Rangkuman PPKN Kelas 1 SD Unit 5 Semester 2 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Rangkuman Materi PPKN Kelas 1 SD Unit 5 “ Aku Suka Bergotong Royong” Semester 2 Kurikulum Merdeka.

Halo sahabat pendidikan, pada kesempatan ini admin kherysuryawan akan memberikan ulasan atau ringkasan materi yang akan di pelajari pada mata pelajaran PKN di kelas 1 SD Kurikulum Merdeka. Materi yang akan admin sajikan ini merupakan materi yang akan di pelajari di semester 2 kurikulum merdeka.

 


Mata pelajaran PPKN merupakan mata pelajaran wajib yang akan di pelajari di kelas 1 SD kurikulum merdeka. Mata pelajaran ini akan sangat penting sebagai dasar membangun pengetahuan kewarganegaraan (civic knowledge), keterampilan kewarganegaraan (civic skills) dan watak atau karakter kewarganegaraan (civic dispositions).

 

Dalam mempelajari materi PPKN Kelas 1 SD Unit 5 “ Aku Suka Bergotong Royong” Semester 2 Kurikulum Merdeka, ada beberapa Tujuan Pembelajaran yang di harapkan untuk dapat di capai oleh siswa, dan berikut ini Capaian pada Tujuan Pembelajaran yang di harapkan :

 

TUJUAN PEMBELAJARAN

Tujuan umum yang diharapkan pada unit V “Aku Suka Bergotong Royong” diharapkan mampu menyadari pentingnya gotong royong dalam lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat. Dengan memahami pentingnya gotong royong, peserta didik diharapakan mampu menganalisis karakteristik peran setiap individu untuk dapat berkontribusi dalam gotong royong.

 

Tujuan khusus yang diharapkan pada unit V “Aku Suka Bergotong Royong” antara lain :

1.     Menunjukkan sikap bersyukur kepada Tuhan YME terhadap kondisi diri.

2.     Menunjukkan sikap menerima dan berempati terhadap kondisi orang lain.

3.       Membandingkan pekerjaan rumah yang dilaksanakan sendiri dan bersama-sama

4.     Membuat daftar tugas dan peran dalam kegiatan kelompok

5.     Memanajemen kelompok dan mempresentasikan hasil identifikasi/perbandingan gambar.

6.     Menunjukkan sikap menerima terhadap kondisi diri sendiri dan orang lain sebagai tanda syukur kepada Tuhan YME.

7.     Menunjukkan sikap menerima dan berempati terhadap kondisi orang lain.

8.     Mengidentifikasi peran pribadi dan orang lain sebagai bentuk kontribusi gotong royong.

9.     Mengungkapkan pendapat tentang karakter fisik dan nonfisik orang dan benda yang ada peserta didik.

10. Menunjukkan sikap menerima terhadap kondisi diri sendiri dan orang lain sebagai tanda syukur kepada Tuhan YME.

11. Menunjukkan sikap antusias, menerima, berempati, upaya sikap peduli terhadap kondisi orang lain.

12. Mengidentifikasi peran pribadi dan orang lain sebagai bentuk kontribusi gotong royong.

13. Mengungkapkan pendapat tentang karakter fisik dan nonfisik orang dan benda yang ada pada peserta didik.

 

UNIT V AKU SUKA BERGOTONG ROYONG

Kita tahu bahwa bangsa Indonesia merupakan negara yang dikenal ramah dan menjunjung tinggi nilai luhur kebudayaan yang diwariskan oleh generasi terdahulu. Gotong royong merupakan salah satu budaya yang masih dipegang oleh masyarakat Indonesia.

 

Nilai-nilai gotong royong juga masih diimplementasikan dalam kehidupan keluarga dan bermasyarakat. Nilai utama dalam gotong royong ialah mengedepankan kepentingan umum dibandingkan kepentingan pribadi, dan tolong menolong meringankan beban orang lain.

 

Menurut Abdillah (2011, hlm. 7) gotong royong berasal dari kata dalam bahasa Jawa, atau setidaknya mempunyai nuansa bahasa Jawa. Kata gotong sepadan dengan kata pikul atau angkat. Kata royong sepadan dengan kata bersama-sama. Dalam istilah bahasa Jawa gotong royong sama dengan kata saiyeg saeko proyo atau satu gerak satu.

 

Menurut Sudrajat (2014, hlm. 16),beberapa keuntungan yang didapat oleh masyarakat dengan adanya gotong royong di antaranya:

  • Pekerjaan menjadi lebih ringan dibandingkan jika dilakukan sendiri,
  • Memperkuat dan mempererat hubungan yang terjadi antarwarga komunitas, dan
  • Dapat menyatukan seluruh warga komunitas yang terlibat di dalamnya.

 

Koentjaraningrat (1990, hlm. 59) menyatakan bahwa aktivitas tolong menolong juga terlihat di kehidupan masyarakat dalam aktivitas lain, yaitu aktivitas tolong menolong antar tetangga, melakukan aktivitas kecil sekitar rumah dan pekarangan, misalnya: menggali sumur, mengganti dinding bambu dari rumah, membersihkan rumah dan atap rumah dan aktivitas tolong menolong antar kerabat dalam menyelenggarakan pesta khitan, pesta perkawinan atau upacara-upacara adat lain.

 

Gotong royong dalam konteks pemahaman peserta didik di kelas I SD diharapkan dapat digambarkan bahwa kegiatan tolong menolong dapat dilaksanakan dan dimulai dalam lingkungan keluarga, kemudian dalam lingkungan sekolah, dan kemudian dalam lingkungan masyarakat. Gotong royong mengandung makna mengedepankan kepentingan umum dibandingkan kepentingan pribadi, dan tolong menolong meringankan beban orang lain sehingga segala aktivitas yang mengandung kegiatan ini dapat didefinisikan dengan kegiatan gotong royong.

 

Gotong royong juga bersifat sukarela, tanpa paksaan, dan merupakan kesadaran dari setiap individu. Oleh sebab itu, nilai-nilai kepekaan atau empati sangat perlu ditumbuhkan sebagai bentuk kesadaran melaksanakan gotong royong. Gotong royong semacam ini terlihat sepanjang masa, bersifat statis karena merupakan suatu tradisi saja, merupakan suatu hal yang diterima secara turun temurun dari generasi ke generasi berikutnya.

 

Untuk melihat materi dan rangkuman lainnya yang akan di pelajari pada mata pelajaran PPKN kelas 1 SD Kurikulum Merdeka, maka silahkan cek pada Judul di Bawah ini :

 

  • Materi & Rangkuman Lengkap PPKN Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka – (DISINI)

 

Demikianlah informasi mengenai rangkuman / ringkasan materi PPKN kelas 1 SD Unit 5 “ Aku Suka Bergotong Royong” yang bisa admin kherysuryawan sajikan di kesempatan ini, semoga bisa menjadi referensi pembelajaran yang bermanfaat.

Sekian dan Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel