Rangkuman Seni Rupa Kelas 10 Unit 4 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Rangkuman Materi Seni Rupa Kelas 10 SMA/SMK Unit 4 “Konsep Eksplorasi dan Eksperimentasi Karya Seni Rupa” yang akan dipelajari di semester 1 Kurikulum Merdeka.

Halo sahabat kherysuryawan, pada kesempatan kali ini admin akan membahas salah satu materi pelajaran pada kurikulum merdeka yakni materi pelajaran seni rupa kelas 10 SMA/SMK semester 1 kurikulum merdeka.

 

Mata pelajaran seni rupa merupakan salah satu dari cabang mata pelajaran seni budaya.

Apa itu Seni Rupa ?

Seni rupa mengajak manusia untuk mengalami dan merasakan proses ke dalam dan ke luar dirinya melalui pengalaman rupa. Emosi atau pemikiran yang dialami seseorang dapat tertuang secara rupa dan memberi dampak bagi dirinya maupun orang yang melihat karyanya, demikian pula sebaliknya seseorang dapat mengalami sebuah emosi atau pemikiran atau tergugah untuk melakukan suatu tindakan setelah mendapat pengalaman seni rupa. Seni rupa juga mengajak manusia untuk berpikir terbuka, menghargai keindahan atau potensi dari segala yang tampak di matanya, memiliki apresiasi estetis dan menghargai kebhinekaan global.

 

Pendidikan seni rupa bertujuan sebagai wahana bagi siswa untuk menjelajahi kemungkinan-kemungkinan tanpa batas dalam seni dan kreativitas siswa itu sendiri. Karena pendidikan seni rupa sendiri merupakan disiplin ilmu yang luas dan merupakan gabungan keterampilan kerja dan proses pemikiran intelektual yang menjembatani berbagai disiplin ilmu, maka diharapkan siswa akan berani mengekspresikan diri, bereksperimen, reflektif, bernalar kritis dan mampu membuat keputusan dengan tanggung jawab.

 

Berbicara mengenai mata pelajaran seni rupa, maka pada kesempatan kali ini admin akan membahas sekaligus akan memberikan ringkasan materi pelajaran seni rupa yang akan di pelajari di kelas 10 SMA/SMK yakni materi yang ada pada Bab 4 atau Unit 4 dengan judul “Konsep Eksplorasi dan Eksperimentasi Karya Seni Rupa”. Materi ini nantinya akan dipelajari pada pembelajaran semester 1 kurikulum merdeka.

 

Admin kherysuryawan sengaja membuat ringkasan/rangkuman materi pelajaran seni rupa kelas 10 Unit 4 “Konsep Eksplorasi dan Eksperimentasi Karya Seni Rupa” dengan harapan dapat memudahkan bagi para siswa maupun guru yang akan menggunakannya sebagai referensi dalam belajar. Seluruh materi yang telah di ringkas ini semuanya bersumber dari buku teks pelajaran seni rupa kelas 10 SMA/SMK kurikulum merdeka.

 

Berikut ini susunan daftar materi pelajaran yang akan dipelajari pada mata pelajaran Seni Rupa Kelas 10 SMA/SMK Unit 4 "Konsep Eksplorasi dan Eksperimentasi Karya Seni Rupa"

UNIT 4 KONSEP EKSPLORASI DAN EKSPERIMENTASI KARYA SENI RUPA

a. Konsep Eksperimentasi dan Eksplorasi dalam Membuat Karya Seni Rupa

b. Penggunaan Alat dan Bahan dalam Membuat Karya Seni Rupa

c. Penggunaan Elemen Seni Rupa dalam Membuat Karya Seni Rupa 


Ada beberapa tujuan pembelajaran yang diharapkan dapat tercapai dalam pembelajaran seni rupa kelas 10 Unit 4 “Konsep Eksplorasi dan Eksperimentasi Karya Seni Rupa”. Dibawah ini tujuan pembelajaran pada materi seni rupa Unit 4 “Konsep Eksplorasi dan Eksperimentasi Karya Seni Rupa” yaitu sebagai berikut :

Tujuan Pembelajaran

Setelah mempelajari Unit 4, diharapkan siswa dapat:

  1. Mengkonsepsikan eksplorasi dan eksperimentasi dalam berkarya seni rupa.
  2. Memilih aktivitas untuk mengenal alat, teknik, proses dan teknologi yang akan dipakai dalam berkarya.

 

Baiklah untuk anda yang membutuhkan Rangkuman/Ringkasan materi Seni Rupa Kelas 10 SMA/SMK Unit 4 “Konsep Eksplorasi dan Eksperimentasi Karya Seni Rupa”, maka dibawah ini sajian ringkasannya :

 

UNIT 4 KONSEP EKSPLORASI DAN EKSPERIMENTASI KARYA SENI RUPA

Pada Unit 4 ini siswa akan mempelajari konsep eksplorasi dan eksperimentasi karya seni rupa dengan memakai aneka alat, teknik, proses dan teknologi sebagai penyambung dari unit 3 dan menghasilkan karya dua dimensi di akhir pelajaran Unit 5. Unit ini meliputi pengenalan konsep dan prinsip kesadaran mengetahui potensi diri dan potensi lingkungan sekitar.

 

A. Konsep Eksperimentasi dan Eksplorasi dalam Membuat Karya Seni Rupa

Salah satu kendala dalam membuat karya seni rupa yaitu terbatas dan tidak tersedianya berbagai perangkat, peralatan dan perlengkapan berkarya. Dalam unit ini, siswa diajak untuk berpikir memanfaatkan potensi di sekitar mereka untuk menjawab keterbatasan dan ketidaktersediaan berbagai perangkat, peralatan dan perlengkapan berkarya. Setelah itu siswa diajak untuk berani bereksperimen dalam berkarya.

 

Dengan bereksperimen, siswa dimungkinkan untuk mengeksplorasi kemungkinan-kemungkinan baru dengan tanpa batasan, dengan bebas dan menemukan sesuatu yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Dengan menggabungkan bahan yang tersedia di sekitar siswa, dikombinasikan dengan berbagai macam teknik yang telah dipelajari, sangat memungkinkan untuk siswa membuat karya seni yang menarik dan kontekstual.

 

B. Penggunaan Alat dan Bahan dalam Membuat Karya Seni Rupa.

Pengenalan konsep kesetaraan

Kondisi di setiap daerah sangat beragam, karenanya masing-masing sekolah memiliki keunggulan dan tantangan sendiri-sendiri. Guru diajak untuk secara bijaksana mengajak siswa memperhatikan kondisi wilayah sekolahnya masing-masing dan belajar untuk memanfaatkan keunggulan yang dimiliki dan mengacuhkan tantangan yang datang karena keterbatasan.

 

C. Penggunaan Elemen Seni Rupa dalam Membuat Karya Seni Rupa

Siswa diajak berkegiatan singkat dengan melakukan kegiatan di bawah ini:

Latihan mencampur warna dari warna dasar dan mencari makna warna sebagai penguat emosi karya “RODA WARNA”.

Berikut ini contoh gambar Roda Warna:


Tahapan Pelaksanaan Kegiatan:

  1. Sebelum memulai kegiatan, guru meminta siswa membuat lingkaran dengan membagi lingkaran ke dalam minimal 9 ruang. Kegiatan ini dapat dilakukan sendiri maupun berkelompok.
  2. Jika telah ada 9 ruang, beri warna kuning pada ruang pertama yang diisi warna (ruang ke 1), selanjutnya beri warna merah pada tiga kolom berikutnya setelah warna kuning (ruang ke 4), dan tiga kolom berikutnya lagi diberi warna biru (ruang ke 7).
  3. Ruang ke 2 diisi dengan hasil pencampuran 70% Kuning 30% Merah.
  4. Ruang ke 3 diisi dengan hasil pencampuran 30% Kuning dan 70% Merah.
  5. Ruang ke 5 diisi dengan hasil pencampuran 70% Merah dan 30% Biru.
  6. Ruang ke 6 diisi dengan hasil pencampuran 30% Merah dan 70% Biru.
  7. Ruang ke 8 diisi dengan hasil pencampuran 70% Biru dan 30% Kuning.
  8. Ruang ke 9 diisi dengan hasil pencampuran 30% Biru dan 70% Kuning.


Apabila anda juga membutuhkan materi pelajaran seni rupa kelas 10 SMA/SMK pada bab lainnya secara lengkap, maka silahkan lihat sajiannya di bawah ini :

  • Materi Seni Rupa Kelas 10 SMA/SMK Kurikulum Merdeka Lengkap (DISINI
  • Buku Siswa & Guru Seni Rupa Kelas 10 SMA/SMK Kurikulum Merdeka Lengkap (DISINI)

 

Demikianlah informasi yang bisa admin kherysuryawan sajikan mengenai materi seni rupa Unit 4 “Konsep Eksplorasi dan Eksperimentasi Karya Seni Rupa” yang akan dipelajari di kelas 10 SMA/SMK Kurikulum Merdeka, semoga sajian materi diatas bisa membantu rekan-rekan pendidikan yang membutuhkannya sehingga bisa menjadi bahan pembelajaran yang bermanfaat.

Sekian dan Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel