Rangkuman PPKN Kelas 1 SD Unit 3 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Rangkuman materi PPKN Kelas 1 SD Unit 3 Kurikulum Merdeka dengan Judul “AYO MEMPERKENALKAN DIRI DENGAN SOPAN”

Halo sahabat kherysuryawan, berjumpa kembali di website pendidikan. Pada kesempatan kali ini admin akan memberikan ringkasan materi yang berhubungan dengan mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) pada Kelas 1 SD Kurikulum merdeka.

 


Pada postingan ini admin akan membahas tentang materi yang nantinya akan di pelajari pada mata pelajaran PPKN diKelas 1 SD Kurikulum Merdeka khususnya materi yang ada pada Unit 3 tentang “AYO MEMPERKENALKAN DIRI DENGAN SOPAN”. Untuk memudahkan siswa dalam belajar maka disini admin sengaja membuatkan ringkasan materi agar bisa membantu siswa dalam belajar.

 

Kita ketahui bahwa saat ini sekolah sudah menerapkan kurikulum baru yakni kurikulum merdeka maka darinya itu disini admin akan membahas materi kurikulum merdeka pada mata pelajaran PPKN Kelas 1 SD. Jika disekolah anda sudah menggunakan kurikulum merdeka dan anda sedang membutuhkan informasi tentang materi PPKN Kelas 1 SD Kurikulum merdeka yang akan di pelajari pada semester 1 maka anda bisa mendapatkan informasinya pada artikel ini karena disini admin akan membagikan Rangkuman materi PPKN Kelas 1 SD Unit 3 “AYO MEMPERKENALKAN DIRI DENGAN SOPAN” yang akan di pelajari pada kurikulum merdeka di semester 1.

 

Dalam pembelajaran PPKN khususnya materi kelas 1 SD Unit 3 “AYO MEMPERKENALKAN DIRI DENGAN SOPAN” terdapat 2 tujuan yang ingin dicapai yaitu tujuan umum dan tujuan khusus.

Berikut ini tujuan pembelajaran pada materi PPKN kelas 1 SD Unit 3 “AYO MEMPERKENALKAN DIRI DENGAN SOPAN”

 

TUJUAN PEMBELAJARAN 

Tujuan umum yang diharapkan pada unit III “Ayo Memperkenalkan Diri dengan Sopan” peserta didik mengenali dirinya sendiri, sebagai individu, bagian dari masyarakat dan lingkungannya, sebagai warga negara Indonesia dan warga negara dunia. Ia juga mengenali dan memahami bahwa bangsa Indonesia itu bineka baik dari segi suku, ras, bahasa, agama dan kelompok sosial.

 

Tujuan khusus yang diharapkan pada unit III “Ayo Memperkenalkan Diri” antara lain :

1.     Melalui kegiatan mengenal diri dan lingkungan, peserta didik menunjukkan sikap yang sesuai nilai Pancasila dalam menerima keberagaman sebagai bentuk rasa syukur terhadap karunia Tuhan YME.

2.     Melalui kegiatan mengenal diri dan lingkungan, peserta didi dapat menunjukkan sikap toleransi terhadap keberagaman.

3.     Melalui kegiatan menuliskan identitas diri, peserta didik dapat menyebutkan identitas dirinya.

4.     Melalui kegiatan games siapa aku, peserta didik dapat menyebutkan karakteristik fisik dan non-fisik orang.

5.     Melalui kegiatan mengamati keberagaman wajah, peserta didik dapat membedakan identitas dirinya dan karakteristik fisik dengan teman- temannya.

6.     Melalui kegiatan mengamati berbagai perbedaan spesial, peserta didik dapat mencocokkan sikap positif atas perbedaan special

 

Baiklah bagi anda yang ingin melihat rangkuman/ringkasan materi yang ada pada mata pelajaran PPKN Kelas 1 SD Unit 3 “AYO MEMPERKENALKAN DIRI DENGAN SOPAN” kurikulum merdeka, maka silahkan lihat sajian ringkasannya secara lengkap di bawah ini :

 

UNIT III AYO MEMPERKENALKAN DIRI DENGAN SOPAN

 

Keberagaman merupakan hal yang tidak dapat dihindari dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Pada dasarnya, multikulturalisme yang terbentuk di Indonesia merupakan akibat dari kondisi sosio-kultural maupun geografis yang begitu beragam dan luas. Keberagaman dapat terjadi di Indonesia karena: letak geografis indonesia, perkawinan campur, dan iklim yang berbeda dari setiap daerah. Menurut kondisi geografis, Indonesia memiliki banyak pulau di mana setiap pulau tersebut dihuni oleh sekelompok manusia yang membentuk suatu masyarakat. Dari masyarakat tersebut terbentuklah sebuah kebudayaan mengenai masyarakat itu sendiri. Tentu saja hal ini berimbas pada keberadaan kebudayaan yang sangat banyak dan beranekaragam.

 

Kebinekaan yang terjadi di Indonesia merupakan sebuah potensi sekaligus tantangan. Dikatakan sebagai sebuah potensi, karena hal tersebut akan membuat bangsa kita menjadi bangsa yang besar dan memiliki kekayaan yang melimpah baik kekayaan alam maupun kekayaan budaya yang dapat menarik minat para wisatawan asing untuk mengunjungi Indonesia. Kebinekaan bangsa Indonesia juga merupakan sebuah tantangan bahkan ancaman, karena dengan adanya kebinekaan tersebut mudah membuat membuat masyarakat Indonesia berbeda pendapat yang seringkali lepas kendali, mudah tumbuhnya perasaan kedaerahan yang amat sempit dikhawatirkan akan mengancam integrasi nasional. Oleh karena itu, dalam menjalankan kehidupan bermasyarakat harus ditanamkan sikap toleransi, keberterimaan, peduli dan saling menghargai yang sudah ditanamkan sejak dini.

 

Kemampuan menerima dan toleransi dalam hidup bermasyarakat mutlak diperlukan agar tercipta kerukunan hidup dalam bermasyarakat. Kerukunan dalam kehidupan dapat mencakup 4 hal, yaitu: kerukunan dalam rumah tangga/keluarga, kerukunan dalam beragama, kerukunan dalam mayarakat, dan kerukunan dalam berbudaya. Indonesia yang sangat luas ini terdiri dari berbagai macam suku, ras, dan agama serta sangat rawan akan terjadinya konflik pertikaian jika seandainya saja setiap pribadi tidak mau saling bertoleransi. Dalam arti yang sederhana, konsep toleransi dapat diajarkan dengan mengenalkan adanya perbedaan yang ada di lingkungan peserta didik.

 

Sebagai peserta didik, sikap yang bisa dilakukan untuk menciptakan toleransi dalam kehidupan sehari-hari yaitu:

1. Mengembangkan perilaku ramah dan menerima teman.

2. Saling toleransi dan menghormati sesama.

3. Mengembangkan semangat kekeluargaan dengan saling bertegur sapa antar teman.

4. Menghormati teman yang sedang beribadah.

5. Tidak mengejek teman yang memiliki kebudayaan yang unik maupun bahasa yang khas.

 

Itulah Rangkuman/Ringkasan Materi PPKN Kelas 1 SD Unit 3 “AYO MEMPERKENALKAN DIRI DENGAN SOPAN” yang bisa admin kherysuryawan sajikan pada artikel ini, dan bagi anda yang membutuhkan buku teks pelajaran PPKN Kelas 1 SD kurikulum merdeka maka silahkan dapatkan filenya di bawah ini :

 

  • Buku Guru & Siswa PPKN Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka (DISINI)

 

Demikianlah informasi mengenai Rangkuman/Ringkasan Materi PPKN Kelas 1 SD Unit 3 “AYO MEMPERKENALKAN DIRI DENGAN SOPAN” yang nantinya akan dipelajari pada pembelajaran kurikulum merdeka. Semoga apa yang telah admin sajikan dan bagikan pada kesempatan ini bisa membantu para guru dan siswa dalam memperoleh bahan pembelajaran khususnya untuk mapel PPKN jenjang SD kurikulum merdeka.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel