kalimat sesuai sila Pancasila.

4.     Melalui bermain games Pancasila, peserta didik dapat mengungkapkan sila Pancasila secara runtut maupun secara acak.

5.     Melalui kegiatan menjelaskan makna masing-masing sila, peserta didik dapat nenunjukkan sikap sesuai dengan nilai pancasila terhadap diri sendiri dan orang lain sebagai tanda syukur kepada Tuhan YME.

6.     Melalui mengamati gambar dan menyimak video simbol Pancasila, peserta didik dapat menghubungkan simbol-simbol Pancasila dengan sila-sila Pancasila.

7.     Melalui kegiatan mewarnai secara berkelompok, peserta didik dapat dapat menunjukkan sikap kerjasama menerima saran orang lain.

8.     Melalui kegiatan mewarnai secara berkelompok, peserta didik dapat mengaitkan/ mencocokkan gambar simbol sesuai Garuda Pancasila.

9.     Melalui kegiatan mewarnai secara berkelompok, peserta didik dapat menyusun karya gambar berwarna yang sesuai warna simbol Garuda Pancasila.

 

Baiklah bagi anda yang ingin melihat rangkuman/ringkasan materi yang ada pada mata pelajaran PPKN Kelas 1 SD Unit 1 “Aku Cinta Pancasila” kurikulum merdeka, maka silahkan lihat sajian ringkasannya secara lengkap di bawah ini :

 

UNIT I : AKU CINTA PANCASILA

 

Contoh perilaku sesuai nilai Pancasila

Sila Ketuhanan Yang Maha Esa mengandung nilai ketuhanan meliputi iman, takwa, syukur dan memberi kesempatan yang seluas-luasnya kepada semua pemeluk agama dan kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa untuk berkembang di Indonesia.

 

Sila kemanusiaan yang Adil dan Beradab mengandung nilai kesamaan derajat, kewajiban, hak, cinta-mencintai, hormat-menghormati, keberanian membela kebenaran dan keadilan, toleransi, serta gotong royong.

 

Sila Persatuan Indonesia dalam masyarakat Indonesia yang majemuk mengandung nilai persatuan bangsa dan kesatuan wilayah sebagai pengikat yang menjamin keutuhan nasional atas dasar Bhinneka Tunggal Ika. Nilai ini menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi atau golongan. Sebaliknya kepentingan pribadi dan golongan diserasikan dalam rangka kepentingan bangsa dan negara.

 

Sila Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan, mempunyai nilai kerakyatan sebagaimana kedaulatan negara ada di tangan rakyat dan keputusan bersama merupakan hikmat kebijaksanaan harus dihargai bersama.

 

Sila Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia, mengandung nilai keadilan, keseimbangan antara hak dan kewajiban, menghargai hak orang lain, gotong royong, dan kerja keras untuk mewujudkan kemajuan yang adil dan merata. Kelima sila dalam Pancasila merupakan kesatuan yang bulat dan utuh sehingga pemahaman dan pengamalannya harus mencakup semua nilai yang terkandung di dalamnya.

 

Pengetahuan isi Pancasila

Pancasila berasal dari bahasa sansekerta yaitu panca dan sila. kata panca berarti lima dan sila berarti sendi/dasar atau peraturan tingkah laku yang penting dan baik. Pancasila merupakan lima dasar yang berisi pedoman atau aturan tentang tingkah laku yang penting dan baik (Lubis,2018).

 

Bunyi kelima sila-sila Pancasila adalah sebagai berikut:

1.       Ketuhanan yang Maha Esa.

2.       Kemanusiaan yang Adil dan Beradab.

3.       Persatuan Indonesia.

4.       Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/ Perwakilan.

5.       Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

 

Makna warna pada simbol Garuda Pancasila

Garuda Pancasila terdiri atas tiga komponen utama, yaitu burung garuda, perisai dan pita putih. Jumlah bulu pada sayap Garuda sebanyak 17, bulu di ekor berjumlah 8, bulu di pangkal ekor berjumlah 19 dan bulu di leher berjumlah 45. Dan bulu-bulu tersebut mengandung makna jika digabungkan menjadi 17 (tujuh belas) 8 (delapan) dan 1945 (sembilan belas empat lima) yang menggambarkan waktu kemerdekaan Indonesia diproklamasikan, yaitu 17 Agustus 1945.

 

Bukan hanya bagian sayap yang mengandung makna kemerdekaan. Selain itu, warna yang digunakan dalam lambang Negara tidak boleh diletakkan asal-asalan karena warna-warna itu telah ditentukan untuk diletakkan pada bagian-bagian yang ada pada lambang Negara.

 

1. Warna hitam menjadi warna kepala banteng yang terdapat di lambang Garuda Pancasila. Warna hitam digunakan juga untuk warna perisai tengah latar belakang bintang, juga untuk mewarnai garis datar tengah perisai. Warna hitam juga dipakai sebagai warna tulisan untuk semboyan “Bhinneka Tunggal Ika”.

 

2. Warna merah digunakan untuk warna perisai kiri atas dan kanan bawah yang terdapat pada lambang Garuda Pancasila.

 

3. Warna hijau digunakan sebagai warna pohon beringin.

 

4. Warna putih dipakai untuk warna perisai kiri bawah dan kanan atas. Warna putih juga diberi pada pita yang dicengkeram oleh burung Garuda Pancasila.

 

5. Warna kuning diletakkan sebagai warna Garuda Pancasila, untuk warna bintang, rantai, kapas, dan padi

 

Makna setiap simbol sila Pancasila

Bagian perisai dari Garuda Pancasila merupakan hal penting yang harus kita laksanakan dalam kehiduan sehari-hari. Di perisai yang terdapat pada Garuda, mengandung lima buah simbol yang masing-masing melambangkan sila-sila dari dasar negara Pancasila. Perisai yang dikalungkan tersebut melambangkan pertahanan Indonesia.

 

1. Bintang Tunggal

Makna Sila 1, Ketuhanan Yang Maha Esa dilambangkan dengan perisai hitam dengan sebuah bintang emas berkepala lima (bersudut lima), bintang emas sendiri dapat diartikan sebagai sebuah cahaya seperti layaknya Tuhan yang menjadi cahaya kerohanian bagi setiap manusia.

 

2. Rantai Emas

Makna Sila 2, Kemanusiaan yang Adil dan Beradab dilambangkan rantai yang disusun atas gelang-gelang kecil ini menandakan hubungan manusia satu sama lain yang saling membantu, gelang yang persegi menggambarkan pria sedangkan gelang yang lingkaran menggambarkan wanita.

 

3. Pohon Beringin

Makna Sila 3, Persatuan Indonesia dilambangkan dengan pohon beringin (Ficus benjamina) di bagian kiri atas perisai berlatar putih, pohon beringin merupakan sebuah pohon Indonesia yang berakar tunjang–sebuah akar tunggal panjang yang menunjang pohon yang besar ini dengan tumbuh sangat dalam ke dalam tanah. Hal ini mencerminkan kesatuan dan persatuan Indonesia. Pohon beringin juga mempunyai banyak akar yang menggelantung dari ranting-rantingnya. Ini mencerminkan Indonesia sebagai negara kesatuan namun memiliki berbagai latar belakang budaya yang berbeda-beda.

 

4. Kepala Banteng

Makna Sila 4, Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan. Disimbolkan dengan kepala banteng pada bagian kanan atas perisai berlatar merah. Lembu liar atau banteng merupakan binatang sosial yang suka berkumpul, sama halnya dengan manusia di mana dalam pengambilan keputusan harus dilakukan secara musyawarah salah satunya dengan cara berkumpul untuk mendiskusikan sesuatu.

 

5. Padi Kapas

Makna Sila 5, Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia dilambangkan dengan padi dan kapas di bagian kanan bawah perisai yang berlatar putih. Kapas dan padi (mencerminkan pangan dan sandang) merupakan kebutuhan pokok semua masyarakat Indonesia tanpa melihat status maupun kedudukannya. Ini mencerminkan persamaan sosial di mana tidak adanya kesenjangan sosial antara satu dan yang lainnya, tapi hal ini (persamaan sosial) bukan berarti bahwa Indonesia memakai ideologi komunisme.

 

Itulah Rangkuman/Ringkasan Materi PPKN Kelas 1 SD Unit 1 “Aku Cinta Pancasila” yang bisa admin kherysuryawan sajikan pada artikel ini, dan bagi anda yang membutuhkan buku teks pelajaran PPKN Kelas 1 SD kurikulum merdeka maka silahkan dapatkan filenya di bawah ini :

 

  • Buku Guru & Siswa PPKN Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka (DISINI)

 

Demikianlah informasi mengenai Rangkuman/Ringkasan Materi PPKN Kelas 1 SD Unit 1 “Aku Cinta Pancasila” yang nantinya akan dipelajari pada pembelajaran kurikulum merdeka. Semoga apa yang telah admin sajikan dan bagikan pada kesempatan ini bisa membantu para guru dan siswa dalam memperoleh bahan pembelajaran khususnya untuk mapel PPKN jenjang SD kurikulum merdeka.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel