Rangkuman Seni Rupa Kelas 10 Unit 3 Pengenalan Bahan dan Aneka Teknik Berkarya

Kherysuryawan.id – Rangkuman Materi Seni Rupa Kelas 10 SMA/SMK Unit 3 “Pengenalan Bahan dan Aneka Teknik Berkarya” yang akan dipelajari di semester 1 Kurikulum Merdeka.

Halo sahabat kherysuryawan, pada kesempatan kali ini admin akan membahas salah satu materi pelajaran pada kurikulum merdeka yakni materi pelajaran seni rupa kelas 10 SMA/SMK semester 1 kurikulum merdeka.

 

Mata pelajaran seni rupa merupakan salah satu dari cabang mata pelajaran seni budaya.

Apa itu Seni Rupa ?

Seni rupa mengajak manusia untuk mengalami dan merasakan proses ke dalam dan ke luar dirinya melalui pengalaman rupa. Emosi atau pemikiran yang dialami seseorang dapat tertuang secara rupa dan memberi dampak bagi dirinya maupun orang yang melihat karyanya, demikian pula sebaliknya seseorang dapat mengalami sebuah emosi atau pemikiran atau tergugah untuk melakukan suatu tindakan setelah mendapat pengalaman seni rupa. Seni rupa juga mengajak manusia untuk berpikir terbuka, menghargai keindahan atau potensi dari segala yang tampak di matanya, memiliki apresiasi estetis dan menghargai kebhinekaan global.

 

Pendidikan seni rupa bertujuan sebagai wahana bagi siswa untuk menjelajahi kemungkinan-kemungkinan tanpa batas dalam seni dan kreativitas siswa itu sendiri. Karena pendidikan seni rupa sendiri merupakan disiplin ilmu yang luas dan merupakan gabungan keterampilan kerja dan proses pemikiran intelektual yang menjembatani berbagai disiplin ilmu, maka diharapkan siswa akan berani mengekspresikan diri, bereksperimen, reflektif, bernalar kritis dan mampu membuat keputusan dengan tanggung jawab.

 

Berbicara mengenai mata pelajaran seni rupa, maka pada kesempatan kali ini admin akan membahas sekaligus akan memberikan ringkasan materi pelajaran seni rupa yang akan di pelajari di kelas 10 SMA/SMK yakni materi yang ada pada Bab 3 atau Unit 3 dengan judul “Pengenalan Bahan dan Aneka Teknik Berkarya”. Materi ini nantinya akan dipelajari pada pembelajaran semester 1 kurikulum merdeka.

 

Admin kherysuryawan sengaja membuat ringkasan/rangkuman materi pelajaran seni rupa kelas 10 Unit 3 “Pengenalan Bahan dan Aneka Teknik Berkarya” dengan harapan dapat memudahkan bagi para siswa maupun guru yang akan menggunakannya sebagai referensi dalam belajar. Seluruh materi yang telah di ringkas ini semuanya bersumber dari buku teks pelajaran seni rupa kelas 10 SMA/SMK kurikulum merdeka.

 

Berikut ini susunan daftar materi pelajaran yang akan dipelajari pada mata pelajaran Seni Rupa Kelas 10 SMA/SMK Unit 3 "Pengenalan Bahan dan Aneka Teknik Berkarya"

UNIT 3 PENGENALAN BAHAN DAN ANEKA TEKNIK BERKARYA

a. Definisi, Fungsi, Unsur dan Ragam Karya Dua Dimensi

b. Bahan dan Alat Dalam Karya Dua Dimensi

c. Membuat Karya Dua Dimensi dari Bahan Sekitar 


Ada beberapa tujuan pembelajaran yang diharapkan dapat tercapai dalam pembelajaran seni rupa kelas 10 Unit 3 “Pengenalan Bahan dan Aneka Teknik Berkarya”. Dibawah ini tujuan pembelajaran pada materi seni rupa Unit 3 “Pengenalan Bahan dan Aneka Teknik Berkarya” yaitu sebagai berikut :

Tujuan Pembelajaran

Setelah mempelajari Unit 3, diharapkan siswa dapat:

1. Mendefinisikan fungsi, unsur dan ragam karya dua dimensi.

2. Mengenal bahan dan teknik dalam pembuatan karya dua dimensi.

3. Menganalisis potensi bahan dari sekitar yang bisa digunakan untuk membuat karya dua dimensi.

4. Membuat karya percobaan menggunakan bahan dari sekitar.

5. Mengevaluasi hasil karya percobaan.

 

Baiklah untuk anda yang membutuhkan Rangkuman/Ringkasan materi Seni Rupa Kelas 10 SMA/SMK Unit 3 “Pengenalan Bahan dan Aneka Teknik Berkarya”, maka dibawah ini sajian ringkasannya :

 

UNIT 3 PENGENALAN BAHAN DAN ANEKA TEKNIK BERKARYA


A. Definisi, Fungsi, Unsur dan Ragam  Karya Dua  Dimensi

1. Definisi Karya Dua Dimensi

Karya seni rupa dua dimensi adalah karya seni yang memiliki dua ukuran atau dua sisi. Karya seni ini hanya memiliki panjang dan lebar saja, tanpa dimensi ketiga yaitu ruang.

 

2. Fungsi Karya Dua Dimensi  

Fungsi karya dua dimensi yaitu sebagai elemen estetik pada permukaan datar. Sebagai bentuk rupa yang mudah dibuat dari segi media dan teknis karena hanya perlu mengisi bidang panjang dan lebar saja.

 

3. Unsur Fisik Seni Rupa Dua Dimensi

Seni rupa dua dimensi berasal dari berbagai unsur pembentuk kesatuan yang diolah sedemikian rupa oleh perupa atau desainer. Unsur tersebut adalah:

• Garis

• Bidang 

• Ruang

• Tekstur

• Gelap-Terang 

• Warna

• Ragam Teknik Berkarya Dua Dimensi

 

Beberapa macam teknik dalam membuat karya dua dimensi diantaranya:

• Teknik gambar

• Teknik cetak/grafis

• Teknik lukis

• Teknik kolase

• Teknik fotografi

• Teknik media campuran (mixed media)

• Teknik ragam hias

 

Teknik Opaque atau teknik plakat merupakan teknik yang menggunakan sapuan dan paduan warna yang tebal atau menutup latar belakang obyeknya.

 

Berikut ini Gambar Lukisan dengan teknik Opaque



Teknik Aquarel atau teknik transparan merupakan teknik yang digunakan baik dalam menggambar maupun melukis dengan sapuan dan paduan warna yang tipis, transparan, dan tembus pandang.

 

Berikut ini Gambar Lukisan dengan teknik Aquarel


 

B. Bahan dan Alat Dalam Karya Dua Dimensi

Bahan yang digunakan dalam karya dua dimensi:

Bahan terdiri dari dua kriteria yaitu bahan utama atau disebut medium, dan ke dua yaitu bahan penunjang yakni bahan yang mendukung medium utamanya. Sebagai contoh, dalam karya seni lukis, kanvas dan cat merupakan bahan utama pada lukisan, kemudian kayu dan paku sebagai bahan penunjang. Kayu digunakan sebagai bingkai yang mengikat bentang kanvas atau biasa disebut dengan spanram (stretch board).

 

Bahan untuk berkarya dua dimensi dikategorikan menjadi bahan alami dan bahan sintetis:

 

       Bahan baku alami merupakan material yang bahan dasarnya berasal dari alam dan diolah tanpa proses kimiawi, contohnya adalah pewarna alami.

       Bahan sintetis adalah bahan alam yang telah diolah melalui proses industri atau pabrikasi tertentu sehingga menjadi bahan baru yang memiliki sifat dan karakter khusus, contohnya adalah cat.

 

Bahan untuk berkarya dua dimensi juga dikategorikan berdasarkan sifat materialnya bahan lunak, bahan cair dan bahan padat.

 

Peralatan Dalam Karya Dua Dimensi 

Peralatan yang digunakan dalam karya dua dimensi dikenal dengan beberapa kategori yaitu alat untuk menggambar, membentuk, mewarnai, mencetak (melipatgandakan), memotong, mengukur, dan sebagainya.

 

C. Membuat Karya Dua Dimensi dari Bahan Sekitar

Setelah siswa mengenal beberapa teknik membuat karya dua dimensi, Selanjutnya siswa diajak mengamati dan mencari bahan lokal yang ada di sekitar sekolah atau tempat tinggalnya (dimungkinkan jika bahan ini merupakan limbah yang bersifat aman ataupun bahan baku alam) dengan tujuan mencari potensi alternatif media dan beradaptasi dengan keterbatasan dalam membuat karya dua dimensi. Dengan melakukan hal ini, penggunaan bahan dan alat tidak harus dengan membeli melainkan dengan memanfaatkan potensi bahan yang ada di sekitar.

 

Apabila anda juga membutuhkan materi pelajaran seni rupa kelas 10 SMA/SMK pada bab lainnya secara lengkap, maka silahkan lihat sajiannya di bawah ini :

  • Materi Seni Rupa Kelas 10 SMA/SMK Kurikulum Merdeka Lengkap (DISINI
  • Buku Siswa & Guru Seni Rupa Kelas 10 SMA/SMK Kurikulum Merdeka Lengkap (DISINI)

 

Demikianlah informasi yang bisa admin kherysuryawan sajikan mengenai materi seni rupa Unit 3 “Pengenalan Bahan dan Aneka Teknik Berkarya” yang akan dipelajari di kelas 10 SMA/SMK Kurikulum Merdeka, semoga sajian materi diatas bisa membantu rekan-rekan pendidikan yang membutuhkannya sehingga bisa menjadi bahan pembelajaran yang bermanfaat.

Sekian dan Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel