Buku Siswa dan Guru IPA Kelas 10 SMA Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Download buku guru IPA kelas 10 kurikulum merdeka dan buku siswa IPA kelas 10 kurikulum merdeka.

Halo sahabat pendidikan, selamat berjumpa kembali di website pendidikan milik kherysuryawan. Pada kesempatan kali ini admin akan memberikan informasi tentang buku teks pelajaran yang akan digunakan pada kurikulum merdeka.

 


Tentunya bagi setiap sekolah yang sudah menerapkan kurikulum merdeka maka dalam proses pembelajarannya juga telah menggunakan buku teks pelajaran versi kurikulum merdeka. Seperti di ketahui bahwa kurikulum merdeka merupakan kurikulum baru yang kini telah banyak di gunakan oleh sekolah -sekolah dan salah satunya ialah sekolah yang masuk dalam program sekolah penggerak.

 

Pada penerapan kurikulum lama (kurikulum 2013) guru dan siswa dalam melaksanakan aktivitas belajar mengajar telah disiapkan buku guru dan juga buku siswa untuk menunjang pembelajaran. Hal tersebut juga berlaku pada kurikulum merdeka yang mana bagi guru dan siswa yang ingin memiliki buku teks pelajaran versi kurikulum merdeka maka bisa mendapatkannya melalui platform merdeka mengajar atau dapat pula melalui aplikasi PMM.

 

Saat ini masih banyak guru dan siswa yang belum memiliki buku teks pelajaran kurikulum merdeka. Hal itu terjadi di sebabkan masih kurangnya pemahaman tentang bagaimana cara untuk bisa memiliki dan mendapatkan buku teks pelajaran kurikulum merdeka tersebut.

 

Melalui postingan inilah saya sebagai admin ingin membantu para guru dan peserta didik agar bisa mudah dalam memiliki buku teks pelajaran versi kurikulum merdeka. Adapun di kesempatan ini admin akan berbagi file buku pelajaran kurikulum merdeka yakni berupa buku guru dan buku siswa. Buku teks pelajaran kurikulum merdeka yang akan admin bagikan dipostingan ini ialah buku guru IPA kelas 10 dan buku siswa IPA kelas 10 kurikulum merdeka.

 

Di dalam buku guru dan buku siswa IPA kelas 10 kurikulum merdeka tersebut telah memuat materi pelajaran secara lengkap mulai dari materi semester 1 hingga materi semester 2. Tentunya dengan memiliki buku teks pelajaran kurikulum merdeka maka akan memudahkan bagi guru dan siswa dalam melakukan aktivitas pembelajaran di sekolah.

 

Perlu di ketahui bahwa ada perbedaan yang mendasar pada penerapan kurikulum lama (kurikulum 2013) dengan kurikulum baru (kurikulum merdeka) khususnya pada mata pelajaran IPA. Jika pada kurikulum lama khusus mapel IPA sudah di pisahkan / menjadi penjurusan yakni IPA fisika, biologi, kimia sedangkan pada kurikulum merdeka Mata pelajaran IPA di Kelas 10 SMA belum dipisahkan menjadi mata pelajaran yang lebih spesifik.

 

Berikut ini ulasan tentang buku teks pelajaran IPA pada kurikulum merdeka khususnya untuk kelas 10 SMA :

 

Puji dan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas izin dan karuniaNya maka buku Ilmu Pengetahuan Alam Kelas X ini dapat selesai. Buku ini digunakan oleh peserta didik kelas X jenjang SMA sebagai buku teks yang menjadi sumber belajar utama.

 

Buku ini terdiri dari delapan bab. Setiap babnya diawali dengan konteks atau tema yang dapat dengan mudah ditemukan di sekitar peserta didik, yang berkaitan dengan materi sains yang akan dibahas. Peserta didik diajak untuk memiliki kesadaran sebagai warganegara global yang bertanggung jawab untuk merespon isu-isu global.

 

Peserta didik dapat berkontribusi menyelesaikan isu-isu global yang sedang terjadi itu misalnya pandemik virus Covid-19, pencemaran lingkungan, pemanasan global, ketahanan pangan, peluangan pemanfaatan sumberdaya alam berbasis teknologi terkini, sumber energi ramah lingkungan, dan lain-lain yang dapat dilakukan dari rumah masing-masing.

 

Bab 1 tentang Pengukuran yang mendorong peserta didik untuk menyadari pentingnya melakukan pengukuran dengan teliti dan presisi, serta menggunakan alat ukur yang sesuai, sehingga pengetahuan dan keterampilan tersebut dapat digunakan untuk memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari.

 

Bab 2 membahas tentang virus, bagaimana virus bereproduksi dan apa peranan virus, sehingga peserta didik dapat menemukan sebuah solusi dalam mencegah penyebaran virus yang menyebabkan penyakit.

 

Bab 3 berisi ulasan kimia hijau yang mendorong peserta didik untuk mengenal dan menyadari pentingnya prinsip kimia hijau dan reaksi kimia hijau. Prinsip ini harus selalu menyertai semua kegiatan baik dalam dunia industri, perkantoran, sekolah, aktivitas masyarakat, dan rumah tangga.

 

Bab 4 memberi landasan kimia kepada peserta didik yaitu ulasan konsep teoretis maupun hitungan hukum-hukum dasar kimia yang dapat diterapkan dalam menyelesaikan permasalahan sederhana yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

 

Bab 5 memberi wawasan kepada peserta didik sehingga memiliki rasa ingin tahu terhadap unsur-unsur logam tanah jarang sebagai nanomaterial dalam perkembangan nanoteknologi. Ulasan konsep teoretis dibahas berdasarkan sudut pandang ilmu kimia yaitu struktur atom, konigurasi elektron, dan jari-jari atom sebagai sifat periodik unsur.

 

Bab 6 membahas mengenai krisis kebutuhan energi yang sedang terjadi saat ini. Dengan wawasan yang dimiliki peserta didik tentang macam-macam bentuk energi dan sumber energi yang tersedia di sekitar tempat tinggal dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan energi, minimal untuk konsumsi energi pribadi. Selain itu, wawasan mengenai energi ini diharapkan dapat menumbuhkan sikap bijak dalam menggunakan energi, sehingga memiliki gaya hidup yang lebih ramah energi.

 

Pada bab 7, peserta didik belajar memahami bahwa makhluk hidup beranekaragam dan pentingnya keanekaragaman, pengelompokkan makhluk hidup dan interaksi makhluk hidup dalam ekosistem sehingga peserta didik dapat menemukan solusi pemanfaatan secara bijak spesies tertentu untuk menjaga keseimbagan ekosistem.

 

Setelah peserta didik mempelajari bab 1 hingga bab 7 maka bab 8 merupakan terapan IPA terpadu yang mengajak peserta didik untuk membuka wawasan terhadap perubahan iklim global yang sedang terjadi saat ini serta solusinya. Selain pembahasan konsep materi yang sesuai dengan Capaian Pembelajaran Fase E juga disajikan aktivitas terhadap penerapan konsep materi tersebut.

 

Keunggulan buku ini yaitu isinya yang disesuaikan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terkini, mengangkat issue global, melatih berpikir tingkat tinggi, sajian soal-soal dengan pendekatan PISA, dan aktivitas proyek kolaborasi yang mengarah pada kontribusi tercapainya agenda pembangunan berkelanjutan PBB 2030. Selain itu sistematika penulisannya yang terperinci diharapkan peserta didik mengalami proses pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna dalam konsep merdeka belajar.

 

Bagi anda yang saat ini sedang membutuhkan file buku guru IPA dan buku siswa IPA kelas 10 kurikulum merdeka maka melalui postingan ini admin akan membagikan filenya secara gratis dan tentunya mudah untuk di dapatkan. Tujuan admin membagikan buku guru dan siswa IPA kelas 10 SMA ini ialah untuk membantu para guru dan siswa agar mudah dalam memiliki danmendapatkan buku teks pelajaran IPA kurikulum merdeka untuk kelas 10 SMA.

 

Baiklah berikut ini file buku guru dan buku siswa kurikulum merdeka mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kelas 10 SMA lengkap semester 1 dan semester 2 yang akan di sajikan dalam format PDF di bawah ini :

 

BUKU GURU DAN SISWA IPA KELAS 10 SMA KURIKULUM MERDEKA

👉 Buku Guru IPA Kelas 10 Kurikulum Merdeka (DISINI

👉 Buku Siswa IPA Kelas 10 Kurikulum Merdeka (DISINI)

👉 Materi Pelajaran IPA Kelas 10 Semester 1&2 Kurikulum Merdeka (DISINI)


Demikianlah informasi tentang buku teks pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kelas 10 SMA yang bisa admin bagikan pada kesempatan kali ini. Semoga informasi ini dapat membantu guru dan siswa yang saat ini sedang membutuhkan buku teks pelajaran IPA kelas 10 kurikulum merdeka.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel