Rangkuman PJOK Kelas 10 Unit 1 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Rangkuman materi pelajaran PJOK Kelas 10 SMA/SMK Unit 1 “Permainan Bola Basket” Pembelajaran semester 1 Kurikulum Merdeka.

Halo sahabat pendidikan, pada kesempatan kali ini admin akan membahas tentang materi yang akan di pelajari pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani olahraga dan Kesehatan (PJOK) secara khusus materi yang ada pada Unit 1 yaitu tentang Permainan Bola Basket.

 


Seperti kita ketahui bersama bahwa pada mata pelajaran PJOK siswa akan lebih sering melakukan aktivitas fisik, namun demikian seluruh aktivitas yang akan di lakukan tentunya akan dimulai dengan sebuah panduan dalam bentuk materi. Pada kurikulum merdeka khusus untuk mata pelajaran PJOK jenjang SMA/SMK pusat perbukuan telah menyiapkan buku teks pelajaran PJOK untuk kelas 10 SMA/SMK.

 

Untuk memudahkan siswa dan guru dalam mempelajari materi PJOK maka dibutuhkan buku teks pelajaran, namun tidak semua sekolah bisa menyiapkannya. Tapi tenang saja, bagi anda yang disekolahnya belum memiliki buku teks pelajaran PJOK kelas 10 SMA/SMK kurikulum merdeka dan ingin mengetahui apa saja materi yang akan di pelajari pada mapel PJOK kelas 10 SMA/SMK maka disini admin kherysuryawan akan membagikan hasil rangkuman atau ringkasan materi PJOK kelas 10 SMA/SMK khususnya untuk materi yang akan di pelajari pada Unit 1 yang berjudul “Permainan Bola Basket”.

 

Materi PJOK kelas 10 SMA/SMK Unit 1 “Permainan Bola Basket” yang akan di pelajari ini merupakan materi yang akan di pelajari pada semester 1 kurikulum merdeka. Admin kherysuryawan sengaja membuat ringkasan materi ini dengan tujuan agar bisa membantu siswa dan guru dalam memperoleh informasi seputar materi yang akan di pelajari pada mata pelajaran PJOK dikelas 10 Unit 1.

 

Ada beberapa tujuan pembelajaran yang diharapkan untuk dicapai oleh peserta didik dalam mempelajari materi unit 1 ini. Berikut ini tujuan pembelajaran Unit 1 “Permainan Bola Basket”

Tujuan Pembelajaran

1.     Mempraktikkan hasil evaluasi aktivitas jasmani dan olahraga permainan bola-basket (chest-pass, bounce pass; two handed overhead pass, dan shooting) dan mempraktekkan hasil evaluasi tersebut dalam bentuk permainan sesuai potensi dan kreativitas yang dimiliki oleh siswa.

2.     Mengevaluasi fakta, konsep, prinsip, dan prosedur dalam melakukan keterampilan gerak spesiik dan fungsional permainan bola-basket (chest-pass, bounce pass; two handed overhead pass, dan shooting) dan melakukan pendalaman evaluatif tentang bagaimana teknik dasar yang dipelajari tersebut diterapkan dalam bentuk permainan sesuai potensi dan kreativitas yang dimiliki oleh siswa.

3.     Mengevaluasi fakta, konsep, prinsip, dan prosedur dan mempraktikkan permainan bola basket sebagai latihan pengembangan kebugaran jasmani terkait kesehatan (health-related physical itness) dan kebugaran jasmani terkait keterampilan (skillsrelated physical itness), berdasarkan prinsip latihan (Frequency, Intensity, Time, Type/FITT) untuk mendapatkan kebugaran dengan status baik.

4.     Mengembangkan tanggung jawab sosial siswa dalam kelompok kecil untuk melakukan perubahan positif, menunjukkan etika yang baik, saling menghormati, dan mengambil bagian dalam kerja kelompok pada aktivitas jasmani atau kegiatan sosial lainnya, melalui pembelajaran permainan bola basket.

5.     Mengevaluasi sikap dan kebiasaan untuk menjadi individu yang sehat, aktif, menyukai tantangan dan cara menghadapinya secara positif dalam konteks aktivitas jasmani dengan menunjukkan perilaku menghormati diri sendiri dan orang lain, serta mengembangkan nilai-nilai gerak: nilai-nilai aktivitas jasmani untuk kesehatan, nilai-nilai aktivitas jasmani untuk kegembiraan dan tantangan, dan nilai-nilai aktivitas jasmani untuk ekspresi diri dan interaksi sosial.

 

Baiklah, bagi anda yang ingin melihat sajian rangkuman materi PJOK Kelas 10 SMA/SMK Unit 1 “Permainan Bola Basket” maka di bawah ini sajian materinya :

 

UNIT 1 PERMAINAN BOLA BASKET

Pada Unit Pembelajaran 1 ini siswa dapat mempraktikkan dan menganalisis konsep, prinsip, dan cara-cara melakukan teknik dasar keterampilan gerak spesiik dan fungsional permainan bola basket (chest-pass; bounce-pass; two handed overhead pass; shooting) dan melakukan pendalaman dalam bentuk permainan yang mengarah pada kemampuan mengevaluasinya dari sisi manfaat, prosedur, strategi, serta taktik bermain bola basket.

 

Alternatif pembelajaran mempraktikkan keterampilan gerak spesiik dan fungsional permainan dan olahraga (chest-pass; bouncepass; two handed overhead pass; shooting ke basket dan pendalaman dalam bentuk permainan) dapat dilakukan dengan memodiikasi bola. Bola yang digunakan tidak harus bola standar bermain bola basket. Dalam kegiatan pembelajaran pada unit pembelajaran 1 ini dapat menggunakan bola lainnya seperti: bola tangan atau bola voli atau bola lain yang dapat memantul.

 

Materi Pokok Pembelajaran 1 : Teknik dasar dan keterampilan bermain basket

Aktivitas pembelajaran teknik dasar dan keterampilan bermain basket, yaitu:

a)  Aktivitas pembelajaran 1: Keterampilan gerakan chest pass.

b)  Aktivitas pembelajaran 2: Keterampilan gerakan bounce pass.

c)  Aktivitas pembelajaran 3: Keterampilan gerakan two handed overhead pass.

d)  Pembelajaran 4: Permainan bola basket modiikasi sebagai pengembangan gerakan chest pass; bounce pass; dan two handed overhead pass.


Aktivitas Pembelajaran 1: gerakan chest pass

Panduan menampilkan:

(a)    Berdiri dengan kaki selebar bahu dengan salah satu kaki di depan yang lainnya dan tungkai dibengkokkan di sendi lutut.

(b)    Pegang dan kuasai bola dengan jari jari terbuka dan sikut terbuka. Jari-jari berada di samping-belakang bola dengan kedua ibu jari saling berdekatan.

(c)     Pegang bola di level dada dan sikut terbuka.

(d)    Lakukan langkah satu kaki step kedepan saat gerak lemparan.

(e)    Luruskan leangan dengan sikap akhir telapak tangan menghadap ke samping dan kedua ibu jari membantu mendorong dan mengarahkan lemparan bola

(f)      Fokus pandangan mata pada sasaran dan cobalah untuk mengarahkan sasarannya pada dada kawan.

 

Aktivitas Pembelajaran 2: gerakan bounce pass

Panduan menampilkan:

a)       Kuasai bola dengan menempatkan kedua siku agak lebar ke samping

b)      Fokus pandangan tidak pada dada lawan, tetapi fokuskan pada titik didaerah dua per tiga jarak diantara sasaran penerima bola.

c)       Luruskan lengan ke arah sasaran (dua per tiga jarak)

d)      Pantulkan bola sehingga memantul di kisaran pinggang penerima bola.

 

Aktivitas Pembelajaran 3: gerakan Two Handed Overhead Pass

Panduan menampilkan:

a)       Pegang dan kuasai bola oleh dua tangan di atas kepala; kedua sikut agar terbuka ke samping.

b)      Luruskan lengan dengan membuat gerak lik pada pergelangan tangan; arahkan jari ke arah depan bawah.

c)       Pusatkan pandangan pada bahu kawan.

d)      Lakukan gerak lanjut seketika bola lepas dari kedua tangan.

 

Aktivitas Pembelajaran 4: permainan menyerupai permainan Bola Basket.

Panduan melakukannya:

(a)    Mintalah siswa menjadi 4 kelompok, beranggotakan 8 orang (jika jumlah siswa 32 orang), untuk melakukan Permainan Lempar-Tangkap 10 hitungan.

(b)    Setiap kelompok dibagi 4 orang regu A dan 4 orang regu B. Regu A berupaya melempar dan menangkap bola dalam berbagai jenis passing, sementara regu B berupaya merebut bola.

(c)     Jika regu B dapat menguasai bola, maka regu B berganti peran menjadi pelempar dan penangkap bola dalam berbagai jenis passing, sementara regu A berupaya merebut bola.

(d)    Setiap regu berupaya agar berhasil melakukan 10 kali passing tanpa henti. Jika berhasil melakukan 10 kali passing mendapatkan poin skor 1.

(e)    Lakukan hingga satu regu mendapat poin skor 5.

 

Materi Pokok Pembelajaran 2 : shooting ke basket.

a)    Aktivitas pembelajaran 1: Gerakan lay up shoot.

b)    Aktivitas pembelajaran 2: Gerakan jump shoot.

c)    Aktivitas pembelajaran 3: One handed shoot.

d)    Aktivitas pembelajaran 4: Permainan shooting ke basket.

 

Aktivitas pembelajaran 1: Gerakan Lay Up Shoot

Panduan menampilkan:

1)      dekati papan basket dari arah menyudut;

2)      kuasai bola dengan kedua tangan;

3)      langkah kaki kiri bersamaan dengan memantulkan bola, tangkap bola saat langkah kaki kanan;

4)      lompat dengan tolakan kaki kiri untuk menjentikan bola;

5)      arahkan jentikan bola ke papan dengan sudut pantulan jatuh ke basket;

6)      ikuti gerakan tubuh dan bergeraklah dengan penuh penguasaan.

 

Aktivitas Pembelajaran 2: Gerakan Jump Shoot

Panduan menampilkan:

1)      hadapkan tubuh ke arah keranjang basket;

2)      kuasai bola dengan tangan kiri terbuka dibagian samping bola, tangan kiri dengan jari terbuka sedikit di bawah bola;

3)      lompatlah ke atas dengan memposisikan penguasaan bola sedikit di atas kepala, hingga bisa membidik basket di antara kedua lengan dan di bawah bola;

4)      lecutkan pergelangan tangan sesaat tubuh di titik tertinggi lompatan, dengan meluruskan sikut ke arah basket;

5)      gerakan shooting pada titik optimum lompatan dengan bidikan ke arah basket;

6)      ikuti gerakan lanjutan lengan ke arah basket, sehingga bola melayang agak berputar ke belakang;

7)      mendaratlah dengan kedua kaki yang nyaman dan aman.

 

Aktivitas Pembelajaran 3: Gerakan One Handed Shoot

Panduan menampilkan:

a)       arahkan posisi badan ke basket;

b)      kuasai bola dengan kedua tangan, tangan kiri di samping bola, tangan kanan agak sedikit di bawah bola;

c)       buka kedua kaki selebar bahu, dengan posisi kaki kanan sedikit lebih depan dari kaki kiri;

d)      posisikan bola dan tangan di atas kepala;

e)      fokuskan pandangan terhadap basket melalui jalur kedua lengan;

f)        luruskan lengan kanan, dengan lengan kiri menjaga keseimbangan bola diakhiri dengan lecutan pergelangan tangan.

 

Aktivitas Pembelajaran 4: Permainan Shooting ke Basket

Panduan menampilkan:

1)      mintalah siswa menjadi 4 kelompok beranggotakan 8 orang (jika jumlah siswa 32 orang), untuk melakukan perlombaan shooting ke basket skor 21;

2)      setiap kelompok berlomba untuk mengumpulkan skor 21 dari sisi seperempat lapangan, dari tiga jenis shooting ke basket secara bergantian orang dan bentuk shooting ke basket;

3)      jika ada kelompok yang telah mencapai skor 21, perlombaan berakhir (5 – 10 menit).

 

Bagi anda yang ingin mengetahui dan melihat materi yang lebih lengkapnya, maka silahkan cek pada buku teks pelajaran PJOK kelas X SMA/SMK yang telah admin kherysuryawan bagikan di bawah ini :

  • Buku Guru & Siswa PJOK Kelas 10 SMA/SMK Kurikulum Merdeka (DISINI)


Demikianlah informasi mengenai Rangkuman /Ringkasan materi PJOK Kelas 10 SMA/SMK Unit 1 “Permainan Bola Basket” yang bisa admin kherysuryawan bagikan pada kesempatan kali ini, semoga bisa membantu sahabat pendidikan yang akan menggunakan sebagai bahan belajar pada pembelajaran di kurikulum merdeka.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel