Rangkuman Materi IPA Kelas 10 Bab 3 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Rangkuman Materi IPA Kelas 10 Bab 3 “Kimia Hijau dalam Pembangunan Berkelanjutan 2030” Semester 1 Kurikulum Merdeka.

Halo sahabat kherysuryawan, selamat berjumpa kembali pada website pendidikan ini. Pada kesempatan kali ini admin akan membahas tentang salah satu materi yang ada pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di kelas 10 Kurikulum Merdeka.

 

Bagi anda yang di sekolahnya telah menggunakan kurikulum merdeka dalam proses pembelajaran maka pastinya bahan belajar yang akan digunakan yaitu mengacu pada buku teks pelajaran kurikulum merdeka. Nah, khusus untuk mata pelajaran IPA yang akan di pelajari dikelas 10 SMA kurikulum merdeka maka melalui artikel ini admin akan berbagi rangkuman materi IPA kelas 10 semester 1 yaitu materi Bab 3 “Kimia Hijau dalam Pembangunan Berkelanjutan 2030”.

 

Adapun materi yang akan di pelajari pada mata pelajaran IPA kelas 10 SMA Bab 3 Kurikulum merdeka adalah sebagai berikut :

BAB 3 KIMIA HIJAU DALAM PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN

3.1 Pengertian dan Pentingnya kimia hijau

3.2 Prinsip Kimia Hijau dalam Mendukung Upaya Pelestarian Lingkungan

3.3 Proses Kimia dalam Kehidupan Sehari-Hari Terkait Hal-hal yang Tidak Sesuai dengan Prinsip Kimia Hijau

3.4. Menciptakan Kegiatan yang Mendukung Prinsip Kimia Hijau 


Admin kherysuryawan sengaja membuat rangkuman materi IPA kelas 10 SMA Bab 3 “Kimia Hijau dalam Pembangunan Berkelanjutan 2030” pada pembelajaran kurikulum merdeka ini dengan harapan bisa memudahkan bagi siswa dalam belajar materi IPA serta menghemat waktu belajar sebab seluruh materi yang di sajikan telah diringkas sedemikian rupa berdasarkan inti materi yang ada di Bab 3. Adapun sumber materi hasil ringkasan yang akan di sajikan ini merupakan materi yang di ambil dari buku paket pelajaran IPA kurikulum merdeka atau lebih tepatnya bersumber dari buku siswa IPA kelas 10 SMA kurikulum merdeka.

 

Bagi anda yang membutuhkan Rangkuman materi pelajaran IPA kelas 10 SMA Semester 1 pada Bab 3 tentang “Kimia Hijau dalam Pembangunan Berkelanjutan 2030” yang akan dipelajari pada pembelajaran di kurikulum merdeka maka di bawah ini akan di sajikan tujuan pembelajaran lengkap dengan ringkasan materinya.

 

Tujuan Pembelajaran

Setelah mempelajari Bab 3 tentang pengukuran dalam kegiatan kerja ilmiah, peserta didik diharapkan dapat:

1)      mendeskripsikan pengertian kimia hijau,

2)      mendeskripsikan pentingnya kimia hijau,

3)      menganalisis prinsip kimia hijau dalam kehidupan sehari-hari,

4)      mengidentiikasikan proses kimia dalam kehidupan sehari-hari terkait hal-hal yang tidak sesuai dengan prinsip kimia hijau, dan

5)      menciptakan kegiatan yang mendukung prinsip kimia hijau.


Bab 3 Kimia Hijau dalam Pembangunan Berkelanjutan 2030

3.1. Pengertian dan Pentingnya Kimia Hijau.

Aktivitas yang kita lakukan dan lingkungan di sekitar kita selalu terkait dengan proses kimia yang melibatkan reaksi kimia.

Sebagian besar dari Kalian akan berpikir bahwa proses kimia itu menghasilkan hal-hal misalnya suara ledakan yang keras, gumpalan asap, nyala api, aroma yang menyengat, atau bahkan zat-zat yang beracun sehingga proses kimia cenderung dianggap berbahaya dan dihindari. Mari kita lihat lebih dahulu contoh-contoh proses kimia beserta reaksi kimia berikut ini :

 

Contoh 1:

Proses kimia: Fotosintesis

Persamaan reaksi kimia: 6 CO2 (g) + 6 H2O (l) --> C6H12O6 (s) + 6 O2 (g).

Penjelasan reaksi kimia:

(1)    Reaksi fotosintesis yang dibantu sinar uv memerlukan gas CO2 . Gas ini dikenal sebagai gas rumah kaca yang menyebabkan peningkatan suhu bumi. Dengan adanya fotosintesis akan mengurangi jumlah gas CO2 sehingga turut mengurangi pemanasan global.

(2)    Produk dari reaksi fotosintesis adalah gula glukosa (C 6H12O6 ) dan gas Oksigen (O2 ). Glukosa sebagai sumber energi bagi tanaman untuk bertumbuh sedangkan gas Oksigen yang dihasilkan bermanfaat untuk kehidupan manusia dan hewan.

 

Contoh 2:

Proses kimia: Pemanggangan roti

Persamaan reaksi kimia: 2 NaHCO3 (s) --> Na2CO3 (s) + H2O (l) + CO2 (g)

Penjelasan reaksi kimia:

Soda kue atau NaHCO3 jika dipanaskan akan menghasilkan gas CO2 . Gas ini memberi tekanan pada dinding adonan roti sehingga membentuk rongga-rongga. Keadaan ini membuat roti mengembang dan menjadi lebih empuk.

 

Berdasarkan contoh-contoh tersebut, Ternyata proses kimia tidak selamanya menakutkan kita. Ada proses kimia yang baik, bermanfaat, dan aman bagi lingkungan. Proses kimia ini akan menjaga bumi kita tetap lestari, aman, dan sejahtera, demikian pula lingkungan akan tetap terjaga. Proses kimia seperti ini dikenal sebagai reaksi kimia hijau.

Prinsip kimia hijau pertama kali dicetuskan oleh Paul Anastas pada tahun 1998 sebagai Father of Green Chemistry bersama John Warner.

 

3.2. Prinsip Kimia Hijau dalam Mendukung Upaya Pelestarian Lingkungan.

Menggunakan bahan kimia secukupnya, membuang bahan kimia pada tempatnya, menyimpan bahan kimia dengan cara yang benar, mengganti bahan kimia yang berbahaya dengan bahan alam yang lebih ramah lingkungan, serta menggunakan kembali bahan plastik merupakan wujud kontribusi terhadap prinsip kimia hijau.

Prinsip kimia hijau sangat memberikan kontribusi terhadap pelestarian lingkungan.

 

Berikut ini 12 prinsip kimia hijau


 

3.3. Proses Kimia dalam Kehidupan Sehari-hari Terkait Hal-hal yang Tidak Sesuai dengan Prinsip Kimia Hijau.

Perhatikan tabel sistem periodik unsur yang terdapat pada Gambar dibawah ini.

Tabel ini terdiri dari berbagai unsur kimia yang lebih dahulu perlu Kalian kenali. Tabel ini juga memberikan contoh cara menuliskan lambang unsur atau lambang molekul dengan baik.


Unsur merupakan zat tunggal yang tidak dapat diuraikan menjadi zat lainnya melalui reaksi kimia. Setiap unsur disusun dari gabungan atom sejenis. Sementara atom adalah unit terkecil dari suatu zat yang memiliki sifat kimia suatu unsur. Gabungan atom sejenis akan membentuk molekul unsur misalnya gas Oksigen (O2 ), ozon (O3 ), gas hidrogen (H2 ), gas klorin (Cl2 ), dan gas nitrogen (N2 ). Adapun gabungan atom yang berbeda akan menghasilkan molekul senyawa antara lain gas karbon dioksida (CO2 ), air (H2O), dan glukosa (C6H12O6 ).

 

Reaksi kimia merupakan proses perubahan yang terjadi bila satu senyawa berubah atau bereaksi dengan senyawa atau unsur lain, menghasilkan senyawa atau unsur yang baru. Secara molekuler proses kimia selalu disimbolkan dengan persamaan reaksi.

 

3.4. Menciptakan Kegiatan yang Mendukung Prinsip Kimia Hijau.

Salah satu peran kimia hijau adalah mendukung 17 agenda pembangunan berkelanjutan hingga tahun 2030 yang dicanangkan PBB. Ke-17 agenda tersebut dapat dilihat pada gambar di bawah ini :


Dari ke-17 agenda tersebut, prinsip kimia hijau terintegrasi dalam tiga agenda pembangunan berkelanjutan 2030 yaitu agenda nomor 3, 6, 7, 13, 14, dan 15. Hidup sehat dan sejahtera bagi semua manusia di bumi tentu karena lingkungan yang aman dan bebas bahan-bahan berbahaya.

 

Prinsip nomor 7 dari kimia hijau adalah penggunaan sumber energi yang dapat diperbaharui. Indonesia telah berupaya untuk menerapkan prinsip ini yaitu dengan cara mengurangi ketergantungan terhadap sumber energi fosil untuk menjaga kelestarian lingkungan. Dalam hal ini Presiden Joko Widodo mengakselerasi penerapan Biosolar 30 (B30) yang dimulai pada penghujung tahun 2019. Kini pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) resmi mengimplementasi B30 di Indonesia. Biosolar B30 sebagai bahan bakar nabati untuk mesin atau motor disel adalah lanjutan dari Biosolar 20.

 

Bagi anda yang ingin mendapatkan materi lengkapnya, maka silahkan lihat pada buku teks pelajaran IPA kelas 10 SMA kurikulum merdeka di bawah ini :

  • Buku Siswa & Guru IPA Kelas 10 SMA Kurikulum Merdeka (DISINI


Demikianlah informasi mengenai Rangkuman Materi Pelajaran IPA Kelas 10 SMA Bab 3 “Kimia Hijau dalam Pembangunan Berkelanjutan 2030” yang akan di pelajari pada kurikulum merdeka, semoga ringkasan materi yang telah di sajikan diatas bisa membantu sahabat pendidikan yang ingin menggunakannya sebagai bahan belajar di rumah maupun di sekolah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel