Buku Guru dan Siswa IPS Kelas 10 SMA Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Download buku guru IPS kelas 10 kurikulum merdeka dan buku siswa IPS kelas 10 kurikulum merdeka.

Memasuki era kurikulum baru yakni kurikulum merdeka maka guru dan siswa kembali disibukkan dengan aktivitas yang tentunya harus dapat menyesuaikan dengan model kurikulum yang digunakan saat ini.

 


Tentunya bagi setiap sekolah yang sudah menerapkan kurikulum merdeka maka dalam proses pembelajarannya juga telah menggunakan buku teks pelajaran versi kurikulum merdeka. Seperti di ketahui bahwa kurikulum merdeka merupakan kurikulum baru yang kini telah banyak di gunakan oleh sekolah -sekolah dan salah satunya ialah sekolah yang masuk dalam program sekolah penggerak.

 

Pada penerapan kurikulum lama (kurikulum 2013) guru dan siswa dalam melaksanakan aktivitas belajar mengajar telah disiapkan buku guru dan juga buku siswa untuk menunjang pembelajaran. Hal tersebut juga berlaku pada kurikulum merdeka yang mana bagi guru dan siswa yang ingin memiliki buku teks pelajaran versi kurikulum merdeka maka bisa mendapatkannya melalui platform merdeka mengajar atau dapat pula melalui aplikasi PMM.

 

Saat ini masih banyak guru dan siswa yang belum memiliki buku teks pelajaran kurikulum merdeka. Hal itu terjadi di sebabkan masih kurangnya pemahaman tentang bagaimana cara untuk bisa memiliki dan mendapatkan buku teks pelajaran kurikulum merdeka tersebut.

 

Melalui postingan inilah saya sebagai admin ingin membantu para guru dan peserta didik agar bisa mudah dalam memiliki buku teks pelajaran versi kurikulum merdeka. Adapun di kesempatan ini admin akan berbagi file buku pelajaran kurikulum merdeka yakni berupa buku guru dan buku siswa. Buku teks pelajaran kurikulum merdeka yang akan admin bagikan dipostingan ini ialah buku guru IPS kelas 10 dan buku siswa IPS kelas 10 kurikulum merdeka.

 

Di dalam buku guru dan buku siswa IPS kelas 10 kurikulum merdeka tersebut telah memuat materi pelajaran secara lengkap mulai dari materi semester 1 hingga materi semester 2. Tentunya dengan memiliki buku teks pelajaran kurikulum merdeka maka akan memudahkan bagi guru dan siswa dalam melakukan aktivitas pembelajaran di sekolah.

 

Perlu di ketahui bahwa ada perbedaan yang mendasar pada penerapan kurikulum lama (kurikulum 2013) dengan kurikulum baru (kurikulum merdeka) khususnya pada mata pelajaran IPS. Jika pada kurikulum lama khusus mapel IPS sudah di pisahkan / menjadi penjurusan yakni IPS fisika, biologi, kimia sedangkan pada kurikulum merdeka Mata pelajaran IPS di Kelas 10 SMA belum dipisahkan menjadi mata pelajaran yang lebih spesifik.

 

Berikut ini ulasan tentang buku teks pelajaran IPS pada kurikulum merdeka khususnya untuk kelas 10 SMA :

 

Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan gabungan dari berbagai rumpun ilmu sosial dan humaniora. Interaksi manusia sebagai individu maupun kelompok dengan alam dan lingkungan hidupnya dalam rentang ruang dan waktu merupakan fokus kajian IPS. Buku teks siswa mata pelajaran IPS kelas X ini merupakan pengantar bagi peserta didik untuk mengenal dan memahami berbagai disiplin ilmu sosial dan humaniora. Oleh karena itu, masing-masing disiplin ilmu disajikan secara mandiri agar peserta didik lebih mengenal dan memahami karakteristik dan kekhasan masing-masing disiplin ilmu.

 

Tema pertama adalah mata pelajaran “Sejarah Indonesia” dengan fokus kajian manusia dalam ruang dan waktu. Pada tema pertama, peserta didik dilatih untuk memahami karakter ilmu sejarah sekaligus membangun pola pikir dan kecakapan sejarah, utamanya sejarah Indonesia.

 

Tema kedua adalah mata pelajaran “Sosiologi” dengan fokus kajian individu dan masyarakat dalam konteks masyarakat Indonesia. Meski pada bagian awal menyajikan sejarah dan perkembangan sosiologi yang kental dengan konteks masyarakat Barat, materi pada tema ini mengelaborasi berbagai fenomena sosial masyarakat yang terjadi di Indonesia.

 

Tema selanjutnya adalah mata pelajaran “Ilmu Ekonomi” dengan fokus kajian upaya manusia dalam memenuhi kebutuhan dengan alat pemuas yang terbatas. Pembahasan pada tema ini disajikan dengan konteks Indonesia. Harapannya, hal ini dapat memfasilitasi kecakapan peserta didik dalam berpikir dan bertindak ekonomis secara bijaksana sesuai nilai-nilai bangsa Indonesia.

 

Tema keempat adalah mata pelajaran “Geograi” dengan fokus kajian manusia dalam ruang dan interaksinya dengan alam dan lingkungan. Pada akhir kelas, peserta didik diharapkan memiliki kesadaran akan ruang dan pengelolaan ruang hidupnya, termasuk menjadi warga negara aktif yang menjaga keberlanjutan lingkungan tempat mereka tinggal.

 

Tema demi tema disusun sedemikian rupa agar peserta didik memahami pendekatan antardisiplin ilmu, termasuk menggunakan beragam perspektif keilmuan secara interdisipliner dalam mengkaji suatu fenomena. Rekomendasi penelitian proyek yang disajikan di bagian akhir buku ini dapat menjadi wadah untuk mengelaborasi pemahaman peserta didik terhadap berbagai disiplin ilmu secara holistik dan terintegrasi.

 

Adapun tujuan dari pendidikan IPS yang disajikan melalui buku ini, dalam ranah kognitif, afeksi, dan psikomotorik adalah:

-        Menumbuhkembangkan perspektif IPS dalam mengkaji fenomena manusia, masyarakat dan lingkungan.

-        Berkontribusi secara positif menjadi warga negara aktif agar berpikir dan bertindak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

 

Buku ini disusun berdasarkan capaian pembelajaran dari kurikulum yang mengusung semangat merdeka belajar. Kurikulum ini menekankan aspek kompetensi baik sikap, pengetahuan, maupun keterampilan yang disampaikan secara terpadu melalui materi, aktivitas, dan proyek pembelajaran. Kegiatan evaluasi, releksi, dan pertanyaan Higher Order Thinking Skill (HOTS) disajikan terpadu melalui materi, lembar aktivitas, pengayaan, rekomendasi proyek, rekomendasi proyek kolaboratif, dan evaluasi. Referensi disajikan pada bagian akhir buku untuk menginformasikan kepada pembaca agar dapat melanjutkan studi dari berbagai referensi. Penjelasan konsep disajikan pada setiap materi yang berkaitan sehingga memudahkan pembaca untuk memahami maksud dari konsep atau teori.

 

 

Bagi anda yang saat ini sedang membutuhkan file buku guru IPS dan buku siswa IPS kelas 10 kurikulum merdeka maka melalui postingan ini admin akan membagikan filenya secara gratis dan tentunya mudah untuk di dapatkan. Tujuan admin membagikan buku guru dan siswa IPS kelas 10 SMA ini ialah untuk membantu para guru dan siswa agar mudah dalam memiliki danmendapatkan buku teks pelajaran IPS kurikulum merdeka untuk kelas 10 SMA.

 

Baiklah berikut ini file buku guru dan buku siswa kurikulum merdeka mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas 10 SMA lengkap semester 1 dan semester 2 yang akan di sajikan dalam format PDF di bawah ini :

 

BUKU SISWA DAN GURU IPS KELAS 10 SMA SEMESTER 1&2 KURIKULUM MERDEKA

  • Buku Guru IPS Kurikulum Merdeka Kelas 10 (DISINI
  • Buku Siswa IPS Kurikulum Merdeka Kelas 10 (DISINI)
  • Materi Pelajaran IPS Kelas 10 Semester 1&2 Kurikulum Merdeka (DISINI)


Demikianlah informasi tentang buku teks pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas 10 SMA yang bisa admin bagikan pada kesempatan kali ini. Semoga informasi ini dapat membantu guru dan siswa yang saat ini sedang membutuhkan buku teks pelajaran IPS kelas 10 kurikulum merdeka.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel