Rangkuman Seni Rupa Kelas 10 Unit 5 Kuriikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Rangkuman Materi Seni Rupa Kelas 10 SMA/SMK Unit 5 “Kreasi Karya Seni Rupa Dua Dimensi” yang akan dipelajari di semester 1 Kurikulum Merdeka.

Halo sahabat kherysuryawan, pada kesempatan kali ini admin akan membahas salah satu materi pelajaran pada kurikulum merdeka yakni materi pelajaran seni rupa kelas 10 SMA/SMK semester 1 kurikulum merdeka.

 

Mata pelajaran seni rupa merupakan salah satu dari cabang mata pelajaran seni budaya.

Apa itu Seni Rupa ?

Seni rupa mengajak manusia untuk mengalami dan merasakan proses ke dalam dan ke luar dirinya melalui pengalaman rupa. Emosi atau pemikiran yang dialami seseorang dapat tertuang secara rupa dan memberi dampak bagi dirinya maupun orang yang melihat karyanya, demikian pula sebaliknya seseorang dapat mengalami sebuah emosi atau pemikiran atau tergugah untuk melakukan suatu tindakan setelah mendapat pengalaman seni rupa. Seni rupa juga mengajak manusia untuk berpikir terbuka, menghargai keindahan atau potensi dari segala yang tampak di matanya, memiliki apresiasi estetis dan menghargai kebhinekaan global.

 

Pendidikan seni rupa bertujuan sebagai wahana bagi siswa untuk menjelajahi kemungkinan-kemungkinan tanpa batas dalam seni dan kreativitas siswa itu sendiri. Karena pendidikan seni rupa sendiri merupakan disiplin ilmu yang luas dan merupakan gabungan keterampilan kerja dan proses pemikiran intelektual yang menjembatani berbagai disiplin ilmu, maka diharapkan siswa akan berani mengekspresikan diri, bereksperimen, reflektif, bernalar kritis dan mampu membuat keputusan dengan tanggung jawab.

 

Berbicara mengenai mata pelajaran seni rupa, maka pada kesempatan kali ini admin akan membahas sekaligus akan memberikan ringkasan materi pelajaran seni rupa yang akan di pelajari di kelas 10 SMA/SMK yakni materi yang ada pada Bab 5 atau Unit 5 dengan judul “Kreasi Karya Seni Rupa Dua Dimensi”. Materi ini nantinya akan dipelajari pada pembelajaran semester 1 kurikulum merdeka.

 

Admin kherysuryawan sengaja membuat ringkasan/rangkuman materi pelajaran seni rupa kelas 10 Unit 5 “Kreasi Karya Seni Rupa Dua Dimensi” dengan harapan dapat memudahkan bagi para siswa maupun guru yang akan menggunakannya sebagai referensi dalam belajar. Seluruh materi yang telah di ringkas ini semuanya bersumber dari buku teks pelajaran seni rupa kelas 10 SMA/SMK kurikulum merdeka.

 

Berikut ini susunan daftar materi pelajaran yang akan dipelajari pada mata pelajaran Seni Rupa Kelas 10 SMA/SMK Unit 5 "Kreasi Karya Seni Rupa Dua Dimensi"

UNIT 5 KREASI KARYA SENI RUPA DUA DIMENSI

a. Menentukan Alat, Bahan dan Teknik untuk Membuat Karya Dua Simensi

b. Merealisasikan Konsep Karya Dua Dimensi dengan Bahan, Alat dan Teknik yang Dipilih

c. Penilaian dan Evaluasi Akhir Semester Ganjil 


Ada beberapa tujuan pembelajaran yang diharapkan dapat tercapai dalam pembelajaran seni rupa kelas 10 Unit 5 “Kreasi Karya Seni Rupa Dua Dimensi”. Dibawah ini tujuan pembelajaran pada materi seni rupa Unit 5 “Kreasi Karya Seni Rupa Dua Dimensi” yaitu sebagai berikut :

 Tujuan Pembelajaran

Setelah mempelajari Unit 5, diharapkan siswa dapat:

1. Mampu memilih bahan dan teknik berkarya dua dimensi.

2. Mampu merealisasikan konsep karya dua dimensi.

3. Mampu menyelesaikan pembuatan karya dua dimensi sebagai tugas akhir untuk semester ganjil

 

Baiklah untuk anda yang membutuhkan Rangkuman/Ringkasan materi Seni Rupa Kelas 10 SMA/SMK Unit 5 “Kreasi Karya Seni Rupa Dua Dimensi”, maka dibawah ini sajian ringkasannya :

 

UNIT 5 KREASI KARYA SENI RUPA DUA DIMENSI

Unit ini sebagai penyambung Unit 3 dan Unit 4 dengan menitikberatkan pada penggabungan berbagai bahan dan teknik berkarya.

 

A. Menentukan Alat, Bahan dan Teknik untuk Membuat Karya Dua Dimensi

Siswa diajak untuk memilih bahan dan material yang terdapat di lingkungan sekitar rumah dan sekolah untuk membuat karya dua dimensi sebagai ujian akhir semester ganjil. Pemilihan bahan dan material dapat dilakukan oleh masing-masing siswa maupun dengan cara diskusi berkelompok.

 

B. Merealisasikan Konsep Karya Dua Dimensi dengan Alat, Bahan dan Teknik yang Dipilih

Kegiatan Membuat Mandala Untuk merealisasikan konsep karya dua dimensi, sebagai alternative pilihan siswa dapat menggunakan kegiatan membuat Mandala. Dalam bentuk paling dasarnya, Mandala merupakan kumpulan lingkaran dalam sebuah bujur sangkar dan diatur mengelilingi titik pusatnya. Umumnya Mandala dibuat di atas kertas atau kain dengan cara digambar atau diukir.

 

Mandala mengandung makna simbol meditatif. Mandala dapat dipahami dalam dua cara. Pertama dalam konsep eksternal sebagai perlambang visual tentang alam semesta dan ke dua dalam konsep internal sebagai panduan berbagai aktivitas kebudayaan Asia seperti meditasi.

 

Esensi Mandala sebagai salah satu bentuk seni yaitu untuk melatih kesabaran dan keterampilan dalam menyusun bentuk dari bidang geometri yang simetris, melatih kepekaan siswa dalam memanfaatkan elemen dari benda-benda di sekitar dan memanfaatkan kerja kelompok sehingga dapat menjadi sarana melatih eksperimentasi proses berkarya.

 

Alternatif Kegiatan siswa:

Latihan menggunakan media dasar dua dimensi dengan menggunakan bahan-bahan dari lingkungan sekitar dengan tema “MANDALA”.

 

Berikut ini Gambar Mandala menggunakan bahan alam sekitar


Tahapan pelaksanaan kegiatan:

  1. Guru memberikan penjelasan singkat mengenai pengertian dan konsep mandala serta unsur-unsur visual yang terdapat di dalamnya.
  2. Siswa dibagi ke dalam kelompok besar yang beranggotakan maksimal 10 orang.
  3. Masing-masing siswa akan diberikan media dan perangkat yang sesuai dengan kondisi masing-masing sekolah, dapat berupa perangkat lukis maupun perlengkapan prakarya lainnya seperti lem, gunting dan sebagainya.
  4. Siswa dipersilahkan menggunakan material dari lingkungan sekitar seperti bebatuan dan dedaunan.
  5. Tiap kelompok menentukan komposisi dan elemen yang akan disusun pada mandala tersebut hingga karya selesai.
  6. Dilanjutkan dengan sesi diskusi, tanya jawab dan apresiasi.

 

C. Penilaian dan Evaluasi Akhir Semester Ganjil

Untuk ujian semester ganjil, masing-masing siswa mempresentasikan hasil karya dari konsep dua dimensi dengan tema “Keberagaman Alam Dalam Karya” dengan langkah sebagai berikut:

  • Guru menjelaskan secara singkat mengenai keragaman dan keunikan hayati yang terdapat di penjuru Nusantara. Siswa dipersilakan memilih flora dan fauna khas Indonesia yang dirasa unik atau memiliki kesan tersendiri.
  • Siswa dapat memilih bagian yang menarik dari flora dan fauna khas Indonesia tersebut untuk kemudian digambarkan/dilukiskan di atas media yang sudah ditentukan oleh guru.
  • Saran, guru dapat menyesuaikan dengan situasi peserta (bisa berupa kain/kayu/kertas/benda fungsional seperti kendi/pakaian/tempat pensil dan lain sebagainya) dan guru sudah meminta siswa untuk menyiapkan media yang telah ditetapkan guru sebelum sesi ini atau media disiapkan oleh guru/sekolah.
  • Gambar/lukisan tersebut dapat berupa motif, pola atau lainnya dari keragaman hayati tersebut.
  • Setelah selesai, dilanjutkan dengan sesi presentasi karya, diskusi, tanya jawab, serta apresiasi sebagai kegiatan refleksi siswa. 


Apabila anda juga membutuhkan materi pelajaran seni rupa kelas 10 SMA/SMK pada bab lainnya secara lengkap, maka silahkan lihat sajiannya di bawah ini :

  • Materi Seni Rupa Kelas 10 SMA/SMK Kurikulum Merdeka Lengkap (DISINI
  • Buku Siswa & Guru Seni Rupa Kelas 10 SMA/SMK Kurikulum Merdeka Lengkap (DISINI)

 

Demikianlah informasi yang bisa admin kherysuryawan sajikan mengenai materi seni rupa Unit 5 “Kreasi Karya Seni Rupa Dua Dimensi” yang akan dipelajari di kelas 10 SMA/SMK Kurikulum Merdeka, semoga sajian materi diatas bisa membantu rekan-rekan pendidikan yang membutuhkannya sehingga bisa menjadi bahan pembelajaran yang bermanfaat.

Sekian dan Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel