Rangkuman Seni Rupa Kelas 10 Unit 1 Pengenalan Seni Rupa di Sekitar Kita

Kherysuryawan.id – Rangkuman Materi Seni Rupa Kelas 10 SMA/SMK Unit 1 “Pengenalan Seni Rupa Di Sekitar Kita” yang akan dipelajari di semester 1 Kurikulum Merdeka.

Halo sahabat kherysuryawan, pada kesempatan kali ini admin akan membahas salah satu materi pelajaran pada kurikulum merdeka yakni materi pelajaran seni rupa kelas 10 SMA/SMK semester 1 kurikulum merdeka.

 

Mata pelajaran seni rupa merupakan salah satu dari cabang mata pelajaran seni budaya.

Apa itu Seni Rupa ?

Seni rupa mengajak manusia untuk mengalami dan merasakan proses ke dalam dan ke luar dirinya melalui pengalaman rupa. Emosi atau pemikiran yang dialami seseorang dapat tertuang secara rupa dan memberi dampak bagi dirinya maupun orang yang melihat karyanya, demikian pula sebaliknya seseorang dapat mengalami sebuah emosi atau pemikiran atau tergugah untuk melakukan suatu tindakan setelah mendapat pengalaman seni rupa. Seni rupa juga mengajak manusia untuk berpikir terbuka, menghargai keindahan atau potensi dari segala yang tampak di matanya, memiliki apresiasi estetis dan menghargai kebhinekaan global.

 

Pendidikan seni rupa bertujuan sebagai wahana bagi siswa untuk menjelajahi kemungkinan-kemungkinan tanpa batas dalam seni dan kreativitas siswa itu sendiri. Karena pendidikan seni rupa sendiri merupakan disiplin ilmu yang luas dan merupakan gabungan keterampilan kerja dan proses pemikiran intelektual yang menjembatani berbagai disiplin ilmu, maka diharapkan siswa akan berani mengekspresikan diri, bereksperimen, reflektif, bernalar kritis dan mampu membuat keputusan dengan tanggung jawab.

 

Berbicara mengenai mata pelajaran seni rupa, maka pada kesempatan kali ini admin akan membahas sekaligus akan memberikan ringkasan materi pelajaran seni rupa yang akan di pelajari di kelas 10 SMA/SMK yakni materi yang ada pada Bab 1 atau Unit 1 dengan judul “Pengenalan Seni Rupa Di Sekitar Kita”. Materi ini nantinya akan dipelajari pada pembelajaran semester 1 kurikulum merdeka.

 

Admin kherysuryawan sengaja membuat ringkasan/rangkuman materi pelajaran seni rupa kelas 10 Bab 1 “Pengenalan Seni Rupa Di Sekitar Kita” dengan harapan dapat memudahkan bagi para siswa maupun guru yang akan menggunakannya sebagai referensi dalam belajar. Seluruh materi yang telah di ringkas ini semuanya bersumber dari buku teks pelajaran seni rupa kelas 10 SMA/SMK kurikulum merdeka.

 

Berikut ini susunan daftar materi pelajaran yang akan dipelajari pada mata pelajaran Seni Rupa Kelas 10 SMA/SMK Unit 1 "Pengenalan Seni Rupa Di Sekitar Kita"

UNIT 1 PENGENALAN SENI RUPA DI SEKITAR KITA

a. Definisi Seni Rupa

b. Fungsi Seni Rupa dalam Kehidupan Manusia

c. Klasifikasi Karya Seni Rupa Berdasarkan Waktu Perkembangannya

d. Contoh Karya Seni Rupa Berdasarkan Waktu Perkembangannya


Ada beberapa tujuan pembelajaran yang diharapkan dapat tercapai dalam pembelajaran seni rupa kelas 10 Unit 1 “Pengenalan Seni Rupa Di Sekitar Kita”. Dibawah ini tujuan pembelajaran pada materi seni rupa Unit 1 “Pengenalan Seni Rupa Di Sekitar Kita” yaitu sebagai berikut :

Tujuan Pembelajaran

Setelah mempelajari Unit 1, diharapkan siswa dapat:

  1. Mendefinisikan seni rupa dan eksistensinya dalam kehidupan manusia.
  2. Menganalisis fungsi seni rupa dalam kehidupan manusia.
  3. Pengelompokan perkembangan seni rupa berdasarkan masa perkembangannya (tradisional, modern, kontemporer).
  4. Memberi contoh karya-karya seni rupa berdasarkan masa perkembangannya.

 

Baiklah untuk anda yang membutuhkan Rangkuman/Ringkasan materi Seni Rupa Kelas 10 SMA/SMK Unit 1 “Pengenalan Seni Rupa Di Sekitar Kita”, maka dibawah ini sajian ringkasannya :


UNIT 1 PENGENALAN SENI RUPA DI SEKITAR KITA

Pada Unit 1 ini siswa akan mempelajari konsep seni rupa dan perkembangannya yang meliputi: definisi, fungsi, klasifikasi, dan karya seni rupa berdasarkan periodisasi.

 

A. Definisi Seni Rupa

Seni sudah menjadi salah satu bagian dalam kehidupan manusia dari zaman ke zaman, dari masa pra sejarah hingga sekarang, keberadaan seni sangat melekat dalam setiap sendi kehidupan dan jiwa manusia sehingga tidak dapat terpisahkan sampai saat ini.

 

Seni rupa sangat dekat dengan kehidupan kita sehari-hari. Kita bisa menyaksikan seni rupa sejak kita bangun dari tidur, melihat ornamen pakaian yang kita kenakan, lukisan yang terpajang di rumah, desain cangkir yang kita gunakan untuk minum, gambar yang kita lihat di layar telepon seluler, tayangan di televisi, gedung-gedung di perkotaan, alam yang penuh warna dan semua yang tampak dalam kehidupan manusia. Dari berbagai benda seni rupa tersebut dapat membuat perasaan kita tergugah, hampir semua benda, bangunan, pakaian dan berbagai peralatan dirancang dengan mempertimbangkan nilai-nilai estetika.

 

B. Fungsi Seni Rupa dalam Kehidupan Manusia

Fungsi seni rupa sangat beragam, tergantung kepada latar belakang terciptanya karya seni rupa. Misalnya seni rupa terapan memiliki fungsi untuk memenuhi nilai guna atau fungsi praktis dalam kehidupan sehari[1]hari, dan seni murni memiliki fungsi sebagai sarana kepuasan batin akan keindahan. Secara umum, seni memiliki banyak fungsi seperti merangsang masyarakat untuk meningkatkan kualitas hidupnya, sebagai proses pembelajaran masyarakat terhadap segala sesuatu, baik nilai[1]nilai maupun fenomena alam, sebagai penyadaran terhadap peristiwa, baik sejarah, sosial, politik dan budaya, seni mampu mengisi dan mempengaruhi zamannya, dan seni sebagai penjaga nilai keindahan dan kemanusiaan dalam kehidupan masyarakat.

 

Keberadaan seni rupa menurut Feldman (1967) memiliki 3 fungsi dalam kehidupan manusia, yaitu:

1.     Fungsi Individual

seni digunakan untuk mengungkapan rasa/ emosi dengan cara memberi tanggapan dan penghayatan seseorang terhadap lingkungannya.

2.     Fungsi sosial kemasyarakatan

seni digunakan untuk kepentingan masyarakat luas seperti untuk penerangan, pendidikan, kesehatan, agama dan sebagainya.

3.     Fungsi fisik kebendaan

seni digunakan untuk keindahan di berbagai benda keperluan manusia: arsitektur, interior bangunan, furnitur, serta benda-benda pakai lainnya.

 

C. Klasifikasi Karya Seni Rupa Berdasarkan Waktu Perkembangannya

1.     Seni Rupa Tradisional

Seni Rupa Tradisional berkaitan erat dengan khazanah lokal budaya di daerah tertentu. Sehingga berbagai daerah biasanya memiliki karya Seni Rupa Tradisional yang unik dan beragam. Karya Seni Rupa Traditional umumnya diwarnai dengan pelambangan (simbolis), baik dalam bentuk metafora binatang, tumbuhan, bangunan, atau figur manusia. Simbol tersebut banyak ditemui di candi-candi, motif hias kain tenun, bahkan perabotan sehari-hari, biasanya bersifat spiritual, religius, dan mitologis.

 

2.     Seni Rupa Modern

Seni Rupa Modern mulai menanggalkan pakem-pakem suatu tradisi, dan mengutamakan eksperimen demi kemajuan seni, yang tergolong dalam Seni Rupa Modern yaitu Seni Murni (Fine Art) dengan mengutamakan sifat estetikanya.

Seni Rupa Murni terdiri dari Seni Lukis, Seni Patung dan Seni Grafis.

 

3.     Seni Rupa Kontemporer

Seni Rupa Kontemporer berkembang pada masa kini, merespons dan mempresentasikan situasi sosial dan budaya kekinian. Seni Rupa Kontemporer berorientasi bebas dengan medium yang tidak terbatas, dan dapat menggabungkan nilai-nilai tradisional dan modernitas. Karya Seni Rupa Kontemporer berkaitan dengan perkembangan teknologi yang berkembang di masa kini.

 

D. Contoh Karya Seni Rupa Berdasarkan Waktu Perkembangannya

Seni Rupa Tradisional:

Berikut ini gambar Ragam Hias Toraja yang diterapkan di kain tenun


Seni Rupa Modern:

Berikut ini Gambar Lukisan Pemandangan karya Wakidi


Seni Rupa Kontemporer:

Berikut ini Gambar Karya Video Art oleh Krisna Murti

 


Apabila anda juga membutuhkan materi pelajaran seni rupa kelas 10 SMA/SMK pada bab lainnya secara lengkap, maka silahkan lihat sajiannya di bawah ini :

  • Materi Seni Rupa Kelas 10 SMA/SMK Kurikulum Merdeka Lengkap (DISINI
  • Buku Siswa & Guru Seni Rupa Kelas 10 SMA/SMK Kurikulum Merdeka Lengkap (DISINI)

 

Demikianlah informasi yang bisa admin kherysuryawan sajikan mengenai materi seni rupa Unit 1 “Pengenalan Seni Rupa Di Sekitar Kita” yang akan dipelajari di kelas 10 SMA/SMK Kurikulum Merdeka, semoga sajian materi diatas bisa membantu rekan-rekan pendidikan yang membutuhkannya sehingga bisa menjadi bahan pembelajaran yang bermanfaat.

Sekian dan Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel