Rangkuman PJOK Kelas 10 Unit 2 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Rangkuman materi pelajaran PJOK Kelas 10 SMA/SMK Unit 2 “Permainan Sepak Bola” Pembelajaran semester 1 Kurikulum Merdeka.

Halo sahabat pendidikan, pada kesempatan kali ini admin akan membahas tentang materi yang akan di pelajari pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani olahraga dan Kesehatan (PJOK) secara khusus materi yang ada pada Unit 2 yaitu tentang Permainan Sepak Bola.

 


Seperti kita ketahui bersama bahwa pada mata pelajaran PJOK siswa akan lebih sering melakukan aktivitas fisik, namun demikian seluruh aktivitas yang akan di lakukan tentunya akan dimulai dengan sebuah panduan dalam bentuk materi. Pada kurikulum merdeka khusus untuk mata pelajaran PJOK jenjang SMA/SMK pusat perbukuan telah menyiapkan buku teks pelajaran PJOK untuk kelas 10 SMA/SMK.

 

Untuk memudahkan siswa dan guru dalam mempelajari materi PJOK maka dibutuhkan buku teks pelajaran, namun tidak semua sekolah bisa menyiapkannya. Tapi tenang saja, bagi anda yang disekolahnya belum memiliki buku teks pelajaran PJOK kelas 10 SMA/SMK kurikulum merdeka dan ingin mengetahui apa saja materi yang akan di pelajari pada mapel PJOK kelas 10 SMA/SMK maka disini admin kherysuryawan akan membagikan hasil rangkuman atau ringkasan materi PJOK kelas 10 SMA/SMK khususnya untuk materi yang akan di pelajari pada Unit 2 yang berjudul “Permainan Sepak Bola”.

 

Materi PJOK kelas 10 SMA/SMK Unit 2 “Permainan Sepak Bola” yang akan di pelajari ini merupakan materi yang akan di pelajari pada semester 1 kurikulum merdeka. Admin kherysuryawan sengaja membuat ringkasan materi ini dengan tujuan agar bisa membantu siswa dan guru dalam memperoleh informasi seputar materi yang akan di pelajari pada mata pelajaran PJOK dikelas 10 Unit 2.

 

Ada beberapa tujuan pembelajaran yang diharapkan untuk dicapai oleh peserta didik dalam mempelajari materi Unit 2 ini. Berikut ini tujuan pembelajaran Unit 2 “Permainan Sepak Bola”

1.     Mempraktikkan teknik dasar keterampilan gerak spesiik dan fungsional permainan sepak bola (passing, stopping; dribbling; shooting dan pendalaman dalam bentuk permainan) sesuai potensi dan kreativitas yang dimiliki oleh siswa.

2.     Menganalisis teknik dasar keterampilan gerak spesiik dan fungsional permainan sepak bola (passing, stopping; dribbling; shooting dan pendalaman dalam bentuk permainan) sesuai potensi dan kreativitas yang dimiliki oleh siswa.

3.     Mengembangkan nilai-nilai karakter dari pengalaman belajar gerak: tanggung jawab personal (jujur, disiplin, patuh dan taat pada aturan, menghormati diri sendiri, dan lain-lain) dan pengembangan tanggung jawab sosial (kerja sama, toleran, peduli, empati, menghormati orang lain, gotong-royong, dan lain-lain).

4.     Mengembangkan nilai-nilai gerak dengan cara mampu mengambil makna pengalaman belajar gerak: nilai-nilai aktivitas jasmani untuk kesehatan, nilai-nilai aktivitas jasmani untuk kegembiraan dan tantangan, dan nilai-nilai aktivitas jasmani untuk ekspresi diri dan interaksi sosial.

 

Baiklah, bagi anda yang ingin melihat sajian rangkuman materi PJOK Kelas 10 SMA/SMK Unit 2 “Permainan Sepak Bola” maka di bawah ini sajian materinya :

 

UNIT 2 PERMAINAN SEPAK BOLA

Materi Pokok Pembelajaran 1

Aktivitas pembelajaran Teknik dasar spesiik melempar dan menangkap bola, yaitu:

a)     Aktivitas pembelajaran 1: Keterampilan gerakan passing bola.

b)    Aktivitas pembelajaran 2: Keterampilan gerakan stopping bola.

c)     Aktivitas pembelajaran 3: Keterampian gerakan dribbling bola.

d)    Pembelajaran 4: Merebut bola dari penguasaan lawan dan permainan sepak bola modiikasi sebagai pengembangan gerakan passing, stopping; dribbling; shooting dan pendalaman dalam bentuk permainan.

 

(1) Aktivitas Pembelajaran 1: Gerakan Passing Bola

Panduan menampilkan:

a)       Cermat melihat bola dan kuasai gerakan lengan untuk keseimbangan tubuh.

b)      Perkenaan kaki dengan bagian tengah bola dan dorongkan ke arah sasaran.

c)       Perkenaan kaki dengan bagian bawah bola hanya untuk supaya bola sedikit mengambang di udara.

d)      Perkenaan kaki dengan bola tanpa ada gerakan lanjut tungkai hanya untuk men-chip bola.

e)      Gerak lanjut ke arah sasaran passing untuk mendorong laju bola.

f)        Melakukan passing dengan kaki bagian dalam baik ke arah kiri atau kanan perlu dengan pergelangan kaki dikokohkan.

g)       Melakukan passing dengan kaki bagian luar dengan penguasaan bola dan penguatan pergelangan kaki.

 

(2) Aktivitas Pembelajaran 2: Gerakan Stopping Bola

Panduan menampilkan:

a)       Cermat melihat bola datang ke arah badan dalam penguasaan

b)      Hentikan laju bola datang dengan membukakan kaki, hingga bola bersentuhan dengan telapak kaki.

c)       Menghentikan bola dapat pula dilakukan dengan kaki bagian dalam dengan sedikit mengangkat pergelangan kaki.

 

(3) Aktivitas pembelajaran 3: Gerakan Dribbling Bola

Panduan menampilkan:

a)       Sentuhkan kaki pada pertengahan bola dengan penguasaan.

b)      Gunakan kedua kaki secara bergantian.

c)       Kuasai bola sehingga berada di daerah terdekat (30 – 50 cm) dari jangkauan kaki.

d)      Kedua lengan digunakan untuk menjaga keseimbangan badan.

e)      Lihat bola dan cermatlah dari kemungkinan rebutan pemain lawan.

f)        Gunakan kaki bagian dalam, atau bagian luar kaki, dalam jangkauan untuk menguasai bola.


(4) Aktivitas Pembelajaran 4: Merebut Bola dari Penguasaan Lawan dan Permainan Menyerupai Permainan Sepak Bola

Panduan menampilkan:

(a)    Dapatkan siswa menjadi 4 kelompok beranggotakan 8 orang (jika jumlah siswa 32 orang), untuk melakukan permainan sepak bola “garis akhir.”

(b)    Dari setiap kelompok dibagi 4 orang regu A dan 4 orang regu B.

a)       Regu A berupaya melakukan passing dan stopping bola dalam berbagai jenis passing, sementara regu B berupaya merebut bola.

(c)     Regu A menyerang ke daerah pertahanan regu B, dan regu B menyerang daerah pertahanan regu A. Setiap regu berupaya bisa menahan bola oleh salah satu teman regunya di garis akhir.

(d)    Jika suatu regu berhasil menahan bola di garis akhir pada daerah yang ditentukan maka terjadi skor 1.

(e)    Permainan berjalan dalam waktu 10 menit.

(f)      Bagi regu yang mengumpulkan skor lebih banyak dinyatakan sebagai regu yang unggul dalam permainan

 

Materi Pokok Pembelajaran 2

1)      Aktivitas pembelajaran 1: Teknik Shooting.

2)      Aktivitas pembelajaran 2: Shooting ke cones.

3)      Aktivitas pembelajaran 3: Shooting ke target dalam permainan garis akhir.

4)      Aktivitas pembelajaran 4: Shooting ke gawang kecil.

 

a) Aktivitas Pembelajaran 1: Teknik Gerakan Shooting

Panduan menampilkan:

1)      Pusatkan pandangan ke bola, dan kuasai lengan di samping sebagai upaya menjaga keseimbangan tubuh.

2)      Perkenaan kaki dengan bola di bagian tengah-bawah bola dan ujung depan kaki.

3)      Tempatkan kaki yang tidak akan menendang bola di samping bola sebagai tumpuan gerakan shooting.

4)      Tendang bola dengan kaki yang aktif.

5)      Lakukan gerak lanjut ke arah tendangan bola.

6)      Gunakan shooting sebagai upaya untuk mencetak gol.


b) Aktivitas Pembelajaran 2: Shooting ke Cones

Panduan menampilkan:

1)      Gerakan shooting ke cone dalam sepak bola 8 penjuru sudut. Buatlah 1 kelompok beranggotakan 8 orang, yang berdiri mempertahankan cone-nya setiap sudut persegi empat dan titik tengah garis lapangan.

2)      Setiap cone dijaga oleh satu siswa, yang juga harus melakukan shooting ke cone yang dijaga siswa lainnya.

3)      Satu siswa berhadapan dengan 7 siswa lainnya.

 

c) Aktivitas Pembelajaran 3: Shooting ke Cone dalam Permainan Garis Akhir.

Panduan menampilkan:

1)      Buatlah dua regu saling berlawanan, beranggotakan 4 pemain.

2)      Kedua regu menginvasi daerah pertahanan lawanya, untuk menjatuhkan cone yang diberdirikan di daerah akhir lapangan permainan.

3)      Kedua regu berusaha mempertahankan cone yang diberdirikan di daerah permainannya.

4)      Pemain sari satu regu yang bisas menjatuhkan cone lawannya dinyatakan mendapatkan skor angka 1.

5)      Berusahalah untuk menjatuhkan semua cone di daerah pertahanan lawan satu demi satu.

6)      Regu yang terlebih dahulu dapat menjatuhkan semua cone di daerah pertahanan lawannya dinyatakan mengungguli permainan.


d) Aktivitas Pembelajaran 4: Permainan Shooting ke Gawang Kecil

Panduan menampilkan:

1)      Mintalah siswa menjadi 2 kelompok beranggotakan 4 orang yang berlawanan, untuk melakukan permainan shooting ke gawang kecil.

2)      Setiap regu menyerang daerah pertahanan regu lawan untuk memasukan bola ke gawang kecil lawannya.

3)      Setiap regu berusaha mempertahankan gawangnya sendiri dan mencoba memasukan bola ke gawang lawan.

4)      Permainan dilakukan dalam waktu 10 – 15 menit.

 

Bagi anda yang ingin mengetahui dan melihat materi yang lebih lengkapnya, maka silahkan cek pada buku teks pelajaran PJOK kelas X SMA/SMK yang telah admin kherysuryawan bagikan di bawah ini :

  • Buku Guru & Siswa PJOK Kelas 10 SMA/SMK Kurikulum Merdeka (DISINI)


Demikianlah informasi mengenai Rangkuman /Ringkasan materi PJOK Kelas 10 SMA/SMK Unit 2 “Permainan Sepak Bola” yang bisa admin kherysuryawan bagikan pada kesempatan kali ini, semoga bisa membantu sahabat pendidikan yang akan menggunakan sebagai bahan belajar pada pembelajaran di kurikulum merdeka.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel